Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
DewiPu...   TS 
 
Posts: 121
Default Berat Badan selama Kehamilan

Seperti seperti mengetahui makanan sehat yang wajib Bunda konsumsi, peningkatan berat badan selama hamil juga harus Bunda ketahui.

Berapa Penambahan Berat Badan yang Normal selama Hamil?
Tinggi dan berat badan Ibu sebelum hamil, bisa jadi acuan untuk menentukan penambahan berat badan yang normal selama hamil. Indeks Masa Tubuh (Body Mass Indek/BMI) dari Dokter atau Bidan Ibu juga merupakan acuan yang baik.
Mungkin sulit untuk mendapatkan peningkatan berat badan yang bertahap selama hamil karena tiap ibu berbeda. Tapi jangan khawatir, dengan pola makan yang seimbang dan olahraga yang teratur, Ibu bisa mengontrolnya.

Rumus BMI = BB / (TB x TB)
(BB = Berat Badan (dalam kg),TB = Tinggi Badan (dalam meter))


Jika Ibu berusia di bawah 20 tahun, sebaiknya penambahan berat badan selama kehamilan mencapai batas tertinggi sesuai dengan Indeks Massa Tubuh Ibu sebelum hamil.

Kenapa Berat Badan Bertambah?
Berat badan saya selama hamil, naik 15 kg. Berat badan Ibu berapa? Apa ya yang menyebabkan berat badan bertambah?
Air yang Ibu minum bukan penyebab bertambahnya berat badan selama hamil. Pada trimester ke-1 atau kehamilan 1-3 bulan, biasanya berat badan menurun karena mual dan muntah. Pada trisemester ke-2 dan selanjutnya nafsu makan ibu membaik lagi.
Sebaiknya Ibu tetap berusaha mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dengan bahan makanan yang bervariasi, sesuai kebutuhan saat hamil.

Dengan perkiraan kenaikan berat badan selama hamil rata-rata sekitar 12,5 kg, maka tubuh Ibu butuh tambahan energi sebesar 70.000-80.000 Kal. Pertambahan kalori ini, terutama diperlukan pada 20 minggu terakhir masa kehamilan, yaitu ketika pertumbuhan janin berlangsung sangat pesat. Bila 80.000 Kal dibagi 40 minggu (280 hari), maka tambahan kalori yang Ibu perlukan adalah antara 285-300 Kalori per hari.

Berat Badan Turun?
Kelebihan berat badan selama hamil memang beresiko. Tapi mengalami penurunan berat badan saat hamil, juga berbahaya. Karena itu berarti berat badan bayi Ibu juga berkurang dan bayi kekurangan gizi. Sudah tentu Ibu tidak ingin hal itu terjadi.
Jangan ragu menanyakan segala hal pada dokter termasuk bagaimana caranya memenuhi kebutuhan gizi selama hamil tapi berat badan tidak berlebihan.

Kalau Berat Badan Kurang Bagaimana?
Akan lebih baik bila Ibu tidak kelebihan atau kekurangan berat badan selama kehamilan, jangan sampai Ibu alami. Kalau bisa, bila sebelum hamil berat badan Ibu kurang, lakukan program penambahan berat badan hingga cukup sehat untuk menjalani kehamilan.
Kalau terlanjur hamil, konsultasikan pada dokter untuk mencapai berat badan yang sesuai, supaya kehamilan Ibu sehat.


Sumber: Berat Badan Selama Kehamilan

Dewi
Nutriclub Careline
www.nutriclub.co.id
Twitter @nutriclub_id
Facebook Nutriclub Indonesia
 
Attached Thumbnails
Berat Badan selama Kehamilan-bb.jpg  
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
MommyE...
 
Posts: 39
 
Bunda Dewi, aku sudah coba nih Bun, sekarang kehamilanku 14w dan sekarang kenaikkan BB aku udah 2 kg Bun. BMI aku 22.22, jd seharusnya 11.5 kg sampai 16 kg yah nnt kenaikkannya. Gimana yah Bun caranya agar BB terus bertambah?
 
  #3  
Old
DewiPu...   TS 
 
Posts: 121
 
MommyElga, untuk menambah berat badan selama kehamilan, bunda dapat mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan yg beranekaragam, bunda jg dapat merubah pola makan menjadi lebih sering namun dgn porsi yg lbh sedikit. Bunda juga dapat mengonsumsi suplemen seperti asam folat, zat besi dan vitamin lain. Akan tetapi Bunda dapat konsultasi dulu ke dokter yang menangani Bunda. Semoga membantu yah Bun!
 
  #4  
Old
MommyE...
 
Posts: 39
 
Terima kasih Bun Dewi, dokter aku kemarin juga sudah menyarankan utk mengubah pola makan yg sering tapi sdikit porsinya utk menambah berat badan sih Bun.
 
  #5  
Old
DewiPu...   TS 
 
Posts: 121
 
MommyElga, betul sekali Bunda! Tetap jaga pola hidup sehat, pastikan asupan nutrisi seimbang, dan cek up rutin ke dokter yah Bun. Selamat beraktivitas
 
  #6  
Old
MommyE...
 
Posts: 39
 
makasi bun dewi infonya
 
  #7  
Old
DewiPu...   TS 
 
Posts: 121
 
Semoga membantu yah MommyElga!
 
  #8  
Old
fdHiLa...
 
Location: Depok
Posts: 2,904
 
Wahh klo saya suruh naiknya 15-20kg ma dktr.
Krn awal bgt hamil tinggi 165 BB cuma 37.
Kya sapu lidi, cungkrig.

3bln kehamilan baru naik 3kg.
PR nya masi banyak
 
  #9  
Old
DewiPu...   TS 
 
Posts: 121
 
Bunda fdHiLaa, Bunda dapat mengatur pola makan sedikit tapi sering dengan makanan yg bernutrisi seimbang dan bahan makanan yg bervariasi Bunda. Konsultasikan juga pola makan Bunda ke dokter yg biasa menangani Bunda utk memastikan. Semoga membantu Bun!
 
  #10  
Old
ama ra...
 
Posts: 1
 
usia kehamilanku 17w bun, tpi bb belum naik smpai skrg, gimana caranya bun biar cepet naiknya
 
  #11  
Old
fdHiLa...
 
Location: Depok
Posts: 2,904
 
Replying to: View Post
Bunda fdHiLaa, Bunda dapat mengatur pola makan sedikit tapi sering dengan makanan yg bernutrisi seimbang dan bahan makanan yg bervariasi Bunda. Konsultasikan juga pola makan Bunda ke dokter yg biasa menangani Bunda utk memastikan. Semoga membantu Bun!
Kmrn kontrol terakhir ud konsultasi suruh makan 5-7x sehari walaupun sedikit2 ditambah minum susu dan jaga badan jgn sampe sakit krn klo sakit malah g nafsu makan yg ada BB turun bukan naik
Semoga bisa trcapai itu 15-20kg
 
  #12  
Old
DewiPu...   TS 
 
Posts: 121
 
Bunda ama rahma, perlu diketahui bahwa pertumbuhan janin sebaiknya lebih diperhatikan daripada kenaikan beratt badan Bunda krn pertambahan kenaikan bobot badan Bunda tak selalu berbanding lurus dengan pertambahan bobot janin. Bunda dapat cek up ke dokter secara rutin utk memantau perkembangan berat janin. Selama perkembangan berat badan janin baik, berat badan Bunda juga akan sesuai dengan yg diharapkan. Untuk pemilihan asupan makanan, Bunda dapat memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin dan mineral. Misalnya, daging, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan segar. Jenis makanan tersebut sangat diperlukan bagi proses tumbuh kembang janin dalam kandungan. Semoga membantu Bun!

---------- Post added at 10:14 ---------- Previous post was at 10:12 ----------

Betul sekali Bunda fdHiLaa, semoga cepat berhasil yah Bunda!
 
  #13  
Old
MommyE...
 
Posts: 39
 
Oh ternyata BB kita tdk sll menentukan BB bayi yah bun? Rajin2 cek up ke dokter berarti deh...
 
  #14  
Old
DewiPu...   TS 
 
Posts: 121
 
MommyElga, betul sekali Bunda. Sebaiknya Bunda dapat melakukan cek rutin ke dokter untuk melihat apakah berat janin Bunda sudah sesuai atau belum. Semoga membantu Bunda!
 
  #15  
Old
Medin...
 
Posts: 22
 
Bund, kl BB krg trs hamil ga blh kah? knp y? tq
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
berat badan selama kehamilan -- Diskusi Umum 6
Berat badan Selama Hamil -- Diskusi Umum 9
Berat badan pengaruh ke kehamilan ya..? -- Ngobrol Apa Saja 18
berat badan dan tinggi badan berpengaruh pd kehamilan -- Ngobrol Apa Saja 0
help me !! selama hamil berat badan hanya naik dua kilo :hiks: , -- Diskusi Umum 13


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 14:34.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com