Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
lisa31...   TS 
 
Posts: 403
Default Jangan mandi setelah imunisasi

Hai, buns. Sekedar sharing aj biar buat pengalaman jg buat para bunda. Anakku demam dan muntah setelah imunisasi JE.

Suntiknya hari rabu sore, ud siapin tempra kalau2 dia demam malamnya. Tapi ternyata baik2 saja. Besok paginya jg ceria spt biasa. Ya uda sy mandiin pagi2, dgn air hangat. Sempet was2 sih, krn kata mertua habis imun jgn mandi. Tp sy nya bandel krn liat anaknya baik2 saja dan sempet tanya dokter jg katanya gpp. Sepanjang hari baik2 aj, sorenya mandi lg spt biasa. Ternyata malamnya muntah dan demam. Sy masih sempet mikir cuma masuk angin. Tp setelah baca internet, ternyata emang disarankan setelah imunisasi jgn mandi dlm kurun waktu 24 jam. Huhu, jd merasa bersalah bgt. Sy smp ga berani cerita ke suami kl kemarin seharian sy mandiin, bisa habis dimarahin deh. Cerita disini aj biar lega dan buat pelajaran ke bunda2 lain yg mau imunisasi.
 
  #2  
Old
Meimei...
 
Posts: 36
 
Bun, demam adalah hal yang wajar setelah diimunisasi. Namun, menurut artikel yang saya baca inihttps://www.halodoc.com/artikel/alas...elah-imunisasi, demam bukan disebabkan karena mandi setelah imunisasi, melainkan karena tubuh anak sedang merespons terhadap vaksin yan disuntikkan ke dalam tubuhnya.

Saat diimunisasi, vaksin yang berisi virus yang sudah dilemahkan atau dimatikan masuk ke dalam tubuh anak. Nah, tubuh anak akan merespon vaksin tersebut dengan cara yang sama seperti ketika tubuh terserang penyakit tersebut. Munculnya demam setelah imunisasi justru pertanda baik, bun. Iitu artinya tubuh yang sedang membentuk sistem imunitas baru yang dipicu oleh vaksin yang disuntikkan. Nah, proses tersebut memang bisa menyebabkan terjadinya peningkatan suhu tubuh atau demam. Nantinya, jika penyakit tersebut datang kembali, tubuh telah sepenuhnya siap untuk membentuk pertahanan.

Jadi, enggak usah khawatir ya bun. Bila anak demam setelah imunisasi, ibu bisa memberikan kompres air hangat pada bagian tubuh Si Kecil yang disuntik atau pada dahinya. Setelah itu, pastikan anak tetap mendapat asupan cairan yang cukup, dan kenakan pakaian tipis tetapi tidak membuatnya kedinginan.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
jangan takut sm imunisasi yg bs sebabkan panas -- Ngobrol Apa Saja 3
Do'a mandi junub/mandi besar setelah haid -- Diskusi Umum 2
Demam setelah imunisasi -- Diskusi Umum 9
demam setelah imunisasi -- Diskusi Umum 21
Panas setelah imunisasi DPT -- Diskusi Umum 20


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 04:25.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com