Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
Sanina...
 
Posts: 54
 
Kata ortu nih kalau mau banyak anak , syarat utama : jangan suka banyak jajan diluar , dan makan makanan instan juga minuman2 botol/kaleng gitu. :-)
Makan yg mengandung vitamen E buatan sndiri jauh lbh shat.
Terus ya suami nya suruh banyak konsumsi daging2 gitu sm sayur , protein dan gizi jg menentukan kualitas sprm. Begitu bunda2.

Selamat hidup sehat , smg yg berharap khamilan segera diberi kepercayaan oleh Allah SWT.
 
  #17  
Old
nitaaa...   TS 
 
Location: Bandung
Posts: 588
 
@bunda eni : grupnya khusus yg lagi promil yaa ?
@bunda yessy : suami bunda juga harus yaa , supaya bisa menghasilkan sperma yg berkualitas . Ditunggu kabar baiknya bund ..
@bunda ranie : bunda lagi hamil uk brp bund ?
@bunda cindy : wah bunda infonya boleh dishare tuh siapa tau bermanfaat buat para bunda yg pgn banget hamil ..
@bunda sanina : kalo kata org tua di sunda sih pgn banyak anak jgn geleuhan bund . Alias jgn jijik yg berlebihan . Kaya cuci piring bekas org lain gamau , ah pokonya berlebihan aja deh bund jijiknya ..
 
  #18  
Old
Sanina...
 
Posts: 54
 
oh iya bund... itu sih udah merupakan sifat , namanya org hrs pelihara sifat yg baik2 aja... jangan berlebihan dlm mengambil sikap. jijik, marah, kesel, benci pokonya yg ga baik smua gak boleh berlebihan, yg baik2 berlebihan jg bs jd gak baik, apalagi yg jelas tdk baik masa mau berlebihan ya nanti org nya sendiri yg kualat (rugi) kalau dibalik takdirnya sm ALLAH gimana? ya kan bun...

salam kenal ya bunda nitaa
 
  #19  
Old
debbyh...
 
Location: jakarta selatan
Posts: 23
 
hai smua bundsay..
aku mau tanya apakah v-spa ratus dapat menghalangi program hamil?
karena keputihan yang agak berlebih jadi saya v-spa ratus.
mohon masukan dan tanggapan dr bunda2 sekalian
 
  #20  
Old
sansan...
 
Posts: 256
 
Replying to: View Post
Hai bunda2 yg lg promil yukk join dgn kt di group promil khusus kt buat
Di pin 27fea98b
Smoga promil kt di tahun ini pada berhasil
Amin
Bund, ada group fb utk promil gak ya? Kalau grup bb, sering hang bb saya hehe..

---------- Post added at 10:34 ---------- Previous post was at 10:24 ----------

Yuk dicoba yg ini bunda2 sayang..
Semoga bermanfaat ya..

https://www.facebook.com/notes/solus...43723042415635
Terapi Sayur Dan Buah Untuk Kesuburan Suami Dan Istri


August 7, 2012 at 5:47pm


Memiliki anak adalah impian setiap pasangan yang sudah menikah. Jika suatu pasangan merencanakan untuk mempunyai anak, maka penting bagi kedua belah pihak, suami maupun istri, untuk menjaga berat badan. Beberapa riset menyimpulkan pada wanita yang terlalu gemuk atau terlalu kurus lebih sering terjadi kegagalan pembuahan dibandingkan dengan wanita dengan tubuh seimbang. Selain faktor berat badan, keseimbangan hormonal dan makanan juga sangat menentukan tingkat kesuburan sistem reproduksi.

Pada wanita, gejala gangguan sistem hormonal umumnya ditandai dengan nyeri haid dan haid tidak teratur. Membatasi asupan makanan padat kalori terutama karbohidrat dan lemak merupakan langkah awal usaha untuk mendapatkan anak. Sebaliknya, penting untuk memperkaya keragaman bahan makanan, terutama yang kaya gizi penyubur sistem reproduksi, seperti vitamin E, vitamin C, vitamin B12, asam folat, betakaroten, zat besi, seng, dan selenium. Sebagaimana wanita, yang membutuhkan cukup asupan asam folat dan gizi penyubur lain, pria pun demikian untuk menunjang sistem reproduksinya.

Pola makan orang Indonesia yang menyukai sayur-sayuran sebenarnya sudah merupakan terapi sayur dan buah untuk meningkatkan kesuburan. Kalau kita cermati, sebenarnya sayuran dan buah-buahan yang dapat meningkatkan kesuburan sering kita temui, bahkan mungkin sering kita konsumsi. Beberapa sayuran dan buah-buahan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan akan kami bahas di bawah ini.

Pegagan
Pegagan juga dikenal sebagai antanan, adalah tanaman merambat yang sering dimakan sebagai lalapan segar, terutama di Jawa Barat. Asinan Bogor adalah makanan khas daerah yang memasukkan antanan sebagai salah satu sayuran dalam racikan asinan. Sayuran ini memberikan rasa manis dan sejuk.

Dalam pegagan terkandung asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral seperti garam kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vellarine, dan zat samak atau tanin. Madecocassosida dapat memacu produksi kolagen. Kolagen ini sangat besar perannya dalam regenerasi sel kulit termasuk sel telur (ovum) pada wanita dan sel sperma pada pria. Pegagan juga mengandung karoten yang berperan sebagai antioksidan. Karoten juga menjaga mutu sperma dan sel telur. Caranya dengan melindungi dinding sperma dan sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas. Mineral-mineral seperti kalium, natrium, kalsium, besi, dan fosfor dalam pegagan juga penting bagi kesehatan tubuh.

Khasiat lain dari pegagan adalah anti infeksi, antitoksik, penurun panas, peluruh air seni, mengobati luka dan keloid, varises dan hemoroid (ambeien), serta antilepra.

Wortel
Wortel segar mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, nutrisi anti kanker, gula alamiah (fruktosa, sukrosa, dektrosa, laktosa, dan maltosa), pektin, glutanion, mineral (kalsium, fosfor, besi, kalium, natrium, amgnesium, kromium), vitamin (beta karoten, B1, dan C), serta asparagine. Beta Karotennya merupakan anti oksidan yang menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan. Selain itu beta karoten dapat mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker serta melindungi asam lemak tidak jenuh ganda dari proses oksidasi.

Jika tubuh memerlukan vitamin A maka beta karoten di hati akan diubah menjadi vitamin A. Fungsi vitamin A dapat mencegah buta senja, mempercepat penyembuhan luka, dan mempersingkat lamanya sakit campak. Sebuah wortel ukuran sedang mengandung sekitar 15.000 IU beta karoten. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa dengan mengonsumsi wortel yang dikukus sebentar akan memperbesar penyerapan beta karoten.

Daun wortel mengandung porphyrins. Zat ini dapat merangsang kelenjar pituary dan meningkatkan hormon seks. Buah mengandung bisabolene, tiglic acid, dan geraniol. Biji wortel liar mengandung flavonoid, minyak menguap termasuk asarone, carotol, pinene, dan limonene.

Jambu Biji Merah
Hampir semua buah berwarna cerah kaya likopen. Meski tampak berwarna kekuningan pada bagian luar buah jambu biji lokal merah, namun bagian daging buahnya sangat merah. Seperti halnya tomat, daging buah jambu biji lokal yang berwarna merah juga kaya akan likopen. Likopen dalam jambu biji lokal merah bersifat antioksidan dan menyuburkan sistem reproduksi pria. Oleh karena itu, konsumsi jus jambu biji merah secara rutin juga dapat meningkatkan kesuburan pada pria.

Kemangi
Kemangi juga dikenal sebagai sayuran yang dapat dimakan segar sebagai lalapan. Tanaman ini menyegarkan, menghilangkan bau badan dan bau mulut. Tanaman beraroma wangi ini mengandung arginine yang memperkuat daya tahan hidup sperma, mencegah kemandulan, dan menurunkan gula darah. Daya tahan hidup sperma penting untuk mendukung proses pembuahan sel telur. Sedangkan kandungan boron berperan merangsang hormon androgen dan estrogen serta mencegah pengeroposan tulang. Kedua hormon ini besar perannya dalam sistem reproduksi wanita.

Tanaman ini juga mengandung minyak atsiri, asam askorbat, asam kafeat, iskulin, histidin, magnesium, betakaroten, dan betasitosterol. Semua nyawa berkhasiat ini diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan.

Untuk meningkatkan vitalitas, dianjurkan untuk mengonsumsi daun kemangi sebagai teman makan sehari-hari. Bagi masyarakat Sunda di Jawa Barat, daun kemangi merupakan menu “wajib” baik dimakan mentah sebagai lalapan atau sebagai bumbu pepes ikan segar. Mengonsumsi daun kemangi dalam waktu lama merupakan cara terbaik untuk memperoleh manfaat maksimal bagi pria maupun wanita.

Seledri
Sayuran pelengkap berbagai masakan di Indonesia ini berkhasiat tonik, memacu enzim pencernaan, menurunkan tekanan darah, menghentikan pendarahan, peluruh kencing, peluruh haid, peluruh kentut, menurunkan asam urat, dan membersihkan darah. Perannya dalam sistem reproduksi karena seledri mampu memperbaiki fungsi hormonal yang terganggu, seperti nyeri haid, haid tidak teratur, ataupun haid terlalu banyak.

Daun seledri kaya senyawa minyak atsiri, kalsium, besi, dan magnesium. Daun tanaman ini juga kaya vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Setiap 100 gram daun seledri segar terkandung 130IU vitamin A dan 15 mg vitamin C. Vitamin A dan vitamin C dikenal sebagai antioksidan cukup kuat. Serangan radikal bebas terhadap dinding sperma dan sel telur dapat dihambat oleh kedua vitamin ini.

Daun Katuk
Tidak hanya sebagai pelancar ASI daun katuk juga kaya senyawa yang dapat menggenjot mutu dan jumlah sperma, termasuk membangkitkan vitalitas seksual. Daun katuk dipenuhi senyawa fitokimia berkhasiat obat. Sedikitnya mengandung tujuh senyawa aktif yang dapat merangsang sintesis hormon-hormon steroid (seperti progesterone, astradiol, terstosteron, dan glukokortikoid) dan senyawa eikosanoid (diantaranya prostaglandin, prostasiklin, tromboksan, lipoksin, dan leukotrien).

Jika dikonsumsi wanita, senyawa aktif dalam daun katuk akan memacu pembentukan hormon kewanitaan, sehingga kulit menjadi halus. Rambut lebih sehat dan lembut. Sebaliknya, dalam tubuh laki-laki senyawa aktif daun katuk akan merangsang pembentukan hormon keperkasaan, yang akan menggenjot vitalitas seksual. Bahkan, produksi sperma melaju pesat seiring dengan peningkatan kualitasnya. Daun katuk dipuji mampu mengembalikan vitalitas dan kesuburan pria loyo.

Semangka
Jika kita makan sepotong semangka (1/8 bagian), berarti kita sudah mengasup 15-20 mg likopen. Bersama vitamin C dan betakaroten dalam buah semangka, likopen dapat melawan berbagai jenis kanker. Dalam sebuah riset dilaporkan bahwa konsumsi likopen yang cukup pada pria bisa membantu menurunkan risiko kanker prostat.

Di India pernah dilakukan penelitian terhadap 30 pasangan tidak subur, khususnya terhadap laki-laki dari pasangan tersebut yang berusia 23-45 tahun. Mereka memiliki masalah dengan sperma, yakni jumlah sperma terbatas, struktur sperma tidak normal, dan pergerakannya lamban. Dua kali dalam sehari mereka diberi makanan kaya likopen yang masing-masing menyumbangkan 20 mg likopen (setara 1/2 bagian semangka) selama 3 bulan terus-menerus. Hasilnya, setelah 3 bulan menjalani terapi, rata-rata jumlah sperma mereka meningkat 67%, struktur sperma mengalami perbaikan sebanyak 63%, dan kegesitan sperma melonjak 73%. Yang mengejutkan, 6 di antara laki-laki yang tadinya tidak subur tersebut ternyata sukses menghamili istrinya. Jadi, tidak ada salahnya jika ingin mendapatkan keturunan kita memperbanyak konsumsi semangka.

Semangka juga menyimpan senyawa pembangkit gairah, yaitu sitrulin. Daya kerja senyawa ini diketahui setara dengan viagra. Senyawa kelompok asam amino ini dapat memicu produksi nitrit oksida, yang berperan dalam peningkatan kemampuan seksual pria. Sitrulin juga mudah diserap tubuh dan mengalir dalam darah.

Hmmm… ternyata tidak sulit mencari bahan-bahan makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pasangan suami-istri. Daripada minum obat-obatan yang tidak jelas asal-usulnya, lebih baik kita memulai mengonsumsi sayuran dan buah-buahan di atas secara rutin.

Dan ini:

http://www.tempo.co/read/news/2013/1...suburan-Sperma

TEMPO.CO, Harvard - Wortel telah lama dianggap makanan yang baik untuk penglihatan. Sebuah studi kini mengungkap fakta baru yang mengatakan wortel juga bisa meningkatkan kesuburan pria.

Peneliti dari Harvard University, Amerika, menginvestigasi pengaruh sejumlah buah dan makanan terhadap kesehatan sperma. Hasilnya, mereka menemukan bahwa wortel adalah makanan terbaik yang bisa meningkatkan kesuburan sperma. Wortel bahkan punya efek motilitas paling tinggi. Motilitas adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan sperma 'berenang' mencapai sel telur.

Dalam studinya, peneliti meminta hampir 200 pria muda untuk menjalani diet yang berisi dari beragam jenis buah dan sayuran. Pengaruh buah dan sayuran itu lalu diuji untuk melihat pengaruhnya pada sperma. Diketahui, makanan berwarna kuning dan oranye bisa membantu sperma lebih kuat.

Pengaruh ini diatributkan pada pigmen yang disebut karotenoid. Sebab, tubuh mengubah beberapa antioksidan yang meningkatkan kesehatan. Di antara antioksidan itu adalah beta karotin, yang bisa diubah menjadi antioksidan vitamin A. Nah, antioksidan membantu untuk menetralisasi radikal bebas, yaitu kelompok atom perusak yang merupakan produk sampingan dari metabolisme dan dapat merusak membran sel dan DNA.

Ubi jalar dan melon bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma, tapi pengaruh wortel adalah dia bisa meningkatkan performa sperma antara 6,5-8 persen. "Dalam sebuah populasi para pria yang sehat, asupan karotenoid dikaitkan dengan motilitas sperma yang lebih tinggi," kata peneliti, seperti dilansir Daily Mail, Kamis, 31 Oktober 2013. "Data kami menunjukkan bahwa diet karotenoid bisa punya pengaruh positif pada pengaruh semen."

Buah merah dan sayuran, khususnya tomat, yang mengandung zat kimia antikanker likopen diketahui bisa mengurangi ketidaknormalan bentuk sperma.

"Mereka berkontribusi antara 8-10 persen 'menormalkan' sperma," kata peneliti. Tentu saja, mereka melanjutkan, ini bisa membuat perbedaan signifikan pada pasangan yang punya masalah untuk punya momongan.

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Fertility and Sterility. Tentu saja ini berita gembira. Sebab, penelitian tersebut hadir ditengah-tengah laporan yang mengatakan kualitas dan kuantitas sperma pria mengalami penurunan di negara-negara Barat. Beberapa studi menunjukkan rata-rata penurunan itu mencapai lebih dari setengahnya.

Juga ini:

jenis makanan yang bisa Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita ~ srak sruk


UNTUK WANITA
Daging merah. Kandungan zat besi dalam daging merah amat mampu menurunkan risiko kemandulan yang timbul dalam proses ovulasi. Zat besi membantu meningkatkan sel darah merah juga mengurangi ancaman anemia. Daging merah juga mendukung ovulasi dan efisien mempertahankan pembelahan sel.

Kacang. Kacang almond bisa menjadi solusi kemandulan yang sangat lezat. Kacang almond mengandung vitamin E yang tinggi yang mampu meningkatkan gairah seks wanita, sementara secara bersamaan bisa melindungi embrio dari keguguran.

Tiram
. Memakan tiram mungkin terlihat tidak menarik bagi sebagian orang, tetapi mereka yang ingin meningkatkan kesuburan tentu harus berselera. Tiram mengandung zat besi yang amat penting bagi kesehatan ovulasi dan produksi sel telur yang stabil. Selain tiram, zat besi juga terkandung dalam telur, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Kentang panggang. Kentang panggang mengandung vitamin B yang sangat tinggi. Ini sempurna untuk semangat bercinta. Kandungan vitamin B dan E ditemukan dalam makanan ini, yang juga bisa meningkatkan pembelahan sel serta meningkatkan peluang produksi ovum yang sehat.

UNTUK PRIA
Buah segar. Ini merupakan pilihan terbaik bagi pria yang ingin meningkatkan kehebatan mereka. Kandungan vitamin C yang tinggi amat membantu mencegah sperma menggumpal menjamin potensi dan meningkatkan kualitas sperma. Tingkatkan pasokan gizi harian Anda dengan mengonsumsi kiwi, mangga, stroberi, atau grapefruit (sejenis jeruk).

Kacang Brazil. Kami tidak bercanda, makanan ini benar-benar bisa membantu meningkatkan jumlah sperma. Kaya akan selenium, kacang Brazil terkenal meningkatkan hormon testosteron serta kinerja testis Anda.

Bawang putih
. Meski sering dicap sebagai obat pembunuh vampir, beberapa dosis bawang putih sebenarnya amat meningkatkan kesuburan Anda.

Minyak ikan. Salmon, mackerel, dan sarden bisa sangat membantu Anda menjadi sehat dan subur. Minyak ikan mengandung asam lemak esensial (EFA) yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sistem reproduksi dan meningkatkan pembentukan kualitas sperma.

Cabe. Memakan masakan cabai benar-benar membuat gairah Anda meningkat, dengan cara apa pun! Dengan mempercepat aliran darah ke daerah reproduksi, cabe sangat bisa meningkatkan keampuhan produksi dan kualitas sperma Anda.
 
  #21  
Old
vivini...
 
Posts: 100
 
Replying to: View Post
Ikutan share pengalaman dong. Aq lepas kb 1th baru hamil bund. Usahaku 3bl sblm hamil: minum santa e 400mg stiap bersih haid sebanyak 10 tablet (1 X 1), sampai 3 siklus.krn ga boleh lebih dr 3siklus. Minum sari kurma+habbattusaudah. N perbanyaak doa. Semoga bermanfaat buat bunda semua. Oy aq kb suntik d awal nikah sampai 3x yg sebulan sekali.
Alhamdulillah skrg 13w,semoga dd ku sehat selalu.amin
bunda cindy mau tanya...minum santa E nya maksudnya gimana itu bun?kalo habbattusaudahnya itu yang kaya apa bun (share pic nya bun),,,,,
 
  #22  
Old
nitaaa...   TS 
 
Location: Bandung
Posts: 588
 
@bunda sanina : iya salam kenal juga bunda
@bunda sansanyan : waaah bunda lengkap banget infonya ,, coba dishare bund dibuat thread siapa tau membantu yg lg promil ..

---------- Post added at 16:37 ---------- Previous post was at 16:36 ----------

@bunda debby : v-spa ratus itu apa bunda ? Aku baru denger ..
 
  #23  
Old
sansan...
 
Posts: 256
 
Replying to: View Post
@bunda sanina : iya salam kenal juga bunda
@bunda sansanyan : waaah bunda lengkap banget infonya ,, coba dishare bund dibuat thread siapa tau membantu yg lg promil ..

---------- Post added at 16:37 ---------- Previous post was at 16:36 ----------

@bunda debby : v-spa ratus itu apa bunda ? Aku baru denger ..
Duh bund, sy gk ngerti bikin thread, dr kmrn2 sy coba2 gk berhasiill.. Gaptek bgt ya saya bund hahaha..

Gimana ya bund caranya?
 
  #24  
Old
nitaaa...   TS 
 
Location: Bandung
Posts: 588
 
Haduh bunda ada" aja ..
Bisa komen kok gabisa bikin thread ??
Bunda online dimana ??
Kalo saya di henpon di halaman utamanya ada kok option new thread ..
Coba cari lagi deh bundaa ..
 
  #25  
Old
debbyh...
 
Location: jakarta selatan
Posts: 23
 
v-spa ratus itu perawatan vagina untuk mengurangi bahaya akibat keputihan bun.. kebetulan keputihanku agak berlebih,, mungkin stress. tp pengen promil jg..
 
  #26  
Old
sansan...
 
Posts: 256
 
Replying to: View Post
Haduh bunda ada" aja ..
Bisa komen kok gabisa bikin thread ??
Bunda online dimana ??
Kalo saya di henpon di halaman utamanya ada kok option new thread ..
Coba cari lagi deh bundaa ..
bener buund.., serius, sy gk bisa.. sy sdh teken2 tuh thread, tp gak ada pilihan new thread hiks.
 
  #27  
Old
Phypit...
 
Location: Balikpapan
Posts: 3
 
Bunda Cindy Kemarin minum Minum sari kurma+habbattusaudah berapa kali sehari Bun??
Soalx aq juga mulai minum bund...semoga cepat nyusul bunda..
 
  #28  
Old
nitaaa...   TS 
 
Location: Bandung
Posts: 588
 
@bunda debby : dulu aku juga keputihan bund ,, sampe hamil beberapa bulan malah masih . Tapi bisa hamil karna itu kepercayaanku ,, aku sama suami rutin konsumsi toge ..
@bunda sansanyan : coba masuk dulu bund ke forum pilihan diskusi . Kan ada macem" tuh ..
 
  #29  
Old
sansan...
 
Posts: 256
 
Replying to: View Post
@bunda debby : dulu aku juga keputihan bund ,, sampe hamil beberapa bulan malah masih . Tapi bisa hamil karna itu kepercayaanku ,, aku sama suami rutin konsumsi toge ..
@bunda sansanyan : coba masuk dulu bund ke forum pilihan diskusi . Kan ada macem" tuh ..
Bunda nitaaaa.. Akhirnya saya berhasil membuat thread baruu.. #berhasil berhasil! doraemon.com hehe..

Trima kasih ya bundaa...
 
  #30  
Old
ranie ...
 
Location: Medan
Posts: 1,535
 
Replying to: View Post
Ikutan share pengalaman dong. Aq lepas kb 1th baru hamil bund. Usahaku 3bl sblm hamil: minum santa e 400mg stiap bersih haid sebanyak 10 tablet (1 X 1), sampai 3 siklus.krn ga boleh lebih dr 3siklus. Minum sari kurma+habbattusaudah. N perbanyaak doa. Semoga bermanfaat buat bunda semua. Oy aq kb suntik d awal nikah sampai 3x yg sebulan sekali.
Alhamdulillah skrg 13w,semoga dd ku sehat selalu.amin
bund aturan mnum santa E 400 itu sbnrnya gmna sih?

ada yg blg bole tiap ari tp ada yg blg jg cuma bole siap haid yg kyk bunda blg, sbnrnya gmn ya
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
kapan bisa berhubungan lagi pasca kuret?Dan kapan boleh bisa promil lagi? -- Diskusi Umum 79
ibu yang lagi promil,sapa yang pernah promil dengan prof.dr djafar siddik? -- Diskusi Umum 1
Promil Dengan Yang Alami -- Diskusi Umum 4
bunda sharing yukk.. yang lagi promil dan hasil dari promil.. -- Ngobrol Apa Saja 22
promil ? yang alami aja bund :) -- Ngobrol Apa Saja 1


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 13:41.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com