Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Vini H...   TS 
 
Posts: 392
Default Periksa Kandungan di Bidan atau Dokter Spesialis?

Eh bun, boleh gak sih bikin thread yang sama kayak di blog kita. Kalo gak boleh dihapus aja yah Mbak/Mas admin hehehe ..

Cekidot

Tiga hari setelah tahu kalau saya hamil dari hasil test pack, saya memutuskan untuk periksa ke Bidan. Bingung pastinya milih bidan karena belum ada pengalaman sama sekali. Ada sih bidan yang deket rumah tapi kok kurang sreg dan yakin. Akhirnya saya pilih Bidan Suhartuti di Jalan Karawitan Bandung. Jauuh sih dari rumah, tapi karena dulu ibu, kakak+saudara-saudara saya melahirkan di situ akhirnya saya jadi percaya.
Bidan Suhartuti ini cukup rame pasiennya. Orangnya baik dan optimistis banget. Nggak pernah bilang nggak bisa kalo emang kondisi ibu yang mau melahirkan nggak parah banget. Selalu mau nerima pasien yang mau melahirkan meskipun sama sekali nggak pernah periksa kandungan ke dia. Beda banget sama Bidan di deket rumah yang suka nolak ibu yang mau melahirkan tapi nggak pernah periksa disitu *iih


Saya dateng ke Bidan suhartuti ini pas pulang kerja jam 17.00, ternyata sudah cukup rame antriannya. Biasanya periksa hamil emang lamaaaa. Makanya harus sabar nunggu giliran. Atau pas lagi nunggu antrian mending jajan aja cari makan hehehe . Tiba giliran saya untuk masuk. Ternyata bukan Bidan Suhartutinya yang periksa melainkan asistennya yang kayaknya masih muda banget. Setelah diperiksa dan dinyatakan hamil tanpa saya tanya-tanya Bu bidan yang masih muda itu memberikan pengarahan yang sangaaaaaat detail, sampe saya nggak usah nanya-nanya lagi. Nyaman deh ngobrol sama Bu Bidan ini. Nggak terkesan cepet-cepet beres dan selalu menerangkan sesuatu dengan jelas dan detail.
Biaya Periksa di Bidan Suhartuti :
TOTAL BIAYA : Rp. 40.000,- sudah termasuk konsultasi Bidan+obat (asam folat+vitamin)

Nahh, karena makin sering saya ngerasain mules melilit sakit perut saya jadi panik dan nggak tenang. Tanya ke temen apakah orang hamil emang suka mules, jawaban temen ternyata nggak. Makin panik dong nggak tenang takut kenapa-kenapa. Mungkin agak lebay karena emang anak pertama. Beberapa teman nyaranin untuk USG aja. Akhirnya milih-milih deh Rumah sakit mana yang nyaman terus biayanya terjangkau juga. Karena kalo saya sih sama suami prinsipnya kalo emang sehat yaa periksa ke bidan aja, uangnya lumayan kan mending ditabung untuk melahirkan nanti.


Meskipun saya nggak mengalami yang namanya ‘Sensitif Overdosis’ ketika hamil, tapi kadang gak enak sih ada tanggapan dari beberapa temen misalkan : “Alah hamil mah jangan dimanja sakit dikit periksa ke dokter segala. Di bidan juga bagus kok”. Kalo lagi sensi kadang suka bales dalam hati “Yaa biarin, duit-duit gue ma Laki gue kok” hahahaha tapi yaa saya terima aja ada baiknya juga kok.


Setelah browsing sana sini akhirnya saya+suami memutuskan untuk periksa ke Rumah Sakit Al-Islam sama Dokter Annisa yang jadwalnya hari sabtu, tapi karena suami ada lembur batal deh. Akhirnya periksa di Rumah Sakit Bersalin Al-Islam di Jalan Awi bitung Bandung pas hari senin. Periksanya sama dr. Dina Erasvina spOg, tadinya pengen periksa sama dr. Delle yang terkenal itu loohh tapi ya sudah deh sama aja. Disini antriannya sama panjangnya dana lamaaaa nunggu giliran. Makin malem malah makin rame.
Sebelum masuk ke ruang periksa saya ditimbang dulu berat badannya+ditensi darah. Alhamdulillah BB masih 50kg nggak turun. Terus dokter langsung deh melakukan USG. Alhamdulillah ternyata bayinya sehat-sehat aja. Setelah USG baru konsultasi dengan dokter. Dr. Dina ini baik kok orangnya tapi kalau menerangkan agak kecepetan *atau saya yang lemot yaa* hahahaha. Karena saya sering sakit perut saya disaranin banyak istirahat dan jangan dulu banyak aktivitas karena udah kerja dari pagi sampe sore, terus katanya saya harus minum Obat penguat kandungan sampai usia kehamilan 3 bulan. Suami sempet ‘disemprot’ dokter karena nanya: ‘Istri saya boleh olahraga apa aja Dok?”, Bu Dokter pun dengan tegas jawab “TIDAK BOLEH OLAHRAGA. PULANG KERJA LANGSUNG ISTIRAHAT. KERJA AJA UDAH CAPE PAAKK” hihihihi saya senyum-senyum aja. Bu dokter terus meresepkan Vitamin sama penguat kandungan.
Biaya Periksa di Rumah Sakit Bersalin Al-Islam :
Pendaftaran : Rp. 6000,-
Dokter spesialis kandungan : Rp. 66.000,-
USG print : Rp. 35.000,-
Obat : Rp. 400.000,-(Obat penguat kandungannya yang mahal)
Sisa obat 10 tablet, krn abis stok : Rp. 170.000,-
TOTAL : Rpp. 677.000 (Mahal yah? Iyaaaaa -__-)

Jadi intinya, Sebenernya kalo secara personal saya lebih enak periksa di Bidan. Lebih perhatian dan detail bangeeeet. Tapi mungkin kelebihan di periksa di RS tuh fasilitas kali yaa, cuma kok kayaknya dokternya ngejelasin sesuatu itu nggak detail (kesannya buru-buru), jadi kagok kalo mau nanya ini itu. So, tergantung kita mau pilih periksa dimana yang penting sreg, nyaman dan sesuaikan dengan budget tentunya hihihihi.


Setelah periksa di RS+USG jadi lebih tenang. Bulan depan rencananya mau ke Bidan suhartuti lagi. Mau balik lagi ke RS kalo entar mau USG aja deh. Kalau melahirkan mah dimana aja yang penting sehat, lancar semuanyaaa. Aamiin.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
andini...
 
Location: Semarang
Posts: 228
 
Hai bunda Vini salam kenal yaa!
Baca cerita pengalaman bunda gak bosen, soalnya kalimat dan kata-katanya gampang di mengerti. Ternyata eh ternyata, rajin ngeblog. Pantesan

Sekarang uk bunda berapa week bun?
Bunda sama prinsipnya kaya aku dan suami. Selama sehat dan keluhannya wajar-wajar aja emang mending ke bidan sih ya. Lebih bisa tanya macem-macem juga tanpa diburu-buru antrian kayak di dokter spesialis.
 
  #3  
Old
ririen...
 
Posts: 838
 
kalo saya kontrol bulanan lebih k dokter biar lsg mantau kondisi janinnya...jd kalo ada kelainan bisa ketauan ...emg sih hrg vitamin rada menggila..tp kl lahiran milih bidan jd bisa lebih privacy...mw imd,mw lahiran scr gentle ato minta nunda motong tali pusat,dan minta jgn sampe bayi sy d kenalin sm sm sufor..
 
  #4  
Old
azkana...
 
Posts: 154
 
Bunda salam kenal ya,,
Kalau saya malah sebulan 2x priksa,pas awal bulan ke spog pas prtghan ke bidan,"̮ ‎​ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮
Dlu awalnya sya sh pgenya bidan ja lbh hemat krn skli prksa ke spog ma obat vit bisa mpe 500,tpi kyknya sya ngrsa Åϑα̇̇̇̊. Kebahagiaan trsendiri Ɣªηƍ tdk bsa dnilai saat liat debay gerak2 pas usg,✗i✗i✗i✗ ,,jd pgenya usg trs tiap bln bunda,, kaya yang ketemu lgsg gtu bunda,,bwanya mlh pgn ktemu debay trs biarpn cm lwt layar
 
  #5  
Old
lucy16...
 
Posts: 2,333
 
Kl aq tiap bln periksa ke dokter dan bidan.. Setlh dr dokter seminggu kemudian ke bidan.. Krna yaahh buat jaga2 kl misal'y lahiran dbidan gtu mk'y memilih kontrol ke bidan jg.. Tp dbidan aq ga dksh obat,bidan suruh lanjut obat yg dr dokter.. hasil usg pun slalu aq ksh lyt ke bidan'y jd tau perkembangan debay..
 
  #6  
Old
KikiMu...
 
Posts: 600
 
Bunda.. Klo mnurut aku sih priksa di bidan ato spog sama baiknya.. Yg pntg kt sbgai mommy rajin2 kontrolnya.. ªkυ͡ sih seringnya di bidan.. Usg di spog pun baru 1x.. Rncna mau usg lg klo uda di atas 20w..
 
  #7  
Old
Vini H...   TS 
 
Posts: 392
 
@Bunda andiniadinka : Waaaah bunda bisa ajaaa hehehe .. gak sering kok nulis di blog, cuma memang hobby nulis bun. tapi nulisnya fiksi2 gitu. makanya aku suka lebay2 gitu kalo nulis kebiasaan nulis cerpen hihihihi
Kehamilanku dah 16w bun .. bunda brpa uk nya? Alhamdulillah aku ma suami seneng kalo abis periksa dari bidan soalnya debay sehat, kalo abis periksa di dokter agak manyun soalnya bayarnya bisa 12 kali lipet hahahahahaha *perhitungan banget gue*

---------- Post added at 15:20 ---------- Previous post was at 15:10 ----------

@bunda ririenindriawaty : betul bun, karena di dokter perlatannya lebih canggih hehehhe Kalo di bidan biasanya lebih personal aja pelayanannya, tapi tergantung bidannya juga sih, kalo yang judes ya judes aja hahaha

---------- Post added at 15:22 ---------- Previous post was at 15:20 ----------

@bunda azkana : Salam kenal juga Bundaaaa
Iyaa sih emang seneng kalo bisa lihat debay meskipun cuma print out kertas juga Bun

---------- Post added at 15:23 ---------- Previous post was at 15:22 ----------

@Bunda lucy16 : Semoga bunda sama debay sehat teruss yaa .. lahiran di dokter atau di bidan pokoknya yang penting lancar yah bun

---------- Post added at 15:23 ---------- Previous post was at 15:23 ----------

@bunda KikiMuyas : aku juga baru sekali bun ke spog .. paling ntr deh pas uk 6 bulan aku pengen USG lagi .. hehehe
 
  #8  
Old
KikiMu...
 
Posts: 600
 
Klo ªkυ͡ sih lbh trbuka sma bidan bund... Smua uneg2 dikeluarin,, ga tau klo sm spog ky nya gimnaa gtuu.. Bidan ªkυ͡ jg orgnya okke..klo ngejelassin detail bgt.. Beda deh nrt ªkυ͡ sm spog klo kt ga aktf nnya spog ga bkln mau ngejelasin... Jd ªkυ͡ lbh nyaman periksa nya dibidan dr pd ke spog... Hhhee
 
  #9  
Old
Vini H...   TS 
 
Posts: 392
 
@bunda KikiMuyas : kalo aku kadang bingung nanya sama bu bidan, malah suami yang aktif banget nanya ini itu hehehehe dan bu bidan selalu menjawab dengan tenang dan detail. Makanya harus rela antri berjam-jam soalnya satu pasien biasanya diperiksa kira2 25menitan.
 
  #10  
Old
KikiMu...
 
Posts: 600
 
Wahh... Kebalikannya suami ku bund.. Klo saat periksa dia dieem ajaa.. Emg suami ku aga pemalu orgnya, ntar deh smpai rmh dia nnya mcem2 ma akuu.. Hhaa..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
no.telp pribadi bidan atau dokter kandungan -- Kenalan Yuk! 2
Periksa ke dokter kandungan; pakai Tp atau tunggu 2 minggu? -- Kenalan Yuk! 25
Bunda Periksa ke dokter kandungan apa bidan? -- Ngobrol Apa Saja 4
Dokter Kandungan atau Bidan ??? -- Ngobrol Apa Saja 26
bidan atau dokter kandungan yg bagus di Surabaya -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 16:36.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com