Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
airin ...   TS 
 
Location: tomang
Posts: 172
Default Anakku sakit batuk berdahak di usia 17 hari

yang namanya seorang ibu, bener2 gak tega ngeliat anaknya sakit. anakku yang baru lahir sakit batuk karena ketularan papi nya, ya allah bener2 nangis setiap ngedenger anakku batuk tapi belum bisa mengeluarkan dahaknya. tapi agak sedikit lega sih karena my baby masih mau minum ASI & bobonya masih nyenyak. tapi aku tunggu sampe 3 hari ternyata batuknya belum juga hilang . akhirnya senin kemaren aku & suamiku membawa my baby berobat ke Dokter Sp.A, beliau mengatakan jika dalam 3 hari minum obat batuknya belum juga berkurang mau di rotgen, ya ampun gak tega anak sekecil ini mau di rotgen. tapi alhamdulillah udah 2 hari ini minum obat, minum ASI sesering mungkin & di jemur batuknya udah berkurang & my baby setiap batuk pasti muntah mengeluarkan dahaknya yg super kental (pinter kamu nak). semoga anakku cepet sembuh, amieeeen
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
danimo...
 
Location: Bandung
Posts: 32
 
Hai bun,, wah sayang yah blm sbln udah kena obat,,
Klo dani dl kena batpil pas 2 bln, tp ga aku bawa ke dokter, dari artikel2 yg kubaca, klo anak asix, cukup kadih asix sesering mungkin dan d jemur matahari,, emg agak lama sembuhnya, tp dia jd lebih kuat,,
Alhamdulillah smpe umur 18bln baru 4 kli batpil,,
 
  #3  
Old
ismatu...
 
Posts: 766
 
Replying to: View Post
Hai bun,, wah sayang yah blm sbln udah kena obat,,
Klo dani dl kena batpil pas 2 bln, tp ga aku bawa ke dokter, dari artikel2 yg kubaca, klo anak asix, cukup kadih asix sesering mungkin dan d jemur matahari,, emg agak lama sembuhnya, tp dia jd lebih kuat,,
Alhamdulillah smpe umur 18bln baru 4 kli batpil,,
Setuju sama bundanya dani karena batuk dan pilek itu penyebabnya virus jd ga bisa diobatin bun, kecuali bakteri, kalopun dokter ksh obat biasanya supaya si anak bisa istirahat aja kadang bikin anak jd teler, obat buat flu dan batuk itu cuma mimi asi yg banyak istirahat dan dijemur bun, gpp skrg buat pengalaman karena wajar ortu baru kadang banyak khawatir, semoga kedepannya bunda bisa lebih banyak belajar lg ya bun, kalo anak batuk atau pilek atau kena penyakit yg diakibatkan oleh virus obatnya cuma asi dan istirahat.
 
  #4  
Old
lin wa...
 
Location: tana paser
Posts: 31
 
Sayang sekali bunda,jd ingat putra pertama sy di usia 15hari juga sakit,tp bkan batuk pilek,mlainkan krn infksi pusar nya,dn kkurangan asi....itu jadi pnyesalan sy,krn masih agak malasan ngasih asi dn bkinkn susu.
dan sy pun stju dg bunda dani,dbri asi yg cukup dn djemur...biar baby nya gak kuning,matanya mengeluarkn kotorn.
 
  #5  
Old
dainty...
 
Posts: 76
 
waktu anakku batuk demam ketularan aku sih terus ke dokter di kasih obat tetes idung n obat batuk sm puyer ( pdhl umurnya br 3bulan) sm di saranin dokter di jemur untuk cairin dahak , kalau anak muntah bgs,di tepuk2 pelan punggungnya dahaknya klwr (4hr sembuh, ga tega kalau liat anaak sakit lama2)
 
  #6  
Old
airin ...   TS 
 
Location: tomang
Posts: 172
 
makasih ya bunda2 atas informasinya.
iya namanya ibu baru jadi khawatir deh. padahal anak minum ASI nya kenceng & kuat bgt & di jemur tiap hari, tapi tetep aja ke dokter karena khawatir. padahal gak tega banget tiap hari minumin anak minum obat . tapi skg alhamdulillah batuknya berkurang & dahaknya keluar banyak setiap kali batuk. mohon doa nya yaa bundsay biar dede arsyad cepet sembuh
 
  #7  
Old
MamaKi...
Non-aktif
 
Posts: 627
 
aku juga jadi nambah pengetahuan tentang anak. yg pasti jgn buru2 ke dokter selama ada obat tradisional sih gak masalah, misalnya bunda bisa ngolesin minyak telon khusus baby gitu. dijemur juga bagus sih dan dikasih ASI banyak, kalau ASI, bundanya sendiri harus banyak makan makanan bergizi biar kualitas ASI nya bagus bunda.
 
  #8  
Old
Meimei...
 
Posts: 36
 
Iya betul bu. Kalau melihat anak sakit, rasanya sedih banget dan khawatir. Tapi usahakan ibu tetap tenang ya..
Batuk adalah masalah kesehatan yang umum kok dialami bayi, setidaknya sebanyak delapan kali pada tahun pertama hidupnya. Hal itu disebabkan sistem kekebalan tubuhnya yang masih berkembang.

Nah, ada beberapa cara mengatasi batuk pada bayi yang bisa ibu lakukan nih di rumah:
• Berikan lebih banyak Air Susu Ibu (ASI) guna membantu tubuhnya dalam melawan infeksi.
• Gunakan uap air panas untuk melancarkan saluran pernapasan yang tersumbat akibat lendir. Kamu bisa mengajak si buah hati untuk berendam di air hangat atau duduk bersamanya di ruangan beruap sekitar 15 menit dengan suhu yang tidak terlalu panas.
• Memposisikan kepala bayi kamu lebih tinggi dengan menambahkan beberapa bantal untuk memperlancar pernapasan si anak.
• Untuk bayi di atas 1 tahun, kamu bisa memberikan campuran madu dengan air hangat dan sedikit perasan lemon yang mengandung vitamin C.
Itu bu cara-cara yang saya lihat dari artikel ini https://www.halodoc.com/artikel/laku...atuk-pada-bayi. Semoga anak ibu cepat sembuh yaa.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Demam & Batuk berdahak pd kehamilan 15w -- Diskusi Umum 6
demam, batuk berdahak dan pilek -- Diskusi Umum 1
bayiku 2 bln pilek dan batuk berdahak -- Ngobrol Apa Saja 30
baby batuk berdahak -- Diskusi Umum 4
bumil UK 28w batuk berdahak -- Diskusi Umum 8


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 21:24.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com