Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
yeni a...   TS 
 
Posts: 55
Default MPASI Dini. Bahaya tidak ya?



MPASI Atau Makanan pendamping ASI yang biasanya dibelikan kepada bayi pada saat bayi memasuki usia 6 bulan. Kebutuhan zat besi yang begitu tinggi pada bayi yang mulai menginjak usia 6 bulan menjadi salah satu alasan kenapa bayi harus menerima MPASI. Namun, apakah Bunda mengenal istilah MPASI Dini? Yaitu Makanan pendamping ASI yang diberikan kepada bayi dibawah usia 6 bulan.

Ada kondisi yang membuat pemberian MPASI tidak harus menunggu diberikan setelah anak berusia 6 bulan. Biasanya MPASI Dini diberikan oleh orang tua yang beranggapan bahwa bayinya mengalami kekurang bobot berat badan atau berat badan dibawah normal. Namun, untuk memutuskan melakukan MPASI Dini harus dengan saran DSA atau Dokter Spesialis Anak ya, Bund. Jangan langsung gegabah memberikan makanan pendamping ASI kepada si kecil.

Saat ini masih banyak Bunda Bunda yang memberi makanan pendamping ASI sebelum bayi berusia 6 bulan dengan alasan mengikuti perkataan orang tua atau mertua. Memang benar Bunda, pada jaman dahulu memberi bayi makan mulai usia 2 bulan dianggap sebagai hal wajar, terutama jika memberikan pisang yang dihaluskan bersama nasi. Namun, memberikan makanan pendamping ASI di bawah usia 6 bulan tanpa arahan DSA ada risikonya, lho.

Risiko MPASI Dini

Memberi bayi makanan sebelum usianya 6 bulan sangat berisiko bagi kesehatan. Meski tekstur makanan yang diberikan sudah cukup lunak dan rasanya mungkin saja disukai bayi, bukan berarti kondisi pencernaannya akan baik-baik saja ya, Bunda. MPASI sebelum waktunya mungkin tak menimbulkan dampak secara langsung pada bayi. Sebagian bayi mungkin langsung muntah karena pencernaannya belum siap, namun sebagian lainnya bisa saja merasakan dampak jangka panjang seperti, menderita maag kronis, iritasi lambung, gangguan penyerapan makanan, dan juga usus buntu.

Nah, Bunda jika ingin memberikan MPASI Dini kepada si kecil, ada baiknya untuk berkonsultasi dahulu ke DSA, ya!

Apakah ada Bunda Bunda yang memiliki pengalaman MPASI Dini pada bayi Bunda? Yuk Share!
 
Popok Si Kecil Anti Iritasi
  #2  
Old
kira88...
 
Location: Le Montet
Posts: 231
 
Di negara saya, diversifikasi makan (kita nggak nyebut makanan pendamping asi, karena berlaku juga untuk bayi dengan susu formula, kalo nyebut mpasi nanti diskriminasi sama yg gak asi), dimulai umur 5 bulan. Pemberian purée sayur atau buah, purée kentang. Anak saya rencana akan diversifikasi makan mulai umur 4 bulan, sesuai arahan dokter karena dia punya reflux lambung yg parah. Dengan mulai mengkonsumsi makanan solid, akan membantu mengurangi reflux nya..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
kantung kehamilan tidak bulat, bahaya tidak ya? -- Diskusi Umum 5
mpasi utk bayi yg tidak minum asi dari lahir -- Diskusi Umum 10
tidak pupi 4 hari pasca MPASI -- Diskusi Umum 20
Ibu baru dan mpasi dini -- Ngobrol Apa Saja 21
Bayi mpasi tidak pup hampir seminggu? -- Diskusi Umum 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:16.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com