Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Sasha ...   TS 
 
Posts: 815
Default Janin meninggal didalam perut

Malam bunda semua...
Kemarin aku habis kontrol ke dokter. Alhmdulilah perkembangannya bagus. Tapi ibu muda yg di sebelahku ternyata baru di kuret saat uk 6 bulan, gegara janin'y meninggal didalam perut. Aneh'nya slama kontrol tiap bulan'y baik2 saja. Sepupuku juga pernah mengalami'y, malah uk sudah 9bl. Bberapa hari sbelum hpl di usg, trnyata janin divonis meninggal didalam. Inalilahi. Amit2.
Sebenarnya apa ya penyebab janin bisa meninggal di dalam perut gitu bund?
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
rianug...
 
Location: Bandung
Posts: 83
 
11-10-12 anakku jg meninggal dalam kandungan diusia kandungan hampir 8bulan untung waktu itu posisi anakku kepalanya sdh dibawah jd bisa lancar lahiran normal
padahal waktu itu lg seneng2nya belanja perlengkapan bayi
aku sendiri sih gak mencari penyebabnya, setelah lahir anakku langsung dimakamin. aku aja cuma beberapa menit aja bisa bersamanya.
Sedih bgt waktu itu dimana aku melahirkan bayi tapi tanpa tangisan bayi
tapi aku udah ikhlashin skrg, dan udh mulai promil lg bulan ini
 
  #3  
Old
andhez...
 
Posts: 77
 
Innalillahi...yg sabar ya bun...kira2 di saat uk 6-9bln itu apa saja ya bun yg menyebabkan janin meninggal..???klo yg aq tau hamil muda yg rentan bgt...
 
Always love my baby and my family
  #4  
Old
Idha N...
 
Posts: 52
 
Innalilahi wa innailaihi rojiun....
bunda rianugros yang sabar ya bund
sedih bgt dengernya....
semoga promilnya sekarang sukses ya bund,sampe bisa dengerin tangisan debay...
semangat ya bund...
 
  #5  
Old
mimi i...
 
Posts: 911
 
sama bunda......kemaren aku juga abis dari bidan , pas aku control , alhamdulillah dedexku sehat dan normal...tapi pas suami nanya ke bidan , buu itu ada yg abis lahiran yaa...eee kata bidannya bukan , tapi abis keguguran di uk 5bulan...aduuuuuuuch...amit2 bunda.....jaga baek2 dedex qita ya bund....
 
menanti kehadiranmu adalah kebahagiaan...my baby..
  #6  
Old
ighaaf...
 
Posts: 10
 
Biasanya janin pertama dan usia yang belom matang untuk mengandung, menjadi penyebab keguguran janin. Yang sabar buat bunda2 yang diberi ujian ama yang diatas.








__________________________________________________ ______________
Info Harga TV LCD LED, Kulkas & Mesin Cuci Murah
 
  #7  
Old
Djasmi...
 
Posts: 91
 
hallo bunda semua....belum lama ini sepupuku jg mengalami hal yang sama...uk 7bln janin meninggal dalam kandungan,...tp yang aq denger dia minum obat warung merek bodr*x...dan yang q tw bumil ga boleh minum obat sembarangan...sedih deh liatnya padahal dia pingin banget punya baby cewe karna ke 2 anak sebelumnya cwo'..tp giliran dikasih cwe janin meninggal di perut....
Semoga kita semua di beri kesehatan dan kelancaran sampai baby kita lahir dan menangis minta asi bund
Ga sabar nunggu jdnya hihi
 
  #8  
Old
mimi i...
 
Posts: 911
 
haduuuuuuuuch......bodr*x itu kan dosisnya lumayan bunda....ada2 saja...memang bumil harus hati2 banget dalam mengkonsumsi obat...kalo ada keluhan mending ke bidan atau dokter aja...kalo bisa secara alami , mending obati secara alami saja....aman dan bermanfaat...
 
menanti kehadiranmu adalah kebahagiaan...my baby..
  #9  
Old
astrif...
 
Posts: 38
 
ni bunda aq copas artikel tentang kematian janin dalam kandungan yang aq baca:
KEMATIAN janin dalam kandungan disebut Intra Uterin Fetal Death (IUFD), yakni kematian yang terjadi saat usia kehamilan lebih dari 20 minggu atau pada trimester kedua. Jika terjadi pada trimester pertama disebut keguguran atau abortus. Jika janin sudah meninggal di dalam kandungan maka rahim tidak akan membesar lagi, pembesarannya akan berhenti sesuai dengan usia kehamilan saat janin meninggal. Misalya, janin meninggal pada usia kehamilan 12 minggu maka pembesaran rahim berhenti pada usia kehamilan 12 minggu, tidak akan membesar misalnya sampai usia kehamilan 20 minggu. Hal ini disebabkan karena pada janin mati, otomatis pertumbuhannya berhenti, sedangkan pembesaran uterus dimungkinkan karena adanya pertumbuhan janin.

Apabila sudah dipastikan ada kematian janin, maka kehamilan harus diterminasi atau diakhiri. Cara mengakhiri kehamilan bervariasi, tergantung usia kehamilan dan besarnya rahim. Pada usia kehamilan kurang dari 12 minggu bisa dilakukan kuretase atau aspriasi vakum (yang menurut istilah awam 'disedot'). Untuk kehamilan di atas 12 minggu, biasanya diberikan obat dulu untuk melunakkan dan membuka jalan lahir, lalu dibiarkan keluar spontan, kalau ada sisa jaringan, akan dilanjutkan dengan tindakan kuret. Pada usia kehamilan di atas 20 minggu, maka tindakan yang dilakukan adalah induksi persalinan.

FAKTOR PENYEBAB :
Menurut dr Botefilia SpOG, Spesialis Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta, ada beberapa faktor yang menyebabkan kematian janin dalam kandungan, antara lain:

1. Hipertensi atau tekanan darah tinggi

2. Preeklampsia dan eklampsia

3. Perdarahan
Waspada jika Moms mengalami perdarahan hebat akibat plasenta previa (plasenta yang menutupi jalan lahir) atau solusio plasenta (terlepasnya plasenta dari tempat implantasinya di dalam uterus sebelum bayi dilahirkan). Otomatis Hb janin turun dan bisa picu kematian janin.

4. Kelainan kongenital (bawaan) bayi
Yang bisa mengakibatkan kematian janin adalah hidrops fetalis, yakni akumulasi cairan dalam tubuh janin. Jika akumulasi cairan terjadi dalam rongga dada bisa menyebabkan hambatan nafas bayi. Kerja jantung menjadi sangat berat akibat dari banyaknya cairan dalam jantung sehingga tubuh bayi mengalami pembengkakan atau terjadi kelainan pada paru-parunya.

5. Ketidakcocokan golongan darah ibu dan janin
Terutama pada golongan darah A, B, O. Kerap terjadi golongan darah anak A atau B, sedangkan Moms bergolongan O atau sebaliknya. Pasalnya, saat masih dalam kandungan darah Moms dan janin akan saling mengalir lewat plasenta. Bila darah janin tidak cocok dengan darah ibunya, maka Moms akan membentuk zat antibodi.

6. Janin yang hiperaktif
Gerakan janin yang berlebihan -apalagi hanya pada satu arah saja- bisa mengakibatkan tali pusat yang menghubungkan Moms dengan janin terpelintir. Akibatnya, pembuluh darah yang mengalirkan suplai oksigen maupun nutrisi melalui plasenta ke janin akan tersumbat. Tak hanya itu, tidak menutup kemungkinan tali pusat tersebut bisa membentuk tali simpul yang mengakibatkan janin menjadi sulit bergerak. Hingga saat ini kondisi tali pusat terpelintir atau tersimpul tidak bisa terdeteksi. Sehingga, perlu diwaspadai bilamana ada gejala yang tidak biasa saat hamil.

7. Gawat janin
Bila air ketuban habis otomatis tali pusat terkompresi antara badan janin dengan ibunya. Kondisi ini bisa mengakibatkan janin 'tercekik' karena suplai oksigen dari Moms ke janin terhenti. Gejalanya dapat diketahui melalui cardiotopografi (CTG). Mula-mula detak jantung janin kencang, lama-kelamaan malah menurun hingga di bawah rata-rata.

8. Kehamilan lewat waktu (postterm)
Kehamilan lebih dari 42 minggu.Jika kehamilan telah lewat waktu, plasenta akan mengalami penuaan sehingga fungsinya akan berkurang. Janin akan kekurangan asupan nutrisi dan oksigen. Cairan ketuban bisa berubah menjadi sangat kental dan hijau, akibatnya cairan dapat terhisap masuk ke dalam paru-paru janin. Hal ini bisa dievaluasi melalui USG dengan color doppler sehingga bisa dilihat arus arteri umbilikalis jantung ke janin. Jika demikian, maka kehamilan harus segera dihentikan dengan cara diinduksi. Itulah perlunya taksiran kehamilan pada awal kehamilan dan akhir kehamilan melalui USG.

9. Infeksi saat hamil
Moms, saat hamil sebaiknya menjaga kondisi tubuh dengan baik guna menghindari berbagai infeksi bakteri atau virus. Bahkan, demam tinggi pada Moms bisa mengakibatkan janin tidak tahan akan panas tubuh ibunya.

10. Kelainan kromosom
Kelainan kromosom termasuk penyakit bawaan. Kematian janin akibat kelainan genetik biasanya baru terdeteksi saat kematian sudah terjadi, melalui otopsi bayi. Jarang dilakukan pemeriksaan kromosom saat janin masih dalam kandungan. Selain biayanya mahal, juga sangat berisiko. Karena harus mengambil air ketuban dari plasenta janin sehingga berisiko besar janin terinfeksi, bahkan lahir prematur.

11. Harus segera dilahirkan
Bila terjadi hal-hal di atas, segera periksakan diri ke dokter. Tentu dokter akan mengatasi penyebabnya sembari tetap memantau perkembangan janin hingga lahir. Misalnya bila terdapat infeksi, maka akan diobati infeksinya.

Tetapi, apabila keadaan sudah sangat genting, seringkali dokter memutuskan agar janin segera dilahirkan atau lahir prematur guna menghindari terjadinya kematian janin. Jika bayi sudah terlanjur meninggal saat masih dalam kandungan, maka si bayi harus segera dikeluarkan. Persalinan sebaiknya dilakukan secara normal agar tidak terlalu berisiko bagi si Ibu. Tetapi bila ada penghalang, misal posisi bayi sungsang, ibu mengalami preeklampsia, plasenta previa dan sebagainya, maka operasi cesar terpaksa dilakukan.

Janin yang meninggal sebaiknya jangan dibiarkan di dalam rahim lebih dari 2 minggu, sebab jika terlalu lama akan memengaruhi faktor-faktor pembekuan darah si Ibu. Zat pembekuan darah atau fibrinogen bisa turun dan menyebabkan darah agak sulit membeku. Bila ini terjadi, akan berakibat fatal kala ibu melahirkan. Jika fibrinogen rendah, maka perdarahan yang terjadi pada proses persalinan akan sulit berhenti. Bisa-bisa nyawa si ibu tidak tertolong akibat perdarahan tersebut.

12. Bisa hamil lagi
Meski pada kehamilan sebelumnya Ibu pernah mengalami kematian janin atau keguguran, bukan berarti seorang Ibu tidak bisa hamil lagi. Seorang Ibu bisa memulai program hamil kapan saja. Tapi, sebaiknya ketahui dulu penyebab kematian janin terdahulu sebelum Ibu hamil lagi, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi pada kehamilan berikutnya.
 
  #10  
Old
cindy ...
 
Location: jakarta selatan
Posts: 115
Default plasenta previa

salam kenal bunda semua nya

di thn 2010 saya jg mengalami janin meninggal di dlm di usia 5 bulan..karna plasenta previa..baby boy ku lahir dengan normal tp sudah tidak bernyawa lagi..karena selama hamil saya pendarahan terus setiap bulan nya kyk orang haid.karena plasenta previa (plasenta menutupi jalan lahir)....sekarang lagi promil lagi minta doanya ya bunda2 supanya saya dan bunda bunda yg lain nya yg belom positif ..dapat positif hamil bulan ini...amin
 
  #11  
Old
Sasha ...   TS 
 
Posts: 815
 
Bunda cindy : inalilahi.. Yg sabar y bund, moga cpt bisa hamil lg, n dapet pengganti yg lbh baik sglanya baik fisik, akhlak, kcrdasan'y.

---------- Post added at 20:17 ---------- Previous post was at 20:14 ----------

Bunda rianugros : ikt berduka y bund, moga kehamilan x ini lancar n sehat sampe mlahirkan nanti.

---------- Post added at 20:18 ---------- Previous post was at 20:17 ----------

Bunda cindy: thx infonya.

All bunda: m0ga kehamilan qt sehat, bayi qt juga sehat. Amin
 
  #12  
Old
Rina L...
 
Posts: 242
 
Inalillahi..
biasanya IUFD/janin meninggal dlm kandungan itu pnyebabnya bisa dr TORCH bunda..
untuk yg promil baiknya periksa Torch dlu.. Mudah2an bunda dijauhkan dr hal2 semacam ini ya,sehat2 selalu bunda dan dede nya
 
  #13  
Old
bunda ...
 
Location: surabaya
Posts: 142
 
Sama bunda sya jg mngalami iufd usia 22 minggu, pdhl itu anak pertama saya, baby boy.
 
  #14  
Old
Sasha ...   TS 
 
Posts: 815
 
Bunda cindy: nice info. Thx. :kiss:
bunda rina: amin.. Moga slamat smw'y. Thx juga infona.
Bunda nicky: ya smga bunda cpt hamil lg.. Yg sehat y bund..

---------- Post added at 21:49 ---------- Previous post was at 21:49 ----------

Bunda cindy: nice info. Thx. :kiss:
bunda rina: amin.. Moga slamat smw'y. Thx juga infona.
Bunda nicky: ya smga bunda cpt hamil lg.. Yg sehat y bund..

---------- Post added at 21:50 ---------- Previous post was at 21:49 ----------

Bunda astr: nice info. Thx. :kiss:
bunda rina: amin.. Moga slamat smw'y. Thx juga infona.
Bunda nicky: ya smga bunda cpt hamil lg.. Yg sehat y bund..
 
  #15  
Old
Djasmi...
 
Posts: 91
 
Replying to: View Post
haduuuuuuuuch......bodr*x itu kan dosisnya lumayan bunda....ada2 saja...memang bumil harus hati2 banget dalam mengkonsumsi obat...kalo ada keluhan mending ke bidan atau dokter aja...kalo bisa secara alami , mending obati secara alami saja....aman dan bermanfaat...
Iya bund namanya jg orang awam,udh gitu ga ada yang memberikan arahan....
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
pengalaman iufd (janin meninggal dalam kandungan) -- Ngobrol Apa Saja 13
pergerakan janin didalam perut seperti apa sih? -- Diskusi Umum 35
IUFD (kematian janin didalam kandungan) -- Diskusi Umum 11
Sedih dan ga percaya.bayiku meninggal didalam -- Diskusi Umum 30
sering minum es membuat janin besar didalam -- Diskusi Umum 11


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:28.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com