Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
Eka Wi...
 
Posts: 8
 
Kalau menurut saya, gpp tinggal sama mertua tapi anak kita ya tetep tanggung jawab kita. Apalagi kalau kita sudah full menjadi IRT. kita gak berhak menuntut siapapun termasuk orang tua kita sendiri untuk menjaga anak kita bund...
Kecuali kalau kita masih bekerja, baru kita pikirkan mencari pengasuh untuk anak kita. Dan pengasuh pun belum tentu mertua/ortu kita.
 
  #32  
Old
Anapha...
 
Posts: 115
 
Jadi istighfar sambil ngelus dada baca curhatan nya
 
  #33  
Old
Annisa...
 
Location: Marabahan, Kab. Barito Kuala
Posts: 199
 
Replying to: View Post
Jadi istighfar sambil ngelus dada baca curhatan nya
Si TS mah ga mempan bubd kalo di bilangin sma bunda2 yg ada disini.
 
  #34  
Old
Queen ...
 
Posts: 161
 
Sudah bunda bunda.. jangan juga menjudge ya..
kalau bunda ts nya mau menerima nasehat kita ya Alhamdulillah,
kalau enggak ya itu kembali lagi ke dirinya, takutnya bunda ts nya yg tersinggung atau merasa tersakiti dengan kata2 kita, yang ada nanti malah kita yang dosa
 
  #35  
Old
N Fari...
 
Posts: 485
 
Kan ini baru pikiran bunda TS Ya, ywdah dibwa santai aja
hati-hati bunda, pikiran bunda yg udah jauh ngawang-ngawang itu
terpancar di rona wajah, dan sikap bunda ke adek ipar bunda, ibu mertua & suami jadi berubah tanpa sebab,karena apa yang ada dipikiran kita terkadang terpancar/terlihat dari sikap kita loh..
karena kalau udah ada rasa2 "curiga" atas kekhawatir-an bunda,
mungkin muncul ada rasa mulai gak suka.

ditambah kasus nya bunda TS ini kan ga terlalu suka anak kecil kecuali anaknya sendiri,
Ya udah Ini mah klo sampe kejadian apa yang bunda pikirin,
betul kata moms semua diatas tadi, tinggal bilang baik2 ke pak suami,, "Beb,,,sepertinya aku kurang nyaman tinggal di sini sma mamer, karena aku kecapean harus bantu ngurus anak adek ipar plus anak kita, yuk pindahan sekarang yuk,...klo dirumah sendiri mungkin lebih enak dan ibu aku juga bisa bantu aku"

maaf klo ga berkenan
 
  #36  
Old
EghaAf...
 
Posts: 41
 
:Bunda jangan berpikiran spt itu. Mertua dan ibu kita sendiri tak seharusnya merawat anak kita. Yg ada kita merawat mereka. Krna dlu mereka tlah merawat kita dan suami kita. Sekalipun mertua, dia adalah orang tua kita juga. Tak pantas dijadikan layaknya babysitr
 
  #37  
Old
Ayushi...
 
Posts: 33
 
Halo bunda Ts.. Kamu punya mertua yg baik.. Tentang adik ipar nanti semoga adik ipar jg pengertian. Kalau menurut saya, belum tentu adik ipar dan mertua akan merepotkan kamu bun, dan kalaupun terdesak bunda harus bantu jaga bayi adik ipar sebentar2 itu saya rasa tidak akan berat, hitung2 balas mertua yg udah bantu jagain bayi kamu bun.. Apalagi kalo bunda liat bayi adik ipar jg rasa sayang seperti anak sendiri. Soalnya kalo saya jg sayang ponakan2 suamiku sama seperti ponakan atau anak q sendiri. Semoga kedepannya tidak seburuk yg bunda pikirkan. Tetap berpikir positif yah bun.. Karena pikiran negatif bakal menimbulkan stress.. 😁
 
  #38  
Old
Nisati...
 
Posts: 49
 
Replying to: View Post
Belum kejadian sudah mikir negatif dulu tapi anda tipe yang egois sih. Kenapa aku bilang egois, jadi menurut anda fungsi mertua anda itu seorang baby sitter yang hanya boleh focus ke anak anda? Ok lah kalau baru lahiran perlu bantuan mertua, anak sudah 5 bulan masa iya masih perlu di bantu? Adik ipar nitip ke ibunya juga belum tentu anda yang harus ikutan menjaga, tapi kalau seandainya bantu jaga disaat mertua pup dan memasak, boleh lah bantu ikut liatin bentar. Pup sama masak butuh berapa jam sih? Masa iya cuman liatin 1 jam an sudah minta mau di gaji, jangan terlalu perhitungan bu, karena siapa tahu loh siapa tahu, dimasa depan Amit2 anda kena musibah atau ada kejadian yang mengharuskan anda menitipkan anak anda ke ipar kah, ke siapa kah, bahkan ke tetangga. Kalaupun seandainya keberatan di titipin anak ( yang belum tentu kejadian), bila perlu anda yang masak masak and beberes jadi mertua gak perlu masak beberes, biar focus jagain cucunya.
Dan juga anda sendiri bilang kalau mertua ngurus 2 cucu kemungkinan anda harus mengurus anak anda sendiri, well anak kita emang sudah seharusnya dan kewajiban kita buat urus sendiri terutama jika kita ibu RT ( gak perlu bepergian 9-5 buat kerja), beda cerita kalau kerja kan gak mungkin bopong anak tiap hari ke kantor.. Intinya jangan terlalu negatif thinking. Gimanapun anak ipar anda juga cucu dari mertua anda, mempunyai hak yang sama dengan anak anda, jika mertua anda mau menjaga anak anda, apalah beratnya jika sesekali menjaga cucu dari mertua anda jika di butuhkan? Kalau ternyata setelah di titipan anda yang harus ngurus ( mostly) anak ipar anda, tegur ipar anda. Tapi kalau cuman liatin jagain bentar di saat mertua pup atau mandi, ku rasa bukan hal yang berat lah.
setuju bgt sama bunda happy...
anak mah emang tanggung jawab kita, bumer / ortu sendiri ga ada kewajiban ngurus anak kita. apalagi kyk saya bun, saya urus anak 2 sendirian dan skrg lagi hamil lagi. anak sy keduanya masih kecil2 juga.
blm apa2 jgn mikir negatif. jgn terlalu perhitungan bun, simak baik2 komen bunda happy... (maaf bukan menghakimi)

---------- Post added at 22:55 ---------- Previous post was at 22:40 ----------

Replying to: View Post
Jadi istighfar sambil ngelus dada baca curhatan nya
wkwkwk... bunda TS disini bukan nyari solusi... tapi nyari yang ikut ngebelain dia...
bun TS maaf ya... kalo komen kita kurng berkenan. tapi coba intropeksi diri. mungkin emang sikap bun TS yg krg baik juga...

maaf sekali lg bukan menghakimi bun TS
 
  #39  
Old
Meuthi...
 
Posts: 4
 
Hahahhaha, ikutan ketawa ah, lucu baca ceritanya TS, kayanya kok dia seolah2 menderita banget, padahal dia beruntung loh udh di bantu mertuanya, jarang ada mertua yg mau jaga cucu kaya gt..

Btw aku skrg anak 2, yang terakhir baru selesai nyapih, dan skrg lg hamil muda, setiap hari kakak iparku nitipin anakny yg masih 3 bulan krn di hrs kerja, tapi aku ga masalah, krn aku yakin apa yg kita perbuat pasti akan berbuah manis, jangan gampang mengeluh bun.. masih banyak loh orang2 di luar sana yg harus mengurus anaknya sendiri, dan bukan cuma 1 bisa 2 atau 3 anak, dan masih mau pula membantu, apalagi keluarga yaa, adik ipar tuh udh jadi keluarga juga loh..

Coba di ubah cara berfikirnya bun, jangan terus mau di mengerti orang, tapi coba untuk memahami dan mengerti situasi org di sekitar kita juga, kita hidup ga sendiri loh bun, dan ini menurutku hal yg SANGAT SEPELE ya... ribet banget di pusingin..
 
  #40  
Old
lisa31...   TS 
 
Posts: 403
 
Para bunda disini, sy bukan mencari pembelaan tp cari org yg merasakan hal yg sama dan gimana dia mengatasi masalah yg sama. Sementara, kalian semua tidak. Cuma ngomong sih gampang. Selain itu, bunda2 ga cuma sekedar menasihati tapi jg menghina2 yg "ga bermaksud menyinggung". Yg bener? Gimana sy bs respect dgn jawaban2 seperti ini?

Btw, apa maksud bunda meuthialaska "berbuah manis"?
 
  #41  
Old
happyw...
 
Location: Tempat Terindah
Posts: 1,413
 
Replying to: View Post
Para bunda disini, sy bukan mencari pembelaan tp cari org yg merasakan hal yg sama dan gimana dia mengatasi masalah yg sama. Sementara, kalian semua tidak. Cuma ngomong sih gampang. Selain itu, bunda2 ga cuma sekedar menasihati tapi jg menghina2 yg "ga bermaksud menyinggung". Yg bener? Gimana sy bs respect dgn jawaban2 seperti ini?

Btw, apa maksud bunda meuthialaska "berbuah manis"?
Aku nggak menghina loh jangan bilang para bunda disini, aku juga bilang jangan terlalu perhitungan karena siapa tahu kedepannya justru anda yang bakal butuh bantuan sama ipar. Terus letak kata aku yang salah dimana? Egois? Emang egois kan karena anda bilang mertua cuman bantu bersihin pup anak, terus kalau mertua urus anak ipar BERARTI saya harus urus anak sendiri? ( ini perkataan anda di Thread pertama loh) terus ku jawabin kalau anak sendiri bukan urus sendiri masa mau orang lain yang urus in terus? Ok lah anda klaim mertua dan suami yang minta anda tinggal serumah biar ada yang bantu, tapi anda terima tawaran mereka berarti emang butuh and mau bantuan mertua bukan? Terus skg anda bilang cari orang yang memiliki permasalahan yang sama, pertanyaan aku, emang anda sekarang ada masalah apa? Skg lagi ngasuh and urus anak ipar? Ingat aku nggak suruh mesti ngurus anak ipar 24/7 kalau emang di titipin, aku cuman bilang kalau cuman jagain sejam 2 jam ya gak masalah kalau pas mertua mesti pup and masak, kalau gak mau ya anda yang masak and beberes biar mertua bsia jaga cucunya, jangan berpikir ah rumah mertua kok mesti aku yang masak and beberes, jadi pembantu dong? Well menurutku kita menantu itu sudah sebagai anak, hal yang wajar seorang anak masakin buat ibu, beberes karena juga serumah gak rugi kok. Jangan hitung untung rugi terus jadi pembantu, semakin wajar kalau kubilang perhitungan kalau beres beres aja dibilang di jadiin pembantu, anak bersihin rumah orang tua itu hal yang wajar ( ini kalau di pikiran anda berpikir beberes and masakin buat mertua malah jadi kayak pembantu mending di rumah sendiri). Ingat anda ada anak, bagaimana buah pemikiran anda, itu akan berefek pada anak anda. Siapa tahu anda akan punya anak laki laki and menantu anda juga perhitungan sama anda and merasa rugi jika harus bantu liatin cucu dari anak perempuan anda.
BTW aku bukan tipe yang cuman ngomong, walau aku gk serumah sama mertua tapi malah sering masakin and anterin maakann buat mertua, bahkan suami sering aku dorong buat ajak mamanya kemana ( having mother and son time) aku nggak mesti ngitil, soal jagain ponakan, aku emang ga pernah jagain ponakan dari suami, tapi kalau ponakan dari saudaraku sendiri udah sering dari masakin kasih makan hingga mandiin karena ortunya dua duanya kerja, apa aku bakal bedain ponakan dari suami? Nggak tuh, anda nggak mesti sayang sama anak orang serius deh, tapi masa anda bisa gak peduli sama sekali dengan anak orang disaat emang ortunya lagi butuh bantuan and mertua anda sibuk? Jika emang bisa heartless begitu berarti emang ada yang salah dengan hati anda. Kalaupun anda ada masalah sama ipar anda sehingga tidak suka dengan ipar ( seandainya) anak2 tidak ada sangkut pautnya, kalau anak butuh bantuan ya dibantu dengan ikhlas tapi kalau emang sama sekali gak bisa ikhlas ya pindahan aja nggak mesti nunggu 1 tahun. Btw Ingat lagi pernyataan aku di atas, jika ipar malah berbalik ngasih anda urus anaknya anda berhak komplain dan protes tapi kalau cuman sejam dua jam aku pikir itu tidak apa apa, tapi kalau sejam dua jam pun keberatan, bantu aja mertua masak and beberes biar beliau lebih focus ngurus anak.
 
The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams.
  #42  
Old
Dt14r4...
 
Posts: 34
 
Iya si bun..memang semua pada bilang gampang ngomongnya, tapi kan di sini bunda2 lain berpendapat bun... bunda yg nge share masalah bunda disini, event itu pro atau contra ya sudah pasti ada bun, dan bunda disini bilang ingin mencari org yg merasakan hal yang sama, mungkin banyak bun org yg merasakan hal yang sama dan malah ada yg lebih parah dari Bunda...segitu mertua bunda masih baik lho bun... Banyak lagi karakter mertua disana yang lebih parah, menurutku sih.. syukuri, apalagi bunda ud dikasih anak yg lucu, (banyak bunda2 lain di sana mengharapkan anak) mertua yang baik,tempat tinggal juga ud tersedia, tinggal bertahan aja sampai pindahan nanti... apalagi anaknya ade ipar bunda juga masih bayi... karena benar kata bunda yang lain.. kita ga tau kedepannya hidup kita bagaimana.. sekarang bunda sehat2 aja.. masih bisa urus anak bunda, nah kalo besok besok kita dikasih sakit payah.. apa daya bun.. Belum tentu keluarga kita sendiri bisa bantu..tp seenggaknya ada keluarga mertua yg bisa bantu kita.. positive thingking aja bun...
 
  #43  
Old
Bunda ...
 
Posts: 19
 
Belajar ilmu iklas bun, gregetan bacanya. Jadi orang kok sebegitu peritungannya. Apa salahnya sih bantu bantu. Gitu aja merasa direpotin. Harusnya pahala bunda banyak tuh, tapi karna ngedumel terus, kebakar deh tu pahala. G dapet apa apa. Dapetnya cuman capek.
 
  #44  
Old
maulid...
 
Location: pontianak
Posts: 217
 
Sya cm berbagi pengalaman sya, dlu wktu SMA sya tggl dg kk sya yg wktu itu ud pnya ank 1 umur sktr 2 atau 3 th ud tdur dg sya & sya bntu ngurusin smpi lahir adik nya yg ke 2 & ke 3. Kebayangkn sya yg ank bungsu gak prnh pnya adik tiba2 ngasuh ponakan 3 lg. Dan skrg sya pnya ank 2 gak di bntu ortu, mertua atau kakak sya, sya gak iri juga dg kk sya dlu sya ngasuh anknya knp skrg dia gak bntu sya ngasuh ank sya. Sya memang tinggal rmh sndiri, ank sya urus sndiri, skrg si abg bln dpn 7 th si adik 10 bln, beresin rmh sndiri, nyuci2, sya krja juga ank di bw krn di rmh gak ad baby sister, kebayang kn gmn repot nya saya, syukurnya sya dpt suami yg pndai bntuin jd ya sya & suami aja yg ngasuh 2 ank, bnykin bersyukur bun, msih bnyk org2 yg lebih susah.
 
  #45  
Old
annisa...
 
Location: Bandung
Posts: 2,396
 
Replying to: View Post
Nah, it dia! Mungkin mereka mikir karena sy tidak kerja jd gpplah bantu2. Makany sy bilang sy cuma tenaga bantu2 gratis, tidak dibayar, bener dong.

Kalau cuma jaga suruh liatin sih gpp. Tp kalau misal sy lg jaga sendiri terus dua2nya nangis gimana? Sy sih tetap utamain anak sy yg pasti. Mertua emang tidak wajib jagain anak sy, tp sy jg tidak wajib jagain anak ade ipar.

Mungkin bunda2 disini mikir sy ini egois dan perhitungan ya. Sori, tp nurut sy jaga anak ga segampang it. Sekedar bantu2 dikit pasti lama2 jd melebar kemana2. Misalny, ketika kasih dia susu, mandi dan beresin pub. Selama ini anak sy selalu sy yg urus sendiri. Mertua? Bantu nyusuin doang. Kalau mertua mandiin dn urus pub biasanya sy yg bantuin detail2nya. Siapin in it, beresin in it. Dy tinggal cebokin, pakein telon, baju & celana. Nanti anak ade ipar bisa dy urus sendiri? Andaikan bisa, sy tidak bantu sama sekali, apa enak ngeliat dy kerempongan sendiri?

Nah terus kalau sy bantuin, anak sy sendirian gt? Kalau ad ap2 pd mau tanggung jawab? Intinya mertua sy mau lebih sayang kek, mau kesana tiap hari kek, sy ga peduliin hal it. Tp tolong jgn tambah ngerepotin sy.

Entah kenapa mertua mikir ga butuh babysitter. Okelah, dy mikir kesian anakny gaji baby sitter lg. Tp ga kesian sy gt? Paling bener tuh dititip tp kasih ad babysitterny, kalau emang menghargai sy dan mertua ya. Atau ade ipar sy berhenti kerja, jg ank sendiri.

Wkwkwk apakabr dgn saya yg ngurus 2 anak sendirian.. yang 1 masih bayi yang 1 lagi usia 2 tahun.. pas anak ke 2 saya lahir anak pertama saya masih usia 21 bulan.. tau ga rasanya gmn kalo suami udh berangkat kerja? ya ngurus anak 2 sendirian.. blm anak pertama suka tantrum dan tantrumnya pas anak ke 2 saya lahir sampe usia 2 bln tantrumnya suka nyakitin dirinya sendiri. Kalo posisinya saya lagi nyusuin yg bayi trs kakaknya pup, minta susu, tantrumnya kumat gmn tuh rasanya. Bisa lah anda bayangkan gmn pusingnya.. tanpa helper loh saya dirumah.. walaupun sebenrnya saya bisa aja lari ke rumah ibu saya buat minta bantuan (karena rumah saya dan rumah ibu saya berdekatan) tapi saya ga mau tuh repotin ibu saya sendiri bahkan ketika saya lagi sakit pun tetep saya urus 2 anak sendirian pdhl ibu saya suka nyuruh kerumahnya biar dibantu dulu, tapi saya ga mau tuh karena saya ga mau ngerepotin ibu saya. Prinsip saya dan suami kalo udh berumah tangga dan udh punya anak jgn sampe masih repotin orang tua. Biarkan ortu nikmati masa tuanya bukannya masih harus direpotin sama kita.

Saya doakan deh bunda TS sblm anaknya 1 tahun udh hamil lagi.. hiar bisa merasakan bagaimana rasanya ngurus 2 anak sekaligus yg masih bayi tanpa helper pula..

Entah gmn ya kalo saya baca thread anda ko gitu bgt.. apa salahnya sih ngebantuin toh ga 24 jam juga kalo ngebantuin kan. Sampe mikirnya gt bgt..
Anda baru punya anak 1 loh. Gmn kalo anak anda kembar coba? Hadeuhhh

Padahal kalo anda ikhlas ngebantuin gaji yg anda dapatkan ya pahala. Pahala lebih besar bayarannya ketimbang bayaran dengan uang. Pahala bisa jd tabungan buat di akhirat nanti kan
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
biar ga kepikiran H2C -- Diskusi Umum 8
kepikiran ,gk bs tdr -- Ngobrol Apa Saja 6
jadi kepikiran.. -- Ngobrol Apa Saja 2
kepikiran mitos hewan bun -- Ngobrol Apa Saja 12
Kepikiran -- Diskusi Umum 11


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 02:04.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com