Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Alesya...   TS 
 
Posts: 7
Default Didiagnosa janin ada kelainan usus (hirschprung)

Halo bunda semua aku mau cerita nih. Aku lg sedih bgt galauuu dan perasaan hatiku hancur bgt. Kehamilan ku sekarang sudah 31 minggu terus aku td habis usg 4 D. Dari awal cek wajah nya ini nya itu nya normal normal saja. Tapi pas di cek ke usus nya dan dokter bilang ini kenapa ususnya seperti ada penyumbatan ya. Jadi rada besar tidak seharusnya karna umur janin nya masih segini. Aku langsung bengong dan berasa disamber petir dong pengen nangis tapi aku tahan. Terus suami ku tanya tanya gitu. Dan dokternya bilang masih perkiraan aja coba nanti sebelum melahirkan dicek lagi ya. Bisa saja iya bisa saja bukan. Coba nanti dicek lagi mendekati mau melahirkan takutnya salah . Setelah pulang dari RS aku masih kepikiran dijalan sampe mewek mewek ke suami merasa bersalah sama debay nya. Aku terusnya kepo aku langsung cari di gogle tentang penyakit itu. Dan aku nemuin banyak artikel yg nyebutin kalp itu penyakit hirschprung, pas aku baca sih sesuai dengan omongan yg dokter bilang td kalo ususnya aga besar gt. Aku baca baca lagi aku makin sedih makin galau itu ternyata penyakit yg belum diketahui pasti penyebabnya dan kemungkinan besar penyakit bawaan genetik. Makin aku baca artikel nya dan liat anak kecil yg beberapa kena penyakit itu Ya allah rasanya sakit banget hati aku kaya diiris iris . Apa yang harus aku lakukan sekarang? 😭 aku sampe bingung harus ngapain. Suami cuma bisa nenangin bilang gpp gpp tapi tetep aja hati dan perasaan ini ga bisa bohong. Mungkin disini ada yg tahu penyakit itu atau ada pengalaman yg sama mohon dishare ya bunda. Aku gatau nih harus ngapain 😭😭😭😭😭😭😭😭
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Gpp bund....selama nurutin petunjuk dokter pasti semua teratasi. Debay saya dulu juga sempet didiagnosa hisprung. Sampe diopname dkk...untunglah trnyta cuma ususnya yg lebih panjang dr normal...jd fesesnya tertumpuk lma sampai ke jalan keluar
Itupun ma dokter bedahnya disaranin operasi....tpi kita gamau dan skrg sudah bisa pup sendiri sejak umur setaunan....sebelumnya harus saya pompa manual tiap hari biar keluar pupnya.

Hisprung bisa positif didiagnosa ketika bayi baru lahir...dia bisa pup atau tdk. Dan harus dioperasi utk pengangkatan usus yg mati sarafnya. Saya kurang paham prosedurnya. Klo ga salah nanti dibuatkan lubang di perut utk pengganti anus ketika operasi. Namti operasi kedua menutup anus buatan. Atau bisa cuma 1 kali operasi...gatau itu tergantung apa..

Jd bunda tenang aja, ga usah stress...ntar malah prematur kan malah susah. Hisprung bisa kok diobati...jd ga usah kuatir....toh baru diagnosa. Bayi belum lahir. Kalaupun iya...jalani sesuai prosedur dokter bedahnya. Bunda ga sendiri....bnyak sekali bunda2 yg punya anak hisprung dan bisa melewatinya...bahkan klo ga salah ada grup FBnya...
Saya jg pernah ktemu anak2 hisprung, dan salut sekali sama bunda2nya...anak2 itupun sehat bund, normal2 ajaaa....mlah klo saya ga dkasih tau mrk dlu kena hisprung saya ga bakal tau.
 
  #3  
Old
Alesya...   TS 
 
Posts: 7
 
Oh gitu ya bunda. Terimakasih ya masukannya. Soalnya baca dari gogle udah aneh aneh aja fikiran udah kemana mana, Hati merasa bersalah banget sampe galau sendiri mau ngapa ngapain kepikiran kirain gara gara saya makan nya tidak dijaga ternya penyakit itu memang bawaan genetik. Semoga aja periksa selanjutnya tidak terjadi apa apa dan salah. Sekali lagi terimakasih berkat bunda cerita sedikit menghilangkan rasa khawatir saya. Semoga dede nya bunda sehat terusss ��aamiin
 
  #4  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Iya bund....saya juga waktu debay diopname...ngegugel udah ngerii aja. Nangis2 terus di RS...takut debay ga selamet atau apalah....tpi yg sya baca...hisprung klo segera ditangani lebih baik....yg menakutkan itu ketika si bayi ga cepat2 ditangani.

Klo kta dokter saya pnyakit2 cacat janin seperti hisprung ini banyak faktornya kok bund. Terutama ketika TM 1...bisa krn polusi, rokok, virus dll...jd pembentukan janin tdk terbentuk sempurna.
 
  #5  
Old
mutiaz...
 
Posts: 6
 
Bund, bagaimana keadaan anak bunda skrg?
 
  #6  
Old
mutiaz...
 
Posts: 6
 
Bundaa, gmm keadaan anaknya skrg? Soalnya kasusnya sm kaya aku bun..
Apakah diagnosa dokter sesuai dgn fisik anak setelah dilahirkan?
Mohon sharenya bun..
 
  #7  
Old
mutiaz...
 
Posts: 6
 
Bunda bagaimana perkembangan anaknya skrg ?
 
  #8  
Old
meijin...
 
Posts: 1,394
 
wah salut sama bunda sheldon, btw bunda sheldo harus dipompa biar pup itu gimana bun? di pijat perutnya kayak pijat konstipasi gituh atau gimana bun?.
 
  #9  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Pakai jarum spet...selang khusus dan air infus Bunda Mei
Air dimasukkan dubur lewat selang dan ditarik keluar lagi...kaya cuci perut gitulah...sampe kadang stress kalau ga berhasil, gada pup yg keluar....besok coba lagi.

Bunda Mutiazacky? Kapan hpl bunda?
 
  #10  
Old
mutiaz...
 
Posts: 6
 
halo bunda sheldon, aku uda lahiran bun, anak aku uda umur 2th.
jd waktu usia kandungan 35 weeks sama kaya bunda Alesya pas di usg ada penyumbatan di usus besar, tp Alhamdulillah pas lahir sampe skrg semuanya baik baik aja, sehat.
makanya aku pengen nanya sama bunda alesya, bagaimana keadaan anaknya skrg, tp blum dibales bales.

btw bunda sheldon, waktu babynya ternyata ususnya lebi panjang apakah saat di usg pas msh didalam kandungan semua baik baik saja?
 
  #11  
Old
meijin...
 
Posts: 1,394
 
Replying to: View Post
Pakai jarum spet...selang khusus dan air infus Bunda Mei
Air dimasukkan dubur lewat selang dan ditarik keluar lagi...kaya cuci perut gitulah...sampe kadang stress kalau ga berhasil, gada pup yg keluar....besok coba lagi.

Bunda Mutiazacky? Kapan hpl bunda?
Ya Allah.. luar biasa bun.. hebat banget ya padahal susah tu praktekinnya pada bayi.. aku bayanginnya aja bingung
 
  #12  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Waktu usg gada masalah apa2...saya ga pernah cek aneh2...ga fetomaternal, usg 4d...cuma usg biasa aja tiap bulan. Dokter jg gda bilang ada masalah....krn semuanya normal perkembangannya.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
berapa bulan mengetahui adanya kelainan pada janin? -- Diskusi Umum 10
Mengenal kelainan ginjal pada janin, Apakah LUTO itu? -- Diskusi Umum 17
Janin ada kelainan jantung -- Ngobrol Apa Saja 24
Batuk Saat Hamil Beresiko Janin Mengalami Kelainan Jantung -- Diskusi Umum 36
Kelainan Kromosom pada Janin - Thanatopric Dysplasia -- Diskusi Umum 21


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 16:12.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com