Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
bunda ...   TS 
 
Posts: 7
Default Bunda bagi info tentang LEA

Bunda ada yang punya info ato pengalaman melahirkan dengan metode LEA / ILA? kok katanya bisa menguangi rasa sakit saat kontraksi....
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
zhivan...
 
Posts: 301
 
iya bund dger2 c gt?bunda lg hmil brpa bln?aq jg insyllh pgen lhirn normal dibntu ILA/epudural.....
 
  #3  
Old
Anitai...
 
Location: Jl Kaliurang km7
Posts: 391
 
ILA/ LEA itu si ibu diberikan suntikan di daerah urat saraf, anestesi ini diberikan pada pembukaan di atas 4 cm, jadi di awal proses persalinan ibu masih merasakan kontraksi. Teknik ini akan membebaskan ibu dari rasa sakit sekitar 12 jam.


Hmmm, kalau saya pengennya melahirkan tanpa intervensi medis bun (alami tanpa obat) bahkan kalau bisa dirumah. Selain minim trauma buat baby, juga bagus buat bundanya. Lebih pengennya lagi water birthing, tapi karena janin saya kembar, ada kontraindikasi untuk melahirkan waterbirth, mungkin baby pertama di air, yg kedua di darat. Saya juga nggak menolak intervensi medis kalau benar-benar dibutuhkan, dengan catatan petugas medis sudah mengenal metode Gentle Birth (melahirkan dgn metode tenang,lembut dan santun), Hypnobirthing (alami dgn relaksasi / hypnosis) dan Lotus Birth (penundaan pemotongan dan pengekleman tali pusat). Maka dari itu saya membuat lembar preferensi persalinan yg ditanda tangani bermaterai oleh dokter. Pokoknya peran dokter adalah partner, yg memegang kendali persalinan adalah ibu dan bayi. Karena saya yakin proses melahirkan adalah proses alamiah.

Kalau pakai ILA / Epidural ada kekurangannya bunda, yaitu meningkatkan resiko ibu mengalami penurunan tekanan darah secara mendadak, kesulitan bergerak, kesulitan buang air kecil, kesulitan mendorong bayi keluar, kurangnya atau bahkan tidak adanya keinginan untuk mengejan, demam, dll.

Bukannya nakut-nakutin lho bunda... hehehe

Tips buat bunda yg mau melahirkan normal,
hindari posisi lithotomy/berbaring/terlentang dan posisi setengah duduk. Karena:
1. posisi paling menyakitkan
2. meningkatkan kemungkinan tindakan episiotomi (meningkatnya tekanan pada perinium).
3. tidak membantu proses persalinan sama sekali
4. pembukaan panggul kurang maksimal dan tekanan tempat di tulang ekor sangat banyak.
5. ibu harus mengejan melawan gravitasi sehingga meningkatkan lama dan panjangnya tahapan mengejan.
6. gerakan ibu menjadi terbatas
7. meningkatkan risiko persalinan menggunakan forcep/vakum
8. membuat tekanan pada pembuluh darah menuju rahim dan membatasi aliran darah ke bayi, hal ini dapat menurunkan detak jantung bayi yg menyebabkan petugas medis harus memantau lebih dalam bahkan lebih membatasi gerak ibu.
9. meningkatkan risiko bayi berada di posisi yang buruk (malpresentation)
10. meningkatkan risiko terjadinya distosia bahu.

Semoga Lancar Melahirkan ya bunda.
 
Temukan senyuman Allah, ketika kita bisa memberi,
dan temukan keindahan rasa, saat bisa membantu sesama
.
  #4  
Old
zhivan...
 
Posts: 301
 
bunda anita@wah slmat ya bund baby`y kmbr...dh brpa mnggu bund???
 
  #5  
Old
puri...
 
Location: pasuruan
Posts: 1,733
 
kalo kuat nahan sakit sih mending nggak usah pake penghilang rasa sakit. karna melahirkan adalah jihad, setiap rasa sakitnya akan di ganti pahala yang berlipat. itung2 tabungan akhirat

cuma sekedar pendapat
 
Alhamdulillah
  #6  
Old
illa...
 
Location: Malang, Jatim
Posts: 701
 
bunda divicute yg prnh mnggunakan metode ini buns, sbetulx bkn krn faktor g bs nahan sakit tp krn ada faktor2 laen sprti kelelahan krn kontraksi yg pnjng, panggul sempit tp msh bs normal & jln terakhir tuk normal agr td smpk sc. bunda bs share dng bunda divi ttng metode ini. klo aq pengalaman anak prtama alhamdulilah alami bund & mnurutq sakit saat melahirkan tdklah menyakitkan tp sakit yg msh batas wajar
 
  #7  
Old
divicu...
 
Posts: 293
 
@bunda aisyah: hai salam kenal ya bund bener kata bunda Illa aku dulu pake ILA karna sudah kecapean duluan karna kontraksi yg lumayan agak lama plus panggul sempit dan jalan lahir condong kebelakang dan harus diputar dan rasa mulesnya jadi 2x lipat kayak diinduksi ya wiss dari pada kehabisan tenaga ya aku milih di suntik ILA aja dangak ada efek ke baby dan ke aku sama sekali enggak ada yg katanya darah ngedrop pusing dll aku gak rasain beneran aman dan buat baby althaf lahir aman tidak ada masalah karna pemakaian ILA bundas ILA dan epidural itu berbeda kalo epidural hanya untuk SC dan baby harus segera dikeluarkan karna takut baby mengantuk atau mabuk efek epidural juga cuma 2 atau 3jam saja dan rata2 bayi lahir tidak dalam keadaan nangis harus ditepuk dulu bokongnya agar menagis nah kalo ILA tidak sama sekali bikin baby mengantuk atau baby mabuk setelah disuntik bunda harus tiduran terus tp suntik ILA harus diatas pembukaan 5 atau menginjak pembukaan 5 dan baby L lahir menagis kencang dan kalo soal dorongan baby mau keluar masih ada rasa itu hanya saja tidak mulas itu aja sih yg bisa aku share bund semoga bermanfaat (pengalaman pribadi)

Kayaknya bukan LEA ya bund tp ELA pernah deh dokterku bilangnya ELA tp gak tau ya aku salah denger atau apa nah kalo ELA ini bisa dipake dari pertama kali bukaan dan mules kalo gak salah tp jangka waktunya cuma 2jam aja dan harus disuntik terus katanya gitu pernah denger juga tp gak jelas bener atau enggaknya bund


@bund anita: salam kenal
Bund sebenernya yg alami itu oke banget tp tidak semua wanita bisa mengikuti atau mengalihkan rasa sakit seperti hypnobrithing seperti beberapa spog bilang termasuk spog ku karna sebagian orang ada yg tidak bisa dinhipnotis ya memang hypnobrithing ini bukan hipnotis ini tergantung pola otak kita ngesetnya soalnya pribadi aku juga ikut hypnobrithing jujur yg saya dapet cuma rasa enjoy saat melahirkan kalo soal sakit sih ya pasti saya akuin sakit ditambah banyak kendala pengalaman saya melahirkan anak pertama ...
 
  #8  
Old
Anitai...
 
Location: Jl Kaliurang km7
Posts: 391
 
Hmmm... sbenarnya semuanya bisa bunda, hanya saja namanya manusia ada yang total ada yg tidak, dan juga lingkungan sangat mempengaruhi mindset tiap individu.

Kalau yg hypnobirthingnya beneran total, bener-bener nggak sakit bunda, dalam artian petugas medis, doula, lingkungan semua menerapkan hypnosis. Karena banyak ibu-ibu yg mengikuti hypnobirthing, tapi tempat persalinan tidak mendukung, atau petugas medisnya tidak belajar hypnosis secara tuntas (bersertifikasi). Semua orang bisa dihypnosis bunda, dan hypnosis itu tidak selalu tidur.

Karena suami saya dan rekan-rekannya adalah praktisi hypnosis, dan sudah ada pasien nyata yg benar-benar tanpa rasa sakit. Hypnobirthing itu bukan cuma sekali dua kali pertemuan bunda, bahkan terapis ikut mendampingi saat persalinan, bahkan ada yg berlanjut sampai seterusnya.

Memang di Indonesia, masih sedikit bidan, dokter dan Rumah sakit/ klinik yg mendukung program gentlebirth dan hypnobirthing. Apalagi ditambah ada sebuah mitos yg menyebutkan rasa sakit adalah sebuah keharusan. Dan ditambah teknologi medis yg semakin canggih, membuat orang tidak mau repot-repot.

Tenang bunda, yg pernah melahirkan dan merasakan sakit, program yg saya utarakan memang tidak masuk akal. Dan kalau dijelaskan disini bisa sangat panjang.

Semoga persalinannya lancar ya bunda, asalkan kita tenang, berpikir positif dan ikhlas dgn proses persalinan, insyaallah lancar.
 
Temukan senyuman Allah, ketika kita bisa memberi,
dan temukan keindahan rasa, saat bisa membantu sesama
.
  #9  
Old
divicu...
 
Posts: 293
 
@bund anitaintan : kalau begitu semoga bunda bisa melakukan proses bersalin hypnobrithing ya bund amin

Kalo kemaren saya terbentur beberapa kasus mulai dari kasus panggul sempit ringan, HB sempat rendah transfusi 2 ampul (1minggu menjelang persalinan), jalan lahir condong kebelakang dan alhamdulillah sekali dokter saya yg ahli SC tidak menyarankan saya sepenuhnya untuk SC dia memberikan pemikiran positive agar saya melahirkan normal dicoba dulu pasti bisa dan alhamdulillah meskipun saya pake ILA karna badan saya sudah lemas menahan kontraksi akibat jalan lahir diputar dan betapa kagetnya saya berat bayi saya yg diperkirakan hanya 2.600gr ternyata 2.900gr dan terlilit tali pusat di leher 1lilitan alhamdulillah sehat meskipun harus di observasi masuk NICU karna baby saya terlilit talipusat dan butuh oksigen dan untuk mengeluarkan air diparu2nya karna terlilit itu airnya jd harus di sedot
Intinya bener positive thinking karna didalam pikiran saya tidak ada rasa takut untuk melahirkan saya tenang ikhlas dan saya yakin akan lancar ditambah rumah sakit ibu dan anak ini sangat homey sekali tidak ada kesan rumah sakit yg tegang ...

Semoga bunda2 disini selalu sehat dan kuat dan lancar proses bersalinnya amin
 
  #10  
Old
bunda ...   TS 
 
Posts: 7
 
Terimakasih Bunda infonya, Insya Allah pengennya normal aja....
Dulu waktu anak pertama harus dipacu sih, jadi rasa sakitnya jadi semakin terasa. Trus ada info tentang LEA/ILA jadi pengen tahu....
 
  #11  
Old
deet...
 
Posts: 127
 
Bunda aisyah,
sepupu ku 3x lahiran pake a, ga da efek apa2.. Kl menurut dia itu proses normal minus rasa sakit aja. Tp kl memang berminat, katanya konsultasi dl sm dokter anestesi aja dl.
Ak lom lahiran jd lom berani menyarankan apa2, hehehe.. Tapii..
Alami, hypno,ila, epidural, sc, dll. Itu pilihan pribadi koq bun, semua yg penting bunda mantep aja, krn pain tolerance tiap org beda, trus yg paling penting nanti ibu n bayi sehat selamat dan semua puas happy..
 
  #12  
Old
bunda ...   TS 
 
Posts: 7
 
bunda Deet,
Terima kasih,Kemaren udah konsul sama dokter juga, dan memang benar semua pilihan ada di tangan kita. Insya Allah memantapkan hati yang normal aja deh
 
  #13  
Old
Anitai...
 
Location: Jl Kaliurang km7
Posts: 391
 
Replying to: View Post
bunda anita@wah slmat ya bund baby`y kmbr...dh brpa mnggu bund???
Alhamdulillah, ini perjalanan 16week ke 17 week, Bun, alhamdulillah sehat.

Replying to: View Post
@bund anitaintan : kalau begitu semoga bunda bisa melakukan proses bersalin hypnobrithing ya bund amin

Kalo kemaren saya terbentur beberapa kasus mulai dari kasus panggul sempit ringan, HB sempat rendah transfusi 2 ampul (1minggu menjelang persalinan), jalan lahir condong kebelakang dan alhamdulillah sekali dokter saya yg ahli SC tidak menyarankan saya sepenuhnya untuk SC dia memberikan pemikiran positive agar saya melahirkan normal dicoba dulu pasti bisa dan alhamdulillah meskipun saya pake ILA karna badan saya sudah lemas menahan kontraksi akibat jalan lahir diputar dan betapa kagetnya saya berat bayi saya yg diperkirakan hanya 2.600gr ternyata 2.900gr dan terlilit tali pusat di leher 1lilitan alhamdulillah sehat meskipun harus di observasi masuk NICU karna baby saya terlilit talipusat dan butuh oksigen dan untuk mengeluarkan air diparu2nya karna terlilit itu airnya jd harus di sedot
Intinya bener positive thinking karna didalam pikiran saya tidak ada rasa takut untuk melahirkan saya tenang ikhlas dan saya yakin akan lancar ditambah rumah sakit ibu dan anak ini sangat homey sekali tidak ada kesan rumah sakit yg tegang ...

Semoga bunda2 disini selalu sehat dan kuat dan lancar proses bersalinnya amin
Iya bun, semoga kita semua dapet persalinan terbaik (baik petugas medis, tempat bersalin, doula, waktu dan prosesnya)
Kita manusia cuma bisa berencana sebaik mungkin, masa depan masih misteri.

Kalau saya berhasil, langsung saya bagi deh sama bunda-bunda yang lain... Kan malu bun, pasien bisa dokternya nggak bisa... hihihi...
Mohon doanya ya bunda, saya bisa bangun Klinik yang "ramah", buat ibu-ibu hamil terutama...
 
Temukan senyuman Allah, ketika kita bisa memberi,
dan temukan keindahan rasa, saat bisa membantu sesama
.
  #14  
Old
divicu...
 
Posts: 293
 
Amin
Kembar ya bund ?
Semoga berjalan dengan lancar proses persalinannya ya bund amin
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Info tentang Pap Smear -- Diskusi Umum 2
Bunda bagi pengalaman donk.. Info nya jg... -- Diskusi Umum 9
Bagi info tntng duren donk bunda.heheheeh -- Diskusi Umum 8
Bagi info yuks bunda...... -- Diskusi Umum 11
Bunda bagi info donk bwt kehamilan 9,10,11,12 week -- Diskusi Umum 19


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:14.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com