Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Ummini...   TS 
 
Posts: 14
Default Golongan darah O dan AB

Kemarin sempet periksa HB dan golongan darah.. HB sih 11,7.. Alhamdulillah kata bidannya normal.. Sedangkan golongan darahku O dan suami AB. Sempet takut sih. Karna pernah denger cerita klo nanti akan berpengaruh pda janinnya :'(
Bener nggak sih bun?
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Langie...
 
Posts: 6
 
Sama bund kasusnya kayak ak,.. coba cek dokter ya bund,.. semoga Debay kita sehat2 aja ya Amiin
 
  #3  
Old
ai nee...
 
Posts: 288
 
Golongan darah saya 0 bunda dan suami AB, memang selama kehamilan ada saja masalah mulai dari Placenta Previa, BBJ kecil, sampai indikasi Mikrosefalus. Saya sempat opname 5 hari. Teman saya juga gol dar 0 dan suaminya AB, baby ny masih di inkubator bunda, karena baby lahir kuning, lahirnya juga SC karena TD teman saya itu rendah. Saya hamil pas setahun pernikahan, teman saya hamil hampir dua tahun pernikahannya ... memang agak lama dibandingkan teman2 saya yang lain yg nikah sebulan langsung hamil. Yah mudah2an tidak apa2 bunda, semoga kehamilan kita semua diberi klancaran sampai saatnya persalinan yah bunda, aamiin.
 
  #4  
Old
Nathan...
 
Posts: 197
 
Sekedar berbagi pengetahuan saja bunda bunda.. baru-baru ini anak teman saya meninggal karena darahnya diserang oleh darah ibunya, karena tidak ada kecocokan antara keduanya.. berikut artikel yang saya baca :

Akibat Beda Golongan Setidaknya ada 4 golongan darah A, B, AB dan O yang dikenal secara universal. Keempat golongan darah ini memiliki kandungan dan karakteristik yang berbeda. Golongan darah A dikatakan memiliki kandungan antigen A, golongan darah B memiliki kandungan antigen B, golongan darah AB memiliki antigen B dan antigen A, sedangkan golongan darah O memiliki anti A dan anti B. Kandungan ini yang menyebabkan tubuh membentuk antibodi dan menyerang sel darah merah yang mengandung zat antigen (dianggap sebagai benda asing, red.).

Pada proses persalinan, darah Ibu yang bergolongan O akan berkontak lebih banyak dengan golongan darah anak. Banyaknya darah janin yang memiliki antigen masuk ke sirkulasi darah ibu, membuat sistem imun ibu membentuk kekebalan (antibodi) terhadap antigen A ataupun antigen B. Kekebalan ini kemudian menyerang darah anak yang memiliki antigen tersebut sehingga sel darah merah pecah dan menjadi bilirubin (indirect). Ini dapat mengakibatkan bayi menjadi kuning.

Padahal dalam kondisi normal saja, bayi memiliki potensi peningkatan bilirubin yang lebih tinggi ketimbang orang dewasa karena sifat sel darah merah bayi lebih mudah pecah. Namun biasanya, tubuh bayi akan berusaha menstabilkan kadar bilirubin dengan mekanisme konjugasi oleh hati. Yaitu, upaya mengubah menjadi bilirubin indirect menjadi bilirubin direct yang lebih larut air dan mudah dikeluarkan alias mengubah bilirubin menjadi cairan empedu serta dikeluarkan melalui pencernaan dan memberi warna pada feses. Umumnya, setelah lewat usia 10 hari, kuning pada bayi akan hilang seiring kualitas dinding sel darah merah yang semakin baik dan fungsi hati yang optimal mengkonjugasi bilirubin. untuk lebih lengkapnya bunda bisa membuka link dibawah ini:


Buah Hati Kuning Karena "Tidak Cocok" Golongan Darah? (2) - Anak - Kesehatan - Tabloidnova.com "Situs Wanita Paling Lengkap"

ibuprita.suatuhari.com/waspadai-jika-bayi-kuning/

Untuk bunda-bunda semua yang mempunyai golongan darah O dan suami bergolongan darah A atau B, sebaiknya dikonsultasikan mulai dari skrg untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. sekedar share aja ya bunda, semoga sedikit menambah pengetahuan. tapi bunda tidak usah kawatir, karena kasus ini sangat langka terjadi. Tapi ada baiknya juga kita tahu lebih dini..


Sumber: https://ibuhamil.com/diskusi-umum/41...#ixzz2zn2eIHTB
 
  #5  
Old
nanade...
 
Location: pekan baru
Posts: 1,139
 
Bunda yang berpengruh rhsus drah kta am janin bun
Drah ku o dan suami ab bun ,dan aku konsul am spog ku kata rhsus kami sama " + insyaallah gpp bun
Skrng bunda hrus tahu apakah rhsus drh bunda sama gak am suami
 
  #6  
Old
Nathan...
 
Posts: 197
 
 
  #7  
Old
Intan ...
 
Posts: 119
 
Bund kalo aku sama suami golongan darah O dan AB juga cuma beda nya aku yang AB dan suami yang golongan darah O , kira kira bermasalah juga gak ya bund , soalnya aku gak pernah cek darah atau gimana dari sejak awal hamil , mohon info nya bund , maaf banget ya bund jadi nanya balik
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Golongan darah O lebih susah hamil...??? :-( -- Diskusi Umum 54
Tips Cepat Hamil Berdasarkan Golongan Darah -- Diskusi Umum 13
Cara Cepat Hamil Golongan Darah O -- Diskusi Umum 0
Tips Cepat Hamil Golongan Darah AB -- Diskusi Umum 2
Waspada lebih dini ibu yang mempunyai golongan darah O -- Diskusi Umum 54


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 21:17.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com