Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
dit4...
 
Posts: 106
 
Aku kesemangatan ngasih asi bunda saking semangatnya . senin 30juni jam 1 siang aku sc, selasa pagi udah nekat belajar jalan . selasa jam 9 aku udh minta keruang neonatus buat nyusuin dede . tp alhasil dedek bobo garagara udah diminumin sufor sama perawatnya sakitnya tuh disini *nunjuk hati* . lalu aku marah2 . kenapa gak konfirmasi denganku dahulu kalo baby mau dikasih sufor? padahal setelah melahirkan asiku langsung keluar . sampe aku meriang . saking banyaknya asi dan wktu itu aku belum ada BP . Akhirnya tiap baby mau nete aku dipanggil bun . jd aku 2jm sekali keruang neonatus . sampe perawatnya kasihan liat aku . hihihi
#ih jd curhat
 
  #17  
Old
errin2...
 
Posts: 1,976
 
[QUOTE=Dewati;791559]
Replying to: View Post
apa menyusunya hanya sebelah kiri trs ya bund?? krn payudara sebelah kiri.lbh besar ketimbang kanan bund, coba diperhatikan bund??? trs posisi jg lbh nyaman menyusui di sebelah kiri.kn bund?? asi disebelah kiri kantung asinya lbh byk dan produksinya lbh cpt ketimbang yg kanan bund..
Itu dapat jawaban begitu dari Mbah Google ya?

---------- Post added at 23:25 ---------- Previous post was at 23:18 ----------


Bunda boleh saya "nimbrung". Lakukan saja apa yang dirasa nyaman oleh Bunda dan bayi Bunda. Sebagai Ibu kita harus fleksibel dan banyak improvisasi..hihihi..Bunda sudah terbiasa dengan nipple shield teruskan selama bunda dan bayi oke-oke saja. Yang cuma tahu teori gak bakalan ngerti bagaimana susahnya menyusukan dengan puting datar. Dengan pompa ASI bisa membantu keluarnya puting. Bisa Bunda coba.
Iya bunda,
Saya juga kdang pake pompa ko trs saya taro freezer deh, pke nipple juga putingnya kluar bun, tp stlah itu mendem lg, saya aja ampe bingung..
 
  #18  
Old
lenter...   TS 
 
Posts: 191
 
[QUOTE=Dewati;791572]
Replying to: View Post
It's Okey..Saya tahu thread ini ada karena ada threadnya Mama Afiqah. Di forum atau grup kalau ngomongin soal ASI VS SUFOR gak ada habisnya. Karena apa? karena ada "versus" di antara mereka..hehehe..
Anak saya menyusu hanya di payudara kanan. Bukan di payudara kiri. Kenapa dia tidak mau karena dia alergi terhadap udara,gigitan serangga,dan susu sapi beserta turunan olahannya. Hubungannya apa sama alergi? ternyata hidungnya bila miring menghadap payudara kiri hidungnya menjadi tersumbat sehingga dia tidak nyaman. Kecenderungan anak alergi menyusu hanya sebelah payudara lebih besar ketimbang anak yang tidak punya bakat alergi. Itu pengalaman saya dengan anak saya yang hanya mau PD kanan.
ya wlpun byk versus sy cuma pgn berbagi info kuk bund,intinya asi lebih baik dr sufor krn asi tidak bqn.alergi dan aman untuk lambung bayi krn byk bakteri baik di.asi tsb.

masi bingung sm pnjlsn bunda.baru tau ad kasus sprti yg bunds alami. tau alergi udara, sersngga,susu sapu dan turunannya apa sudah pernah test alergi bund buat si dedek? lantas kenaps hnya.sblh kiri saja.dy alergi.payudara nya cm krn dy tidak nyaman dgn hidungnya tersumbat dunk bund?? ada yg ga beres dunk bund dgn lubang hidung dedek sebelah kanan knp klo dimiringkn menghdp asi sblh kiri dy sprti itu??ap sudah pernah cek dokter ank bund??
masi blm bs dinalar bund..coba nanti sy konsulkan sm dr ank klo saat mampir ke rs
 
  #19  
Old
tykhaa...
 
Posts: 572
 
Replying to: View Post
Baby saya bingung puting bun krna dr lahir d ksh sufor sama bidan krna ank saya wktu itu msuk inkubator dan saya gk bsa susuin dy, + asi saya kluar 2 hri kmudian sdangkan ank saya udah nangis2 keausan akhirnya d ksh sufor..
Tp skrang ank saya asiX bun wlwpun kdang2 d ksh sufor sama papahnya itupun d targetin bun shari pling bnyak 2 botol selebihnya hanya asi..
Udah anak saya bingung puting saya hampir strees bun krna gk bsa susuin dy akhirnya d beliin nipple shield sama papahnya alhamdulillah smpe skrang dy mau nenen dan pke nipple shield juga puting saya suka sakit bun kdang suka lecet juga tp ttep aja putingnya mendem kedalem..
Bund sedikit berbagi pengalaman nii..
Aqu juga puting'y mendem atau masuk ke dalem..
Awal'y aqu juga pake nipple..
Tapii aqu juga coba nenenin langsung tanpa nipple pas baby'y lagi Ga aus bgtt..
Nahh disitu baby jdi berusaha nyedot bgtt puting kita..sakitt bgtt sii bund,,tapii alhamdulillah dgn Cara sprti itu skrg puting aqu udh Ga mendem lagi bund..
Nd pasti'y aqu bisa say good by sama yg nama'y nipple
Semoga puting bunda juga bisa kluar yaa bund Ga mendem lagi..
 
  #20  
Old
nounna...
 
Location: gempol,pasuruan .jatim
Posts: 346
 
Replying to: View Post
Saya prnah bun sendokin asi saya k debay tp cuma beberapa hri aja gk smpe sminggu soalnya debay saya ngamuk kalo d sendokin asinya, dy maunya ngisep bun..
Kalo pake nipple shield smpe dy umur 1thn atau 2thn gapapa kan ya bun ?
.bun errin kalo mw kasih asi pake media sendok ato apa...mending jangan bundanya sendiri.... bunda nyuruh orang lain aja...
.karena dedegnya bakalan g mw....dedeg itu pintar bun..dy kenal sama ibunya...dan dy bisa mengenali ibunya itu kewat bau...makanya ngamuk g mw minum yg dari sendok...dedeg nya mikir kalo ad ibunya yg bisa nenen langzung tanpa susah payah...kenapa harus minum dari sendok....
.bun gabung d AIMI (ASOSIASI IBU MENYUSUI INDONESIA) disitu banyak banget ilmu dan info yg bermanfaat buat busui....termasuk bingung puting...
 
  #21  
Old
Nunna ...
 
Posts: 63
 
Replying to: View Post
mengingat ad thread bunda yg enggan males menyusui dgn alasan malas dan jenuh saya mau berbagi info untuk bunda2 semua yg sudah mau singgah di thread saya..

bayi baru lahir sudah dibekali berbagai reflek untuk mendapatkan makanan yg disebut.reflek oral primitif
a. rooting reflex : sejak lahir bayi sudah mempunyai gerak untuk menolehkan kepalanya ke arah puting ibu (biasanya dokter ato bidan menyebutnya IMD inisiasi menyusui dini)

b. suck swallow reflex : reflek untuk menghisap asi dari puting ibu/dot dan menelannya..

bila sejak lahir sudah dibiasakan dgn dot kemungkinan bayi akan bingung puting (mgkn dilihat dr masalah ibu yg asinya blm keluar)
ASI biasanya akn keluar dlm wktu 3-7hari bila dibiasakan puting ibu dihisap oleh si dedek,pasti akan keluar kuk bund krn ad rangsangan trsbt yg membuat hormon prolaktin meningkat krn.adanya gerak reflek dr baby..
sebenarnya baby yg baru lahir dy mempunyai cadangan makanan untuk 3 hari kedepan dimulai sejak dia lahir. jd ga perlu kawatir bayi tkut kelaparan..

dibanding baby Sufor. bayi Asi dpt mengkonsumsi/merasakan berbagai rasa makanan yg disalurkan ke asi jd untuk saatnya diberi MP Asi jd ibu tidak perlu kebingungan mengenalkan berbagai jenis makanan pendamping asi untk babynya.

sedangkn baby Sufor dy merasakan rasa yg trs menerus sama/konstan rasa Sufor sehingga baby akan kehilangan pengalaman sensorik yg umum yg dialami bayi bila mendapat asi (sudah bingung puting)

sekian dl ilmu yg saya dpt y bunda..semoga membantu..
doakan saya semoga bisa merasakan repotnya hamil melahirkan dan menyusui..(berharap positif bln ini)
Threadnya keren bgt. Buat tambah semangat buat nyusui
 
  #22  
Old
Dewati...
 
Posts: 1,928
 
[QUOTE=lentera joe susant;791597]
Replying to: View Post

ya wlpun byk versus sy cuma pgn berbagi info kuk bund,intinya asi lebih baik dr sufor krn asi tidak bqn.alergi dan aman untuk lambung bayi krn byk bakteri baik di.asi tsb.

masi bingung sm pnjlsn bunda.baru tau ad kasus sprti yg bunds alami. tau alergi udara, sersngga,susu sapu dan turunannya apa sudah pernah test alergi bund buat si dedek? lantas kenaps hnya.sblh kiri saja.dy alergi.payudara nya cm krn dy tidak nyaman dgn hidungnya tersumbat dunk bund?? ada yg ga beres dunk bund dgn lubang hidung dedek sebelah kanan knp klo dimiringkn menghdp asi sblh kiri dy sprti itu??ap sudah pernah cek dokter ank bund??
masi blm bs dinalar bund..coba nanti sy konsulkan sm dr ank klo saat mampir ke rs
Yang memberikan penjelasan kepada saya memang dokter spesialis anak. Awalnya karena nafas anak saya "grok-grok". ASI saya tidak keluar sampai seminggu jadi "terpaksa" sufor sapi. Dia sempat bingung puting dan menyusu dari botolpun malas dan selalu menangis. Akibatnya di bulan pertama naik cuma 1,5 Ons saja. Jadi saya bawalah ke dokter SPA. Dokternya menanyakan banyak hal pada saya. Yang paling awal ditanyakan apakah saya dan ayahnya ada alergi. Kebetulan kami berdua memang ada alergi. Kemudian banyak lagi pertanyaan lain yang ditanyakan dokter dan semua saya jawab "IYA". Termasuk apakah anak saya cuma mau nenen sebelah saja. Kemudian dokter menyimpulkan bahwa anak saya alergi. Saya disarankan untuk tidak makan makanan pencetus alergi. Sufornya diganti dengan sufor soya. Saya turuti kata dokter. Seminggu kemudian hilang "grok-grok" anak saya. Malam yang biasanya kolik gak bisa tidur gelisah tak tentu arah bisa tidur dengan baik. AC di ruang tidurpun tidak saya hidupkan terlalu dingin. Berat badan naik secara signifikan. Menyusu pun tidak lagi dengan "gerutu". Tapi tetap masih nenen di payudara kanan saja. Dokternya bilang kalau sudah 6 bulan alerginya berkurang dia akan mau nenen juga di payudara kiri. Ternyata benar. Setelah MPASI dia mau nenen keduanya. Saya pun bisa makan apa saja. Sekarang hanya tinggal alergi gigitan serangga yang belum berkurang. Sudah full ASI juga.
PROBLEM MINUM ASI : minum
berlebihan, berat berlebihan karena
bayi sering menangis dianggap haus.
Haus palsu adalah tampilan
bayi sering menangis, mulutnya
sering seperti mau ngempeng atau
mencari puting tampak sucking
refleks berlebihan dirangsang
pipinya sedikit sudah seperti
mencari puting. Hal itu belum tentu
karena haus atau bukan karena ASI
kurang. Pada bayi alergi yang sering
rewel seringkali saluran
cernanya sedikit sakit sehingga bila
ada perasaan tidak nyaman bayi
akan sering seperti ngempeng atau
minta digendong. Sering menggigit
puting sehingga luka. Minum ASI
sering tersedak, karena hidung
buntu dan napas dengan mulut.
Minum ASI lebih sebentar pada satu
sisi,`karena satu sisi hidung buntu,
jangka panjang bisa berakibat
payudara besar sebelah.
 
« Muhammad Azka Alfathan my golden boy »
  #23  
Old
Raya H...
 
Location: Palangka Raya
Posts: 411
 
gpp siy kalo baby mau nyusu di 1 PD.tp produksi asi di PD yg tidak disusukan,akan menurun.kecuali di pompa..sebetulnya puting saya jg mendelep alias masuk.tapi karena sering di pompa,akhirnya bisa keluar sendiri.

pembahasan asi vs sufor ga akan ada habisnya.ibaratnya seperti air dan minyak.jelas saja kualitas asi jauh lebih bagus dibandingkan sufor..tapi mari sama2 menghormati keputusan ibu untuk memberikan asi/sufor buat si kecil.selama masi bisa asi,berikan untuk anaknya.karena itu hak nya,baby asix juga lebih sehat dan jarang sakit.

happy breastfeeding mother,enjoy that moment with your child.
 
  #24  
Old
BundaN...
 
Posts: 977
 
Replying to: View Post
.bun errin kalo mw kasih asi pake media sendok ato apa...mending jangan bundanya sendiri.... bunda nyuruh orang lain aja...
.karena dedegnya bakalan g mw....dedeg itu pintar bun..dy kenal sama ibunya...dan dy bisa mengenali ibunya itu kewat bau...makanya ngamuk g mw minum yg dari sendok...dedeg nya mikir kalo ad ibunya yg bisa nenen langzung tanpa susah payah...kenapa harus minum dari sendok....
.bun gabung d AIMI (ASOSIASI IBU MENYUSUI INDONESIA) disitu banyak banget ilmu dan info yg bermanfaat buat busui....termasuk bingung puting...
bener bgt bun baby ku jg gitu dulu pas putingku msh mendem dikasih asi pake media apapun klo aku yg kasih ya gak mau jd bumer yg nyuapin paje sendok. tapi karna kata dokter anak tempat baby ku konsul hrs dipaksakan nen lgsg ke PD ku nanti jg ketarik sm si baby eeehhhh bener ternyata aku sabarin aja pas baby ku ngamuk krn putingnya gak keluar aku suapin PD ku sampe masuk areola nya
 
Atha Risqi Marendra
Kesayangan Bunda & Yanda
Sehat selalu ya jagoan bunda
  #25  
Old
Rea Ha...
 
Posts: 51
 
Dhek agha ku masuk inku 8 hari jd tiap pagi dan sore ngirimin asi perah pk botol. Tp Alhamdulillah gak ada yg namanya bingung puting, gak ada rewel waktu nenen sepulang dr inku.. Asi juga lancar meski gak dirangsang ma dhek aghanya.. Ketemu dhek agha cm waktu jam besuk aja.. Makasih bgt sama perawat2nya yg ngajarin ini itu buat ngrawat bayi bblr..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
HOT SALE! Kasur Bayi, Bantal Guling Bayi, Matrass Bayi, Perlak Bayi -- Area Promosi 0
Bayi nya dikasih sufor brand apa bunn?? -- Ngobrol Apa Saja 115
Mohon info susu formula (sufor) utk bayi dibwh 1 thn.. -- Diskusi Umum 4
baik g bayi diselingi Sufor??? -- Ngobrol Apa Saja 4
Perlukah susu tambahan (sufor) untuk bayi di atas 6 bulan? -- Diskusi Umum 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:13.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com