Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
momy...
 
Posts: 49
Default musik ibu hamil

Terlepas dari pro dan kontra manfaat musik klasik, beberapa penelitian menunjukkan bahwa musik klasik karya Mozart dapat bermanfaat dalam bidang kesehatan.
Selain itu, musik pun dapat menjadi sarana penyalur stres. Salah satu penelitian di Jepang mengungkapkan ibu-ibu senang menggebuk drum untuk meluapkan rasa stresnya.tak hanya drum, gitar pun menjadi alat musik favorit pengusir stres. Ya, Anda mungkin termasuk salah satu orang yang terbiasa meluapkan stress melalui petikan gitar.
Meliihat paparan di atas, musik memang akan selalu menyertai segala kehidupan. Sekarang tinggal bagaimana caranya Anda memilah musik terbaik bagi anak, diri sendiri, dan orang lain tentunya.
musicforbaby.weebly.com
 
  #17  
Old
nickno...
 
Posts: 8
 
Replying to: View Post
Wah, bunda lagi seneng-senengnya dengerin musik ya,

Setahu saya efek Mozart itu cuma mitos, apalagi meningkatkan kecerdasan bayi.
Efeknya itu memberikan dalam jangka waktu tertentu berupa peningkatan kinerja secara emosional. Seperti kalau kita mendengarkan musik kesukaan kita, bukan hanya mozart saja. Saya juga baru tau kok bunda, dari buku "Mitos Keliru dalam Psikologi".

Ilmiahnya, saat kita mendengarkan musik (yang disukai) terutama yg berirama menenangkan, akan merangsang hormon oksitosin dan endorphin, selain sebagai anti nyeri alami, juga berefek melancarkan peredaran darah, sehingga kita merasa rileks, nyaman, dan metabolisme tubuh menjadi lancar, (otomastis janin juga menjadi nyaman kan bunda... hehehe)

Kalau saya nggak harus mozart sih bunda,
Yang penting syair lagu nya positif, dan tidak mengandung pesan tersembunyi yg menyesatkan (kan banyak tuh lagu-lagu yg mengandung pesan tersembunyi, tapi banyak orang nggak sadar).

Kalau muslim, dan sekalian ibadah, ya baca Al Qur'an aja bun, biar babynya terbiasa dengan lantunan ayat suci.

Saya juga dengerin musik klasik kok bunda, tapi saya pilih yg berefek membahagiakan dan tidak bersyair, hanya musik instrumental, saya dengerinnya saat yoga, sama relaksasi (biasanya mau tidur siang), saat kondisi saya sudah rileks, saya minta tolong sama suami untuk membisikan sugesti positif.

Selain itu ya dengerin Al Qur'an sambil disimak terjemahannya, atau suami yg membaca Al Qur'an saya menyimak sambil elus-elus perut.

Alhamdulillah, dari awal kehamilan sehat bunda, nggak ada muntah-muntah atau ngidam aneh-aneh...

Semoga mencerahkan ya bunda... Salam buat babynya...
makasi banget untuk pencerahannya bunda,,
mulai sekrg kalo mual sy bacakan shalawat dan dengerin nasyid aja deh, siapa tau juga pengaruh..hehehe.. supy terbiasa juga kalo janin sudah besar.
 
  #18  
Old
risdan...
 
Posts: 77
 
kalau saya memanfaatkan aplikasi al-quran yang ada di android. Karena ada suara murotal nya juga. Jadi sambil mengaji, headsetnya saya taruh ditelinga dan diperut. Ngaji nya bisa sambil ngecek tajwid nya yg salah, dan dedek bayinya denger al qur'an +ngerasain ibu nya ngaji.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Botol susu yang baik untuk alternative ibu yang tidak menyusui -- Area Promosi 17
musik clasik buat sijabang bayi -- Diskusi Umum 13
kehamilan buat yang gendut -- Diskusi Umum 8
Apa Benar Kuning Telur Mentah baik untuk janin usia 9 bulan -- Diskusi Umum 16
volume musik yang ideal utk dedek?? -- Diskusi Umum 6


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 10:41.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com