Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Erniwa...   TS 
 
Posts: 108
Default buat bunda bunda yang lagi bingung sama telat men bun ,muda"an membantu :)

Merdeka.com - Bagi Anda yang sedang tidak berusaha untuk hamil, menstruasi yang terlambat seringkali membingungkan Anda. Padahal selain kehamilan yang terjadi, banyak hal yang bisa tamu bulanan Anda telat datangnya.

Tidak perlu panik, seperti dilansir dari womenshealthmag.com, inilah penyebab kenapa tamu bulanan sering datang tidak teratur.

Penurunan berat badan secara drastis
Penurunan berat badan yang terjadi secara drastis bisa mengganggu kelancaran sirkulasi bulanan Anda. Sebab sel telur Anda tidak mampu berovulasi dengan baik karena tubuh Anda tidak memiliki banyak hormon estrogen di dalamnya.

Stres
Jika Anda stres, ada bagian otak yang berfungsi untuk mengatur siklus menstruasi yang terkena dampaknya. Bagian tersebut dinamakan dengan hipotalamus yang sangat sensitif sekali dengan stres.

Masalah dengan tiroid
Kelenjar tiroid yang terletak di leher Anda selain berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh juga sistem tubuh yang lain. Oleh karena itu ketika kelenjar tiroid Anda bermasalah maka dapat berdampak pada siklus bulanan Anda juga.

Gangguan ovarium
Gangguan ovarium seperti Polycystic Ovary Symptom atau PCOS dapat menganggu siklus bulanan Anda. Sebab PCOS sendiri merupakan ketidakseimbangan hormon estrogen, progesteron, dan testosteron yang bisa menurunkan ovulasi. Hal ini mampu membuat siklus menstruasi Anda tidak teratur.

Penyakit kronis
Penyakit kronis seperti penyakit celiac juga dapat membuat siklus menstruasi Anda terlambat. Penyakit celiac sendiri adalah penyakit yang ditandai dengan intoleransi gluten.

Pemakaian alat kontrasepsi
Pemakaian alat kontrasepsi dapat menimbulkan efek terlambat menstruasi. Sebab beberapa alat kontrasepsi seperti suntikan, IUD, atau pil KB dapat mengacaukan hormon tubuh Anda.

Menopause dini
Menopause biasanya dialami wanita di usia lebih dari 40 tahun. Namun jika menopause terjadi di bawah usia tersebut maka dapat menyebabkan terganggunya siklus menstruasi Anda.

Hormon sangat memegang peranan penting untuk mengatur siklus menstruasi Anda. Oleh karena itu jaga kesehatan hormon Anda agar siklus bulanan Anda tidak terganggu.

mudah"an membantu bun
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
yang lagi "H2C" share disini yuk bunda......^_^ -- Diskusi Umum 69
Perhatian buat Bunda" yang minum susu UHT -- Diskusi Umum 26
Bunda yang lagi LDR an sama suami, sharing yukkkk -- Ngobrol Apa Saja 20
apa2 saja yang pamali buat yang lagi hamil muda -- Diskusi Umum 7
hallo bunda" yang lagi promil, buat grup diBB yuk:# -- Kenalan Yuk! 1


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 21:37.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com