Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

View Poll Results: Meningkatkan HB darah pada ibu Hamil
dengan Viatmin 0 0%
Suplemen makanan 1 100.00%
suntik dokter 0 0%
olah raga 0 0%
Multiple Choice Poll. Voters: 1. You may not vote on this poll

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
fitri1...
 
Posts: 6
 
Replying to: View Post
Bunda nia, boleh minta contact watsap ga ya, saya skr hamil kembar 35weeks sudah bbrp kali cek hb dari 8,1 kmudian sudah diberi suplement dokter cek lagi seminggu malah jadi 8. Trs dokter suru diinfus suplement 2ampul sekaligus, pas minggu depannya cek naek alhamdulilah 8,6. Kemudian seminggu lagi kontrol turun lagi 8,4 😑. Trs skr dokter suru saya cek lab feritin dll, mau dicek sebenerna kenapa kok sudah konsumsi macem2 msh lambat naiknya. Bunda nia HPL kapan? Saya nov bun.

---------- Post added at 15:06 ---------- Previous post was at 15:03 ----------




Sama bund, saya skr 35week tiap minggu suru cek lab buat cek hbnya. Agak worry juga, semua sudah dikonsumsi tp ttp belum normal2. Boleh minta contactnya bund? Pengin sharing2 aja nambah semangat hehe. Bs watsap saya y bund ke 082133035328
ini nomer WA ku 089646433775 bund,tadi aq juga dari dokter malah disuruh siap siap awal bulan nov padahal HPL ku masih tgl 19 karena HB rendah takutnya kelahiran lebih awal
 
  #32  
Old
raras ...
 
Posts: 4
 
Replying to: View Post
Salam kenal ya mama mama ☺️Kenalin aku citra aku lagi hamil,usia kehamilan aku 38 week 6 day, aku juga hbnya rendah banget 7,2 sedangkan yang normal itu 11, baru aja kemaren aku di infus venover,tapi belom cek lagi hbnya berapa saat ini, padahal hplnya 7 nov, caranya buat nambahin HB gimana sih bun??
Hi bunda, sama ya saya juga lg cemas2 nih. Bs minta kontak bund? Biar bs sharing2 usaha naekin hb
 
  #33  
Old
restym...
 
Posts: 1
 
Bun mau tanya jg dnk
Di sini yang udah pengalaman hamil pas
HB nya rendah trs skrng udah lahiran syp ya.
Soal nya aku lagi hamil jalan 9 Bulan tapi pas cek darah hb ku
Cuma 8,0 .cara naikin hb yg cpt gmn ya soal nya aku takut bgt nih
 
  #34  
Old
Devi N...
 
Posts: 40
 
bwt bunda yg hb nya rendah, coba bny2 konsumsi hati terutama hati sapi, klo gak ada jg blh hati ayam.. sm bayem terutama bayem merah.. aku udh buktiin sndri bund,, meskipun gak langsung naik drastis, tp ttep ada kenaikan..
minggu pertama cek hb, 9,7.. minggu ke 2 10,4, minggu ke 3 11,8.. minggu dpn waktunya cek lg.. hpl ku jg udh semakin dekat jdi harus dipertahankan hb nya, syukur2 klo msh terus bisa naik..
 
  #35  
Old
awhiim...
 
Location: DKI Jakarta
Posts: 76
 
Replying to: View Post
assalamualaikum,
ternyata sepertinya saya juga mengalami hal yang sama udah 4 hari ini badan lemes dan kepala pusing sampe keluar keringet dingin, pas semalem ditest darah ternyata hb 9,2 dan katanya minimal 10
dokter nya juga nakut2in katanya kemungkinan pendarahan saat melahirkan bayi tidak akan selamat dan rahim sang ibu bisa diangkat sehingga tidak akan memiliki keturunan lagi
saya langsung stres sendiri , semangat sih buat cari informasi penambah hb tp di lain sisi malah jd kefikiran dan jd ketakutan
belum lagi saya ada asma yang katanya akan berpengaruh pd proses melahirkan nanti
tp makasih info nya saya coba semua yang ibu2 udh lakuin untuk menaikan hb termasuk mengkonsumsi buah kurma semoga kita semua bisa sehat dan bayi kita selamat amin
yang saya bold itu sudah saya rasakan bu.. Saya melahirkan HB 7 padahal min 11 kan? waktu operasi SC saya pendarahan (masuk ICU 2 hari 3 mlm) dan rahim saya diangkat.. saya sudah pasrahkan semua ke tangan ALLAH, semua saya jalanin dengan ikhlas, sudah menjadi takdir bagi saya untuk tidak punya anak lagi,, tetapi saya masih bersyukur mempunyai anak yg lucu dan suami yg mendukung saya..ingat bu, serahkan semua ke maha pencipta dan sisanya jalanin hidup ibu, karena tidak bisa punya anak lagi bukan segalanya
 
I desperately in love with you my Sambas and my little Mikaila
  #36  
Old
Kamula...
 
Posts: 1
 
Selamat malam bunda, saya mau nanya makanan dan buah2an yg cepat untuk menaikkan hp apa y?
Uk saya 38w tp HB saya cuma 8,6
 
  #37  
Old
zuliha...
 
Posts: 1
 
Assalamualaikum bun...salam kenal..saya anggota baru disini.
Mohon sharingnya bun, kemarin saya hbs lab, dan Alhamdulillah hb saya hanya7,9..terbilang sangat rendah kata dokternya. Dan dokter bilang hrs dirujuk ke poli kandungan, untuk transfusi. Krna hb segitu katanya sulit ditingkatkan. Saya jadi takut bun, karena saya gk Seneng yang namanya rumah sakit.
Mohon solusinya bun, gmn ya caranya supaya hb sya kembali normal saat lahiran... Tanpa harus transfusi.
Terima kasih
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
 
  #38  
Old
Keiraz...
 
Posts: 75
 
Replying to: View Post
Assalamualaikum bun...salam kenal..saya anggota baru disini.
Mohon sharingnya bun, kemarin saya hbs lab, dan Alhamdulillah hb saya hanya7,9..terbilang sangat rendah kata dokternya. Dan dokter bilang hrs dirujuk ke poli kandungan, untuk transfusi. Krna hb segitu katanya sulit ditingkatkan. Saya jadi takut bun, karena saya gk Seneng yang namanya rumah sakit.
Mohon solusinya bun, gmn ya caranya supaya hb sya kembali normal saat lahiran... Tanpa harus transfusi.
Terima kasih
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Wa'alaikumsalam..
Aku hamil uk 24w pernh pingsan.. Cek lab trnyta hb nya 7.2 bun.. Jd opsi trkhir d transfusi karna aku lemes + sering kliyengan.. Trnsfusinya Total 4 kantong darah trus naiknya jadi 9.8..
Skrg msih terapi suplemen penambah darah dan dokter nyaranin klo bs jaaanggaan mnum teh dan kopi karna menghambat penyerapan zat besi,, mnum susu boleh2 aja asal d kasi jeda 2-3 jam..
Smoga pas lahiran hb kita normal ya..
 
  #39  
Old
Vathma...
 
Posts: 1
 
Halo bunda"
Masalah yg sama nih kemarin ceklab ternyata hb cuma 7, uk sekarang 35w
Kmarin dsuru mnum suplemen hamil yg biasa 2x dinaikin jd 3x plus sangobion 2x sehari..disuru stop minun kopi/teh pokoknya yg mengandung kafein. Nambah jumlah mknan yg tinggi zat besi seperti buah naga merah, bayam, hati, sayuran hijau,.
2 mnggu lagi ceklab ulang, semoga hb sdh normal.
Jujur langsung down kemarin setelah tau resiko hb rendah, semoga semua baik. Lancar persalinan bisa normal. Sehat' bunda dan adek bayi semuanya.
 
  #40  
Old
Melind...
 
Posts: 28
 
Bunda ak hamil 36 w dan hbku terakhir cek 10.5 gmana caranya naikin lagi...
 
  #41  
Old
AyuD...
 
Posts: 5
 
Assalamualaikum bunda2, aku jg baru cek HB msh 8,4 pdhl HPL 5hari lagi hiks. Vit pnmbah darah gak ngefek, hamil pertama nih bund jd cemas n stres
 
  #42  
Old
Ziezie...
 
Location: Koja, jakarta utara
Posts: 69
 
Di 28week kmrin HB saya jg rendah bund 9.7 dan bu bidan jg wanti2 harus naik sblm persalinan karna bisa memicu pendarahan nntinya klo darah rendah, dn bisa jadi harus transfusi darah. Akhirnya saya kebut dlm waktu sebulan utk ubah pola makan dn wktu istrahat. Untuk makanan, pilih makanan yg mengandung zat besi. Hampir tiap hari mama bikin masakan yg mengandung hati. Boleh itu hati sapi atau hati ayam (kalo bisa dicemilin tiap hari). Untuk sayurannya bisa pilih bayem selain mengandung zat besi jg banyak seratnya jd bs melunakkan feses. Makan bayem nya jgn tanggung2 bund sekali makan semangkok kecil paling nggak

Untuk buah, bisa pilih buah root beet karna sangat berpotensi mnaikkan hb. Biasanya saya buat jus. Sekarang banyak dijual ditoko online bund (bisa dicari)
Karna zat besi bisa berproses cepat dibantu dg asam folat dn vitamin C. Makan jg buah2an yg banyak vit.c seperti jeruk dn jambu biji.

HB rendah biasanya dipicu karna mall nutrisi (kekurangan nutrisi) dn kurang istirahat (trlalu lelah, banyak aktivitas) serta faktor stress. Jdi sebisa mungkin dihindari ya bund.. Dan kalo bisa ditambah tidur siang 1-2 jam jg udah lumayan bs buat fit lagi.

Terakhir jangan lupa minum suplemen TTD (tablet tambah darah) entah knp saya lbh cocok dg TTD yg satu ini yg diberikan puskesmas. Karna dlm tablet ini asam folatnya rendah dn kadar ferros (zat besi) lumayan sama dg suplemen zat besi lainnya seperti feritrin atau sangobion yg tinggi asam folat dn tmbahan vit.lainnya.
Karna saya jg sudah minum suplemen hamil yg tinggi asam folat maka cari opsi nya rendah asam folat nya agar tidak berlebihan. Kalau bunda ingin meminum suplemen zat besi nya memang lbh baik dikonsultasikan dg dokter atau bidan yg biasa memeriksa bunda.

Saat minum suplemen zat besi hindari minum susu, teh dan kopi dalam waktu yg dekat karna bisa menghambat proses zat besi nya. Alhamdulillah dalam waktu sebulan hb saya bertambah dari 9.7 menjadi 11.9 dn 2 minggu kemudian bertambah menjadi 12.9. Yang penting konsisten bund, walau sudah naik harus tetap dijaga pola makan dn wktu istirahatnya
 
  #43  
Old
Niyusa...
 
Posts: 1
 
Mba ayuD aku jg hpl sebentar lg 8.7 ini disuruh venofer tapi harganya jg menyayat hati mba kabarin ya gmana normal atau sesar nanti lahirannya. aku mau no hp dong kalau boleh
 
  #44  
Old
Kikiha...
 
Posts: 7
 
Replying to: View Post
9,2 ngga terlalu rendah, Bund. msh bs dinaikin ke 11.
Bunda dikasih obat tambah darah ngga? klo di bidan ato puskes dapet obat tambah darah. pas aku 27week hb'y 7,6. obat tambah darah dr dosis sehari 2 dinaikin jd sehari 3 tablet. + dibarengin vit C-ipi (cari di alfamart ada). kmrin pas uk 31week, aku test hb udh aman, udh 11,1.
selama naikin hb, perlu utk dihindari minum teh, kopi, susu. teh & kopi mgandung kafein, kurg baik utk penyerapan zat besi. sdgkan susu sndiri menetralisir. jd stlah minum susu biasa'y obat yg kita minum jd ngga berfungsi.
banyakin makan ubi. bnyak zat besi'y tuh.. gak usah panik, Bund. aku yg kmrin 7,6 ajh msh nyantai.. optimis ajh nnti jg bakal naik hb'y.
Halo bunda salam kenal, aku juga hb rendah bun bulan lalu periksa cuman 10.0 dan usia kehamilan aku udh 36minggu nih, bahaya gak bun kalau hb kita rendah saat persalinan nanti.? Aku takut deh, bb aku jg cuman 50kg aja nih, tlg info nya bun
 
  #45  
Old
Fauzia...
 
Posts: 8
 
Hai bunda2 cantik salam kenal ya , sekedar sharing skrang aq hamil 28 w besok senin di suruh cek hb udah minum jus bit trs sih tp masih kepikiran trus , takut hb rendah kaya kehamilanku yg pertama waktu hamil yg pertama aq melahirkan dalam kondisi hb rendah yaitu 7.5 bidan yg menangani tdk tau klau hb ku rendah karna aq lahiran di rs jd suster sm bidan.y ganti shift .
aq transfusi darah 3 kantong itu pun nyari darah.y sesudah melahirkan alhasil kluarga ku di omel2in sm bidan.y�� sampai bidan.y bilang ini klo anak org mati gimana tp alhamdulillah allah msh ngasih kesempatan .
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Dibilang tidak ada kehamilan padahal hasil test positip -- Diskusi Umum 6
telat 4 minggu tp hasil usg dan test pack negatif -- Diskusi Umum 26
Hasil USG dan dokter gugur usia 4 minggu tapi TP (-) -- Diskusi Umum 0
telat 3 minggu tapi hasil test negatif,,,, -- Diskusi Umum 3
usia kehamilan 40 minggu -- Diskusi Umum 7


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 20:22.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com