Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Choir...   TS 
 
Posts: 280
Default Menghitung Usia Kehamilan

Bund mau share nih hasil baca-baca dari Menghitung usia kehamilan- Intisari Online

Sebenarnya ini untuk menjawab pertanyaanku sendiri sih Bund, mungkin juga pertanyaan Bunda-bunda yang mengalami hal serupa denganku. Intinya yang bikin aku galau: UK hasil USG berbeda dengan UK dari HPHT. Setelah berpositive thinking dan baca thread di forum ini maupun dari sumber lain saya bisa simpulkan: untuk wanita dengan siklus haid panjang & tidak teratur KEMUNGKINAN akan mengalami perbedaan UK USG dan HPHT, jadi jangan galau ketika dokter bilang kemungkinan hamil atau mungkin BO gara-gara hasil USG tidak sama dengan HPHT. UK HPHT yang dihitung dokter dengan rumus Neagle tidak bisa diterapkan bagi wanita dengan siklus haid panjang dan tidak teratur seperti aku. Jadi aku berusaha mempercayai UK hasil USG. Naaah daripada galau mending ikuti saran dokter, rajin berdoa, dan banyak-banyak sedekah.

Cekidot yaaah Bund....
Menghitung Usia Kehamilan
author : K. Tatik Wardayati
Friday, 20 May 2011 - 10:09 am


Share |

Sering kali pasien menanyakan usia kehamilannya untuk memastikan kapan ia mengadakan upacara khusus sehubungan dengan kehamilannya itu. Kata-kata seperti, "Jadi kapan tujuh bulannya, Dok?" Atau "Masih boleh naik pesawat enggak, Dok?" Atau "Kenapa dihitungnya sejak menstruasi pertama, 'kan belum hamil?"

Kesimpangsiuran mengenai usia kehamilan karena hitungan dokter tidak sesuai dengan hitungan pasien, terkadang menimbulkan kecemasan pada pasien. Mereka takut bayinya lahir lewat waktu atau bahkan lahir terlalu muda.

Mari kita coba samakan pandangan soal usia kandungan. Dalam satu siklus menstruasi, sebuah sel telur dilepaskan oleh ovarium 14 hari sebelum haid berikutnya. Kejadian ini disebut ovulasi. Telur akan masuk ke dalam saluran (tuba) di mana fertilisasi (pembuahan) terjadi. Selanjurnya, hasil pembuahan akan ditransportasikan ke dalam rahim. Jika tidak terjadi kehamilan, sel telur akan berdegenerasi dan dikeluarkan dari rahim bersamaan dengan darah haid. Namun, jika terjadi fertilisasi, hasil pembuahan akan tumbuh menjadi embrio melalui pembelahan sel.

Kehamilan biasanya dihitung dengan satuan minggu yang dimulai dari hari pertama haid terakhir. Karena ovulasi umumnya terjadi 2 minggu sejak haid pertama dan pembuahan terjadi segera setelah ovulasi, maka usia embrio secara kasar 2 minggu lebih muda dari usia kehamilan sebenarnya. Dengan kata lain, wanita yang dinyatakan hamil 4 minggu, usia embrionya adalah 2 minggu. Jika haidnya tidak teratur, perbedaan usia kehamilan sebenarnya bisa lebih dari 2 minggu. Untuk memudahkan, jika seorang wanita terlambat haid 2 minggu, maka usia kehamilannya oleh dokter akan ditulis 6 minggu.

Lama kehamilan rata-rata 266 hari (38 minggu) yang dihitung sejak terjadinya konsepsi (pembuahan). Tanggal taksiran persalinan biasanya dihitung dengan mengurangi 3 bulan sejak hari haid pertama, untuk harinya ditambah 7 dan tahunnya ditambah 1. Sebagai contoh, seorang wanita yang hamil dengan hari pertama haid yang terakhir 15 Mei 2003, maka tanggal taksiran persalinannya adalah 22 Februari 2004.


Diperkirakan, hanya 10% kehamilan yang persalinannya sesuai dengan tanggal perkiraan persalinan, 50% akan bersalin dalam 1 minggu sekitar tanggal taksiran, dan 90% akan bersalin dalam 2 minggu sebelum atau setelah tanggal taksiran. Karena itu, persalinan yang kurang dari 2 minggu atau lebih dari 2 minggu dari tanggal taksiran persalinan, dianggap normal.

Umumnya, untuk menentukan suatu kehamilan, dapat dilakukan tes darah atau urine. Tes kehamilan menggunakan sistem ELISA (enzyme linked immunosorbent assay) dapat mendeteksi kehamilan secara dini dengan cepat dan mudah. Walaupun pada saat itu kadar human chorionic gonadotropin-nya dalam urine masih rendah.

Beberapa dari tes kehamilan yang sensitif dapat mendeteksi human chorionic gonadotropin ketika kadarnya masih sangat rendah, yaitu 1,5 minggu setelah siklus masa subur. Pemeriksaan itu memerlukan waktu sekitar ½ jam. Selama 60 hari pertama, dalam kondisi kehamilan normal dengan satu janin, kadar human chorionic gonadotropin akan meningkat dua kali setiap 2 hari.

Wanita sering lupa hari pertama haid terakhirnya atau terjadi kehamilan yang menumbung (belum dapat haid sudah hamil lagi). Hal ini tentu akan menyulitkan dokter untuk menghitung usia kehamilannya. Untuk itu, ada beberapa cara dalam menentukan usia kehamilan.

Detak jantung janin dapat didengar lewat stetoskop khusus atau alat yang disebut dengan instrumen Doppler. Jantung janin dapat dideteksi dengan stetoskop ketika usia kehamilan sekitar 18 - 20 minggu dan dengan instrumen Doppler pada saat usia kehamilan 12 - 14 minggu.
Pergerakan janin dapat dirasakan oleh ibu yang tengah mengandung, umumnya ketika usia kehamilan 16 - 20 minggu. Wanita yang pernah hamil sebelumnya dapat merasakan gerakan-gerakan lebih awal dibandingkan dengan yang baru pertama kali hamil.
Mendeteksi pembesaran rahim menggunakan ultrasonografi, dapat terlihat ketika usia kehamilan sekitar 6 minggu. Detak jantung janin dapat terlihat ketika berusia 6 minggu, meski tidak jelas. Detak itu 95% dapat terlihat jelas ketika usia kandungan 8 minggu.
Semoga tidak salah lagi bagi ibu hamil dalam menentukan upacara mitoni-nya.


Sumber: Menghitung usia kehamilan- Intisari Online

SEMOGA MEMBANTU
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Menghitung Usia kehamilan -- Diskusi Umum 3
menghitung usia kehamilan -- Diskusi Umum 3
menghitung usia kehamilan -- Ngobrol Apa Saja 1
menghitung usia kehamilan -- Diskusi Umum 0
menghitung usia kehamilan -- Diskusi Umum 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 18:49.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com