Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Septi1...   TS 
 
Posts: 1
Default keputihan pd ibu hamil

bun UK Ku 22w serving keputihan ni. merasakan jg game. dh konsul sm Dr ktne krn cape Dan stres dksh obat gt. tp msh aj keputihan
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Dian H...
 
Posts: 85
 
Replying to: View Post
bun UK Ku 22w serving keputihan ni. merasakan jg game. dh konsul sm Dr ktne krn cape Dan stres dksh obat gt. tp msh aj keputihan
hai bunda salam kenal,

aq juga keputihan bun bnyak lagi UK baru 12W, pernah konsul dokter dan di cek katanya si gpp, pernah jg di saranin supaya di bersihin lgsung dalem nya cuma aq tkut bun, jd cuma di kasih obat minum aja, tpi kputihan nya masih ada jg,kayanya kalo ke dokter lagi mau di bersihin aja bun dalem nya biar bersih risih jg kan kalo keputihan kaya gni.. kputihan bunda gatal/bau ga ?
kalo ga si masih normal bun gpp..
 
  #3  
Old
lucy16...
 
Posts: 2,333
 
Artikel ttg keputihan pd ibu hamil..

Ketika anda hamil tubuh anda akan mengalami banyak perubahan. Hal terpenting yang harus anda pahami adalah ketika mengalami perubahan apakah perubahan normal kehamilan (fisiologis) atau justru perubahan abnormal (patologis) yang harus diberikan pengobatan. Ibu hamil rentan terhadap cairan vagina karena perubahan hormonal selama kehamilan. Semua wanita hamil pasti pernah mengalami keputihan akan tetapi apakah keputihan normal atau reaksi infeksi ? Mengapa Terjadi Keputihan pada Ibu Hamil ?
Saat kehamilan ibu hamil mengalami perubahan hormonal yang menyebabkan terjadinya keputihan. Aliran darah akan meningkat ke daerah kewanitaan ketika anda sedang hamil yang mempengaruhi cairan vagina menjadi lebih meningkat. Pada ibu hamil cairan vagina mempunyai manfaat untuk mencegah infeksi dari vagina menuju ke rahim. Akan tetapi, tidak semua cairan vagina memberikan manfaat karena jika telah terkontaminasi dengan bakteri, parasit, atau virus justru akan membuat pengaruh buruk dari terjadinya infeksi vagina .Ibu hamil rentan terhadap infeksi vagina karena kesulitan dalam membersihkan daerah intimnya.
Ciri-ciri Keputihan pada Ibu Hamil
Seperti kebanyakan pada wanita Indonesia yang sering menganggap keputihan adalah hal biasa , padahal keputihan merupakan salah satu tanda terjadinya masalah kesehatan pada alat reprooduksi. Begitu juga pada ibu hamil, ciri-ciri keputihan yang merupakan perubahan normal kehamilan (fisiologis) yaitu berwarna bening keputihan, keputihan tidak berbau , tidak membuat anda gatal dan tidak terasa nyeri. Akan tetapi jika anda mengalami ciri-ciri di bawah ini , hati –hati ini merupakan perubahan abnormal kehamilaan yang membutuhkan penanganan serius :
1. Cairan berwarna putih kekuning-kuningan bahkan sampai kehijauan atau kekuningan
2. Cairan lebih kental dan lengket
3. Memiliki jumlah yang banyak
4. Rasa gatal yang tidak tertahankan
5. Berbau tidak sedap
6. Pada sekitar vagina berwarna kemerahan
Adapun penyebab dari keputihan pada ibu hamil dapat disebabkan adanya infeksi kuman penyakit atau gangguan kehamilan. Infeksi ditimbulkan oleh bakteri, jamur, parasit atau virus. Adapun pada masa awal kehamilan sampai dengan terjadinya persalinan sering terjadi keputihan yang disebabkan Jamur Candida sp yang merupakan penyebab infeksi pada ibu hamil. Pada masa terakhir kehamilan merupakan kelembapan tertinggi yang menyebabkan jamur candida sp meningkat berpeluang besar menyebabkan infeksi. Jamur candida sp dapat ditimbulkan karena penurunan imunitas. Selain jamur, Trichomonas vaginalis metupakan protozoa penyumbang infeksi yang menyebabkan berwarna kuning kehijauan, berbau tidak sedap, cairan kental dan menimbulkan nyeri saat berhubungan dan saat berkemih. Adapun bakteri penyebab keputihan saat hamil yaitu bakteriosis vaginalis (BV) ciri-ciri keputihan yang disebabkan bakteri ini adalah cairan berwarna putih keabu-abuan, berbau tidak sedap, dan pada dasarnya mengalami nyeri pada daerah kewanitaan. Virus juga dapat membuat anda mengalami keputihan , pada ibu hamil human papiloma virus (HPV) yang menyebabkan timbulnya kutil pada sekitar daerah kemaluan
Adapun beberapa tips yang dapat dilakukan ketika ibu hamil mengalami keputihan :
1. Menjaga kebersihan vagina
2. Mengeringkan bagian vagina
3. Menggunkan celana dalam terbuat dari bahan katun
4. Jangan menggunakan pantyliners
5. Jangan terlalu menggunakan obat kewanitaan secara sering
6. Hindarilah melakukan douche vagina
Untuk ibu hamil jika mengalami keputihan abnormal dengan ciri ciri di atas maka segerelah konsultasikan dengan dokter , jangan merasa malu atau pun segan karena hal itu justru akan membuat ibu hamil mengalami gangguan kesehatan yang berpengaruh pada janin yang sedang dikandung.

 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
keputihan waktu hamil -- Diskusi Umum 11
share obat keputihan.Hai bunda,yang pernah atau sedang mengalami keputihan -- Diskusi Umum 128
Keputihan Ibu hamil ??? -- Diskusi Umum 1
keputihan itu apa gak bisa hilang total ya???pgalaman keputihan.mohon.info -- Ngobrol Apa Saja 4
Keputihan Saat Hamil -- Ngobrol Apa Saja 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 20:30.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com