Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
mama a...
 
Posts: 729
 
setuju bunda puri.
Waktu hamil jg idealis mau pake popok kain. No pampers. Tp pas anak tambah gede. Ya kalo pipis di lantai bs di pel, tp kalo ud di sofa, dan kasur. Capek jemur.hehe.
 
  #32  
Old
ifah h...   TS 
 
Posts: 174
 
Replying to: View Post
aku pernah baca link nya niy bun...tapi semua tergantung babynya emang ya bun...

Memilih Insert: Bamboo atau Microfiber?

Banyaknya tipe dan jenis popok kain yang tersedia kadang membuat kita kebingungan menentukan pilihan, termasuk memilih di antara insert bamboo dan microfiber. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui lebih banyak sebelum akhirnya mencoba.
Perbedaan insert microfiber dan bamboo yang paling mendasar tentu dari bahannya. Microfiber adalah serat sintetis sementara bamboo serat alami (beberapa merk juga mengklaim kalau serat bamboonya organik) dan masing-masing punya karakteristik tersendiri. Microfiber terkenal punya daya serap ok dengan harga ekonomis. Kalau kepepet pun bisa pakai kain microfiber untuk keperluan rumah tangga yang bisa ditemukan di sejumlah supermarket. Tapi microfiber biasanya agak tebal dan tidak bisa kena kulit langsung karena akan membuat kulit terlalu kering. Jadi pemakaiannya harus dimasukkan ke dalam pocket diaper atau kalau mau dipakai sebagai soaker pad harus dilapisi nappy liner dulu. Sementara insert bamboo aman kena kulit langsung dan sering disebut-sebut bersifat anti alergi dan anti bakteri secara alami. Insert bamboo juga biasanya cenderung lebih tipis dan punya daya serap yang sangat baik.
Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana produk insert bamboo dari produsen yang berbeda biasanya akan memiliki karakteristik yang berbeda pula. Misalnya, insert bamboo Pempem! yg jauh lebih tipis (dan lemas) dibanding insert bamboo Babyland. Hal ini disebabkan karena insert bamboo Babyland sebenarnya adalah microfiber yang dibungkus dengan lapisan bamboo
Insert bamboo Pempem! memang tipis, tetapi insert ini punya daya tampung yang sama dengan insert microfiber biasa. Ketipisannya ini untuk sebagian orang mungkin bisa dilihat sebagai kekurangan karena saking tipis dan lemasnya ada kemungkinan bergeser di dalam pocket, apalagi kalau si kecil sudah aktif. Tapi kekurangan tersebut bisa dengan mudah disiasati. Gabung saja dengan microfiber dan insert bamboo Pempem! tidak akan mudah bergerak lagi. Kita tidak perlu khawatir popok kain akan menjadi terlalu tebal, seperti kalau kita menggabungkan dua insert microfiber, karena tipisnya insert ini. Nah, inilah salah satu yang menyenangkan dalam berpopok kain. Dengan sedikit eksperimen, kekurangan bisa berubah jadi keunggulan.
Ada juga insert Circus dengan bahan campuran bamboo, katun organik dan Coolplus fleece. Sama seperti Pempem! insert ini juga tipis, tetapi tidak selicin atau selemas Pempem! Dengan daya serap dan daya tampung seperti microfiber yang jauh lebih tebal, sebenarnya 2 lembar insert Circus Combo sudah sangat memadai. Tetapi, untuk si kecil yang tergolong heavy-wetter atau untuk penggunaan malam, kita tidak perlu cemas ketika merasa harus menambahkan insert tambahan lagi sebagai booster karena insert ini sangat tipis.
Kalau kita kembali lagi ke pertanyaan di judul tulisan ini, saya akan menjawabnya dengan mengulang apa yang selalu saya katakan pada pelanggan, pemakaian popok kain sangat tergantung kebutuhan anak serta selera dan gaya hidup orangtuanya (di dalamnya tentu juga termasuk budget). Jadi, saya akan menyarankan, terutama bagi yang baru pertama kali berpopok kain, untuk mencoba beberapa merk atau tipe terlebih dahulu sebelum berinvestasi dengan beli sekaligus banyak satu merk atau tipe saja. Dan, tentu saja, jangan takut untuk bereksperimen karena setiap anak dan setiap keluarga adalah unik.

http://poopeewhoopee.wordpress.com/2012/06/16/memilih-insert-bamboo-atau-microfiber/
Bunda jenni,makasih ya...infonya sgt membantu...
 
  #33  
Old
Jenny ...
 
Location: Jakarta, Pondok Pinang
Posts: 1,166
 
sama2 bunda ifah....
 
  #34  
Old
riebma...
 
Posts: 85
 
menurut saya klo clodi malah susah di cuci nya klo uda kena
eeQ
jd pake pampers d itu jg setelah bayi umur 3 bulan

sebelumnya pake popok kain/celana aja
 
  #35  
Old
clodim...
 
Posts: 28
 
aku pake clodi mom...(jualan jg clodi murah), enak mom sehat dan ngirit....

cuman kalo terdesak aja pk pampers mis clodi basah semua ... kalo stok banyak sih bagus mom ga sampe keabisan
 
  #36  
Old
kiosba...
 
Posts: 7
 
PROMO UP TO 42% Jual Clodi Murah, Popok Bayi, Popok Kain, Baby Shoes
 
  #37  
Old
clodia...
 
Posts: 2
Smile Pampers dan Clodi Punya Kelebihan Masing-Masing

Kalau pertanyaannya, lebih praktis, lebih ekonomis dan lebih aman mana antara pampers dan clodi, maka jawaban jujurnya: pampers lebih praktis, tapi clodi lebih ekonomis dan lebih aman.

Apa alasannya? Alasannya Bunda bisa baca di artikel berjudul "Pospak Vs Clodi: Mana yang Lebih Menguntungkan".

Kalau Bunda mau tau popok apa sih yang paling aman untuk anak, Bunda bisa membacanya di artikel berjudul "Popok Bayi Paling Aman untuk Anak?".
 
  #38  
Old
Lailat...
 
Posts: 3
 
Hay bunda.. Aku baru gabung nih di grup bumil.. Salam kenal ya.. Ini anakku lg pakek clodi bun. Awalnya ak pakek clodi krn anak kakaku kena infeksi saluran kencing diakibatkan pemakaian pospak 24 jam.
Setelah itu aku was2 dan jd sering brosing .. Akhirnya berjodoh deh. . awalnya suami bilang mahal, tapi setwlah beberapa bulan gak keluar uang untuk jatah beli pospak, suami jadi ikut suport pakek clodi. Akhirnya sekarang sampek jualan clodi. Dan alhamdulillah.. Tetangga juga udh mau mulai beralih ke si clodi.
Kalau bunda2 mau tanya2 tentang clodi bisa chat saya ya.
085755959360
D292D352
 
  #39  
Old
itoel...
 
Location: Slamet, Tumpang, Malang
Posts: 1,331
 
Anak saya masih pakai pospak, soalnya dulu pakai popok kain biasa kalau kena pup susah bersihnya. Kalau clodi kena pup nyucinya gampang apa nggak? trus 1 insert bisa menampung berapa kali pipis? Paling besar bisa buat anak BB berapa?
 
  #40  
Old
rya bu...
 
Location: kota malang
Posts: 13
 
babyku 1 1/2 tahun . klo malam ak pkein clody . klo kluar2 rumah aja pke pampers
 
  #41  
Old
Sugars...
 
Location: Surabaya
Posts: 104
 
disesuaikan dengan budget dan kesenggangan waktu bunda.... kalo bunda bisa fulltime rawat debay, prefer pake clodi/popok kain. selain ekonomis memang bisa cepat diganti... tapi kalo bunda sambil kerja atau ada kerjaan lagi bagiku pake diapers gak masalah asalkan disesuaikan antara kebutuhan lama pemakaian diapers dengan budget yg ada. biasanya diapers dengan harga yg cukup tinggi daya serapnya bagus dan gak bikin iritasi bun asalkan ya jgn lamalama jarak ganti diapersnya...
 
  #42  
Old
clodia...
 
Posts: 2
Question Cuci Clodi itu Gampang atau Susah?

Replying to: View Post
Anak saya masih pakai pospak, soalnya dulu pakai popok kain biasa kalau kena pup susah bersihnya. Kalau clodi kena pup nyucinya gampang apa nggak? trus 1 insert bisa menampung berapa kali pipis? Paling besar bisa buat anak BB berapa?
Kalau menurutku, nyuci clodi ito soal terbiasa atau tidak saja. Kalau belum terbiasa, memang agak merepotkan. Namun kalau sudah biasa, akan terasa mudah.

Kalau Bunda Itoel mau tau bagaimana cara mencuci clodi yang mudah, saranku pakai Ecowash saja. Bukan promosi, tapi kenyataannya emang gampang, kok. Coba searching aja di Google, banyak yang udah share pengalaman mereka mencuci clodi dengan Ecowash.

1 insert bisa menampung berapa kali pipis?

Setauku, pada umumnya, 1 insert clodi itu dapat menyerap dan menampung sekitar 150 cc pipis.

Paling besar bisa buat anak BB berapa?

Clodi beda-beda ukurannya, tergantung merk. Ada merk yang ukuran paling besarnya bisa dipakai oleh anak dengan berat badan 30 kg, ada juga merk yang ukuran paling besarnya untuk anak dengan berat badan sampai 50 kg.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Clodi Pem-pem harga discount, yuk berhemat bun! ^^ -- Area Promosi 0
MOMKlin [sabun cuci buat CLODI] -- Area Promosi 24
[MURAH] Clodi for Newborn baby -- Area Promosi 23
Bunda,,share pliss..soal clodi ^^ -- Diskusi Umum 31
clodi -- Ngobrol Apa Saja 10


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 04:32.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com