Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
gracel...   TS 
 
Posts: 97
Default air kelapa ijo

dear
mommy senior

kata orang - orang di sekitar jakarta ini kalo hamil minum air kelapa ijo akan membuat anak yg dikandung akan berkulit bersih dan berambut tebal dan tidak botak.
namun ada yang bilang sebaiknya diminum di usia 7 bulan keatas
tapi sy pernah baca di internet boleh diminum usia kapan saja
Tapi kalo di daerah jogja, terutama ibu saya bilang kalo minum sebaiknya usia 8-9 bln.

katanya air kelapa ijo bisa membuat keguguran ya utk usia kandungan yg msh kecil?
trus kalo di trimester kedua kemungkinan membuat anggota tubuh ada yg ngga sempurna (amit-amit ya)

wah tanpa tanya2 krn baca di internet aku sempat minum di usia 6 bulan
dan 7 bulan... gimana nich?
 
Thread lain yang berhubungan:
baby is a Heritage From The Lord
  #2  
Old
Louisa...
 
Posts: 1,656
 
bunda...
gak apa ah, ak jg minum kok..
air kelapa kan kandungannya bagus, asal minumnya jgn over aja
insya Allah ga apa-apa, ^_^
 
  #3  
Old
puri...
 
Location: pasuruan
Posts: 1,733
 
Insya Allah nggak apa2 kok bund, karena air kelapa ijo itu merupakan isotonik alami yang terbuat dari alam. tapi kalo untuk membuat kulit anak jadi bersih, berambut tebal dan tidak botak aku rasa semua itu hanya karena faktor genetik. aku sendiri juga minum, tapi bukan demi alasan itu semua. melainkan karena air kelapa muda (bukan cuma khusus yang ijo doank lho) bisa menjernihkan air ketuban, sehingga pas lahir si anak nggak kan ada lemak yang menempel jadi kesannya kulitnya bersih. cuma itu yang kutau
 
  #4  
Old
ranita...
 
Location: di rumah
Posts: 512
 
ngga apa2 kok.. aku minum dari usia 3bulan.. sekarang usia 6bulan pun masi rajin minum air kelapa 2-3hari sekali.. minimal air kelapa 3kali seminggu.. abisnya disini banyak buah kelapa tinggal petik aja..kadang suami manjat.. hehhe.. sy minum air kelapa tujuannya juga biar air ketubannya bersih.. kata dokter juga bagus malahan..
 
  #5  
Old
rahma ...
 
Posts: 603
 
Kalau yg q tau sih dari pengalamn kk q yg sudah pernah mengkonsumsi air kelapa,memang benar yg dibilang bunda puri klw air kelapa ijo itu buat membersihkan kerak dan lemak jd ketika lahir anak jd bersih dan bukan bersih krn putih cz klw putih tergantung ortunya hihi... Dan kk q sih minum di usia 7bln smp melahirkan... Itu ajj sih yg q tau bunda
 
  #6  
Old
arnnes...
 
Posts: 179
 
Replying to: View Post
dear
mommy senior

kata orang - orang di sekitar jakarta ini kalo hamil minum air kelapa ijo akan membuat anak yg dikandung akan berkulit bersih dan berambut tebal dan tidak botak.
namun ada yang bilang sebaiknya diminum di usia 7 bulan keatas
tapi sy pernah baca di internet boleh diminum usia kapan saja
Tapi kalo di daerah jogja, terutama ibu saya bilang kalo minum sebaiknya usia 8-9 bln.

katanya air kelapa ijo bisa membuat keguguran ya utk usia kandungan yg msh kecil?
trus kalo di trimester kedua kemungkinan membuat anggota tubuh ada yg ngga sempurna (amit-amit ya)

wah tanpa tanya2 krn baca di internet aku sempat minum di usia 6 bulan
dan 7 bulan... gimana nich?



saya juga minum air kelapa dari hamil 2bulan bun tapi gpp tuh,,
malah daging nya saya suka banget abis kenyal,hehe

Di kalangan masyarakat, ada tradisi turun-temurun yang menyarankan ibu hamil agar memperbanyak minum air kelapa muda, terutama dari kelapa hijau. Konon katanya bila rajin minum air kelapa muda– terutama di trimester ketiga kehamilan–maka air ketuban akan bersih dan bayi yang dilahirkan juga bersih kulitnya, lebat rambutnya dan bening matanya.

Apakah betul demikian?

Sejauh ini belum ada penelitian yang secara ilmiah membuktikan kebenaran saran tersebut. Namun, air kelapa muda memang mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi ibu hamil. Zat-zat itulah yang barangkali secara tidak langsung membuat bayi menjadi lebih sehat sebagaimana disebutkan dalam saran tradisional itu.

1. Elektrolit Alami
Air kelapa muda kaya dengan kandungan elektrolit, klorida, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan riboflavin. Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit sama dengan elektrolit tubuh, air kelapa muda sangat bermanfaat untuk rehidrasi dan memulihkan stamina tubuh.

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang lain. Dehidrasi selama kehamilan dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk sakit kepala, kram, edema dan bahkan kontraksi yang dapat menyebabkan persalinan prematur.

2. Diuretik Alami
Sebagai diuretik natural yang steril, air kelapa muda melancarkan air seni dan membantu membersihkan saluran kemih. Hal ini berkhasiat mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh dan mencegah infeksi saluran kemih– yang juga cukup umum terjadi pada wanita hamil.

3. Antipenyakit
Air kelapa muda mengandung asam lauric, asam yang membantu melawan penyakit. Asam lauric yang terkandung dalam air kelapa sama dengan yang terdapat di air susu ibu dan memiliki karakteristik antijamur, antibakteri dan antivirus sehingga menjaga kesehatan ibu dan bayi dari virus seperti herpes dan HIV, protozoa giardia lamblia serta bakteri klamidia dan heliokobater.

4. Membantu Pencernaan
Air kelapa juga dipercaya memperbaiki fungsi pencernaan. Selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung sehingga pencernaan pun melambat. Air kelapa dapat membantu meningkatkan kecepatan pencernaan.

5. Meningkatkan HDL
Air kelapa muda tidak mengandung lemak dan kolesterol, bahkan menurut riset dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.
 
  #7  
Old
illa...
 
Location: Malang, Jatim
Posts: 701
 
klo aq dr hamil pertama dl mmng suka minum air+daging kelapa muda cm bkn kelapa ijo kelapa yg biasa, krn stahuq kelapa ijo tuk penyakit2 yg rada tinggi levelx sprti jantung koroner, darah tinggi, dll. alhamdulilah g da mslh & hamil kduapun dr usia kehamilan 2bl smpk skrng 5,5bl msh konsumsi bund cm klo msh awal kehamilan g trlalu sering pas pngn aja mngkn 1bl skali klo skrng hampir tiap minggu bund q minum, krn mmng betul khasiatx baby yg dilairkan jd bersih tnp lemak dibadan ato dikepala klo kulit jd putih mnrtq krn gen ortux jg bund ^_^
 
  #8  
Old
gracel...   TS 
 
Posts: 97
 
terima kasih buat saran semua mommy
maaf tidak sebutkan nama bunda satu per satu btw thx so much

oh ya sebaiknya kalo minum malam hari atau pagi hari ya? soalnya kan siang minum vitamin dr dokter seperti folamil genio, nulacta dll
apakah air kelapa melarutkan/menetralkan obat/vitamin soalnya kalo ada org keracunan diberi air kelapa ijo kan bisa terselamatkan
terima kasih
 
baby is a Heritage From The Lord
  #9  
Old
illa...
 
Location: Malang, Jatim
Posts: 701
 
klo aq minum vit biasax pagi ato mlm sblm tidur jd minum kelapax bs siang bund pas panas2 wuh seger bngt rasax *jd pengen, ntar pul krja beli ach hehehe
 
  #10  
Old
puri...
 
Location: pasuruan
Posts: 1,733
 
minum vitamin lebih disaranin pagi setelah sarapan. kalo air kelapa muda sih bisa kapan saja, aku juga biasanya siang pas panas lagi terik2nya bikin tenggorokan kering
 
  #11  
Old
hanifa...
 
Location: Sragen, jawa tengah
Posts: 79
 
Air kelapa muda biasanya saya minumnya kapan saja.
Kalo masalah tradisi yang bilang air kelapa bikin babynya bersih, ya mungkin itu cuma mitos sih ya... Setau saya air kelapa kalo di usia kandungan sudah trimester 3 bisa mempercepat kontraksi, jadi maksudnya memperlancar kelahiran. Tapi macem2 juga sih bund khasiat dair air kelapa.
Kalo ada yang bilang usia muda kandungan jangan minum air kelapa, itu juga saya pernah dinasehati karen katanya bikin keguguran, tapi saya dah minum air kelapa sejak usia kandungan 2 bulan and gakpapa kok.
 
  #12  
Old
ummu r...
 
Posts: 3
 
aku juga usia kandungan udah 22w bund, pngn minum air kelapa tp msh ragu soalny adad yng bilang harus pas usia 7 bulan keatas.
 
  #13  
Old
Dinda ...
 
Posts: 7
 
Wah.. klo gt harus sring mnum nih.. makasih bund infonya
 
  #14  
Old
prince...
 
Posts: 513
 
Nggak harus 7 bulan ke atas kok....
Sejak 3 bulan minum tiap hari jg gpp bun,amaan
 
  #15  
Old
Melody...
 
Posts: 69
 
Aku waktu hamil uk 5w minum air kelapa 2biji yg ukuran sedang, malah keguguran bun...perut lgsg mules gak karuan.
Benar kata mama ku kmrn jgn minum dulu klo masih baru,
Eh aku nya yg gak percaya.
Nyesal dh....
 
Lucky Wife
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
kelapa ijo or susu kedelai -- Diskusi Umum 32
Minum Kelapa Hijau -- Diskusi Umum 4
air kelapa -- Diskusi Umum 12
Kelapa muda -- Diskusi Umum 9
MITOS Kelapa muda??? -- Diskusi Umum 11


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 17:19.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com