Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
neymar...
 
Posts: 34
 
Replying to: View Post
Bunda Sofie: Terimakasih bunda, Iya bun... semoga cepet nyusul ya... semangat...
Binda Nifalone: Terimakasih Bun... Amin,,,
Moga2 cepet ketularan buat bunda2 semua yang belum hamil
amin, bunda dh brp lama nikah, trs pake promil apa bun, biar qt semua tahu resep bunda.....mkasih...selamt y bund
 
  #17  
Old
moetjo...
 
Posts: 2
 
Selamat ya bun.. aq jg dinyatakan hamil 3,5 minggu sama dokter seminggu lalu, setelah nunggu 2,5 tahun, doain ya kami baik2 saja. cuma aku bingung dokter ga kasih apa2 termasuk vitamin , pas aq tanya apa perlu tambahan vitamin dia blg ga perlu klo belum ada masalah, disini memang pelit dokter kasih obat atau vitamin, kata temanku medis disini sangat hati2, tp aq kan pengen ada tambahan kayak dokter2 di indonesia biar lebih percaya diri. Bagi info donk klo asam folat dan omega 3 itu bisa didapatkan dari makanan apa aja dan takarannya berapa perhari (krn mo beli di apotik ga bisa tanpa resep dokter, jd aq pikir nyari dari sumber makan alami aja).
 
  #18  
Old
deasyf...
 
Posts: 43
 
Replying to: View Post
Selamat ya bun.. aq jg dinyatakan hamil 3,5 minggu sama dokter seminggu lalu, setelah nunggu 2,5 tahun, doain ya kami baik2 saja. cuma aku bingung dokter ga kasih apa2 termasuk vitamin , pas aq tanya apa perlu tambahan vitamin dia blg ga perlu klo belum ada masalah, disini memang pelit dokter kasih obat atau vitamin, kata temanku medis disini sangat hati2, tp aq kan pengen ada tambahan kayak dokter2 di indonesia biar lebih percaya diri. Bagi info donk klo asam folat dan omega 3 itu bisa didapatkan dari makanan apa aja dan takarannya berapa perhari (krn mo beli di apotik ga bisa tanpa resep dokter, jd aq pikir nyari dari sumber makan alami aja).

emang bunda skrg lg stay di negara mana? ini bund, tadi sy coba browsing biar sy tau jg krn penasaran jg hehe..


Makanan yang mengandung asam folat relatif mudah didapat karena tersedia dalam sayuran hijau dan buah-buah. Seperti:

1. Brokoli

Sayur yang masih satu ini masih tergolong satu family dengan kubisan-kubisan yang berkhasiat mampu mempercepat proses penyembuhan bagi mereka yang baru saja menderita sakit berat. Selain itu, brokoli juga disinyalir dapat mencegah dan menghambat berkembangnya sel kanker yang menjadi momok bagi banyak orang.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sudah sejak lama diketahui sumber protein juga serat yang kaya akan gizi seperti halnya mineral. Vitamin B, karbohidrat komplek. Umumnya, kacang-kacangan mengandung 8-17% protein, 100 g zat besi dan 100 g kalsium.

3. Bayam

Dalam dua ikat bayam terdapat asam folat kurang dari 200 mikrogram.

4. Telur

Asam folat yang terdapat pada telur terletak di putih telur. Pada telur bebek kandungan asam folat sebesar 14,85 mcg/l00g tidak berbeda jauh dengan putih telur ayam yang mencapai 14,67 mcg/l00g.

5. Alpukat

Hingga kini, alpukat dipercaya dapat dikonsumsi sebagai penangkal gejala flu. Kandungan vitamin E-nya mampu menetralkan radikal bebas dan menekan risiko infeksi, sedangkan vitamin B-nya membantu produksi antibodi secara alami. Kandungan omega-6, asam lemak esensial dalam alpukat, juga bermanfaat untuk meredakan radang. Beberapa penelitian membuktikan buah ini mampu meningkatkan sistem imun.

6. Gandum dan Susu

Dua jenis panganan ini juga memiliki asam folat yang cukup tinggi. Sejak tahun 1996 Food and Drug Administration (FDA) telah mengeluarkan peraturan yang mengharuskan penambahan asam folat pada roti, sereal, tepung, makanan yang terbuat dari jagung, pasta, beras dan produk biji-bijian lain.

7. Jeruk

Selain dikenal sebagai sumber vitamin C, buah bundar satu ini juga merupakan sumber asam folat yang potensial. Bahkan dari satu buah jeruk 20% kebutuhan folat sehari-hari dapat terpenuhi. Tak cukup sampai disitu jeruk mampu meningkatkan kadar folat dan kadar racun dalam pembuluh darah pun menurun.

8. Stroberi

Meski mahal, buah yang dijadikan lambang cinta pada zaman Yunani kuno ini cukup diminati masyarakat. Delapan buah stroberi atau 1 gelas potongan stroberi hanya mengandung 50 kalori dan tidak mengandung kolesterol atau asam lemak jenuh. Ini setara dengan 7,5 persen kebutuhan asam folat harian untuk ibu hamil. Tak heran jika stroberi menjadi alternative camilan ataupun pelengkap makanan yang sehat

9. Hati sapi

Selain mengandung asam folat hati sapi juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Sayangnya, mereka yang sedang mengandung tidak diajurkan mengkonsumsi hati sapi karena dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan. Namun tak perlu khawatir, mereka yang mengkonsumsi hati sapi dapat menggantinya dengan dengan minum susu.

10. Pisang

Dengan mengkonsumsi 1,5-2 pisang setiap hari, maka kebutuhan asam folat dapat terpenuhi. Pasalnya dua buah pisang setara dengan 58 mikrogram folat yang dengan kata lain hanya memenuhi sepertiga kebutuhan folat tubuh.


Omega-3 banyak terdapat di ikan-ikanan. Buat yang vegetarian, di sayuran hijau juga banyak.. jadi di bayem, kangkung, brokoli, dll

 
  #19  
Old
dewi s...
 
Posts: 64
 
Selamat ya bunda Rindya atas kehamilan pertamanya ^_^
Btw, salam kenal juga bunda2 saya newbie nih. Mau bagi pengalaman aja, hari ini pagi2 karna rasa penasaran karna ga biasanya badanku aneh aja, aku TP nih. Dan ternyata udah garis 2 meski agak samar, dan jadwal haid aku masih 2-4hari kedepan. Agak kaget juga sih secara aku sudah punya 2 anak.
minggu lalu puting PD aku ngilu bgt, aku pikir PMS dan karna aku sedang KB kalender aku anggap aman aja karna kukira lagi PMS dan bukan lagi masa subur, dan 2minggu lalu karna suami jarang berhubungan mungkin karna ga tahan jadi dia berhubungan pada pagi hari. Dan ternyata ini hasilnya positif ,, mungkin karna sperma pagi hari lebih sehat dan bertahan lama jadi mudah banget jadinya. Tanda2 hamil sih ga jauh beda dengan mau menstruasi, payudara sakit dan berat. Pinggul dan paha pegal, dan kadang perut kiri kedutan selang seling dengan bagian kanan. terus beberapa hari ini kalau malam hari gerah banget, sampaii kebangun tengah malam padahal kata suami malam itu dingin bgt, badan pagi2 terasa hangat dan terutama di muka kayak orang mau flu/demam. Kehamilan saya yg ke 3 ini beda banget tanda2nya, kalo duluu ga ada naamanya sakit PD atau mules2 mau mens,,
Tips aku yg belum hamil : tanda2 masa subur dan PMS ternyata sama yaitu sakit puting PD, dan mungkin kalau bisa berhubungan di pagi hari saja, karna kualitas sperma aku googling di internet memang kental dan sehat itu yg membuat kita cepat hamil, karna pengalaman anak 1 dan 2 memang aku berhubungan di pagi hari
Itu pengalaman aku ya bun, pagi hari ini masih dalam keadaan bengong dan kaget juga nih
Tapi mudah2an calon baby aku Cewek nih, secara udah 2 anak cowok...hehe
 
  #20  
Old
Rindya...   TS 
 
Posts: 50
 
Bunda Fitri: Makasih Bun... Amin...... semoga bunda2 semua segera menyusul (+)
 
  #21  
Old
selvia...
 
Posts: 52
 
selmat yah bunda,,, semoga cept nyusul juga.. Amiiin.
 
  #22  
Old
lisaph...
 
Posts: 7
 
selamat ya........
 
  #23  
Old
Rindya...   TS 
 
Posts: 50
 
Bunda Neymar: q dah 8 bulan menikah bun, bulan kemarin promil ke dokter dikasih eturol sm provula (provulanya diminum pas M hari ke 5 selama 5 hari bun)

Bunda Moetjo: thanks bun, selamat juga ya bun. Iya bun saling mendoakan ya bun..

Bunda Deasy : makasih bun infonya

Bunda Dewi : thanks bun dan makasih juga infonya

Bunda Selvia : Thanks bun

Bunda Lisa : Thanks juga Bun

Thanks.. buat bunda2 semua mohon do'anya agar sehat2 az
 
  #24  
Old
Athaya...
 
Posts: 235
 
Bunda bunda yang udah hamil... selamaaaaattttttttt... mudah2an dedenya selalu sehat sampe dilahirkan...

bunda yang sedang promil dan H2C... mudah2an menyusul dapet kabar gembiranya yaaa... aku juga maksudnya...
 
  #25  
Old
Rindya...   TS 
 
Posts: 50
 
thanks..... bun
 
  #26  
Old
ninari...
 
Posts: 7
 
Replying to: View Post
Alhamdulillah bunda2 semua q dh positif hamil, kemarin tg 23 ke dokter alhamdulillah dinyatakan hamil usia 4w, seneng banget bun...
bunda2 apa yang dirasain pada saat usia 4w? sudah ada pergerakan atau gimana g bun?
maklum kehamilan pertama belum tau apa2 bun
tlong bagi infonya ya bun, Thanks.......
Alhamdulillah selamat ya bunda
Semoga bunda dan dedek bayi selalu dalam keadaan sehat, aamiin
Alhamdulillah sayapun td pagi test pack dan hasinya strip 2
Saling mendoakan semoga kehamilan pertama kita lancar dan buat bunda2 yg lain yang sudah berpengalaman mohon saran dan tipsnya dalam menghadapi dan menjaga usia kehamilan yang masih muda, terimakasihhh
 
  #27  
Old
Azrye...
 
Posts: 181
 
bnyk2 ucapan selamat bunda... Aq skrng uk15w udah ada kedutan2 kecil, hehe bahagia bngt
 
  #28  
Old
Rindya...   TS 
 
Posts: 50
 
Bunda Ninarisma: selamat ya bun, thanks bun... amin...iya bun saling mendoakan ya bun

Bunda Azyre: Wah senengnya, selamat ya bun
 
  #29  
Old
bunda ...
 
Posts: 57
 
bunda rindya@ akhirnya hamil jg ea bunda
Selamat bunda
 
  #30  
Old
Rindya...   TS 
 
Posts: 50
 
Bunda Ello : Iya Bun Alhamdulillah.........
mohon do'anya ya bun moga sehat slalu....
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Hamil 4 minggu... Alhamdulillah... -- Diskusi Umum 23
Alhamdulillah.. forum ibu hamil ngebantu bgt :D -- Ngobrol Apa Saja 11
Akhirnya aku Hamil, Alhamdulillah :) -- Kenalan Yuk! 39
Alhamdulillah hamil... -- Ngobrol Apa Saja 10
Alhamdulillah.... saya hamil bunda.. -- Ngobrol Apa Saja 71


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:50.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com