Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
ndagun...
 
Location: Jakarta
Posts: 394
 
ini suaminya punya etika ga siyh...
masa ga mau ngalah sama anaknya...
ASI buat bayi ajah.. Bapake suruh ajah minum susu UHT
Ibunya juga aneh koq suami begitu di diemin ajah...
 
Ya Rabb, sehatkanlah anakqu dan bantu aq membimbingnya di jalanMu...
  #32  
Old
icutez...
 
Posts: 57
 
Replying to: View Post
qiqiqi...
salam kenal bun...
pembahasan yang menurut aku lucu ni bun..
soalnya kata suami aku yang ga sengaja ngerasain asi aja bilang ga enak kayak darah, tp ternyata ada yg suka.. hehehe...
tp gini bun, menurut aku skala prioritas aja bun..
bayi kan belum bisa makan sendiri dan makan semua makanan, sedangkan suami bisa makan semua makanan..
mendingan suami diminta dengan hormat untuk berhenti minum asi, agar nutrisi dan gizi debay tercukupi dengan baik dan sempurna tanpa khawatir debay-nya bunda kurang mimik..
bunda lucu post na bikin aq ngakak tapi setuju lah..
sumi ma anak kok jadi rebutan asi gmn jd na udah jelas haram kok hukum na
 
  #33  
Old
arudia...
 
Posts: 512
 
Replying to: View Post
qiqiqi...
salam kenal bun...
pembahasan yang menurut aku lucu ni bun..
soalnya kata suami aku yang ga sengaja ngerasain asi aja bilang ga enak kayak darah, tp ternyata ada yg suka.. hehehe...
tp gini bun, menurut aku skala prioritas aja bun..
bayi kan belum bisa makan sendiri dan makan semua makanan, sedangkan suami bisa makan semua makanan..
mendingan suami diminta dengan hormat untuk berhenti minum asi, agar nutrisi dan gizi debay tercukupi dengan baik dan sempurna tanpa khawatir debay-nya bunda kurang mimik..



 
  #34  
Old
wiwied...
 
Posts: 8
 
Lucu bgt ni thread nya bund. Bapake suru beli aja susu kemasannnn.pkirkan gizi untuk baby dong bukan untuk bapake. Hadehhh lucu ikh
 
  #35  
Old
Rhania...
 
Posts: 225
 
pas baca langsung geli dan aneh kok ada yah suami yg kyk begitu heehehehe... Terlalu aja itu mah ..masa PD yg ada asi nya yg harusnya buat baby malah di sosor bapake juga kan gelii....hihihihi bunda nya juga kok malah dikasih suami nya bund ga kasian sama debay nya apa masa debay dikasih bekas mulut bapake bund xixixixi maaf yaa just berpendapat kalau bisa ya ditahan dulu la bund hasrat mau nete suami nya suami nya disuruh sabar demi debay nya bund..
 
  #36  
Old
LInda ...
 
Posts: 108
 
itu sih yg bkin thread bukan bunda-bunda tapi bapak2 yang pux kelainan ses suka cerita2 horor gtu.....dasar....dsni forum ibuhamil mas...cri forum yg lain....dsni kita semua beriman....dan mencari kebaikan....
 
  #37  
Old
Ummu1F...
 
Posts: 1
 
Salam kenal bunda-bunda..
Entah pertanyaannya apa, tp sepertinya mengarah kesana.
Untuk masalah hukum, memang tidak bisa main2 dan harus hati2. harus ada dalil yang jelas. Jika ada 2 yang bertentangan, artinya kita yang awwam harus bertanya pada ustadz atau ulama yg berkompeten yg paham kekuatan dan silsilah hadis.
disini cm pengen share aja salah satu site yg saya dapet bund Konsultasi: Suami Minum ASI Istri, Bagaimana Hukumnya? - Kompas.com.
Smg brmanfaat

ada tambahan nih bund. kutipan dr abuhauramuafa.wordpress.com :

Imam Malik meriwayatkan;

موطأ مالك (4/ 0)

و حَدَّثَنِي عَنْ مَالِك عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ أَبَا مُوسَى الْأَشْعَرِيَّ فَقَالَ

إِنِّي مَصِصْتُ عَنْ امْرَأَتِي مِنْ ثَدْيِهَا لَبَنًا فَذَهَبَ فِي بَطْنِي فَقَالَ أَبُو مُوسَى لَا أُرَاهَا إِلَّا قَدْ حَرُمَتْ عَلَيْكَ فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْعُودٍ انْظُرْ مَاذَا تُفْتِي بِهِ الرَّجُلَ فَقَالَ أَبُو مُوسَى فَمَاذَا تَقُولُ أَنْتَ فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْعُودٍ لَا رَضَاعَةَ إِلَّا مَا كَانَ فِي الْحَوْلَيْنِ فَقَالَ أَبُو مُوسَى لَا تَسْأَلُونِي عَنْ شَيْءٍ مَا كَانَ هَذَا الْحَبْرُ بَيْنَ أَظْهُرِكُمْ

Dari Malik dari Yahya bin Sa’id berkata, “Seorang lelaki bertanya kepada Abu Musa Al Asy’ari; “Saya pernah menghisap payudara isteriku hingga air susunya masuk ke dalam perutku?” Abu Musa menjawab; “Menurutku isterimu setatusnya telah berubah menjadi mahram kamu.” Abdullah bin Mas’ud pun berkata; “Lihatlah apa yang telah kamu fatwakan kepada lelaki ini! ” Abu Musa bertanya; “Bagaimana pendapatmu dalam hal ini?” Abdullah bin Mas’ud berkata; “Tidak berlaku hukum penyusuan kecuali bila masih pada masa penyusuan.” Kemudian Abu Musa berkata; “Janganlah kalian menanyakan suatu perkara kepadaku selama orang alim ini (Ibnu Mas’ud) masih berada di tengah-tengah kalian.” (H.R.Malik)
 
  #38  
Old
alfaz...
 
Posts: 1
 
assalamualaikum,.
barokallohufiikum

menurut islam sudah jelas diterangkan bahwa : istri adalah ladang bgi suami, dan sebaliknya .
dan istri adalah selimut bagi suami dan sebaliknya. apapun yang ada dalam diri istri adalah halal bagi suami dan sebaliknya.
air susu yang mengakibatkan mahrom adalah air susu yang diminum oleh anak bayi yang bukan mahrom. hukum ini tidak berlaku terhadap suami yang sudah menjadi mahrom secara pernikahan, karna kembali pda nass alloh bahwa apa yg ada dalam diri istri adalah halal untuk suami.

semoga sedikit ulasan ini bermanfaat bagi semua pembaca . amiin
 
  #39  
Old
iska...
 
Posts: 2
 
Slm kenal bunda"
Seru jg nie obrolan ny
Jd dpt tambahan info lg,,
Hehe makasih bunda"
 
  #40  
Old
aminya...
 
Posts: 15
 
setujuu @bunda imuetya..
 
  #41  
Old
khadij...
 
Posts: 49
 
Replying to: View Post
Air susu saya sering dihisap dan diminum oleh suami saya bahkan lebih banyak diminum suami daripada diminul si bayi. Apakah akan pengaruh terhadap bayix
Syarat persusuan yang membuat orang yang menyusu menjadi anak sepersusuan adalah sebagai berikut:

1. Terjadi sebelum berusia dua tahun
Dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW, ”Tidak ada rodho’ (susuan) kecuali di antara usia dua tahun.” (HR. Daruquthni).

Orang atau anak yang menyusu kepada seorang ibu hanya akan menjadi anak sepersusuan apabila anak tersebut belum berusia 2 tahun. Jadi, meminum susu istri tidak menjadikannya mahram. Imam Malik menambahkan, masa sepersusuan itu menjadi dua tahun dua bulan. Imam Abu Hanifah menambahkan enam bulan menjadi dua tahun setengah untuk kehati-hatian.

2. Anak menyusu lima kali susuan
Aisyah RA berkata, “Dahulu dalam Al Quran susuan yang dapat menyebabkan menjadi mahram ialah sepuluh kali penyusuan. Kemudian hal itu dinasakh (dihapus) dengan lima kali penyusuan saja. Lalu Rasulullah SAW wafat, dan ayat-ayat Al Quran masih tetap dibaca seperti itu,” (HR Muslim).

Anak akan menjadi mahram apabila dia menyusu sebanyak lima susuan secara terpisah sebagaimana kebiasaan. Menurut Iman Syafi'i dan Hambali, isapan saat anak menyusu harus mengenyangkan sehingga ia berhenti menyusu karena kenyang.

Abdullah bin Dinar berkata, “Ketika saya bersama Abdullah bin Umar di kantor pengadilan, ada seorang lelaki yang mendatanginya dan bertanya mengenai hukum menyusui orang dewasa. Abdullah bin Umar menjawab, ‘Suatu ketika ada seorang lelaki mendatangi Umar bin Khattab dan berkata; ‘Saya memiliki seorang budak wanita yang selalu saya gauli, lalu istriku dengan sengaja menyusui budak wanita tersebut. Maka ketika aku ingin menyetubuhi budak itu istriku berkata; ‘Jangan kau lakukan, demi Allah aku telah menyusuinya’?” Lantas Umar berkata; ‘Hukumlah istrimu dan gaulilah budak perempuanmu, sebab persusuan itu untuk yang masih kecil” (HR Malik).

Dengan demikian, air susu istri yang tertelan oleh suaminya tidak menjadikannya anak dari istrinya dan tidak pula berpengaruh apa-apa terhadap pernikahan mereka.

waLLOHu a'lam
 
  #42  
Old
giox x...
 
Posts: 1
 
Terhadap orang dewasa yang sudah baligh dan berakal yang menyusu kepada seorang wanita maka jumhur ulama dari kalangan sahabat, tabi’in dan para fuqoha mengatakan bahwa tidak ada susuan yang menjadikannya mahram kecuali apabila terjadi pada saat ia masih kecil, meskipun terjadi perselisihan dalam penentuan batas usia anak kecil tersebut.
Diantara dalil-dalil yang dipakai jumhur adalah :
وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلاَدَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَن يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ
Artinya : “…..Selama dua tahun penuh, Yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.” (QS. Al Baqoroh : 233)
Sabda Rasulullah saw, ”Sesungguhnya susuan itu hanyalah yang mengenyangkannya dari rasa lapar.” (HR. Bukhori Muslim) artinya susu yang diminumnya itu mengenyangkannya dan ia tidak memiliki makanan selainnya. Tentunya orang yang sudah dewasa tidaklah termasuk didalamnya terlebih lagi hadits ini menggunakan kata-kata hanyalah. (al Fiqhul Islami wa Adillatuhu juz IX hal 6637 – 6638)
Dengan demikian air susu istri yang tertelan oleh suaminya saat berhubungan tidaklah menjadikannya haram untuk berhubungan dengannya, tidak pula menjadikannya sebagai anak dari istrinya itu serta tidak pula berpengaruh apa-apa terhadap pernikahan mereka.
 
  #43  
Old
Elmy P...
 
Location: Bogor
Posts: 14
 
Replying to: View Post
Bagi yg beragama muslim khususnya.saya jelaskan bahwa tdk semua orang yg disusui itu menjadi mahrom sehingga haram dinikahi karna ada beberapa syarat susuan itu bisa menyebabkan mahrom diantaranya yaitu orang yg disusui itu belum mencapai umur 2tahun menurut kalender hijriah
mf y bunda kalo yg menurut sya baca emang bner kya gt kalo g d sengaja v kalo d sengaja itu g boleh bund ntu she yg saya taw .
 
  #44  
Old
adhe f...
 
Posts: 35
 
Info Ɣªήğ sangat menarik,jadi tambah ilmu nih..walaupun belum ngerasain nikmatnya menyusui seorang anak..doain yah bund agar segera menyusul )
Makasi bunda2 pencerahannya.. (´⌣`)
 
  #45  
Old
Mega M...
 
Posts: 12
 
astagfrullah bunn,, serem bacanya ...
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Botol susu yang baik untuk alternative ibu yang tidak menyusui -- Area Promosi 17
Susu yang cocok.. -- Diskusi Umum 0
apakah air susu seorang ibu yg keguguran , boleh di produksi oleh bayi lain -- Ngobrol Apa Saja 8
pengen merasakan yang dirasakan oleh Almh mama -- Diskusi Umum 17
Yang Hamil saya, tapi yang mules, capek, dan mriang kok suami ya? -- Diskusi Umum 8


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:13.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com