Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
MamaKi...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 627
Smile Bahayanya NTD (Neutral Tube Defects) buat janin nih

Sebelumnya cari tau dulu yuk apa sih itu NTD. NTD sendiri adalah Neutral Tube Defects atau keadaan abnormal pada janin dengan kondisi pertumbuhan susunan saraf pusat yang tidak sempurna, cacat juga bisa terjadi pada tabung syaraf janin. Kasus NTD ini terjadi akibat perkembangan tidak normal selama pembentukan gestasional. Jadi bisa dikatakan NTD ini tuh cacat bawaan pada syaraf sumsum tulang belakang dimana pembuluh syaraf tidak dapat menutup dengan sempurna.

Bahaya nya apa sih?

NTD ini sangat berbahaya, karena NTD ini salah satu penyebab bayi terlahir dengan keadaan cacat bawaan atau serin disebut cacat lahir. Pada minggu ke 4-19 pertumbuhan tahap awal sedang terjadi, bunda harus fokus dalam merawat perkembangan janin dan harus selalu memperhatikan gizi nya.

Hmm, ternyata Neutral Tube Defects ini ada jenisnya loh bunda, apa aja tuh?

• Spina bifida : tulang belakang tidak menutup
• Anencepahly : tidak ada kubah tengkorak atau otak yang terlalu menyusut dan melekat pada dasar tengkorak takuuut (90% dari kasus NTD)
• Encephalocele : radang otak (10% dari kasus NTD)

Nah NTD ini ada penyebab nya loh, cari tahu yuk :

1. Kekurangan asam folat
Asam folat dan vitamin B sangat dibutuhkan pada masa kehamilan bunda, dan kalau kekurangan, kemungkinan bayi lahir cacat lebih besar. Banyak kasusnya, seperti bayi yang lahir dengan kulit kepala tidak terbungkus sempurna, karena ada sel-sel yang tidak selesei pertumbuhannya selama masih dalam kandungan.

Bunda bisa mendapatkan asam folat ini dari sayur2an seperti wortel, bayam, labu, brokoli, buah2an seperti alpukat, jeruk, stroberi, atau kacang2an sperti almond, dan kacang hijau. Selain itu bunda pun bisa mendapatkan asam folat ini dari susu ibu hamil yang sudah memiliki kandungan bukan hanya asam folat tapi juga DHA untuk perkembangan otak bayi.

2. Asap rokok dan polusi
Dua hal ini paling jahat buat janin. Perkembangan janin bisa terhambat loh. FYI, ukuran embrio di akhir minggu keempat panjangnya sekitar ¼ inch atau 6mm, dan ini patokan normal pada umumnya, jadi kalau kurang dari itu mendingan periksakan segera ke dokter bun.

sumber

Semoga bermanfaat yah bunda artikelnya
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Madici...
 
Posts: 35
 
infonya menarik bunda kirana, jika sudah mengetahui tanda-tanda kehamilan bisa langsung mendeteksi lebih dini kalau ada info seperti ini nih.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Tentang Keputihan, Obat dan Bahayanya -- Diskusi Umum 26
apa bahayanya klo setelah HB pkai tissu,, -- Diskusi Umum 5
ap minum air es ngaruh buat janin -- Ngobrol Apa Saja 4
gigi bolong saat hamil, bahayanya untuk janin?? -- Diskusi Umum 31
sama2 hangat, tp bahayanya sm tdk ya? -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:44.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com