Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
DewiPu...   TS 
 
Posts: 121
Default Tanda-Tanda Kehamilan

Apa saya hamil?
Mengenali tanda awal kehamilan seringkali mengecoh karena mirip tanda-tanda haid. Tanda-tanda kehamilan seperti payudara terasa membengkak, timbul flek, dan rasa kram di perut. Jika Bunda tidak segera mengetahuinya dengan pasti, dapat saja Bunda tidak mengubah kebiasaan sehari-hari yang bisa membahayakan kehamilan Anda.

Sebenarnya, apa saja tanda-tanda awal kehamilan? Semoga penjelasan di bawah ini dapat membantu Bunda memahami lebih banyak dan bisa mempersiapkan diri lebih baik untuk menyambut si Kecil.

1. Terlambat haid
Terlambat haid merupakan tanda awal kehamilan paling jelas dan umum. Jika Anda biasa mendapatkan menstruasi secara teratur, keterlambatan haid lebih dari seminggu harus dicermati, cobalah untuk melakukan tes uji kehamilan. Tes uji kehamilan ini dapat Bunda lakukan menggunakan alat yang dijual bebas di apotek atau supermarket. Akan tetapi, utk Bunda yang memang sering mendapatkan haid tidak teratur, bisa jadi keterlambatan ini akibat stress, pola makan atau terlalu lelah. Namun tidak ada salahnya juga untuk rutin melakukan tes kehamilan jika Anda terlambat mendapatkan haid untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Morning Sickness
Morning sickness adalah perasaan tidak nyaman pada pagi hari, gejala ini dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Penyebabnya adalah perubahan hormone dalam darah yang mengakibatkan pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Rasa mual ini biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan dan akan menghilang sejalan dengan pertambahan usia kehamilan. meskipun dinamakan morning sickness, pada kenyataannya mual dan muntah dapat terjadi pada siang dan malam hari.

3. Sering Buang Air Kecil
Saat hamil, terjadi perubahan hormon dalam darah yang menyebabkan sirkulasi darah dalam tubuh meningkat. Hal ini menyebabkan ginjal bekerja lebih keras sehingga memproduksi air seni lebih banyak. Semakin besar kehamilan, semakin besar pula ukuran janin, sehingga menekan organ-organ di dalam tubuh Bunda, termasuk kandung kemih. Akibatnya kapasitas kandung kemih menjadi lebih sempit sehingga lebih cepat penuh dan membuat Bunda lebih sering ingin buang air kecil. Akan tetapi, sering buang air kecil bukanlah sesuatu yang membahayakan, jadi Anda tidak perlu khawatir. Jangan mengurangi konsumsi air agar Anda tidak dehidrasi.
4. Mudah lelah
Gampang merasa lelah saat hamil diakibatkan oleh meingkatnya kadar hormone progesterone dalam tubuh. Hormone progesterone adalah depresan alami bagi system syaraf pusat yang menyebabkan Bunda mudah merasa mengantuk. Selain itu pada trimester pertama ini tubuh akan bekerja jauh lebih keras memompa hormone dan memproduksi lebih banyak darah agar nutrisi janin terpenuhi. Rasa khawatir juga turut mengambil peran dalam menyerap energi Anda saat hamil. Perbanyak waktu istirahat dan konsumsi makanan bergizi.

5. Rasa Aneh di Mulut
Perubahan hormone saat hamil juga mempengaruhi indra perasa dan penciuman. Kadang muncul rasa aneh seperti rasa logam dalam mulut. Perubahan ini membuat Bunda tidak suka makanan tertentu dan hanya mau makan makanan tertentu pula. Akali perubahan selera makan ini dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi yang kecil namun lebih sering. Ini penting agar Bunda dan janin dalam kandungan tetap mendapatkan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh sehat.

6. Payudara Berubah
Perubahan paling nyata saat hamil adalah perubahan fisik. Salah satu tanda awal kehamilan yang paling umum adalah perubahan pada payudara. Selain ukurannya yang menjadi lebih besar, payudara terasa lebih berat, sakit atau nyeri bila dipegang. Selain itu, areola atau daerah kecokelatan di sekitar puting payudara, akan makin menghitam dan melebar. Perubahan ini akibat meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesterone, juga sebagai persiapan untuk memproduksi ASI bagi si Kecil nanti.

7. Kram perut & bercak merah muda
Antara minggu ke 3 dan ke 4 kehamilan, Bunda akan mengalami flek yang diakibatkan oleh tertanamnya sel telur yang telah dibuahi di dalam rahim (implantasi). Darah dilepas saat telur yang dibuahi melekatkan diri ke dinding rahim. Flek ini juga diiringi oleh kram perut sehingga kadang salah dimengerti sebagai haid.
Bagaimana cara membedakannya dengan darah haid?
Flek yang terjadi di masa awal kehamilan berwarna lebih muda dan lebih sedikit daripada darah haid, selain itu jika dicermati biasanya terjadi lebih awal dari jadwal haid Bunda.

8. Lakukan Uji Kehamilan
Apabila Bunda sudah mengalami dan mengenali tanda-tanda awal kehamilan seperti di atas namun belum merasa yakin, langkah selanjutnya sebelum memeriksakan diri dan memastikan kehamilan pada dokter kandungan adalah dengan melakukan tes uji kehamilan di rumah dari sejak hari pertama Bunda terlambat haid. Alat ini biasanya digunakan dengan meneteskan air seni pertama yang keluar setelah bangun tidur di pagi hari. Pada saat hamil, terjadi peningkatan hormone HCG (Human chorionic Gonadotrophin). Selain dalam darah, peningkatan hormon ini juga terjadi pada saluran air kencing. Karenanya tes kehamilan menggunakan alat dilakukan melalui media air seni, hal ini dilakukan untuk mengukur terjadinya peningkatan kadar hormon HCG tersebut. Alat tes uji kehamilan ini bisa dibeli secara bebas di apotek atau supermarket.

Sumber:
Tanda-tanda awal kehamilan ? Nutriclub

Dewi
Nutriclub Careline
www.nutriclub.co.id
Twitter nutriclub_id
Facebook Nutriclub Indonesia
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
elin k...
 
Location: KP. DIY
Posts: 2,563
 
Up up up....
SEmoga bunda2 yg merasakan gejala tersebut segera melakukan test uji kehamilan.. sehingga tidak lagi galau dan bertanya2..
Nice tread..
 
***** namanya juga manusia hidup pasti ada masalahnya...
Wong yang udah gak hidup aja kadang masalahnya belum selesai kok..***** ^_^
iyo to lur...
  #3  
Old
DewiPu...   TS 
 
Posts: 121
 
Replying to: View Post
Up up up....
SEmoga bunda2 yg merasakan gejala tersebut segera melakukan test uji kehamilan.. sehingga tidak lagi galau dan bertanya2..
Nice tread..
Betul sekali Bunda Elin,
Mendeteksi sedini mungkin tanda-tanda kehamilan dapat membantu kita untuk lebih dini menjaga janin di dalam kandungan ketika hamil muda yah Bun.
 
  #4  
Old
RVega...
 
Posts: 22
 
Bun, sy anggota baru nih, sudah nikah 6 bulan dan masih belum hamil. Sebenarnya sekarang saya udah terlambat haid 2 minggu (kebetulan haid sy kurang teratur) Trs uda sekitar 1 mingguan ini ngerasa ga enak badan, kyk masuk angin tp ga ada tanda-tanda morning sickness, bentuk payudara juga ga berubah. Di awal bulan ini sy uda tes kehamilan 2x dan hasilnya negatif *jujur saya agak ragu tes kehamilan lagi krn takut kecewa*. Jadi bertanya2 ini tanda-tanda kehamilan yg sebenarnya atau bukan.
 
  #5  
Old
DewiPu...   TS 
 
Posts: 121
 
Replying to: View Post
Bun, sy anggota baru nih, sudah nikah 6 bulan dan masih belum hamil. Sebenarnya sekarang saya udah terlambat haid 2 minggu (kebetulan haid sy kurang teratur) Trs uda sekitar 1 mingguan ini ngerasa ga enak badan, kyk masuk angin tp ga ada tanda-tanda morning sickness, bentuk payudara juga ga berubah. Di awal bulan ini sy uda tes kehamilan 2x dan hasilnya negatif *jujur saya agak ragu tes kehamilan lagi krn takut kecewa*. Jadi bertanya2 ini tanda-tanda kehamilan yg sebenarnya atau bukan.
Bun RVega, ciri-ciri yg Bunda sebutkan termasuk ke dalam tanda awal kehamilan, akan tetapi Bunda dapat melakukan uji kehamilan kembali utk mengetahui secara pasti apakah Bunda hamil atau tidak. Tidak perlu ragu Bunda, karena dgn mengetahui sedini mungkin, Bunda bisa mempersiapkan dengan lbh baik Bun.

---------- Post added 29 April 2014 at 12:38 ---------- Previous post was 28 April 2014 at 13:50 ----------

Hi Bunda, untuk informasi dan tips di masa kehamilan yg lbh lengkap bisa ke Hamil - Tahapan Kehamilan ? Nutriclub yah Bun. Semoga membantu!
 
  #6  
Old
DewiPu...   TS 
 
Posts: 121
 
Hi Bunda, apakah Bunda ada yg mengalami tanda awal kehamilan?
Untuk informasi dan tips di masa kehamilan yg lbh lengkap bisa ke Hamil - Tahapan Kehamilan ? Nutriclub yah Bun.
 
  #7  
Old
RVega...
 
Posts: 22
 
Bun, kemarin aku test pack dan hasilnya positif!! Gak tahu mau ngomong apa lagi, hari ini aku mau ke dokter utk memastikan. Suami aku mukanya uda kayak apa saking senengnya Bun. Mau nyanyi terus rasanya Bun!
 
  #8  
Old
Veenza...
 
Posts: 1
 
Hai Bunda, saya baru digrup ini. Saya mau tanya juga dunks.
Saya sudah telat 12 hari tapi waktu di TP hasil-y negatif. Perubahan yg saya rasa PD nyeri, kram perut bawah (kadang kiri kadang kanan) trus kputihan (seperti masa subur, cuma agak berwarna). Rasa mual ada, tp jika dibawa ngemil mual-y ilang. Bawaan-y males n pengen tidur saja. Mohon pencerahan Bunda, apa ada yang pernah ngalamin apa yang saya alami...?
 
  #9  
Old
izkhan...
 
Location: sumedang
Posts: 53
 
hi bunda cantik,saya anggota baru..salam kenal..saya tlat haid sudah 1 minggu barusan di test pack hasil na garis п̥γ̥å 2..tpi salh satu garis warnanya samar..apa itu pertanda positif??tpi 2 tahun lalu saya pernah kuret karna janin tak berkembang,sekarang saya jg masi was2 rasanya ndak percaya sam diri sendiri..takut gak bisa jga lagi..mohon bantuan п̥γ̥å bunda....mudah2 an ada yg berkenan memberi pendapat untuk saya???
 
  #10  
Old
mira s...
 
Posts: 17
 
Hy bun...salam knl semua..
Mw share nie...2 bulan yg llu saya jg prnh telat haid 12 hr...tp d TP (-), trnyata kata dokter hormonx ga stabil mkanya jdwl haidnya gaa teratur.
Alhamdulillah. Bulan ini saya ud tlat 3 hr dan wkt d TP hasilnya (+)....senengnya....
Mg bunda2 yg lg promil cpt nyusul ya... ��
 
  #11  
Old
DewiPu...   TS 
 
Posts: 121
 
Bunda RVega dan Bunda Mira Saputra, selamat yah Bunda! Tetap jaga asupan nutrisi seimbang dan pola hidup sehat yah Bun untuk tetap sehat selama kehamilan. Untuk info nutrisi dan gizi seputar kehamilan dan tips mengatasi keluhan saat hamil dari para ahli, bisa kunjungi Hamil - Tahapan Kehamilan ? Nutriclub yah Bun.

Hai Bunda Veenzaghie, salam kenal! Tanda-tanda yg bunda rasakan saat ini termasuk di dalam tanda awal kehamilan Bun. Akan tetapi untuk memastikan, Bunda bisa melakukan test kehamilan dalam beberapa hari lagi untuk melihat apakah ada perubahan.

Bunda Izkhanapot, salam kenal juga! Historis kehamilan sebelumnya tidak mempengaruhi kehamilan berikutnya Bunda. Lakukan tes kehamilan dalam beberapa hari untuk memastikan apakah Bunda positif hamil. Ketika Bunda mengetahui bahwa Bunda positif hamil, lakukan cek up rutin ke dokter dan tetap jaga nutrisi seimbang serta pola hidup sehat yah Bun.

---------- Post added 6 May 2014 at 08:53 ---------- Previous post was 5 May 2014 at 10:20 ----------

Selamat pagi Bunda! Menjaga kesehatan sepenuhnya saat hamil adalah sangat-sangat penting... karena apapun yang Bunda alami, tentu akan dirasakan oleh janin juga... Apakah penyakit yang menyerang saya akan berpengaruh terhadap janin? Dan apakah obat yang saya minum juga berdampak pada janin? Simak di link ini infonya ya Bun... http://www.nutriclub.co.id/pregnancy/nutrition_and_health/article/sakit_saat_hamil
 
  #12  
Old
RVega...
 
Posts: 22
 
Bun Dewi, aku skrg memasuki kehamilan 3w, aku cukup srg mrasa pusing dan badan seperti meriang. Aku sempet cek2 di bbrp artikel majalah dan tanya ke org2 yg pernah ngalamin memang katanya wajar di trimester 1, tapi mau sekedar memastikan Bun, apakah saya perlu ke dokter utk diperiksa krn khawatir kalau intensitasnya trl sering berbahaya bagi janin. Trims bun Dewi.
 
  #13  
Old
Aldhys...
 
Posts: 77
 
Haloo bundSay, HPHT 14 april, 5 hari lalu aq ngerasain masuk angin, mual2 klu makan buah mualnya ilang, badan lemas .. tapi sekarang udah ga ngerasain itu lagi. kira2 itu masuk tanda2 hamil ga ya bund ?
 
  #14  
Old
DewiPu...   TS 
 
Posts: 121
 
Replying to: View Post
Haloo bundSay, HPHT 14 april, 5 hari lalu aq ngerasain masuk angin, mual2 klu makan buah mualnya ilang, badan lemas .. tapi sekarang udah ga ngerasain itu lagi. kira2 itu masuk tanda2 hamil ga ya bund ?
Halo juga Bunda Aldhysa Sari! Wah tanda-tanda yang Bunda alami memang termasuk dlm tanda awal kehamilan Bun, tp untuk memastikan Bunda dapat melakukan uji kehamilan menggunakan TP shg mendapatkan hasil yg lbh akurat Bun. Bunda dapat mengunjungi Melakukan Tes Kehamilan untuk informasi lengkap dr para ahli seputar tes kehamilan. Semoga membantu yah Bun!

---------- Post added at 16:23 ---------- Previous post was at 15:38 ----------

Bun RVega, pusing saat hamil yg Bunda alami disebabkan oleh tekanan pada pembuluh darah Bunda. Saat Bunda hamil, sirkulasi darah Bunda berlangsung cepat. Hal ini makin meningkat lagi di trimester ke- 2. Hal inilah yang membuat Bunda menjadi pusing dan tidak enak badan.

Supaya pusingnya tidak makin parah :
  • Makan sedikit tapi sering, supaya perut selalu kenyang dan kadar gula darah stabil.
  • Cari udara segar dan banyak minum saat Ibu kegerahan.
  • Jaga tekanan darah dengan makan makanan bergizi dan olahraga ringan secara rutin.
Apa yg dapat Bunda lakukan agat tidak pusing?
  • Jangan bangun terlalu cepat dari tempat tidur atau kursi.
  • Jangan terlalu lama dan sering berendam dalam air panas (tubuh akan menjadi panas secara berlebihan).
  • Jangan berdiri terlalu lama. Jika terpaksa berdiri lama, cobalah tarik otot-otot perut sedikit ke dalam dan gerakan jari kaki agar sirkulasi darah tetap lancar.
  • Coba hirup minyak mentol atau minyak berbau segar.
  • Jangan biarkan perut lapar karena kadar gula darah bisa turun drastis
  • Selalu cek tekanan darah.
  • Minumlah cukup cairan agar tidak mengalami dehidrasi.
Apabila Bunda lemas, mual, dan pusing yang berlebihan selama hamil, apalagi bila disertai dengan penglihatan kabur, jangan tunda ke dokter. Bila ada masalah serius, lebih cepat ditangani lebih baik.

Bunda dapat mengunjungi Pusing Saat Hamil utk informasi lebih lengkap seputar pusing di masa kehamilan yah Bun. Semoga membantu.
 
  #15  
Old
RVega...
 
Posts: 22
 
Bun Dewi, kebetulan aku kurang suka bau2an mentol kyk minyak angin kapak gitu Bun, malah kalau aku coba hirup makin mual rasanya, solusinya apa yah Bun Dewi?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
kehamilan, morning sickness, payudara


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
10 hari habis selesai Haid apakah udah ada tanda-tanda kehamilan? -- Diskusi Umum 78
Telat 8 hari,,testpack negatif,,tetapi sdh ada tanda tanda kehamilan,galau -- Diskusi Umum 75
tanda-tandanya ini taqnda tanda haid apa tanda tanda hamil ya -- Diskusi Umum 14
Tolong ksih tw y bund prbedaan tanda mau mens dn tanda awal kehamilan,,,? -- Kenalan Yuk! 10
Apakah tanda tanda kehamilan itu selalu disertai dengan kemunculan flek..?? -- Kenalan Yuk! 21


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:26.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com