Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
nayluf...
 
Posts: 211
 
ikutan nimbrung bund..
aq crg dh 37w4d sering ngerasain pinggang panas n linu,klo dr du2k k berdiri sush bgt kyny nh pantat berat bgt,pas berdiri perut kenceng bgt puser ky ktarik kanan kiri (it kontraksi palsu bkn bund)..
tpi blm ngerasa mules..
oh y klo duduk ko perut bagian atasq ky nyundul bgt y smpe klo duduk mesti sandaran..
 
  #32  
Old
cinint...
 
Location: jakarta selatan
Posts: 85
 
sundul ah..
seneng nya nemu thread ini. Sy kmrn 37w2d, priksa kepuskesmas krn diare..eh diindikasi mulesnya juga mungkin karena pembukaan. Waktu VT, pembukaan 1 longgar.
Oia, malam sebelumnya perut bawah super nyeri,bun..speerti yang tertulis di atas.
Tadi 24 Juli 2013, saya cek VT ke bidan lain, masih pembukaan 1, cuma sejak malam hingga siang ini tidak mulas.
Apa kalau ke pembukaan 2 ada bumil yang tidak merasakan mulas?

Trimakasih penjelasannya
 
menjadi istri sekaligus ibu yang selalu belajar lebih baik dan mencintai setiap hal yang dikerjakan
  #33  
Old
Eka So...
 
Posts: 4
 
thankz ya bun infonya,,, umur kandunganq udh 30W,, jd bisa lebih bersiap2 lagi,,,
 
  #34  
Old
amilia...
 
Posts: 17
 
malam bunda .. lg bingung n tkt ne,usia khamiln qu udh 38w,udh trasa mulas2 tp msh jarang2,perut bwah suka nyeri n trsa berat bgt .. udh priksa k'bidan kta'y udh mau pembukaan tp kok q udh tunggu 2hri mulas'y ga gencer jga jdi bingung .. itu tanda mau lhiran taw bkn ?!

q khwatir bun m'dd'y tlong solusi'y ya bun ..
 
  #35  
Old
Devi o...
 
Posts: 17
 
Bunda....
Mw curhat donk....hpl aq pdahal bsok.......tpi kok smpe skarang blm ada tanda" yh......

cuma kenceng" ajah....aq jd takut nih bund.....y ampunnnnnn..dd.a ndablekkkkkk bngtt nihhhhh..
 
  #36  
Old
vincen...
 
Posts: 247
 
Aku lg h2c ni bun cozny udh lwt 3hr dr hpl mnrt hpht. Jumat kmrn prksa ktny bru pmbkaan 1 n prkraaan aku lhrnny kmrn atw hr ni bun. Dr smlm aku ngrsain kntrksi yg lmyn skt n kmrn2 g prnh ky gni bun. Rsany skt bgt n knceng gt,sktny dbgian bwh n sblh kiri bun. Tp hlng tmbul trz bun. Mdh2an ja hri ni aku lhrnny bun slmt aku n debayku g kkrgn 1 apapun.aminn...
Oya kta ke bdnny stlh kntrksi mkin srng atw tnggu ada flek y bun. Ni khmlnku yg k3 bun
 
  #37  
Old
dinda ...
 
Posts: 1
 
Salam, saya baru keluar cairan hening kental saat pipis. Usia kandungan udah 8bln pas, semalem abis gituan sama suami. Itu cairan keputihan atau ketuban ya bun?
 
  #38  
Old
liesro...
 
Posts: 2
 
hai bun....alhamdulillah sekarang aku sedang mengandung bayi kembar, HPL kurang 9 hari tapi belum ada tanda-tanda si kedua dede mau launcing cuma kontraksi palsunya lebih sering padahal udah diprediksi maju sejak 2 minggu lalu, galau nich bun....apalagi gak boleh di induksi soalnya kembar padahal pengen melahirkan normal aja....
doain ya bun semoga bisa melahirkan normal.....
 
  #39  
Old
fizho ...
 
Posts: 1
 
Replying to: View Post
3 Tanda Persalinan Sudah Dekat

— Tanda-tanda melahirkan bisa saja muncul beberapa hari, seminggu, atau sehari sebelum si jabang bayi lahir. Tak sedikit ibu hamil (bumil) yang terkecoh dan memutuskan ke rumah sakit bahkan sampai menginap, namun masih diizinkan pulang oleh dokter karena belum waktunya melahirkan.

Itulah mengapa bumil sebaiknya mengenali tanda-tanda persalinan sudah dekat, lalu dalam kondisi apa pula ibu harus mendatangi rumah sakit. Segera bawa bumil ke dokter bila menemukan tiga tanda ini:

1. Pembukaan.
Adanya pembukaan mulut tahim ditandai dengan keluarnya lendir (mucus) berwarna kemerahan atau kecoklatan. Teksturnya seperti lendir ingus yang kental. Dalam bahasa medis disebut bloody show karena lendir ini bercampur darah. Itu terjadi karena di masa ini terjadi pelunakan, pelebaran, dan penipisan mulut rahim.

Umumnya pada bumil dengan kehamilan pertama, terjadinya pembukaan ini disertai nyeri perut. Sedangkan pada kehamilan anak kedua dan selanjutnya, pembukaan biasanya tanpa diiringi nyeri. Rasa nyeri (atau tak nyaman yang dialami) terjadi karena adanya tekanan panggul saat kepala janin turun ke area tulang panggul sebagai akibat kelanjutan melunaknya rahim.

Ibu akan merasakan ingin sering berkemih dan buang air besar. Untuk memastikan telah terjadi pembukaan, tenaga medis biasanya akan melakukan pemeriksaan dalam (vaginal touche).

2. Kontraksi.
Menjelang melahirkan, bumil juga akan mengalami kontraksi yang konsisten (teratur). Kontraksi terjadi pada otot-otot rahim (myometrium) sebagai pengaruh dari meningkatnya produksi hormon oksitosin menjelang persalinan. Kontraksi ini sebagai suatu proses yang mendorong janin untuk keluar secara perlahan melalui uterus bawah hingga akhirnya keluar atau lahir.

Kontraksi yang dialami bumil terasa makin sering, makin lama waktunya, dan makin kuat terasa, diserta mulas atau nyeri seperti kram perut. Perut bumil juga terasa kencang. Nyeri yang dirasakan terjadi pada bagian atas atau bagian tengah perut atas atau puncak kehamilan (fundus), pinggang dan panggul serta perut bagian bawah.

Perlu dibedakan dengan konstraksi semu atau kontraksi palsu (braxton hicks) yang umumnya terjadi pada akhir trimester kedua. Biasanya kontraksi palsu berlangsung pendek waktunya (kurang dari satu menit), tidak terlalu sering atau tidak teratur, tidak terlalu kuat, tak bertambah kuat seiring bertambahnya waktu, serta tanpa rasa nyeri atau mulas.

Kontraksi palsu terjadi pada paha bagian dalam, punggung dan bukan pada perut bagian bawah. Kontraksi ini terjadi sebagai suatu mekanisme latihan dari rahim untuk lebih bersiap-siap kelak ketika tiba waktunya melahirkan. Jadi kontraksi palsu takkan menyebabkan lahirnya bayi. Umumnya rasa tidak nyaman ini hilang atau berkurang bila bumil berjalan atau mencoba berbaring.

Demi memastikan apakah yang dirasakan bumil kontraksi asli atau palsu, saat terjadi kontraksi, catatlah frekuensinya, kekuatan dan lamanya kontraksi tersebut dengan memanfaatkan stopwatch atau jam tangan. Suami bisa membantu bumil melakukan pencatatan ini.

Sekali lagi, kontraksi ditandai dengan kontraksi secara berkala, lama, kuat. Lamanya 45-75 detik dengan kekuatan kontraksi semakin lama bertambah kuat. Saat mulas, jika ibu menekan dinding perut dengan telunjuk akan terasa perut mengeras. Sedangkan interval kontraksinya akan bertambah sering, permulaan 10 menit sekali kemudian dua menit sekali.

3. Pecah ketuban.
Satu tanda lagi yang menyertai persalinan adalah pecahnya membran atau ketuban kala kanting amniotik pecah. Seperti diketahui, di dalam selaput ketuban (korioamnion) yang membungkus janin, terdapat cairan ketuban sebagai bantalan bagi janin agar terlindungi, bisa bergerak bebas dan terhindar dari trauma luar.

Cairan ketuban umumnya berwarna bening, tidak berbau, dan akan terus keluar sampai ibu akan melahirkan. Keluarnya cairan ketuban dari jalan lahir ini bisa terjadi karena berbagai hal. Misal karena bumil mengalami trauma, infeksi, atau bagian ketuban yang tipis (locus minoris) berlubang dan pecah.

Bila sudah terjadi pecah ketuban berarti selaput ketuban sudah ada “hubungan” dengan dunia luar dan membuka potensi kuman untuk masuk. Karena itulah bumil perlu segera mendapatkan penanganan dan dalam waktu maksimal 24 jam diharapkan bayi sudah bisa dilahirkan. Seiring pecahnya membran ini, ibu akan mengalami kontraksi atau nyeri yang lebih intensif.
halo bun,UKqu 38w mau nanya nih .. kmaren perutqu mls mau bab diiringi sakit pinggang sama nyeri mau mens.. sblum itu aq hbis ngelipetin baju sgunung smbil dduk, tpi diselingin sm rbahan jga sih soalnya ga thn dduk lama2 tlg ekor nyeri bingits.. nah hbis dri stu lah nyerinya brawal. sampe pagi ini, tapi kl skr cume nyeri dipinggang sm nyeri mens dan debaynya sering nndang dn perut trasa kncang.. smlem jga ampet kluar lendir sdikit bening teksturnya kaya ingus, tpi ga tw itu kputihan atau apa ?? pas smlem priksa ke bidan blm diperiksa(vaginal touch) sdh bukaan apa blm.. tapu pas diperiksa kpala debaynya udah masuk panggul, kalo bgitu apakah prsalinan sudah dekat bund?? mhon infonya ya bund, ini anak pertama soalnya blm bgitu mngerti ..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
tanda dimulai persalinan? -- Diskusi Umum 6
" Perkiraan kelahiran sudah dekat tapi belum merasakan apa apa " -- Diskusi Umum 4
sudah 3bulan nggak haid dan sudah TP 3kali hasilnya masih negatif -- Diskusi Umum 14
Tanda kelahiran sudah dekat -- Diskusi Umum 20
siapa yang sudah ada tanda-tanda akan bersalin, menjelang HPL ? -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 02:15.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com