Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
bunda ...   TS 
 
Location: jakarta
Posts: 85
Default Mengatasi Lonjakan Emosi Setelah Keguguran

Jakarta, Perempuan yang baru saja mengalami keguguran pasti akan mengalami pergolakan emosi atau trauma tersendiri. Bagaimana cara mengatasi perubahan emosi yang terjadi setelah keguguran?

Dampak emosional yang timbul akan membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama dibandingkan dengan dampak fisik yang terjadi. Dan selama ini beberapa perempuan memiliki kecenderungan untuk membiarkan kesedihan tersebut berlarut-larut.

Seperti dikutip dari Americanpregnancy.org, Rabu (13/10/2010) perempuan yang mengalami keguguran akan memiliki lonjakan emosi layaknya roller coaster, seperti emosi mati rasa, tidak percaya, kemarahan, rasa bersalah, sedih, depresi dan sulit berkonsentrasi.

Tekanan emosional ini tentunya akan berdampak terhadap kesehatan fisik yaitu timbul gejala kelelahan, gangguan tidur, kehilangan nafsu makan dan menjadi sering menangis. Jika hal ini berlangsung terus menerus, maka akan menimbulkan dampak yang lebih buruk lagi bagi perempuan tersebut.

Lalu bagaimana cara seorang perempuan tetap bertahan setelah keguguran?

Untuk membantu mengatasi kondisi tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:
  1. Mengetahui fakta-fakta yang terjadi, seperti apa penyebab dari keguguran serta memahami bahwa kondisi ini adalah yang terbaik untuk keduanya.
  2. Berusaha melindungi diri dengan cara menghindari situasi yang diketahui akan sulit, karena itu tetapkan tujuan yang realistis bagi diri sendiri.
  3. Meluangkan waktu untuk menyenangkan diri sendiri, karena proses penyembuhan ini tidak bisa terburu-buru.
  4. Menerima dukungan dari orang-orang terdekat, tapi jika hal ini tidak berhasil bisa meminta bantuan pada konselor atau mengikuti kelompok dukungan (support group) tertentu.
  5. Jadilah orang yang sedih dan gembira. Seseorang boleh saja merasa sedih, tapi jangan biarkan kesedihan tersebut mengendalikan dirinya. Setelah bersedih-sedih tak ada salahnya untuk melakukan hal-hal menyenangkan hingga bisa tertawa dan senang.
  6. Membuat keputusan yang tepat mengenai baju-baju hamil dan mungkin barang-barang bayi yang sudah terbeli. Tak ada salahnya untuk menyimpan barang-barang tersebut, atau mungkin memberikannya kepada orang lain.
detikHealth : Mengatasi Lonjakan Emosi Setelah Keguguran
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
setelah keguguran?????? -- Diskusi Umum 63
setelah keguguran -- Kenalan Yuk! 35
Emosi up n down di week 9 -- Diskusi Umum 10
kb setelah keguguran -- Ngobrol Apa Saja 3
emosi labil :'( -- Ngobrol Apa Saja 3


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:47.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com