Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
Lidyaa...   TS 
 
Posts: 55
 
Replying to: View Post
Klo saya faskes 1 di klinik cari yang terdekat karena puskemasnya jauh. Cuma periksa sekali diraba aja gak di usg, dan agak susah klo minta rujukan ke rs. Klo gak ada kendala kehamilan, jadi tiap bulan saya kontrol di RS, bayar pribadi gak puas klo gak di usg tiap bulan. Tapi nanti klo udah 9 bulan or mo lahiran baru bisa pake bpjs dapet rujukan dari klinik.
kalau ke rs biaya pribadi sekali kontrol berapa bun kalau boleh tau??
klo dari klinik bisa requst rujukannya sesuai yang kita mau ga bun?

---------- Post added at 11:33 ---------- Previous post was at 11:26 ----------

Replying to: View Post
Halo bunda Lidya.

Saya awal kehamilan sampai usia kandungan 5 bulan periksa di bidan
Tanpa BPJS domisili Bintaro, Bidannya ramah dan baik, asistennya jg ramah. Pelayanannya juga bagus. Di timbang BB nya. Di tensi, di tanya keluhannya apa dan di periksa juga perutnya. Di pegang2 gitu.
USG waktu usia kandungan 2.5 bln alhamdulillah udh ada detak jantung. Kebetulan di tempat bidannya ada dokter spl kandungan juga jadi bisa USG. Kalau periksa kehamilan aja biayanya 80 ribu di kasih vitamin 30 butir, dan obat apalagi yaa lupa hehe semuanya 30 butir. Kalau utk USG 120 - 150 ribu plus vitamin dan obat serta bisa di print out juga hasil USGnya. Dokternya juga baik..

Nah. Memasuki usia kehamilan 6 - 7 bln saya periksa pake BPJS
BPJS kelas 1 tapi di faskes nya klinik 24 jam yg tidak ada dokter kandungan. Jadi pemeriksaan kehamilan ada bidan yg bekerja sama dgn klinik tsb.
Knp sy pindah pemeriksaan krn BPJS sy terdaftar di bekasi, jadi saya bolak balik bintaro bekasi tiap bulan. Pada saat pemeriksaan pake BPJS maaf pelayananya kurang menurut sy, saya tidak di.tanya keluhannya apa, penjelasannya juga kurang, USG juga masa gak bisa di print dan sy kurang sreg sama dokternya. Gak nyaman...dan biaya yg sy keluarkan utk periksa kehamilan + USG + Vitamin 265 ribu.

Karena sy kurang nyaman dgn bidan dan dokternya akhirnya sy pindah faskes dari klinik ke puskesmas. Berharap pelayanannya oke dan puskesmas lebih dekat dgn rumah saya di bandingkan ke bidan.
Memasuki usia 8 bln, sy periksa ke puskesmas dan apa yg terjadi
Bidan ada 3 orang. Yg satu mau pergi dinas keluar. Yg satunya lagi sibuk sama urusan yg lain, yang satunya lagi blm datang.

Nah akhirnya sy tunggu ternyata bidan yg datang terlambat itu adalah bidan yg sama dgn klinik juga ( bidan yg sama waktu sy periksa kehamilan usia 6bln )

Sampai disana sy gak di.periksa apa2, cuma langsung di kasih surat rujukan di suruh USG ke RS karena usia kandungan sy udh masuk 8 bln, dan lihat history di buku KIA kalau USG di.usia kandungan 6 bln kemarin
Posisi debaynya sungsang. Ya udh jadi dpt rujukan sy langsung ke RS
Kata bidannya 2 minggu lg sy harus periksa.dan alhamdulillah sampai RS posisi kepala debay udh di bawah, semua pemeriksaan bagus dan sy di suruh kembali periksa di.puskesmas.

Nah karena sy kurang puas sama bidan di puskesmas jadi sejak pulang dari RS saya periksa di bidan dekat rumah kebetulan bidan itu adalah bidan yg menangani ibu sy waktu lahiran adik saya hehehe
Udah kenal jadi yaa udh periksa di bidan dekat rumah tanpa BPJS biayanya 50 ribu di kasih vitamin dan obat. Pokoknya pemeriksaan kehamilannya sama seperti bidan di bintaro. Ada dokter kandungannya juga dan bisa USG

Maaf ya bun kepanjangan. Sekedar sharing
Jadi sy lebih memilih utk periksa di bidan tanpa BPJS.
Insyaallah lahiran normal di bidan, gak apa2 byr pribadi. Kalaupun pake bpjs juga hanya di cover 600 ribu, sisanya kita bayar lagi.
Nah kalau terjadi apa2 di tengah jalan insyallah masih bisa di rujuk ke RS krn bidannya punya kenalan dokter di RSIA jadi bisa di bantu juga.

wah bunda sudah banyak referensinya ya..
saya juga pernah ke bidan pakai pribadi lebih nyaman bun krna ramah dan vitaminnya cukup untuk sebulan.. walau harus ngeluarin biaya lagi bun..

---------- Post added at 11:36 ---------- Previous post was at 11:33 ----------

Replying to: View Post
maaf bun saya juga tiap bulan cek up di klinik BPJS dengan bidannya... fitamin dan penambah darah sellu di kasihnya untuk 30 hari. dan waktu 9 week saya udh di coba dengerin detak jantungnya tanpa saya minta tp 9week blm kedengeran.... nah pas 12 week saya balik dan ternyata udh terdengar jelas detak jantungnya... mungkin itu tergantung klinik dan bidannya aja bun. malah saya klo ada keluhan pusing atau apa gitu saya langsung datang ke klinik aja ketemu sama bidannya ga harus nunggu 1 bln. dan memang klo untuk USG tiap bulan tidak di cover BPJS terkecuali ada indikasi tertentu. saya klo USG di klinik BPJS bayar untuk USG aja 115rb. untuk Dokter n obat gratis pake BPJS. Tp karena saya tidak cocok dgn Dspog nya jadi untuk USG tiap bulan saya di klinik rumah bersalin bayar sendiri. tp saya selalu konsul di RSB klo saya saya udh punya vit dan sllu saya tunjukkan vitaminnya... dan alhamdulillah obatnya sama dr klinik BPJS dan Rumah sakit bersalin. jdi saya hanya konsultasi dan USG aja.... jadi saya 1 bln periksa 2 kali di klinik BPJS dan Rumah sakit bersalin. itu pengalaman saya mudah2an bisa membantu
makasih bunda atas informasinya..
skrg jadi banyak referensi hehe..semoga lancar ya bun sampai persalinan..
 
  #32  
Old
Nafeez...
 
Posts: 75
 
Klo di RS. Tempat saya periksa usg + print out, dan dokter sekitar 285 ribu tanpa vitamin, saya beli sendiri vitaminnya di apotik folamil genio 135 ribu. Untuk faskes 2 Rs. Kayanya bisa di RS mana saja yang bekerja sama dengan bpjs, kebetulan tahun kemaren saya Operasi KET hamil diluar kandungan karena darurat gak pake rujukan dari faskes 1,langsung ditangani oleh RS.dan gratis gak bayar sama sekali
 
  #33  
Old
Ela ha...
 
Location: cibinong,bogor
Posts: 18
 
aqu juga kemaren gtu bun cuma di kadih 10 butir aja sama bidan pling di suruh minum susu
 
  #34  
Old
Andini...
 
Location: Jakarta
Posts: 6
 
saya selama ini pake bpjs di faskes 1 cuma dikasih vitamin 10 butir dan pil penambah darah, sampai bulan ke 3 perut hanya diraba bidan untuk mengetahui tinggi fundus, pas bulan ke 4 kehamilan baru bisa dicek detak jantung debaynya pakai doppler... kalau pengen usg kalau pake bpjs rujuk ke RS untuk alasan bukan karena medis atau (amit2) bermasalah dengan kandungannya gabisa dikasih jadi kalau untuk usg harus keluar uang sendiri...
 
  #35  
Old
BabyE...
 
Posts: 193
 
Wah sama buuu.. sy jg dapat perlakuan sama pake bpjs.. tgl 6 kemarin sy keguguran.. ndelalah kok hari sabtu nyari usg ke spog ga ada buka praktik.. lari ke rs kan ya pake bpjs lah orang punya bpjs eh.. pertama dpt perlakuan kurang menyenangkan sama perawatnya (soalnya kan sy ga dianter suami) trus bpjs sy ga bisa digunakan..
Sy sih ga masalah suruh bayar.. tp kapok aja ke rs..
Mending ke bidan..
 
  #36  
Old
Ziezie...
 
Location: Koja, jakarta utara
Posts: 69
 
Saya juga pakai bpjs bund.. Faskes nya puskesmas. Utk. Pemeriksaan jga lumayan bagus dn ramah bidannya. Ada periksa tensi, berat badan dn cek darah dn urin gratiss. Utk obat dikasih sesuai standar bpjs yaa.. Vit.B kompleks, TTD, dan vit.c utk 1bln. Tapi saya ga minum obt yg dri puskesmas bund sya mnum obat yg dri bidan sblmnya yg sdh komplit 1 kapsul dn ini tebus diluar..
Utk ddj mmg bru bsa dicek usia 4bln dg mnggunakn dopler. Karna dipuskesmas blm ad layanan usg jdi sya usg di rs dn bayar mandiri karna tdk bs pakai bpjs karna tdk ada indikasi brbahaya dlm khamilan mka tdk dpt rujukan dr puskesmas utk bsa usg dg bpjs.

Berbeda dg teman saya, yg faskes nya klinik yg tidak ada poli kandungannya. Maka dia dpt surat rujukan utk stiap pemeriksaan kehamilan di rs sesuai dg rujukannya. Dari awal kehamilan smpai bersalin di rs semua di tanggung bpjs. Termasuk usg tiap bulan kontrol kehamilan dn obt2 semuanya gratiss bund.. dan beruntungnya di rs nya jga pakai usg 4D beserta printout kecil nya.
 
  #37  
Old
dickyh...
 
Location: Jakarta
Posts: 32
 
Hmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm
 
  #38  
Old
Ana Ri...
 
Posts: 7
 
Aku juga pakai BPJS. Tapi USG sama sekali gak dicover bpjs, jadi kalau mau USG harus cari di tempat lain. Karna USG di faskes 1 kurang memuaskan, ga dijelasin gimana perkembangan janin. Padahal kan udah mahal-mahal bayar tapi tetep ga tau gimana keadaan si dede di dalem.
Dan juga dapet vitamin solvitron cuma 10 butir diminum 1x1hari.
Cek hamil dibatasi cuma 4x. Rujukan ga dikasih kecuali ada indikasi medis bun.

Tapi kalau denger pengalaman dari orang terdekat, mereka ko pada mulus mulus aja ya pakai bpjs
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Periksa Kehamilan Menggunakan BPJS, Share ya Bund -- Ngobrol Apa Saja 0
bingung cara pakai BPJS untuk periksa kandungan & persalinan -- Kenalan Yuk! 10
Periksa kehamilan pake BPJS dikasi obat apa?? -- Ngobrol Apa Saja 9
Periksa kehamilan dengan BPJS di RSIA Puri Bunda Malang -- Ngobrol Apa Saja 30
Biaya melahirkan di RS negeri tanpa pakai BPJS & Pakai BPJS di Bandung 2017 -- Kenalan Yuk! 1


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 05:52.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com