Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
dawi...
 
Location: tenggarong,kutai kartanegara
Posts: 3
 
Replying to: View Post
Tiap minggu...? wduh... y.. pengenx gt sih... tp 4D tiap minggu... G ad uang lh...
Cm bs beli susu hamil jg sukur...hee... Dokterx bilang udah sempurna bun.. klo mau USG lg dblg bulan depan aja gitu... Cm saya penasaran sm mukax pas ketutup tanganx gt.. ad beberapa gambar bayi 6 bln yg udh bs senyum bibirx.... kn lucu kalo bs liat gt...
maaf ni, kata2 teman2 ku yang sudah berpengalaman,usg tu gk harus sring2 krna efek chayanya gk bgus...stidaknya stiap trisimeter itu 1 kali usg...
 
  #17  
Old
sari g...
 
Posts: 65
 
ini contoh foto usg 6 bulan bun hehe
 
Attached Thumbnails
Wajah & Kelamin Bayi 6 Bulan-my-jagoan.jpg  
  #18  
Old
sari g...
 
Posts: 65
 
dan ini foto anak saya umur 7 bulan bun hehehe ,, sblumnya pke 4 dimensi yg 6 bulan ,, pas 7 bulan mesin usg berwarna nya lg gangguan jd yg item putih deh mohon komen dong ixixxixixi ..owgh yaa ini yg 7 bulan beratx dedek 1.3 kg kira2 normal kah bun apa kebesaran apa kurang
 
Attached Thumbnails
Wajah & Kelamin Bayi 6 Bulan-rocker-ganteng.jpg  
  #19  
Old
sapphi...
 
Posts: 35
 
Para bunda..
Mw tanya kok dede bayi aku 6bulan tp belum jelas ya bentuk mukanya pas di usg 4D?
Wajar ya?
 
  #20  
Old
adinda...
Non-aktif
 
Posts: 245
 
Agar Ibu lebih memahami fase-fase perkembangan janin di trimester kedua, simaklah penjelasan berikut ini:


1. Maksimalnya kerja organ dalam
Seiring terbentuknya seluruh organ luar janin, organ dalamnya mulai bekerja secara penuh
seperti halnya yang terjadi pada tubuh orang dewasa. Hati telah memproduksi empedu, pankreas menghasilkan insulin, dan ginjal menghasilkan urin yang berfungsi untuk mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh janin.
Tak lama lagi, akan terbentuk lapisan otot di usus yang memungkinkan janin mengolah asupan makanan melalui saluran pencernaan sebelum dikeluarkan sebagai urin.


2. Terbentuknya pita suara
Pada awal trimester kedua, perkembangan janin mencapai tahapan yang sangat penting karena pita suaranya mulai terbentuk. Seluruh organ yang mendukung sistem vokalnya, seperti tenggorokan dan laring juga telah terbentuk sehingga saat lahir nanti ia siap untuk memperdengarkan suaranya.
Perkembangan janin yang lain adalah berfungsinya otot-otot wajah sehingga ia dapat membuka-tutup mulutnya, bahkan ia juga mulai bisa membuat gerakan menelan dan menyedot dengan bantuan otot-otot tersebut.


3. Tumbuhnya rambut
Saat minggu ke-15, tumbuh rambut-rambut halus yang disebut dengan lanugo untuk melindungi kulit dari cairan ketuban. Lanugo biasanya akan hilang dalam beberapa bulan setelah bayi dilahirkan.
Pola kulit kepala yang akan menjadi tempat tumbuhnya rambut juga mulai terbentuk. Beberapa helai rambut mungkin akan tumbuh, meski tidak dapat dilihat melalui pencitraan ultrasonografi (USG). Ibu tak perlu khawatir jika nantinya bayi lahir tanpa rambut, sebab pertumbuhan semacam ini berbeda-beda pada setiap anak.


4. Janin makin aktif
Lengan dan kaki yang telah tumbuh sejak akhir trimester pertama akan semakin sempurna di minggu ke-16. Pada fase ini, janin semakin sering menggerakan tubuhnya, bahkan hingga mengeluarkan keringat karena ia telah memiliki kelenjar tersebut. Namun Ibu tak perlu khawatir, uterus akan menyesuaikan temperatur yang tepat sehingga janin tak akan kepanasan.


Pada masa ini, beberapa wanita hamil dapat merasakan gerakan dari janinnya, namun jika Ibu belum mengalami ini tak perlu cemas. Tidak terasanya gerakan janin di awal trimester kedua disebabkan adanya cairan ketuban yang menutupi janin dan juga ukuran tubuhnya yang masih sangat kecil, sekitar 12 cm.
 
  #21  
Old
Alinea...
 
Posts: 1
 
Bunda2 tolong bantu baca hasil usg dong..
Soalnya gk ngerti
 
  #22  
Old
Ayu az...
 
Posts: 34
 
Salam kenal bund ,aku newbie nih ..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Jenis Kelamin Bayi -- Ngobrol Apa Saja 2
Jenis Kelamin Bayi -- Diskusi Umum 7
Jenis Kelamin Bayi -- Diskusi Umum 26
Cara menebak jenis kelamin bayi anda -- Diskusi Umum 45
Usg 6 bulan apakah bisa salah jenis kelamin -- Diskusi Umum 42


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 12:20.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com