Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
maria1...   TS 
 
Posts: 12
Default Pemeriksaan kehamilan di luar negeri dan di indo

Hallo bunda2 semua.... Salam kenal, semoga aku gak salah buat thread ya

Aku lagi hamil, kebetulan domisili diluar indonesia.
Pertama kali periksa ke dokter kandungan usia kehamilan sekitar 5minggu. Dokterku perempuan, milih obgyn ini karena faktor lokasi dekat dr rumah dan pernah periksa sama dia sebelum hamil untuk tes pap smear, rubella dkk.
Nah di sini, dokter kandungan itu biasanya punya paket, dimulai setelah kehamilan week 16-abis lahiran, jd kalo periksa tinggal bayar obat aja. Dr awal hamil smp 15 week ya bayar per visit aja. Pemeriksaan pun gak murah, contohnya sekali usg 60dollar. Pemeriksaan juga cuma sebulan sekali, aku gak tau sih di indo lazimnya visit brp kali ke dokter untuk pemeriksaan rutin
Ketemu dokter harus telp dl bikin janji, gak bs main langsung dateng ke tempat prakteknya. Atau klo emergency ya langsung ke rumah sakit-nya.

Test yang di suruh bwt bumil disini itu Down Syndrom (minggu 15-20), test darah juga dan penyakit2 lainnya, nah pas minggu ke 20 juga ada detailed scan (buat ngeliat keseluruhan janin, dr kepala, jantung sampe kakinya takut2 *amit2* ada keanehan jd kt bs tau) bentuknya usg juga dlm 2D cm menyeluruh dan lama aja sekitar 30menit-an.
Oh usg 3D/4D itu mahal bgt bunda disini

Obat yang dikasih dokterku dr awal kehamilan itu folic acid, iron tablets. Sekarang sih minumnya fish oil, vit c sama prenatal essensial multivitamin.
Pantangan makanan cuma gak blh makan yg mentah2, susu dan keju harus pasturisasi, udh itu aja kt dokterku hihihi...

Oh iya untuk lahiran, harus jelas mau normal/caesar dgn epidural/tidak. Nah untuk rumah sakit swasta, kalo pas lahiran kt udah dr awal blg mau normal tapi ternyata pas lahiran ada komplikasi *amit2* yg menyebabkan harus caesar bayarnya jadi dua, normal juga caesar juga

Baru ingetnya segitu dulu bunda, nanti aku sambung lagi klo udah inget maklum sekarang gampang lupa hihihi... Coba bunda2, mau tau dong aku klo di indo test/pemeriksaan apa aja yg harus dilakuin bumil. Makasih semuanya
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
fia er...
 
Posts: 135
 
Bunda, luar indonesia tepatnya dimana??
 
  #3  
Old
maria1...   TS 
 
Posts: 12
 
Replying to: View Post
Bunda, luar indonesia tepatnya dimana??
Di negeri singa bunda, salam kenal ya
 
  #4  
Old
maryam...
 
Posts: 615
 
waaahhh ribet juga ya bund persyaratan melahirkan di sana
mana harus bayar dobel klo ternyata ujung2nya sc
trusz bunda rencananya nanti mau lahiran di sana ap di indo? bunda HPL nya kapan?
 
  #5  
Old
maria1...   TS 
 
Posts: 12
 
Replying to: View Post
waaahhh ribet juga ya bund persyaratan melahirkan di sana
mana harus bayar dobel klo ternyata ujung2nya sc
trusz bunda rencananya nanti mau lahiran di sana ap di indo? bunda HPL nya kapan?
Iya nih bun, temenku ada yg begitu. Pas lahiran dedenya gak mau keluar2 dan janin dah stress didlm jadinya harus caesar. Bayarnya double, aku sampe bengong liat bill dia, org normal tanpa obat aja dah mahal ini dua2-an gt
Aku rencana lahiran disini, abis ribet nanti hrs bulak balik ke indo, kasihan juga suamiku kalo aku lahiran di indo, mesti ngatur cutinya. HPL nya awal april nih bun, doain lancar trs yaaa
Oh iya bun, maaf gak bs bls pm tyta aku. Aku bkn org yg dimksd
 
  #6  
Old
rekyan...
 
Posts: 1,201
 
Ya ribet bund, tapi bukan salah dokternya ato gmn, tapi sistem pengobatan mereka memang begitu, jadinya mahal ya bund karena semua diperiksa. Gak lucu juga klo dokternya dituntut (emang di Indonesia) nolong lahiran dan ibunya gak selamat dengan alasan tidak melakukan pemeriksaan secara lengkap sebelum operasi sc darurat. Sebaiknya memang sudah tau mau lahiran gimana caranya. Saran saya ya diusahakan normal kecuali bunda beresiko tinggi silakan ambil opsi sc biar gak bayar dobel. Semua kelahiran banyak yang normal drpd yg komplikasi, makanya bidan masih laku di Indonesia. Atas dasar macam2 pemeriksaan itu, masa gak bisa yakin bisa lahiran normal? Melahirkan dgn cara apapun gak masalah buat dokternya, asal ibunya yakin (dengan kemantapan hati yg kuat) tentu saja bisa lahiran normal. Kecuali ada hal yg menyebabkan gak bisa lahiran normal tentu dokter gak akan kasih pilihan buat lahiran normal tp harus sc misal pada placenta previa dan kelainan letak bayi (sungsang, lintang). Klo semua baik2 saja mantapkan lahiran normal, tp tetep persiapkan dana lebih seandainya memang harus sc darurat seperti pada kasus gawat janin. Selama ini sebenernya banyak yg sc tanpa indikasi yg bener, misal gak ada apa2 pada bayi hanya saja ibu sudah kesakitan hebat karena perjalanan pembukaan jalan lahir beda2 tiap orang, ada yg cepet ada yg lama. Akhirnya menyerah dan berakhir dgn sc. Tidak ada persalinan yg tidak sakit, normal sakit tp cepet sembuhnya. Sc juga sakit pada akhirnya saat proses penyembuhan walopun saat melahirkan gak terasa apa2 karena dibius. Mintalah informasi sebanyak2nya pada dokter, jd mantap mau melahirkan dgn cara bagaimana. Semoga sehat kehamilannya, lancar saat melahirkannya.
 
  #7  
Old
maria1...   TS 
 
Posts: 12
 
Iya dokter disini umumnya selalu hati2 dlm memeriksakan pasien apalg ngasih obat. Contohnya mereka itu jarang bgt ngasih antibiotik klo kt sakit dan pesan mereka malah yg utama adlh banyak istirahat, minum air putih yg banyak dsb. Obat diminum jika mmg sakitnya dah parah
Prosesnya selalu panjang jika ingin pemeriksaan ke RS. Harus dr GP(klinik) terlebih dahulu baru kemudian diberi surat referensi utk ke Rs. Jika langsung ke emergency Di rs tentu saja akan mahal. Bertemu spesialis pun tdk gampang terutama utk RS pemerintah. Mungkin kalo di swasta bisa dipermudah dan tentu saja biayanya jauh lebih mahal.

Iya sejak dr awal dokter udh nanya mau metode lahiran apa, klo dr awal blg mau normal pastinya akan dibantu trs dgn dukungan dan dorongan dokter, bidan (midwife)& suster di RS. Cuma ya itu emang baiknya prepare biaya double, masalahnya gak ada yang tau bagaimana kedepannya.
 
  #8  
Old
monica...
 
Posts: 4
 
Sedang berada di luar negeri, lalu bingung di mana ingin melakukan pemeriksaan kehamilan? Jangan khawatir, Singapura merupakan salah satu negara dengan wisata medis terbaik di dunia. Dengan fasilitas dan kualitas pelayanan yang tinggi, tak heran jika banyak orang dari berbagai negara yang tertarik untuk mendapatkan Paket Pemeriksaan Kesehatan di Singapura. Apakah Anda termasuk salah satunya? Kami memiliki platform yang dapat memberikan rekomendasi Paket Pemeriksaan Kesehatan yang paling sesuai di Singapura berdasarkan kebutuhan Anda. Selain itu, kami juga memberikan potongan harga hingga 5% untuk Paket Pemeriksaan Kesehatan jika Anda melakukan pemesanan melalui kami. Segera dapatkan penawaran ini hanya di www.medicalcekup.id!
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Ke luar negeri (Singapura) saat hamil -- Diskusi Umum 4
Pengen adopsi bayi keturunan indo -- Ngobrol Apa Saja 2
pemeriksaan awal kehamilan -- Ngobrol Apa Saja 4
Pembalut avail, menerima pengiriman seluruh indonesia dan luar negeri -- Area Promosi 0
Kehamilan Pertama di Luar Negeri - Prosesnya? -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:33.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com