Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
fendin...   TS 
 
Posts: 32
Default sharing tentang autism

Hai bundas...

Sambil menunggu sholat subuh..aku pikir drpd bengong..aku mau sharing2 soal anakku yg pertama...Kal-el yang terdiagnosis sebagai anak autis..tepatnya ASD (Autism Spectrum Disorder)
Anakku sekarang sudah berusia 5 tahun lebih tapi dia hingga saat ini belum bs lancar bicara..sulit fokus dan hyperaktif sekali..

Yg aku mau share adalah..aku dan suami sangat terlambat mengetahui kecenderungan autisnya..sehingga penanganannya agak terlambat..dan menurut dokter cukup sulit utk penanganan seusia tersebut..walaupun tetap bs diusahakan..
Sebenarnya gejala itu sudah dpt dilihat dari Kal-el berumur 1-2 tahun..
Kecenderungan hyperaktifnya..hanya saja..krna Kal-el itu anak pertama jadi kami ndak terlalu paham soal perkembangan anak..ya ilmu nya hanya dari org tua...
Kami ndak pernah memeriksakan kondisi Kal-el ke dokter tumbuh kembang anak..karna kami slalu beranggapan keterlambatan bicara..atopun keterlambatan perkembangan lainnya itu wajar..
Apalagi di dukung pengalaman org tua yg blg 'terlambat bicara mah wajar' trus pake contoh anak tetangga lainnya...

Aku mengajak bundas utk aware..kan ada tabel tentang perkembangan bayi tuh..kalo kira2 bayi bundas ada keterlambatan perkembangan tolong lgsg di konsultasikan ke dokter..syukur2 ndak apa2..intinya jangan sampai terlambat karena semakim cepat penanganannya peluang keberhasilan sembuhnya bs lebih cepat jg..
Autis itu ndak ada dizaman ibu2 kita..jadi mereka itu sebenarnya jg gak paham dan gak mengerti gejala2 awal mendeteksi anak autis..lebih baik serahkan ke ahlinya..

O ya..utk bumil..jangan stress2..krna menurut dokter kecenderungan bumil yang stress dpt menyebabkan anak memiliki penyimpangan prilaku hyperaktif atopun autis..itu sudah ada penelitiannya loh..

Semoga anak2 bundas sehat yah..dan semoga pengalaman saya bermanfaat bagi bunda...
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
errin2...
 
Posts: 1,976
 
Duuuh jd worry nih,
Soalnya saya lg hamil bun dan agak sering strees banyak pkiran mlah gk jarang sering nangis bun nahannya,
Mudah"an anak saya baik" aja amiiinn..
Oh ya bun kalo blh tau skrang anaknya dh skolah apa blm ? Apa anak autis bsa skolah d sekolahan layaknya anak" normal ? Atau prlu bimbingan khusus ?
 
  #3  
Old
Ratuny...
 
Posts: 408
 
Bunda errin24 samaaa saya juga kayaknya suka mikir ini itu nih, apalagi suami skrng lg sakit & ada masalah di kantor suami, mudah2an anak kita sehat ya bunda. Amin Amin Amin Ya Allah

Bunda Fendina terimakasih banyak sudah bikin thread ini
 
  #4  
Old
errin2...
 
Posts: 1,976
 
Replying to: View Post
Bunda errin24 samaaa saya juga kayaknya suka mikir ini itu nih, apalagi suami skrng lg sakit & ada masalah di kantor suami, mudah2an anak kita sehat ya bunda. Amin Amin Amin Ya Allah

Bunda Fendina terimakasih banyak sudah bikin thread ini
Iya bun,
Saya semenjak hamil jd sensitif bgt , apalgi suami kalo ngomongnya nyakitin bgt lgsung nangis saya..
Amiiin bun mudah"an anak" kita sehat slalu..
 
  #5  
Old
fendin...   TS 
 
Posts: 32
 
Bunda..jgn worry bgt jg..
Saat ini kecenderungan autis itu belum ada kepastian penyebabnya..
Stress saat hamil hanya salah satu faktor..tp pasti ada faktor lainnya yg mendukung sperti itu..sperti asupan makanan..konsumsi kimiawi..bakat autis..dll
Tapi lebih baik kalo kita menjaga tingkat stress saat hamil jg..
Anak saya saat ini belum masuk sekolah..pernah masuk sekolah tpi jadinya malah menganggu teman2nya..
Jadi saya saat ini fokus terapiin anak dulu..sama aja dgn sekolah sih..hehehe
Kal-el untungnya tingkat grade autisnya ndak terlalu parah..
Seharusnya kalo di tangani dari awal..dia harusnya sudah bs mendekati normal skrg..tp krn terlambat agak sulit skrg..jadi kemungkinan sekolahnya harus untuk anak kebutuhan khusus..

Tujuan bikin thread ini..supaya bundas bisa aware dgn perkembangan anak..selama cepat trdeteksi..semakin cepat penanganan..sehingga peluang anak bs mendekati normal semakin besar..
Autis itu kan sebenarnya bukan penyakit bunda...cuma anak2 ini butuh arahan yg extra aja
Kalo di arahin dgn benar seharusnya anak2 autis bisa berkembang dgn normal..mereka anak2 yang luarr biasa sebenarnya..memiliki kemampuan yang berbeda dr anak2 normal lainnya..saya pun melihat itu dari anak saya Kal-el..

Bundas positif thinking aja yah..
Saya pun skrg sedang hamil anak ke 2..semoga bayi kita ndak apa2..
Semangattt bundas..
 
  #6  
Old
Ratuny...
 
Posts: 408
 
Bunda fendina : terimakasih banyak bunda fendina atas share nya di thread ini. Bener2 bermanfaat bgt bundaaa. Amin mudah2an sehat ya bun
 
  #7  
Old
fendin...   TS 
 
Posts: 32
 
Sama2 bunda...
Smoga keterlambatan saya menangani anak saya Kalel tidak terjadi sama bunda yg lain..
Alhamdulillah klo bermanfaat ya
 
  #8  
Old
septia...
 
Posts: 87
 
hanya berbagi anak adek ipar saya juga terlahir autis.tp dari dia umur 2bulan sudah terdeteksi. ketahuannya kalo di ajak ngobrol dan di kasih benda mainan tidak fokus melihat.dia di terapi di dr saraf sampe umur 4 thn.alhamdulillah sekarang sudah mendekati anak normal dan sekolahpun di sekolah biasa, malah dapet peringkat tiap tahunnya.sekarang sudah kelas 5 sd. temen saya seorang dokter juga punya anak autis sampai umur 5thn blom bisa bicara dan hiperaktif karna tergolong berat.katanya pas dia hamil stres berat dan hoby makan seafood.autis bisa di terapi sampe umur 7 thn bun, kalo lewat dari umur itu katanya saraf sudah tidak berkembang lagi.
 
  #9  
Old
fendin...   TS 
 
Posts: 32
 
Yup bener kata bunda septiana..
Intinya smakin cepat terdeteksi dan ditangani semakin besar peluang keberhasilannya utk mendekati normal dan menjadi luarr biasa malah..

Dokterku jg blg yg sama lewat dr 7 tahun akan sukarrr skaliii utk di tangani...
 
  #10  
Old
Mama 2...
 
Posts: 1
 
Hello Bunda semua,
Mo sharing pengalaman success story pengobatan TELAT BICARA/SPEECH DELAY anakku aja nih.....

Waktu jelang usia 2thn saya curiga ngomongnya koq belum jelas. Akhirnya setelah cari info kemana-mana, kami ke Dr. Melly Budiman di RS MMC. Beliau dokter spesialisasi tumbuh kembang anak yang manjur, sangat senior dan sabar bgt menghadapi anak-anak berkebutuhan khusus.... termasuk bunda-bunda nya yang ceriwis nanya spt saya... hehehe....

Setelah di-check beliau dengan teliti (termasuk ada check lab.alergi pangan), Dr. Melly meresepkan minum vit. SPEAK Lifetrients. Anak saya jg harus pantang susu hewani, ikan laut, seafood dan gandum (beserta varian nya).
Vit. SPEAK Lifetrients mengandung formula omega-3 ultra murni, vit.E, dll.
Singkat kata akhirnya perbaikan speech delay anak kami sangat pesat.
Tidak hanya lancar bicara dengan jelas dan skrg jd ceriwis lincah...... tapi konsentrasi belajar nya juga jd sangat bagus.

Alhamdulillah anak kami sekarang sekolah di SD umum, sjk masuk kls.1 sdh lancar baca-tulis-hitung.... padahal dulu kami sempat kuatir kelak harus masuk SD khusus atau SD inklusi tp harus selalu dengan shadow teacher di kelas.

Bila Bunda ada yang punya anak telat bicara, kesulitan konsentrasi, berkebutuhan khusus atau lainnya.... dan tertarik dengan vit. SPEAK Lifetrients ini, silahkan hub. by WA 0815-11122453, 0815-86019789.


 
  #11  
Old
Mamica...
 
Posts: 73
 
hai bunda,

kebetulan aku punya keponakan, umurnya udah 2 th tp sampai sekarang belum bisa bicara. kata2 yg bisa dia ucapkan cuma "aaa, oooo" atau "cah..cah" dan sejenisnya.

dia juga kalo dipanggil atau diajak ngobrol gak bisa, karna asik dengan aktivitasnya sendiri.

tp anaknya aktif banget ga mau diem kalo belum ngantuk.

menurut bunda, apa itu termasuk ciri2 autisme?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Sharing tentang Incompetent Cervix (IC) -- Diskusi Umum 0
sharing saya tentang keputihan -- Diskusi Umum 18
ayoo sharing tentang ngidam -- Ngobrol Apa Saja 27
sharing tentang lahiran -- Ngobrol Apa Saja 4
sharing tentang USG bund -- Diskusi Umum 27


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 18:40.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com