Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Ryan06...   TS 
 
Posts: 1
Default kehamilan di saluran indung telur

Saya seorang ibu yang sudah mempunyai anak pertama berumur 10 tahun. saya sangat ingin hamil ketika anak saya berumur 6 tahun, itu sebabnya saya melepas KB Spiral. Pada Tahun 2011 saya hamil, saya tahu dengan hasil test pack (+), sorenya saya ingin ke dokter ternyata saat itu juga saya keluar darah. karena saya kira sudah bersih jadi saya tidak ke dokter, setelah 3 minggu ternyata darah saya ngga selesai-selesai dan malah ditambahkan rasa nyeri sebelah kiri. karena hal itu mengganggu saya pun ke dokter ternyata pas di cek janin saya berada disaluran indung telur sebelah kiri. tapi karen blm pecah saya di suruh dirawat di RS, dan menjalankan terapi suntik MTX. malamnya belum sempet disuntik, janin saya sudah pecah dan saat itu juga harus dioperasi.
beberapa bulan yang lalu saya senang karen saya bisa hamil lagi setelah operasi saya menyangka akan susah lagi hamil atau bahkan ngga bisa hamil lagi karena saluran indung telur saya tinggal satu yang bagian kanan. saya pun ke dokter dan dokter kandungan memastikan saya hamil dan berada di rahim, saya senang sekali mendengarnya, saya sangat hati-hati sekali menjaga kandungan saya itu. tetapi hanya bertahan seminggu lebih saya pun keguguran di kantor, saya dari kantor pergi ke rumah sakit bersalin yang saya kontrol pertama kali, lumayan jauh dari kantor.
sampai rumah sakit saya, janin saya tidak bisa lagi dipertahankan dan saat itu saya harus di kuret. malamnya saya pergi ke rumah sakit yang di tanggung kantor dan saya pun di kuret. seminggu setelah di kuret ternyata nyeri seperti tahun 2011 terulang di tempat yang sama. saya pun pergi ke UGD rumah sakit tanggungan kantor. dokter suruh saya test pack lagi ternyata saya masih hamil, saya di suruh dirawat agar besok dapat USG dari bawah atau vagina, ternyata di saluran indung telur yang kiri tidak terdapat apa-apa atau kosong, dokter pun USG sebelah kanan ternyata janin saya sebesar 6 cm berada di saluran indung telur kanan. ternyata saat itu saya terjadi 2 kehamilan di rahim dan disaluran indung telur.
karena saya mohon untuk tidak di operasi lagi akhirnya dokter menyarankan agar saya bedrest dan di terapi suntik MTX, dokter bilang terapi ini kemungkinan kecil berhasil karena ini efektif untuk janin ukuran 4 cm.
tapi karena saya yakin akan mukjizat Allah....kun faya kun....akhirnya setelah suntikan pertama dan beberapa hari kemudian di USG janinku mengecil menjadi 2,9 cm...sampai sekarang mengecil dan terus mengecil setelah 4x suntik MTX.
yang ingin saya tanyakan kenapa selalu berulang hamil disaluran indung telur, apa sebabnya bisa hal itu terjadi? karena saya ingin banget hamil normal sampai melahirkan.
saya hanya ingin memberitahu sebelum tahun 2011 saya dah 2 kali hamil tapi keguguran terus jadi kl ampe sekarang saya sudah keguguran 5 kali dan dah di test tokso hasilnya (-).
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Vebby...
 
Location: Jawa Tengah
Posts: 1,640
 
Salam kenal bunda Ryan
Turut prihatin dg apa yg bunda alami.. tp setidaknya bunda bs bersyukur krn udah punya anak...
Kl sy blm punya bund, maaf kl gak bs byk membantu...

Hanya setahu sy, kehamilan ektopik (hamil di saluran tuba) itu penyebabnya bs krn ada infeksi atau ada perlengketan di seputar saluran, dan menjadi penyebab saluran menyempit atau tergencet akibat perlengketan itu..
Tapi sperma berhasil lolos di saluran yg menyempit itu krn ukuran sperma yg sangat kecil... tp setelah pembuahan terjadi, embrio mulai berkembang dan akhirnya susah melewati saluran dan terjebak disana..
Atau bs krn silia(rambut"halus) di dlm saluran tuba yg berfungsi mendorong hasil pembuahan/embrio menuju ke rahim, kurang bs bekerja dg baik...
Trus saluran yg kanan akhirnya gmn bund? bs diselamatkan?
 
kunjungi blog ku yaa.....sehatfam,com
Cerita promilku
  #3  
Old
bunda ...
 
Location: Solo, Jawa Tengah
Posts: 1,301
 
Salam Kenal Bunda Ryan06
Saya 30 mrt kemarin juga hbs operasi karna hamil diluar kandungan. Saluran tuba kananq diangkat bunda karena janinq udah 8 week. Padahal udah happy bgt tau hamil, apalagi ini anak pertama. Kata dkter hrs tunggu 3x siklus haid blh hamil lg, tp jujur takut bgt buat hamil lagi ditambah saluran tubaq yang berfungsi tinggal yang kiri.
 
  #4  
Old
GT1669...
 
Posts: 1
 
Assalamualaikum Bunda...
Bagaimana kabarnya? Saya juga baru didiagnosa kehamilan ektopik dan baru 1x suntik MTX...
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
akhirnya kedua saluran indung telurku dipotong dan tidak mungkin hamil lagi -- Diskusi Umum 38
Cek indung telur -- Ngobrol Apa Saja 3
Sulitkah,setelah satu saluran indung telur diambil untuk segera hamil lagi? -- Diskusi Umum 46
proses foto sel indung telur -- Diskusi Umum 0
Pembengkakan saluran indung telur... Bagi info bunda.... -- Diskusi Umum 11


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 16:19.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com