Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Daisyl...   TS 
 
Posts: 63
Default Flu VS Covid saat hamil (berbagi pengalaman)

Hi mom, hari ini saya hanya ingin berbagi mengenai pengalaman yang kurang mengenakan ttg flu dan covid.

Jadi, 1minggu yang lalu saya baru saja pindah dari Solo ke kota Malang karena perpindahan tempat kerja suami. Kebetulan juga saya memang asli Malang. Saat melakukan perpindahan, saya dan suami sudah melakukan rapid test antigen dan dinyatakan non-reaktif (tidak ada indikasi COVID). Setelah 3 hari berada di Malang, saya terkena flu. Bersin2, hidung berair, batuk berdahak, radang tenggorokan dan badan meriang. Awalnya saya berusaha untuk tidak berobat, tapi karena saya merasa terganggu dengan rasa geli dan gatal di hidung juga ditenggorokan saya putuskan untuk ke bidan setempat.

Setibanya di tempat bidan, saya langsung konsultasikan semua keluhan yang saya alami dan yang membuat saya terkejut adalah si bidan langsung tembak ditempat dengan bilang: Kok saya khawatir ini corona ya bu? Sebaiknya ibu isolasi dulu nanti saya infokan perangkat desa

Saya langsung shock dong. Saya sempat membaca artikel dari pemerintah tentang perbedaan flu dan covid. Saya yakin kalau saya flu karena covid ga akan mbeler dan lebih ke batuk kering. Saya sempat berargumentasi dan akhirnya memutuskan pulang. Setibanya di rumah, saya berdiskusi dengan suami dan kami memutuskan untuk rapid test ulang keesokan hari nya untuk pembuktian.

Keesokan harinya sebelum kami berangkat ke RS untuk rapid test. Tiba2 rumah kami didatangi oleh ketua RT RW, beberapa orang dr Kelurahan, dan juga perwakilan dari tim penanganan covid gugus daerah sekitar. Mereka mengantarkan surat perintah isolasi mandiri atas laporan bidan setempat. Suami saya sempat marah kepada tim penanganan covid, masa mereka tidak bisa membedakan flu dan covid sih?!!!

Suami saya bersikukuh untuk tidak mau isolasi mandiri karena kami mau rapid test ulang. Setelah sedikit berargument, mereka mengizinkan kami untuk pergi rapid test ulang dan harus malaporkan hasilnya. Sesampainya di RS, saya melakukan rapid test, bahkan petugas yang melakukan rapid test juga bilang "ini flu bu, tp ya coba di rapid saja". Hasilnya kami dinyatakan non-reaktif lagi. Saya juga sempat berobat ke dokter kandungan untuk berobat.

Kami langsung melaporkan hasil rapidnya dan beberapa perangkat kelurahan sempat mengucapkan permintaan maaf. Tapi yang bikin saya tetap sebal adalah si bidan ini. Dia masih saja menyebarkan rumor bahwa saya dan suami covid namun tambeng tidak mau isolasi mandiri. Saya yang baru saja pindah menjadi target sindir ibu2 perumahan di grup WA perum . Karena tidak tahan, saya langsung memfoto hasil rapid test saya dsn suami dan saya bagikan di group WA. Saya mention juga nama si ibu bidan agar melihat fotonya. Beberapa orang meminta maaf namun tidak dengan si ibu bidan.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
itoel...
 
Location: Slamet, Tumpang, Malang
Posts: 1,331
 
Bidannya paranoid & gengsian tuh. Padahal bisa aja sakitnya gara2 tubuhnya masih beradaptasi dengan lingkungan baru.
Kalau kakak ipar saya pernah terkonfirmasi positif covid, disuruh isolasi mandiri soalnya nggak ada gejala apa2. Kakak saya lapor ke kecamatan (nggak tahu lapor ke kelurahan juga apa nggak), tapi sama sekali nggak ada petugas yg datang. Akhirnya semua yg tinggal serumah isolasi mandiri di rumah selama 3 minggu. Saya yg belanjain kebutuhan sehari2, belanjaannya saya taruh di teras rumah, uangnya ditransfer. Setelah 3 minggu kakak ipar swab ulang, hasilnya negatif, baru ortu saya dihubungi pihak RS disuruh datang ke RS buat swab.
 
  #3  
Old
Daisyl...   TS 
 
Posts: 63
 
Sebenarnya saya ga masalah juga dengan diagnosa bidannya, mungkin paranoid ya walau agak gegabah. Yang bikin saya jengkel tuh kok bisa seorang bidan nyebar rumor gt ke orang2 mengenai saya padahal ya sudah terbukti kalau dia salah. Seperti kepalang tanggung gt ngefitnahnya
 
  #4  
Old
Mommy ...
 
Posts: 10
 
Gimana kalau bunda tes swab juga bund biar lebih valid lagi infonya? Swab ada yg ngga smpe jutaan kok bund, di RSUD dr. Soetomo surabaya, kalau pasien umum 300rb an, suami saya pernah nanya bulan lalu. Atau di puskesmas juga biasanya gratis kok bund, asalkan bilang ada gejala batuk pilek meriang. Mertua saya dulu di swab di puskesmas gratis.

Kalau negatif alhamdulillah, argumen si ibu bidan bisa dipatahkan dan bunda bisa tenang menghadapi tetangga.

Betul kata komen bunda2 sebelumnya, mungkin bidannya gengsian. Nanti kalau misalnya hasil swab negatif boleh ditegesin tuh si bidan di grup WA supaya jangan nyebarin hoax
 
  #5  
Old
firdap...
 
Posts: 2
 
Mau tanya bund TS Daisylicious, mksdnya bunda rapid test antigen hasilnya non reaktif itu gimana ya bund, soalnya kalo saya tes swab rapid antigen hasilnya positif dan negatif, dan tentu sampel nya dari swab hidung.. kalo yg rapid antibodi kan dites sampel darah dan hasilnya itu baru reaktif dan nonreaktif..
Kalo bunda tes yg mana ya?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Berbagi pengalaman hamil pertama yuk -- Kenalan Yuk! 2
berbagi pengalaman program hamil -- Diskusi Umum 0
Berbagi Pengalaman saat Promil 2015 -- Kenalan Yuk! 3
Berbagi pengalaman: Riwayat sinusitis saat hamil. -- Diskusi Umum 0
Pengalaman hamil dan melahirkan di era covid - 19 -- Diskusi Umum 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 18:10.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com