Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
mardiy...   TS 
 
Posts: 4
Default Hamil = Makan untuk Dua Orang?

Menjaga pola makan sebelum dan selama hamil merupakan awal yang baik bagi kesehatan bayi. Pola makan sehat selama kehamilan sebenarnya sama saja dengan pola makan sehat pada periode lainnya namun dengan ekstra asupan vitamin dan ekstra perhatian pada makanan mentah dan setengah matang.

Pemikiran bahwa ibu hamil haruslah makan dengan porsi untuk dua orang tidaklah tepat. Selama komposisi makanan yang dikonsumsi Bunda lengkap terdiri dari lima kelompok makanan - ditambah dengan suplemen asam folat sampai kehamilan berusia 12 bulan dan juga vitamin D sepanjang masa kehamilan - maka dapat dipastikan Bunda dan bayi memperoleh semua kebutuhan nutrisi. Selain itu, makan secara teratur juga sangat dianjurkan.

5 Kelompok makanan itu adalah:

Roti, beras, kentang, pasta, dan makanan lain berbahan dasar tepung.Kelompok ini merupakan penyedia energi utama dan karenanya harus menjadi porsi terbesar dalam komposisi menu.
Buah dan sayur merupakan penyedia asupan vitamin, mineral dan serat. Usahakan untuk mengkonsumsi 5 jenis atau lebih buah dan sayuran dalam sehari. Selain buah segar, ibu hamil juga diperbolehkan mengkonsumsi buah beku atau kering.
Daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan makanan sumber protein yang tidak berbahan dasar susu seperti tempe dan tahu. Kelompok makanan ini merupakan pemasok zat besi dan seng. Tambahkan kelompok makanan ini ke dalam menu dua kali sehari dan usahakan untuk mengkonsumsi satu porsi minyak ikan setiap minggu.
Susu dan produk susu lainnya seperti yogurt dan keju adalah penyuplai kalsium bagi tubuh. Pastikan Bunda mengkonsumsi tiga porsi makanan ini tiga kali sehari, misalnya segelas susu + sebotol yogurt + 25 g keju. Pilihlah produk susu rendah lemak kecuali jika berat badan Bunda termasuk dibawah normal. Jika Bunda memilih untuk mengganti susu sapi dengan susu kedelai, pastikan susu kedelai tersebut mengandung tambahan kalsium.
Makanan dengan kandungan lemak dan gula. Jaga agar kelompok makanan ini tetap dalam porsi minimal untuk menghindari kemungkinan obesitas pada Bunda dan bayi.

SUMBER:
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
lilama...
 
Posts: 9
 
wah iya nih bund, ini mitos kan, yg penting selama asupan gizi yg masuk cukup untuk ibu dan anak
 
Mother and Child Care Philips Avent
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
makan durian saat hamil -- Diskusi Umum 31
makan permen saat hamil -- Diskusi Umum 1
Kehamilan orang gemuk -- Diskusi Umum 0
seorang bayi butuh orang tua -- Diskusi Umum 6
8 Tanda Umum Ciri-ciri Orang Hamil -- Diskusi Umum 27


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 10:38.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com