Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
RoriMa...   TS 
 
Posts: 6
Default Apa Saja Asupan Yang Tepat Untuk Ibu Hamil?



Masa-masa kehamilan bagi seorang wanita adalah masa-masa yang penuh dengan kehati-hatian. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar bayi dalam kandungan tetap aman dan sehat hingga sang calon ibu tersebut melahirkan. Salah satu hal yang diperhatikan dalam asupan yang masuk ke tubuh. Seorang wanita hamil tidak boleh sembarang makan/minum yang tidak sesuai dengan masa kehamilannya karena dapat membahayakan calon bayinya. Jadi ada baiknya kita cermati apa saja asupan yang tepat untuk ibu hamil.

1. Makanan berkabohidrat

Karbohidrat penting bagi ibu hamil untuk menambah energi dan menyeimbangkan asupan nutrisi agar mendapat kenaikan berat badan saat hamil dan mempunyai cadangan energi saat persalinan nanti. Jangan takut akan kegemukan, karena jika seorang calon ibu kekurangan karbohidrat bisa memicu rasa lapar dan akhirnya ngemil makanan yang tidak sehat. Makanan yang berkabohidrat yang dapat dikonsumsi antara lain: nasi, jagung, kentang, mie, gandum dan makanan-makanan sereal.

2. Susu

Susu penting karena terdapat kandungan kalsium yang bagus untuk kekuatan tulang dan gigi serta dibutuhkan untuk pembentukan tulang sang janin di dalam perut. Beberapa produk susu seperti Prenagen memiliki kandungan nutrisi yang tepat bagi ibu hamil. Susu pun memiliki jenis untuk waktu-waktu dalam fase kehamilan. Ada susu yang dapat membantu saat wanita baru awal masa kehamilan, dan ada susu yang diminum setelah 3 atau 4 bulan kehamilan. Semuanya bermanfaat untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak janin.

3. Protein

Protein dibutuhkan tubuh kita sekitar 60 gram per harinya. Protein ini penting untuk membangun sel-sel tubuh dan mengganti sel-sel yang rusak. Ada pun makanan berprotein yang aman untuk dikonsumsi antara lain: telur, daging ayam, daging merah, ikan, susu, tahu, tempe dan kacang-kacangan.

4. Buah dan sayuran

Lebihkan asupan sayuran dan buah saat masa-masa kehamilan dibanding biasanya. Karena ibu hamil sangat membutuhkan asupan ini untuk meningkatkan asupan zat gizi mikro seperti asam folat dan berbagai vitamin serta mineral. Buah dan sayuran juga dapat mencegah terjadinya sembelit. Saran saya, sediakan satu porsi sayur yang terdiri dari 80-100 gram setiap makan pagi dam malam dan 2 porsi untuk makan siang.

Semoga informasinya dapat membantu masa kehamilan Anda, kalau ada tambahan sangat dipersikan untuk menambahkan. Terima kasih.

Sumber
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
posisi tidur yang nyaman untuk ibu hamil -- Diskusi Umum 11
Kapan waktu TP yang tepat..? -- Ngobrol Apa Saja 23
Apa saja yang harus di siapkan menjelang kelahiran bayi Anda? -- Area Promosi 0
semoga saja aku benar2 hamil -- Diskusi Umum 6
PIL KB untuk yang belum pernah hamil.... -- Diskusi Umum 18


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 01:03.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com