Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
novias...   TS 
 
Posts: 37
Default Yang BOLEH dan TIDAK selama hamil

Hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama hamil, pelurusan dari berbagai macam mitos yang beredar juga. by @infoHamil

Makan daging kambing? boleh kok… Kecuali yang punya masalah kolesterol karna si kambing ini kolesterol tinggi.

Makan durian? boleh asal nggak tiap hari 1 buah isi 10 biji kan? Kolesterol tinggi dan berlaku sebagai pencahar juga.

Makan nanas? boleh banget, malah nanas ini banyak vitamin yang baik untuk kehamilan. Yang nggak boleh itu nanas muda 10 kilo sehari.

Minum air kelapa di trimester awal? boleh dan enakkkk.. Seger dan mengandung elektrolit tinggi yang baik untuk cairan tubuh.

Makan sate dan steak? boleh asal dagingnya mateng sampe dalem, karna daging yang belum matang bisa ada parasitnya loh.. Bahayaaa.

Makan sushi atau sashimi? boleh ASAL MATENGGGGGG.. nggak tau deh ada sashimi mateng nggak sih??

Minum teh? boleh walaupun berkafein tapi nggak besar.. Jadi sehair 1-2 gelas masih gapapa kok.

Minum soda? boleh tapiiiiiii sesekali aja deh karena ada gula buatan dan pengawet yang nggak baik sama sekali (hamil ataupun nggak).

Minum es? Ya boleh la yawwww… nggak akan bikin bayi gede kok. Yang bikin gede itu kalo es-nya dikasih sirop atau gula sekilo.

Ke salon buat creambath atau facial? boleh ah.. Enak malah bumil bisa santai dan cantikkkk. Tapi kalo facial jangan pake bahan aneh2 ya.

Pijit dan urut? boleh asal bukan pijit dan diurut bagian perut yaaa.. Kalo bagian tubuh lain sih silahkannnn.

Pake sepatu hak? boleh kalo emang pengen dan kuat, tapi maksimal 3cm yah biar nggak nambahin beban di kaki yg menyebabkan varises.

Menambal gigi bolong? boleh banget malah harus loh.. Gigi bolong bisa menginfeksi rahim yg buntut2nya bikin ketuban pecah dini.

Ngolesin badan pake minyak/balsem? boleh lah… janin khan di dalem perut terlindungi banget, nggak akan berasa ikutan kepanasan deehhh.

Makan pedes2? boleh aja kenapa nggak? Nggak bakalan bikin rambut si baby tipis.. Asal jangan kebanyakan aja ntar sakit perut

Berenang? boleh banget justru sangat disarankan saat hamil berenang tuh bagus dan sehat sekalipun cuma nempel di pinggir gaya tutut.

Minum obat sakit kepala? boleh selama kandungannya hanya Paracetamol yah.. Ini yang aman buat ibu hamil, dan harus sesuai aturan pakai.

Minum kopi? boleh tapi jangan keseringan deh… soalnya kafeinnya kan lumayan tuh, bisa menghambat penyerapan zat besi buat si baby lho.

Makan mpek2 dan bumbu cukanya? boleh kok … tapi kalo nggak tahan sama asem cuka-nya ya jangan dong, ntar sakit perut apalagi ada maag.

Makan ikan laut? boleh asal pilih ikan yg cenderung kecil-sedang yah, semakin gede ikan, mercury-nya tinggi. Jadi jangan makan ikan paus

Pake produk kecantikan wajah? boleh asal udah yakin kandungan krim2nya nggak ada yg ber-merkuri.. kalo paraben emang banyak, ya udah dikit2 aja.

Pake masker? boleh biar kinclong… tapi lebih baik yg alami, kayak masker alpukat.

Main sama kucing? boleh asal yakin si kucing itu bersih rajin ke salon, meni-pedi supaya nggak menularkan toksoplasma.

Pake aromaterapi? boleh asal aman buat bumils… contohnya aroma lavender atau sandalwood itu kan aman nggak memicu kontraksi kayak jasmine.

Pake koyo? boleh kokkkkk.. Si baby nggak berasa lahhhh jauh gitu

Berhubungan intim? boleh asal hamilnya sehat dan nggak usah pake manuver2 yang hebooooohhh... yg romantis dan lembut aja kan bisa

Minum obat maag bebas? Umumnya obat maag yg dijual bebas memang aman, jadi ya boleh kok.. Tapi mending konsul Dr-nya dulu dah.

USG tiap bulan? boleh kokkk tenang sajah. USG itu nggak pake radiasi, tapi gelombang suara .. Jadi amannnnn buat si baby yahhh.

Tidur terlentang? boleh tapi jangan kelamaan ya, lebih baik miring kiri supaya suplai oksigen lebih banyak karna tidak menjepit pembuluh vena.

Tidur pagi atau siang? Hah?? Kenapa nggak boleh ih? Kan tidur enak dan bisa istirahat… mitos ya ibu2.. Jadi boleh.

Mandi malem2? Hadeuhhh sama aja ini mitos juga.. boleh kok mandi malem2 asal nggak ketiduran sambil berendem, nanti keriput.

Potong rambut? Eits… jangan deh… jangan ragu2.. Persiapan biar cantik jelita pas foto lahiran nanti kan? boleh bangeetttt.

Naik pesawat? boleh asalkan kondisi sehat dan disarankan trimester 2 aja, atau minta surat dokternya dulu yahhh.

Pake blackberry/telepon genggam? boleh lah, radiasi sinyal GSM/3G/GPRS itu sangat kecil dan aman buat manusia kok.

Pake komputer ber wifi? boleh juga kok.. Ini amannn.. Sama aja kayak sinyal yg dikeluarin oleh microwave kok.

Ngelewatin metal detector di security gedung atau bandara? boleh ini aman nggak pake radiasi juga asal nggak masuk mesin xray-nya. Nggak muat

Naik motor? Selama nggak ada masalah sakit pinggang atau keluhan lain, boleh kok tapi jaga postur biar nggak pegel ya.

Berendem di bak mandi? Waaahhh enaknyaaa.. boleh kok asal dijaga temperatur airnya maksimal 37 derajat ya biar nggak overheat.

Sekarang bahas yang nggak boleh yah… SIAPPPPPP

Ngerokok? Sangat nggak boleh karena bisa menyebabkan cacat janin, prematur, ketuban pecah dini (baca aja deh di kemasan rokoknya).

Jadi secondhand smoker? Sama aja atuh nggak boleh .. Makanya di sini kalo merasa perokok dan ngeliat bumil, matiin tu rokok atau telen asepnya.

Alkohol? nggak boleh yah… kenapa? Ya pokoknya bisa bikin bayi nggak sehat aja secara keseluruhan.. Detilnya mah tanya dokter *ihihihi*

Ngecat rambut? Rebonding? Keriting? Pokoknya urusan rambut yg pake bahan kimia mending nggak boleh dulu yah takut masuk via pori2 ke plasenta.

Makan kerang? nggak boleh dulu soalnya si kerang paling gampang menyerap merkuri diantara smua binatang laut. Apalagi di laut dangkal Indonesia.

Gendong anak yang beratnya >10 kg? wedewww.. Bumil udah berat jangan ditambahin beban ntar gampang varises. nggak boleh yaaa.

Menghirup bau cat atau lem? Ini sama aja teorinya membiarkan bau kimiawi mengalir di tubuh, ntar sakaw dong… nggak boleh dulu yak.

Makan pake mayones? nggak boleh kalo mayones-nya dari telur mentah.. Kuatir ada salmonella lohhhh.. Yakinkan mayones-nya mateng dulu.

Makan lalapan? nggak boleh kalo langsung dari pohonnya.. Cuci bersih dulu biar yakin udah kinclong yah, bahaya kalo ada parasit dan kuman loh.

Makan tape singkong? Kalo yg ini nggak boleh soalnya hasil fermentasi yang sebenernya mengandung alkohol loh ibu-ibuuuu

Minum jamu kunyit? nggak boleh banget karena kunyit olahan yg udah jadi jamu gini bisa menggugurkan kandungan.

Minum rendaman air rumput fatimah? Wew… bahaya banget nih nggak boleh ih.. Baca kenapa2nya di "Rumput Fatimah itu BERBAHAYA" - Chirpstory.

Rontgen pake mesin xrray? Sebaiknya nggak boleh dulu karena ada radiasi yg cukup tinggi. Tapi kalo kepepet, harus pake baju pelindung.

Ngebersihin kotoran kucing? Resiko tinggi kena parasit toxoplasma dehhh… jadi nggak boleh dulu ya.

Mandi sauna? Bumil itu udah gampang kepanasan, dan jangan sampe overheat jadi sauna ini nggak boleh dulu ya bisa bikin overheat.

Deket2 dan menghirup pestisida? Well… ini kan racun, tau dong? Jadi gampang aja pokoknya nggak boleh.. Pake raket nyamuk aja.

Olahraga berat? Lari maraton? Ebuset kalo pengen si baby jadi atlit olimpiade nggak usah gitu2 amat kali.. Bumil nggak boleh over capek ya.

Stress? Sebisanya nggak boleh karena banyak yg bisa terjadi ke bumil-nya (spt prematur) dan juga si baby. Baca "Hypnobirthing? Apaan tuh?" - Chirpstory.

Pijat refleksi? nggak boleh dulu terutama yg <37w karena ada bumil yg titik2 akupresurnya sensitif dan gampang memicu kontraksi.

Makan telor mentah yang katanya ngelancarin? Eeeeaaaalahhhhh itu awas ada salmonella-nyaaa nggak boleh yaa… setengah mateng jg jangan.

Makan mie instant? Sebaiknya nggak boleh karna banyak MSG dan pengawet tuh, nggak sehat sama sekali. Kalo kepepet ya udah 1 aja sampe lahir

Megang kepala orang botak? NGGAK BOLEH ntar marah! | Tapi kan lagi ngidam… | ya udah botakin aja kepala suami sendiri

Nah, kayaknya hanya itu yang keinget mengenai yang boleh dan nggak boleh selama hamil... semoga bermanfaat dan nggak galau lagi yah

Sumber
 
Thread lain yang berhubungan:
Can't wait 4 my little angel 2 b born. U'll be something amazingly beautiful for me to have, so blessed to have u as my child.
  #2  
Old
momy r...
 
Location: surabaya
Posts: 162
 
wkwkwkkwk...bunda...luthu bgt...threadnya....sy jd cengar cengir sendirian...
suka bgt bca kyk gn,ilmu baru yg brmanfaat tp humoris bgt penyampeannya...
jd NGAKAKISASI neh...
 
  #3  
Old
yukisa...
 
Posts: 6
 
wahaha...seru niih buat ditunjukin ke suami..banyak info baruu,,,dan ternyata nanas mateng yang manis gitu boleh yaah? kemaren cuman makan 2 potong kecil aja udah pada heboh orang2 sekitar...katanya apalagi usia kandungan masih 9 week..gw nya juga jadi parno..
ternyata malah boleh yaa...
yang ga kuat ituu puasa MSG..secara gw makan di luar terus, dan penyuka mie instan bangeet...susah puasanyaa....

baiklah, terimakasih info nya, smoga ntar ada tambahan lagi....

kalo kata temen2..jangan stress dan jangan terlalu takut sama kehamilan kita, dibawa enjoy aja biar perkembangan baby nya juga bagus...
 
  #4  
Old
Indry1...
 
Posts: 7
 
Sumbernya dari mana nih bund? Makadsih ya info nya��
 
  #5  
Old
ninda ...
 
Posts: 91
 
bener2 bermanfaat bgt bund infonya...luarr biasaaa..yg beginian nih yg tepat gak terlalu mengada ngada
 
  #6  
Old
whydoy...
 
Posts: 18
 
nah ibu ibu yang lagi hamil baca nih, nice info!
 
  #7  
Old
lousia...
 
Location: pekanbaru
Posts: 69
 
nice info.. makasih bun
 
  #8  
Old
Mrs Yu...
 
Posts: 467
 
Terima kasih ,
nice info
Suka terutama kata kata

. Makanya di sini kalo merasa perokok dan ngeliat bumil, matiin tu rokok atau telen asepnya.

SETUJU berat


Replying to: View Post
Hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama hamil, pelurusan dari berbagai macam mitos yang beredar juga. by @infoHamil



Jadi secondhand smoker? Sama aja atuh nggak boleh .. Makanya di sini kalo merasa perokok dan ngeliat bumil, matiin tu rokok atau telen asepnya.



Sumber
 
  #9  
Old
rinzzz...
 
Posts: 36
 
Nice info bun...
 
  #10  
Old
sesili...
 
Location: Pondok Gede
Posts: 260
 
info yg sangat membantu..tks bund
 
  #11  
Old
NoeyAi...
 
Location: Indramayu
Posts: 39
 
Wah mksh bun lngkap skali infony
 
  #12  
Old
bunga ...
 
Posts: 94
 
seru bacanya, berguna banget infonya bun, aku juga bertanya2 kok ada yg bilang ga boleh pake koyo nanti baby nya kepanasan, hebat amat koyonya bs sampe rahim yah, hihihihi
 
  #13  
Old
nanami...
 
Posts: 1,213
 
Tapi ada beberapa merk koyo yg mencantumkan "tidak dianjurkan untuk ibu hamil kecuali menurut anjuran dr".. aq jg baru sadar pas kmarin suami sakit punggung, aq sambil nempelin koyo sambil baca kemasannya... ternyata o ternyata......pdhal pas bulan k 5 kehamilan, aq heboh tempel koyo di punggung blakang, walaupu bukan dr merk yg sama
 
  #14  
Old
bunga ...
 
Posts: 94
 
iya bener bun, aku kmrn beli koyo merk counterpain klo ga salah, ada tulisannya penggunaan untuk ibu hamil atas petunjuk dokter, makanya aku jd ragu juga pakenya, belom pernah pake sih, pdhal punggung sakit terus tiap mau tidur
 
  #15  
Old
bunda ...
 
Posts: 115
 
Nice infonya bunda @noviasusanti
Hehe iya.. Kadang2 menurut ini itu serba salah utk bumil..
Yg jls dsog ku ga prnh larang macem2..pantangan jg ga ada.. Tp dia ingetin.. Sgala ssuatu yg berlebihan ga bagus.. Kalo makan ya diliat2.. Kl sekedar pengen gpp.. Toh kalo pengen ga tiap hr kan.. Pasti makannya dikit udh cukup.. Yg jls selama hamil itu bukan brati makan berlipat2 porsinya.. Tp makan yg berlipat2 gizi nya.. Gtu.... Hehe

@bunda nanamidi dan bunga sp
Baru tau jg aku bun ada koyo yg ga boleh utk bumil..
Makasih infonya..
Mgkn logikanya koyo nya yg itu yg super hot atau yg cabe gt kali ya... Jd puanas bgt...

Kl selama hamil ini aku jg pake koyo bun.. Yg biasa aja.. Salonpas atau ala gt merknya lupa..
Taroknya dibetis bun.. Hahhaa.. Ntahlah.. Pokoknya niatnya mau ngilangin pegel/cape..
Tp msh pegel jg sih.. Soalnya panasnya kan ga brada bgt.. Jd kayaknya sjauh ini bnr deh.. Ga bakalan buat bahaya utk bayi kalo pemakaian nya tepat dmana t4nya.
Minyak kayu putih jg msh pake bun.. Sm minyak tawon..
Karena anget...

Semoga aja sehat2 trs debaynya.. Amin...
 
Smoga bs mnjadi orang tua yg amanah & mendidik anak2 mnjd pribadi yg santun, sholeh/sholeha, memiliki akhlak yg mulia.. Amin..
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Selama Hamil Boleh di Pijat?? -- Diskusi Umum 14
Apa Saja Yang Tidak Boleh Dimakan Ibu*Hamil -- Diskusi Umum 39
Makanan yang boleh dan tidak boleh untuk ibu hamil -- Diskusi Umum 7
Mertua nuntut hamil, tidak boleh tidak, pusing...!!! -- Ngobrol Apa Saja 15
Boleh potong rambut tidak selama hamil?? -- Ngobrol Apa Saja 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 16:45.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com