Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
arimbi...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 393
 
sama bund, pagi sampe siang aku maemnya gak ukuran,,, tapi kalo malem malesssssss... mungkin krn badan udah capek yaaaa... jadi gak nafsu ...

semoga sehat2 selalu yaaaa....

---------- Post added at 10:58 ---------- Previous post was at 10:56 ----------

bunda louisa: ooohhhhh... terlalu aktif kali yaakk.. hahahhaaa.. ni aku karena PP hampir 5 bulan masih di borgol.. hahahhaaaa.. dokter nya belum mengizinkan.. ya sudahh.. demi dedek... takut juga kalo nekat trus kenapa2...
 
" every day is happiness "
  #17  
Old
valenc...
 
Posts: 368
 
mungkin jg x ya bund..karena udh capek dr kantor..sehat2 jg buat bunda dan dedekny...

bunda louisa..namany jg kangen ya bund..susah nahan jg gtu..apa lg ga tega liat hubby udh lama ga dpt jatah..tp krn udh titah dr dokter pasti suami lbh ngerti d..apa lg ini demi si baby..semangat bunda...
 
Menikmati setiap detik menakjubkan anugrah terindah dari Tuhan
  #18  
Old
Louisa...
 
Posts: 1,656
 
bunda arimbi and bunda valen.... hahahahaaaa jd malu!
dokter jg ga bisa dbohongi ya, dokterny lgsg ngarti "abis ML ya????"
merah wajahku xixixiiii...
insya allah hubby paham bgt lah u/ puasa, kjadian ni jg ak yg nawar/ngajakin, soalnya ga tega maksudku..
kalo u/ gairah,,, gairah ak nurun sih, bund, semenjak perut mulai besar..
 
  #19  
Old
Putri ...
 
Posts: 375
 
Siang bunda arimbi,, dn bunda2 cantik lainnya,,,
sminggu yg lalu aq usg umur kehamilan qu udh 19w dgn berat baby 200gram,, tp menurut perhitungan hpht aq bru 17w,, itu gmn ya bund? Aq bngung,, yg bener yg mana ya? Tp seneng sh,, cz dr hari kehari dedeknya makin aktif,, gg sabar pngn Usg lg buat liat klaminnya,,,
 
  #20  
Old
arimbi...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 393
 
kalo dari USG itu berdasarkan berat baby nya bund,,maju mundurnya juga gak terlalu jauh juga kan...semoga sehat2 yaaa...
 
" every day is happiness "
  #21  
Old
nabilm...
 
Location: pemalang, jawa tengah
Posts: 1,363
 
Replying to: View Post
dear all bundaaa...

ALhamdulillah kehamilanku udah masuk 18w menjelang 19w..
Puji syukur, berhasil melewati trimester pertama yang sangat2 penuh rasa was2,, hehehee,, 3x flek karena Plasenta Previa alhamdulillah gak mengurangi semangat dan keyakinanku bahwa InsyaAlloh semua akan baik2 saja.. Makasih semangat dan doa bunda semuaa,, perjalanan masih jauh, masih 5 bulan lagi sampe saatnya si baby lahir..
tetap mohon doanya ya bunda semuaa... ^^

Tadi aku dapet sedikit info ttg kehamilan di 18weeks, pengen share untuk semua Bunda disini... semoga bermanfaat yaaa....


Kehamilan juga dapat menimbulkan keluhan sulit tidur. Hal ini dapt terjadi karena bunda jadi sering berkemih di malam hari atau perut bunda sudah mulai membesar yang membuat bunda sedikit sulit dengan posisi tidur karena sudah mulai merasakan ada rasa mengganjal.

Posisi tidur pada saat kehamilan cukup mengg
anggu, tapi hal ini hanya akan berlangsung selama beberapa minggu yang selanjutnya akan lebih terbiasa. Mengurangi kesulitan tidur pada saat kehamilan bisa dilakukan dengan mengubah posisi tidur yang lebih nyaman.

Posisi tidur yang disarankan adalah tidur dengan posisi miring ke arah kiri dan menyelipkan bantal diantar
a kaki. Selain posisi tidur tersebut mungkin bunda juga dapat merubah ke arah lain atau menggunakan guling sebagai alternatif. Lambat laun bunda akan menemukan posisi tidur yang nyaman buat bunda.

Sebelum tidur juga sebaiknya mengurangi jumlah asupan zat cair, tetapi pengurangan ini dalam porsi yang wajar dan tidak menyebabkan bunda dehidrasi, atau usah
akan untuk melakukan olah raga di siang hari karena olah raga yang teratur akan membuat peredaran darah lebih lancar dan mudah tidur.

Bunda sudah mulai dapat merasakan tendangan dari bayi bunda, pada minggu ke 18 ini tangan dan kaki bayi sudah mulai bergerak secara fleksibel. Apabila bayi bunda laki-laki maka kelaminnya sudah dapat terlihat, sedangkan apabila bayi bunda perempuan, rahimnya dan tube fallopinya terbentuk. Pada kulit luar bayi akan terbentuk suatu lapisan tipis yang akan melindunginya selama bayi mengambang di amniotic fluid (ketuban) atau yang disebut dengan vernix.


Berat badan bayi bunda sudah mencapai 190-200 gram dengan tinggi badan 14-15 cm
kehamilan pertama bun??? plasenta previa ?? dulu saya hamil anak ke 2 jg ari2 di bawah tapi gak menutup total, jadi alhamdulillah bisa melahirkan mudah banget...
bunda minum sari kurma gak?? sari kurma bagus sekali lho bun untuk ibu hamil ntar si baby sehat, cerdas dan mulus tentunya ibu dan bayi gak kurang nutrisi tentunya....ohya bisa melancarkan proses persalinan jg lho bun..
 
  #22  
Old
arimbi...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 393
 
iya pertama, gak tau deh kok bisa PP.. awalnya nutup jalan lahir, tapi terakhir USG plasenta udah "geser" ke kiri atas,, mudah2an semakin lama semakin naik..iya aku konsumsi rutin juga kok...
 
" every day is happiness "
  #23  
Old
nabilm...
 
Location: pemalang, jawa tengah
Posts: 1,363
 
Replying to: View Post
iya pertama, gak tau deh kok bisa PP.. awalnya nutup jalan lahir, tapi terakhir USG plasenta udah "geser" ke kiri atas,, mudah2an semakin lama semakin naik..iya aku konsumsi rutin juga kok...
setauku letak plasenta itu tertanam jadi gak bisa pindah2...tapi semoga bunda dan baby sehat selalu dan jg letaknya memungkinkan untuk melahirkan normal...
 
  #24  
Old
arimbi...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 393
 
aku juga tau bund,, plasenta memang tertanam,, analoginya seperti kita menggambar titik di sebuah balon yang belum ditiup, titik kita gambar didekat mulut balon.
saat balon ditiup, otomatis membesar, dan titik tersebut akan "bergeser"..
itu kenapa aku ketik geser nya pake tanda kutip. jadi bukan plasentanya yang berpindah tempat atau jalan-jalan,,, tapi karena pembesaran rahim, jadi seakan2 palsenta ikut bergeser.

thanks doanya.. aamiin,,,
 
" every day is happiness "
  #25  
Old
divicu...
 
Posts: 293
 
Tadi searching tentang plasenta previa
Jadi tuh plasenta nutup jalan lahir ya bunda arimbi
Nih link nya
Yahoo! Groups

Semoga bunda arimbi bisa sehat selalu dan bisa normal melahirkan AMIN
 
  #26  
Old
arimbi...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 393
 
Aamiin,, terimakasihh bunda Divi...

---------- Post added at 14:12 ---------- Previous post was at 14:09 ----------

Pas dokterku vonis aku PP, dia sama sekali gak bilang kalo nantinya aku pasti SC,, dia cuma bilang aku harus banyak istirahat dan gak boleh kecapekan,, ternyata kalo vonis PP masih di awal kehamilan, memang masih bisa memungkinkan untuk Plasenta "geser" ke atas...

Aku juga simpen pembahasan tentang PP,,setelah divonis PP aku jadi rajin cari info ttg PP...

Placenta kok bisa jalan-jalan ya Bu ? Aneh bener hehehe ... Ini topik menarik sejak saya kuliah dulu.

Secara sederhana, rahim berbentuk segitiga terbalik, atau bisa juga dibayangkan seperti daun waru (clover) terbalik dengan tangkai di bawah. Bagian "tangkai" ini berbentuk seperti tabung atau corong (dikenal sebagai leher rahim) dengan ujung terbuka (dikenal sebagai mulut rahim).

Normalnya plasenta terletak di bagian fundus (bagian puncak/atas rahim), bisa agak ke kiri atau ke kanan sedikit, tetapi tidak sampai meluas ke bagian bawah apalagi menutupi jalan lahir.

Patokan jalan lahir ini adalah ostium uteri internum (disingkat OUI, yaitu mulut rahim bila dilihat dari bagian dalam rahim). Kalau dilihat dari luar - dari arah vagina - disebut ostium uteri eksterum.

Placenta-previa artinya "plasenta di depan" (previa=depan). Artinya, plasenta berada lebih "depan" daripada janin yang hendak keluar. Angka kejadiannya sekitar 3-6 dari 1000 kehamilan.

Terhadap jalan lahir ada 4 kemungkinan jenis plasenta previa :

1. Placenta previa totalis, bila plasenta menutupi seluruh jalan lahir. Pada posisi ini, jelas tidak mungkin bayi dilahirkan per-vaginam (normal/spontan/biasa), karena risiko perdarahan sangat hebat.

2. Placenta previa partialis, bila hanya sebagian/separuh plasenta yang menutupi jalan lahir. Pada posisi inipun risiko perdarahan masih besar, dan biasanya tetap tidak dilahirkan melalui per-vaginam.

3. Placenta previa marginalis, bila hanya bagian tepi plasenta yang menutupi jalan lahir. Bisa dilahirkan per-vaginam tetapi risiko perdarahan tetap besar.

4. Low-lying placenta (plasenta letak rendah, lateralis placenta atau kadang disebut juga dangerous placenta), posisi plasenta beberapa mm atau cm dari tepi jalan lahir. Risiko perdarahan tetap ada, namun bisa dibilang kecil, dan bisa dilahirkan per-vaginam dengan aman, asal hat-hati.

(kadang dokter memperkirakan risiko perdarahan sehingga dibutuhkan persiapan darah transfusi pada persalinan. Silakan baca ulang tentang mendapatkan persiapan darah transfusi ini di topik "mengapa darah transfusi terlambat").

Diagnosa ini mulai dipastikan sejak kira-kira umur kehamilan 26-28 minggu, dimana mulai terbentuk SBR (Segmen Bawah Rahim). Dengan terbentuknya SBR, leher rahim yang semula masih berbentuk seperti corong (lihat gambar di pojok kanan atas), akan mulai memipih, untuk nantinya saat menjelang persalinan mulai membuka (sudah biasa mendengar "pembukaannya sudah berapa cm" begitu kan?)

Dari perubahan inilah bisa terjadi plasenta "berpindah" atau lebih tepatnya bergeser secara relatif menjauhi jalan lahir, seolah-olah bergerak ke atas. Itulah sebabnya, sebelum masuk trimester terakhir, sekitar 28 minggu/7 bulan, dibiarkan saja dulu asal tidak terjadi perdarahan yang tidak bisa dikendalikan. Diharapkan nanti setelah 7 bulan, beruntung bisa "pindah" ke atas seperti penjelasan sebelumnya.

Tentu saja, penilaian paling optimal dan menentukan adalah saat mendekati persalinan, untuk memastikan benar-benar dimana posisi plasenta. Itulah mengapa, keputusan cara persalinan bisa berubah di menit-menit terakhir.

Begitu pula, jangan lantas menyebut bahwa diagnosa placenta-previa pada usia kehamilan muda dianggap "positif palsu". Setelah membaca tulisan ini, sudah tahu bukan mengapa demikian?

Apa sih sebabnya terjadi kelainan tempat plasenta ? Bisa karena kelainan bawaaan pada bentuk rahim, adanya tumor rahim, atau bekas operasi sebelumnya yang meninggalkan jaringan parut di rahim. Bisa sebabnya faktor rahim : kehamilan ganda/kembar, ada kelainan bawaan rahim. Tidak ada hubungannya dengan saat hamil naik turun tangga atau banyak jungkir balik misalnya.

Tindakan ditentukan oleh jenis plasenta previanya. Biasanya ditunggu sampai sekitar 7 bulan untuk memastikan benar dimana posisi plasenta. Karena itu, walau Ibu hamil tidak "nungging", kalau dasarnya memang bukan tipe previa ya tetap akan "bergeser" ke atas.

Risiko dari kelainan posisi ini, paling utama tentu perdarahan. Perdarahan bisa terjadi menjelang/saat persalinan. Ini dihindari/diantisipasi dengan penentuan cara persalinan operatif.

Bisa terjadi perdarahan saat mulai terjadi pembentukan segmen bawah rahim, dimana ada bagian plasenta yang "robek" oleh pergeseran jaringan di sekitar mulut rahim. Bila ini terjadi, yang terganggu adalah kesejahteraan janin, dan bisa juga memicu persalinan prematurus.

Bisa juga terjadi perdarahan oleh tekanan kepala janin saat mulai memasuki segmen bawah rahim sebagai persiapan menuju persalinan.

Apa yang menjadi faktor risiko plasenta-previa?

1. Wanita lebih dari 35 tahun, 3 kali lebih berisiko.
2. Multiparitas, apalagi bila jaraknya singkat. Secara teori plasenta yang baru berusaha mencari tempat selain bekas plasenta sebelumnya.
3. Kehamilan kembar.
4. Adanya gangguan anatomis/tumor pada rahim sehingga mempersempit permukaan bagi penempelan plasenta.
5. Adanya jaringan parut pada rahim oleh operasi sebelumnya. Dilaporkan, tanpa jaringan parut berisiko 0,26%. Setelah bedah sesar, bertambah berturut-turut menjadi 0,65% setelah 1 kali, 1,8% setelah 2 kali, 3% setelah 3 kali dan 10% setelah 4 kali atau lebih.
6. Adanya endometriosis (adanya jaringan rahim pada tempat yang bukan seharusnya, misalnya di indung telur) setelah kehamilan sebelumnya.
7. Riwayat plasenta previa sebelumnya, berisiko 12 kali lebih besar.
8. Adanya trauma selama kehamilan.
9. Kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol.

Selain placenta previa, ada juga perdarahan akibat solusio plancentae. Terjadi bila penempelan plasenta di tempat yang normal tetapi terlepas dari dinding rahim. Penyebab terlepas bisa karena perubahan anatomis/tumor pada rahim, karena tali plasenta pendek sehingga tertarik oleh gerakan janin, atau karena daya dukung plasenta memang sudah sangat berkurang, sehingga rapuh.

Akibatnya terjadi perdarahan. Secara mudah, pada placenta previa perdarahan tidak diikuti nyeri perut. Tetapi pada solusio plasenta, perdarahan diikuti nyeri perut yang hebat.

Karena itu, posisi plasenta adalah salah satu hal yang penting diperiksa saat menjalani USG. Ini lebih penting daripada soal apa jenis kelaminnya (bukan berarti nggak boleh lho ya nanya jenis kelamin, hanya rasional dong, mana yang lebih penting seharusnya didahulukan).
 
" every day is happiness "
  #27  
Old
mufrie...
 
Location: Tegal. Jawa Tengah
Posts: 30
 
seru neh, bunda2 pd sharing. Klo aku 10w prnah pndarahan tp alhamdulillah baik2 az smpai skarang. Tp yg msh kpikiran bhaya gak ya lo Ml ,, mksh bunda smua . .
 
  #28  
Old
arimbi...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 393
 
sudah USG kan bund? jangan lupa tanya letak plasenta ya..
kalo dokter bilang gpp kalo ML ya go a head bund,, tapi kalo pernah riwayat pendarahan harus hati2 dan nurut apa kata dokter aja ...
sehat2 selalu yaa...
 
" every day is happiness "
  #29  
Old
Andina...
 
Posts: 252
 
Waah, senengnya... Insya allah sehat n lancar sampe lahiran ya bunda arimbi.. saya jg jalan 14w, ga sabar pengen rasain tendangan baby..
Bund, kabar2in ya kalo dah tau jenis kelamin baby..
 
  #30  
Old
arimbi...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 393
 
Aamiin, makasih bunda andina.. Moga bunda juga sehat2 yaaa..
Iya,, insyaAlloh Senin aku share yaahh hasil USG nya..
 
" every day is happiness "
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
ukuran normal kantung kehamilan di kehamilan 6 minggu??? -- Diskusi Umum 61


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 20:30.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com