Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
bunda ...   TS 
 
Location: Bandung jawa barat
Posts: 644
 
Replying to: View Post
hadewh bund ktanya jg mkn pedes m duren jg bsa bkin kontraksi,tp lbh baik jgn deh bund,tkut dd'y knpa".
bund mw crta ne,td q hbs dr bidan,ktnya posisi udh bgus,bbj jg normal,kpla udh msk panggul.
alhamdulilah,ktnya tgl nugu mgu" ne j,n nugu da kontraksi.
trz cm d saranin jalan kaki pagi doanx.
apa artinya t udh kekunci ea bund?
hadewh,soal'y td lpa tnya.


bunda rachma tadi pagi aq juga dah kebidan lagi sama bun kepala dah masuk panggul bbj juga udah cukup buat dilahirkan aq disuruh banyak jalan pagi juga tinggal nunggu kontraksi juga bun bener2 h2c neh aq dari tadi banyakin gerak bun nyuci baju juga ga pake mesin,,,trus naik turun tangga juga,,,,tapi belum ada hasil harus lebih sabar kali ya bunn
 
  #17  
Old
rachma...
 
Location: purwokerto,jawa tengah
Posts: 199
 
ea bund musti super sbr.
bunda pusa g?
bun kmren kok q kluar flek drah kcklatan ea?
kra" 2 tets.
brtanda pa ea?
 
  #18  
Old
bunda ...   TS 
 
Location: Bandung jawa barat
Posts: 644
 
Replying to: View Post
ea bund musti super sbr.
bunda pusa g?
bun kmren kok q kluar flek drah kcklatan ea?
kra" 2 tets.
brtanda pa ea?


wah bun periksain deh siapa tau itu lendir yg menyumbat jalan lahir selama kita hamil udah mulai keluar bun itu tanda2 melahirkan wah tinggal nunggu kontraksi bun semoga lancar ya,,,,,alhamdulillah bun sampai hari ini jam ini masih puasa semoga sampai magrib lagi
 
  #19  
Old
Bunda ...
 
Posts: 420
 
Bunda2,,aku sempet terfikir untuk pake Rumput Fatimah yg katanya bs nyebabin kontraksi,,tp setelah nemu thread yg dibuat bunda kucik2,,aku langsung ngeri bund,,
tapi salah 1 bunda disini,,bunda Rieta,,nekat minum air rendaman si rumput cantik,,aduhh,,aku uda berusaha mencegah,,moga2 aja dia ga nekat yah,,
amiiinn

Nih thread ttg si Rumput Canti bund,,coba dibaca:
https://ibuhamil.com/ngobrol-apa-saj...ersalinan.html
 
  #20  
Old
rachma...
 
Location: purwokerto,jawa tengah
Posts: 199
 
bunda fardhan@blm q prksain bund krna kmren c smpt sharian kontraksi n blak blik pngen bak.
trz drah'y g da lendir bund cm flek.
jd q ptsin nugu kntraksi yg braturan tp skrg kntrksi plsu trz bund.
gk tw deh t flek brtanda pa.
bunda princes@hadewh ngeri
 
  #21  
Old
Bunda ...
 
Posts: 420
 
Bund rachma,,uda brp w skr? aku sehari lagi HPL,,
 
  #22  
Old
rachma...
 
Location: purwokerto,jawa tengah
Posts: 199
 
bund princes@gnap 38 w bund hri ne,tp dh galao gra" dd lum kluaR jg.
ky ptus asa gt
 
  #23  
Old
Bunda ...
 
Posts: 420
 
haha,,aku apalagi,,yg besok uda 40w,,masih minus tanda2,,
udah dibela2in Fitness puasa2 smp mo pingsan,,tp tetep aja ga dpt tanda,,
hiks ;(
 
  #24  
Old
rachma...
 
Location: purwokerto,jawa tengah
Posts: 199
 
ea bund sling mndoakan ea spy kta bsa mlhirkan normal.
soal'y q tkt bgd bund lo harus sc,mlh bru ngbygin j dh nangs dluan.
 
  #25  
Old
rieta...
 
Posts: 130
 
bingung nih bun Prin... rendeman rumput cantik itu udah d bawain k rmh, malah udh sebagian aq pisahin d gelas... ragu..minum gk y... ortu + mertua sih gada yg ngelarang...
 
Welcome...Masayu Athaya Tabina...
  #26  
Old
Bunda ...
 
Posts: 420
 
Bun Riiieett,,,!!!
coba deh baca thread : https://ibuhamil.com/ngobrol-apa-saj...ersalinan.html
 
  #27  
Old
rieta...
 
Posts: 130
 
iya bun Prin..aq udh baca..serem jg sih ngbayangin'y..tp d thread itu ad salah 1 bunda yg udh minum tp alhamdulillah persalinan lancar..
 
Welcome...Masayu Athaya Tabina...
  #28  
Old
Bunda ...
 
Posts: 420
 
yah,,1 banding banyak yg gagal bund,,
malah Kurma katanya yg aman buat mancing kontraksi,,coba deh makan kurma basah 8-10biji
Ini nih potongan artikel yg kubaca :

Pada ibu hamil trimester 3 yang bayinya belum menunjukkan tanda-tanda kelahiran pada perkiraan waktu yang telah ditentukan, umumnya akan menimbulkan kecemasan pada sang ibu. Kecemasan ini akan mempengaruhi proses pengeluran oksitosin sehingga berdampak pada waktu persalinan. Pada saat bersalin ibu akan mengalami Inersia Uteri, dan apabila kondisi ini tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat dapat berdampak pada kematian baik pada ibu maupu pada janin Adapun tanda-tanda inersia uteri yaitu : kontraksi uterus kurang dari 3 kali dalam sepuluh menit, dengan interval kurang dari 40 detik. Penanganan inersia uteri umumnya akan mendapatkan penambahan hormon oksitosin yang berasal dari luar (oksitosin sintetis) dimana dalam bahasa medis sering disebut dengan induksi persalinan. Induksi persalinan adalah suatu upaya stimulasi mulainya proses persalinan (dari tidak ada tanda-tanda persalinan, kemudian distimulasi menjadi ada).
Namun dari tindakan Induksi persalinan yang sering dilakukan guna menanggulani inersia uteri memiliki beberapa kelemahan antara lain : tidak efisien (waktu, tenaga), hanya untuk ibu-ibu hami tertentu.
Pengaruh Kurma dalam Melancarkan Persalinan
Sebagaimana buah-buahan yang lain, kurma mengandung nutrisi yang amat baik. Kandungan gula yang terdapat di dalam buah kurma dapat langsung diserap oleh tubuh. Kandungan gula dalam buah ini berbeda dengan kandungan gula dalam makanan yang lain, sebab kandungan gula yang biasanya harus diuraikan terlebih dahulu dan baru diserap oleh tubuh.
Para pakar diet menilai kurma sebagai makanan terbaik bagi wanita hamil dan ibu menyusui. Hal ini dikarenakan kurma mengandung elemen-elemen yang membantu meringankan depresi ibu, serta memperkaya ASI dengan zat-zat yang mendukung kesehatan dan daya tahan bayi. Kurma yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah jenis kurma basah (Ruthab), karena kandungan dalam krma ini lebih baik dari jenis kurma yang lain.
(http://jawaban.com/news/relationship...s=080830103857)
Manfaat Kurma:
a. Kurma kering (Tamr), berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim, terutama ketika melahirkan.
b. Kurma basah (Ruthab), mencegah terjadi perdarahan bagi ibu hamil ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu kehamilan berikutnya. Karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oksitosin yang dapat mempercepat proses kelahiran.
c. Membantu pelebaran serviks saat persalinan sehingga proses persalian menjadi lancar.
d. Kandungan zat besi dan kalsiun dalam kurma dapat menggantikan tenaga ibu saat melahirkan dan menambah kuantitas air susu ibu saat menyusui.
e. Kandungan gula dan vitamin B-1 dalam kurma sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi).
f. Menurut hasil penelitian jus kurma dapat memperkuat otot rahim, sehingga proses melahirkan menjadi mudah. Juga mengurangi perdarahan ketika melahirkan serta menguatkan organ rahim.
Pada kurma segar, mengandung hormon oksitosin. Oksitosin sendiri adalah hormon yang akan menyebabkan kontraksi pada rahim. Hormon ini akan meningkat pada saat persalinan berlangsung. Wanita hamil yang pada saat persalinan kontraksi rahimnya lemah biasanya akan diberi suntikan hormon ini untuk memperbaiki kontraksi rahimnya sehingga persalinan akan berjalan dengan baik. Pada masa pasca persalinan hormon ini akan dikeluarkan ketika bayi sedang menyusu. Peningkatan hormon ini pada masa pasca persalinan akan mempercepat proses penghentian perdarahan serta proses pemulihan anatomi dan fungsi rahim.
Pengaruh Hormon Oksitosin dalam Proses Persalinan
Oksitosin adalah suatu hormon yang diproduksi di hipotalamus dan diangkut lewat aliran aksoplasmik ke hipofisis posterior yang jika mendapatkan stimulasi yang tepat, hormon ini akan lepas kedalam darah. Hormone ini diberi nama oksitosin berdasarkan efek fisiologisnya yakni percepatan proses persalinan dengan merangsang kontraksi otot polos uterus.
Mekanisme Kerja Oksitosin
Hormon oksitosin dihasilkan oleh hipotalamus dan disimpan di kelenjar pituitari. Pada saat yang tepat, sebuah isyarat syaraf dikirimkan oleh hipotalamus ke kelenjar pituitari agar melepaskan hormon ini. Tujuannya adalah memastikan terjadinya pengerutan saluran-saluran susu dan otot-otot rahim ketika waktu kelahiran tiba. Dengan cara ini, hormon memudahkan proses persalinan.
(Eka Azrianti / Triman Jr.)
Pada otot polos uterus. Mekanisme kerja dari oksitosin belum diketahui pasti, hormon ini akan menyebabkan kontraksi otot polos uterus sehingga digunakan dalam dosis farmakologik untuk menginduksi persalinan. Sebelum bayi lahir pada proses persalinan yang timbul spontan ternyata rahim sangat peka terhadap oksitosin. Dengan dosis beberapa miliunit permenit intra vena, rahim yang hamil sudah berkontraksi demikian kuat sehingga seakan-akan dapat membunuh janin yang ada didalamnya atau merobek rahim itu sendiri atau kedua-duanya.
Kehamilan akan berlangsung dengan jumlah hari yang sudah ditentukan 280 hari atau 40 minggu untuk masing-masing spesies tetapi faktor yang menyebabkan berakhirnya suatu kehamilan masih belum diketahui secara pasti. Pengaruh hormonal memang dicurigai tetapi masih belum terbukti. Estrogen dan progesteron merupakan faktor yang dicurigai mengingat kedua hormon ini mempengaruhi kontraktilitas uterus. Juga terdapat bukti bahwa katekolamin turut terlibat dalam proses induksi persalinan.
Oksitosin merangsang kontraktilitas uterus maka hormon ini digunakan untuk memperlancar persalinan, tetapi tidak akan memulai persalinan kecuali kehamilan sudah aterm. Didalam uterus terdapat reseptor oksitosin 100 kali lebih banyak pada kehamilan aterm dibandingkan dengan kehamilan awal. Begitu proses persalinan dimulai serviks akan berdilatasi sehinga memulai refleks neural yang menstimulasi pelepasan oksitosin dan kontraksi uterus selanjutnya.
Pemberian Kurma pada Ibu Hamil
Pada ibu hamil yang telah tiba saat melahirkan dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma sebanyak 100 gr (8-10 buah kurma) per hari, yaitu pada usia kehamilan 40 minggu. Sebaliknya pada ibu hamil yang usia kehamilannya kurang dari 40 minggu tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma lebih dari 100 gr per hari, dikhawatirkan terjadi tetania uteri yang pada terjadinya ruptura uteri, yang akhirnya berdampak pada haemorargie post partum ( perdarahan pada masa nifas). Namun, mengkonsumsi 1-2 buah kurma saja tidak akan berpengaruh apapun pada ibu hamil yang kehamilannya sehat. Adapun kontra indikasi ibu hamil yang tidak diperbolehkan mengkonsumsi kurma yaitu: pada ibu hamil dengan panggul sempit (CPD), usia kehamilan kurang dari 40 minggu, ibu hamil kembar (Gemelli), ibu hamil lebih dari 5 kali (grande multi), riwayat seksio.
A. Kesimpulan
Dari pembahasan yang telah di uraikan di atas, dapat disimpulkan bahwa pada buah kurma basah (Ruthab) mengandung hormon oksitosin yang dapat membantu pelebaran serviks saat persalinan, sehingga proses persalinan menjadi lancar. Selain itu, kurma basah juga dapat mencegah terjadinya perdarahan setelah melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala.
B. Saran
- Mengkonsumsi buah kurma dalam jumlah dan saat yang tepat dapat memudahkan kelancaran persalinan pada ibu hamil.
- Buah kurma dapat dikonsumsi secara utuh atau dibuat berbagai macam jenis makanan dan minuman lain dari bahan kurma, misalnya jus kurma, atau dibuat puding.


 
  #29  
Old
rieta...
 
Posts: 130
 
Bun Prin...aq ky'y udh ngflek bun, tp gk kluar lendir, cuma flek garis coklat ky haid pertama.
Tp belum berasa mules... mudah2an mlm ini mules'y dtg...
oya kurma bikin kontraksi...klw gitu aq mw beli kurma ah tar sore...(mdh2an gk ujan lg...)
 
Welcome...Masayu Athaya Tabina...
  #30  
Old
rachma...
 
Location: purwokerto,jawa tengah
Posts: 199
 
ea bunda rieta,lbh baik jgn.
bnr kta bunda princes.
iya klo brhasil,klo enggk???
apa bunda g nysel s umur hdp?
cba bunda pkir lg,msa bunda mw serahin ama takdir dg ngorbanin 9buln.
sbr bund tgl nugu bbrpa minggu,hri/mungkin jam bund.
jgn korbanin yg 9bln t bund,m hawa napsu.
bund princes@info'y sngat mmbantu.
tp q blm 40 w brrti blm bleh mkan 8-10 bji ea?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Induksi dan obat perangsang kontraksi -- Diskusi Umum 61
Help me Bundaa.. uk 39 w, ketuban mulai keruh, induksi ato alami? -- Diskusi Umum 22
terapi alami untuk PCO -- Diskusi Umum 0
cara alami untuk memperbesar sel telor -- Diskusi Umum 99
bagi resep promil alami donk bund.... -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 16:06.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com