Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
rekyan...   TS 
 
Posts: 1,201
Default Manfaat USG pada TM3

susah tidur bunda, mau kopi hasil browsinganku, semoga bermanfaat untuk bunda2 yg sudah masuk TM3 seperti aku sekarang (uk.33 week) rasanya sudah tidak sabar menanti saat menimang debay
pada TM3 pemeriksaan USG bermanfaat untuk:
1. Menilai letak dan posisi terbawah janin, apakah kepala, sungsang atau letak lintang.
2. Mengukur biometri janin (pertumbuhan janin) dan taksiran berat janin.
3. Menilai apakah ada lilitan tali pusat.
4. Melihat turunnya testis pada janin laki-laki. (belum pernah menanyakan ini ke dokterku, kontrol 3mgg lg semoga gak kelupaan, penting, bukan cuma monasnya aja ya bunda2, demi keberlangsungan anak cucu kita hehehe).
5. Menilai keadaan dan letak plasenta.
6. Menilai jumlah air ketuban.
7. Menentukan perkiraan persalinan. (yg ini sering bikin bunda2 galau, apalagi kalo selisih dari HPL yg diitung dari HPHT terlalu banyak hehehe, selama ini aku blm pernah lbh dr seminggu, pernah cm 1hr, yg terakhir 3hr)
8. Menilai kesejahteraan janin (fetal well being), misalnya pemeriksaan arus darah tali pusat pada kasus pertumbuhan janin terhambat (IUGR) atau pada ibu dengan komplikasi seperti preeklamsia, kelainan jantung dan diabetes.
Aku yg point 8 ini sudah pernah periksa waktu uk.30w, karena keluhanku waktu itu 'gerak debay berkurang'. Lupa post di komennya thread bunda karina (kalo gak salah, lupa judulnya apa, harusnya dipindah di thread sendiri tp aku males).
Ini thread untuk bunda2 cerdas yg memang mencari info dan bukan gosip hehehe, semoga bermanfaat.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Tamara...
 
Posts: 380
 
Bunda gmn hasil usg bunda yg trakir,ap debay sehat,normal,n posi2ny gmn bunda,apakah dgn miom posi2/letak janin bisa normal bund?
 
  #3  
Old
rekyan...   TS 
 
Posts: 1,201
 
Alhamdulillah bagus semua kok bunda, karena letak plasenta dan miomnya di corpus(badan rahim) agak di atas. Jadi debay letak kepala, plasenta masih bagus (gak ada pengapuran) cuma ada 1 titik yg masih mungkin perlengketan (tapi gapapa kata dokter, paling jelek sejeleknya klo sisa plasentanya gak mau lepas sendiri ya ntar dikuret, aku harap ya tentu saja gak perlu sampai kuret, tp klo memang harus ya dijalani saja), apalagi ya oh uk.33w debayku beratnya sudah hampir 2kg, aku tanya kenapa yg sering sesak sebelah kanan atas (takutnya miom makin gedhe) jawabnya dokter miomnya gak tambah gedhe dibanding periksa terakhir, memang janinnya yg makin besar sesuai uk-nya. Bunda TM2 masih tambah besar miomnya, jangan lupa tanyakan ukuran dan letaknya ya. Gak periksa terlalu lama juga, 3mgg lagi kontrol uk.36mgg debaynya harus sudah ada 2,5kg... Soal persalinan normal diusahakan karena miom tidak menghalangi jalan lahir dan posisi debaynya letak kepala, ada satu lagi yg dikuatirkan sebenernya karena ada miom kemungkinan kontraksi bisa tidak sebagus rahim yg normal, tp yah step2nya tetap diliat dulu respon kontraksinya bisa membuka jalan lahir tidak, klo kontraksi berkurang/hilang yah diinduksi dulu, jadi SC adalah pilihan terakhir begitu. Yang bisa buat kelainan letak janin klo letak miom pada segmen bawah rahim, deket jalan lahir.

---------- Post added at 06:42 ---------- Previous post was at 06:39 ----------

Eh bunda jangan kuatir lho, sama kaya plasenta letak rendah, letak miomnya juga bisa bergeser sesuai pembesaran rahimnya, aku makin lama juga mendekati fundus(puncak rahim). Ini saja yg dulu di sebelah kiri sekarang perasaanku di sebelah kanan miomnya, ditanyakan saja ya ke dokter, masih bisa berubah makanya aku kontrol tiap bulan, masuk TM3 saja baru 3minggu sekali kontrol (sesuai perintah dokter)...
 
  #4  
Old
Tamara...
 
Posts: 380
 
Iy bund mksh,kdng klo ke dokter suka lupa tanya2 mslh miom,yg ak tanyain keadaan debay aj,trs klo dokter uda bil gpp,sehat2 aj.ak jd lupa tnya lain2ny bund...kbr2 trs ya bund kondisiny...krn yg bisa berbagi dgn mslh kehamilan yg sm cm bunda aj,,,bunda ak jadi in panutan...klo bunda bisa bertahan n debay baik2 aj ak jg pasti bisa kan bund...
 
  #5  
Old
rekyan...   TS 
 
Posts: 1,201
 
Ya semoga sehat kita+debay sampai lahiran, oh ya tetep ya bunda klo tanda bahaya seperti ada flek/perdarahan, kontraksi dan nyeri yg hebat tidak berkurang dgn istirahat langsung diperiksakan ke dokter gak pke nunggu lama. Karena ada bunda dgn miom yg ngeflek ato kontraksi terus, kan butuh obat tanbahan gitu, selama kehamilan kita terpantau baik insya Allah lancar sampai lahiran. Dokterku sudah pernah cerita ada pasien dia yg ada miom juga bisa lahir normal, jd jangan kuatir bunda, tetep positif thinking ya bunda....

---------- Post added at 19:05 ---------- Previous post was at 08:27 ----------

Hobi nyundul sendiri
 
  #6  
Old
Tamara...
 
Posts: 380
 
Klo yg sering ak rasa in,sblh knan perutku sering nonjol gtu bun,ga tau it debay atau miom ny,,,
eh bund mau tanya nich,ak kan gogling soal buah manggis&kulitny ktanya bgus ngecilin miom n kista,tp ap slama hmil kt boleh mkn manggis,soale ak dilarang bund,ktany manggis bs bkin DJJ berhenti.

---------- Post added at 19:52 ---------- Previous post was at 19:29 ----------

Bund kan kmrn pas usg uk 13w ukrn janin 7,22cm sdangkan uk miom 12an,lbih besaran miomny.ap nti pas uk bertmbh n debay beratny jg bertmbh,ap miomny jg bkalan lbih gde dr debay bun?
 
  #7  
Old
rekyan...   TS 
 
Posts: 1,201
 
Klo mau coba makan manggis ya nanti aja sesudah lahiran bunda, gak tau juga pengaruhnya ke debay gmn jadi mending ambil aman saja. Aku akhir TM2 udh lebih gedhe debaynya kok, yg penting kisaran panjang dan beratnya debay normal. Yg nonjol bisa jadi miomnya, tanyakan saja ke dokter ya klo pas usg. Lupa pokoknya pas berat debay sekitar 500gram tuh udh gedhe debaynya gitu. Dokternya bilang klo menyusui bisa kok ukurannya mengecil tp nanti saat hormon estrogen tinggi spt awal kehamilan akan membesar lg klo gak dioperasi.
 
  #8  
Old
rekyan...   TS 
 
Posts: 1,201
 
Aku kemaren makan manggis sebuah, pengen soalny, gpp sih alhamdulillah
 
  #9  
Old
ratiha...
 
Location: Surabaya
Posts: 388
 
nice thread bund.. jempol, jempol, jempol
 
  #10  
Old
rekyan...   TS 
 
Posts: 1,201
 
makasih byk bunda ratih
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
manfaat Vitamin E -- Diskusi Umum 28
manfaat vit e -- Diskusi Umum 30
manfaat folavit -- Diskusi Umum 50
manfaat vit E + dampaknya -- Diskusi Umum 19
apa manfaat Bio ATP + Santa-E ????? -- Ngobrol Apa Saja 8


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 19:49.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com