Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Anggri...   TS 
 
Posts: 35
Default Saya hamil diluar nikah, bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Bunda saya mau curhaat. :hiks:Saya sekarang hamil usia sekitar 4/5bulan. Tapi saya hamil diluar nikah. Saya sama pacar saya bingung mau bilang ke ortu nggak berani. Takut mereka nangis dan bikin kecewa. Saya jg pernah berencana menggugurkan kandungan ini. Tapi rencana itu gak jadi karena saya gak tega membunuh darah daging sendiri:hiks:. Orang tua saya dan pacar saya juga udah mulai curiga melihat perut saya makin besar dan badan saya makin lebar.. Pacar saya ngajak saya pergi dari rumah biar ortu kami gak tau kalo aku hamil. Dan kalo saya pergi dari rumah ortu saya biar taunya kalo saya itu pergi kerja. Saya bingung sekali bunda. Setiap malam saya sedih mikir ini harus gimana. Mohon bunda solusinya.tolong jangan bully saya. Makasih bunda":hiks::nyerah:
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Mommy ...
 
Posts: 842
 
Itu semua udah konseksuensi atas jalan yang sis udah ambil, sis sudah berbuat dosa jadi sis harus siap baik buruknya kedepan, dan jangan sampai di gugurkan seandainya sis paham atas “dosa”. Kalo emang pacarnya udah cukup mapan, datang saja ke orangtua minta nikah. Mungkin mereka marah diawal saja, itu udah pasti. Tapi orang tua mana yg tega melarang anaknya menikah kalo udah hmil begitu daripada bikin malu keluarga, daripada tau2 udah besar dan melahirkan malah bikin masalah makin besar. Sis sama pacarnya sekarang kuat2in diri buat ngomong ke orang tua kalian masing2, karna apapun itu ya ini hasil dari perbuatan kalian yang harus kalian hadapi. Usia 4/5 bulan itu sudah memiliki nyawa loh. Daripada kabur dari rumah, seolah2 pacar sis gabisa mempertanggung jawabkan secara benar
 
  #3  
Old
Nofian...
 
Posts: 74
 
Setuju sama mommy aby. Baiknya dibicarakan saja dengan orang tua kalo mbak udah hamil dan berencana menikah. Orang tua jelas marah dan kecewa tapi mau bagaimana lagi. Paling marah juga gak sampek lama. Kalau anak mbak udah lahir pasti bahagia. Secepatnya ngomong lebih baik ketimbang ngomong di akhir2. Malah jadi omongan tetangga yang malah menyakitkan dibanding kenyataan mbak hamil. Kalau pacar mbak mau bertanggung jawab langsung bicara ke orang tua
 
  #4  
Old
Risa f...
 
Posts: 635
 
Sabar ya mbakk. itu rezeki mbak TS . berani berbuat harus bisa menerima akibatnyaa .
 
  #5  
Old
ingrid...
 
Location: Yogyakarta
Posts: 265
 
Pahit mmg awalnya, tp kalo ga jjur ke ortu mau smpe kapan ditutupinnya bun?
Dan kalo pcr bunda itu pria yg dwasa shrsnya syg ke bunda dgn tdk melakukan hal yg smpe skrg ini trjadi. Kalo udh trlnjur mnding jujur, hadapi berdua. Mskipun berat,takut dll. Tp bsok pas lahiran, psti mslh lbh kompleks.

Gak ada jalan keluar yg lebih baik selain jujur ke ortu.
 
  #6  
Old
mrs ri...
 
Posts: 80
 
Bener kata bunda" di sini. Berani berbuat harus berani bertanggung jawab. Jangan lari ato menghindar dari masalah. Orang tua marah kecewa itu pasti. Mending jujur aja sama kedua orang tua masing". Apapun konsekuensinya. Karena semua berasal dari kalian sendiri. Jangan mau diajak kabur" gitu malah bisa nambah masalah hidup jg gak akan tenang mending suruh bertanggung jawab dan minta restu orang tua buat nikah. Kasian si dedeknya. Semoga sehat debay dan bundanya yaa sampai lahiran nanti. Dan segera mendapat jalan keluar untuk masalah bunda. Amin
 
  #7  
Old
siskay...
Non-aktif
 
Posts: 1,229
 
bener bbanget tuhh bun kata bunda2 semuanya lebih baik ajah bilang saja ke ortu soalnya sepandai2nya berbohong psti bakalan ketahuan bun

 
  #8  
Old
yulna...
 
Posts: 89
 
Replying to: View Post
Bunda saya mau curhaat. Saya sekarang hamil usia sekitar 4/5bulan. Tapi saya hamil diluar nikah. Saya sama pacar saya bingung mau bilang ke ortu nggak berani. Takut mereka nangis dan bikin kecewa. Saya jg pernah berencana menggugurkan kandungan ini. Tapi rencana itu gak jadi karena saya gak tega membunuh darah daging sendiri. Orang tua saya dan pacar saya juga udah mulai curiga melihat perut saya makin besar dan badan saya makin lebar.. Pacar saya ngajak saya pergi dari rumah biar ortu kami gak tau kalo aku hamil. Dan kalo saya pergi dari rumah ortu saya biar taunya kalo saya itu pergi kerja. Saya bingung sekali bunda. Setiap malam saya sedih mikir ini harus gimana. Mohon bunda solusinya.tolong jangan bully saya. Makasih bunda"
Ga da jalan lain buat bunda kecuali cerita yang sebenarnya ke ortu. Cepat atau lambat pasti akan ketahuan juga semuanya harus berani dipertanggung jawabkan karena bunda yg buat kesalahan itu. Jujur itu lebih baik
 
  #9  
Old
Pritha...
 
Location: Kuta Selatan
Posts: 28
 
Setiap perbuatan ada konsekuensinya.. Aku setuju dengan bunda bunda di sini.
Lebih baik dibicarakan, sudah pasti mereka marah dan kecewa, bicarakan dengan pasangan agar dia juga siap, pertanggungjawabkan apa yg sudah terjadi.. Kandungan sudah masuk trimestri 2 lebih baik fokus pada perkembangan janin.
 
  #10  
Old
Sarisa...
 
Posts: 200
 
Jadilah orang dewasa yg bertanggung jawab. Alhamdulillah kalau bun TS tdk jadi menggugurkan kandungan. Bun TS sadar kan kalau sudh melakukan dosa zina, jd jangan menambah dosa dgn menggugurkan calon bayi di kandungan bunda. Solat tobat (kalau bun TS Muslim) dan jadilah lebih baik, persiapkan menjadi calon ibu yg baik untuk baby nya. Saya rasa pacar TS kurg bertanggungjawab ya.. kalau pacar TS laki2 yg dewasa dan bertanggung jawab mestinya segera cari jalan keluar dgn menemui keluarga bun TS, bukan malah ngajak lari dari rumah. Pikirkan baik2 ya Bun.. bun TS masih jadi tanggungjawab ortu, sebaiknya ajak pacar bun TS bertanggung jawab dan berdamai dgn keadaan, bukan malah membuat masalah baru. Maaf komennya kepanjangan. Semangat ya Bun TS. Semoga bisa memilih jalan terbaik. Jaga kesehatan baby dan ibunya
 
  #11  
Old
Regyeg...
 
Posts: 105
 
Replying to: View Post
Bunda saya mau curhaat. Saya sekarang hamil usia sekitar 4/5bulan. Tapi saya hamil diluar nikah. Saya sama pacar saya bingung mau bilang ke ortu nggak berani. Takut mereka nangis dan bikin kecewa. Saya jg pernah berencana menggugurkan kandungan ini. Tapi rencana itu gak jadi karena saya gak tega membunuh darah daging sendiri. Orang tua saya dan pacar saya juga udah mulai curiga melihat perut saya makin besar dan badan saya makin lebar.. Pacar saya ngajak saya pergi dari rumah biar ortu kami gak tau kalo aku hamil. Dan kalo saya pergi dari rumah ortu saya biar taunya kalo saya itu pergi kerja. Saya bingung sekali bunda. Setiap malam saya sedih mikir ini harus gimana. Mohon bunda solusinya.tolong jangan bully saya. Makasih bunda"
1. Satu2nya jalan keluar yang palingggg aman untuk kedepannya adalah ngaku sm orangtua, jujur. Mau dipukul kek, ditampar terima aja, namanya orangtua pasti kecewa, tapi kan mba emang salah.
2. Lagi hamil ga boleh stress, atau nangis tiap hari, ga bagus buat janin.
3. Solat tobat mba kalo mba muslim, jangan ngelakuin kesalahan atau dosa lain lagi dengan kabur dan tinggal serumah sama bukan suami, dosa zinah makin berat nanti.
4.Setau saya, kalo sudah lebih dr 3 bulan nikahnya ga sah dalam agama, ketika baby lahir harus nikah ulang, tapi gapapa sementara nikah aja dulu, kua gratis mba kalo langsung nikah di kua nya.
4. Yang terakhir nih mba, omongan tetangga sama teman2 pasti banyakk,jadi tutup kuping rapat2, yang jalanin kan mba, fokus sama kesehatan dede bayi aja.
5. Kalo sudah menikah dan mau kabur sementara ke luar kota, atau komplek sebelah biar ga jadi omongan tetangga, baru deh gapapa.

Jaga ya mba dedenya, jangan jatuh kelubang yg makin dalam (aborsi/kabur).
Inget mba, hidup cuma sementara.
 
  #12  
Old
itoel...
 
Location: Slamet, Tumpang, Malang
Posts: 1,331
 
Gimana2 juga harus bilang ke ortu. Sudah berani berbuat sampai hamil, masa gak takut sama dosa. Lebih cepat mengakui kesalahan ke ortu akan lebih mudah untuk menjalani kedepannya. Kalau nunggu bayi kalian lahir, bagaimana cara kalian menutupi masalah ini? bagaimana cara kalian menjelaskan keberadaan bayi kalian?
 
  #13  
Old
kiki18...
 
Location: Karawang
Posts: 30
 
Lebih baik jujur bund... karena kalo bohong pun, mau sampai kapan? Sepintar2nya menyembunyikan bangkai, pd akhirny akan tercium jg.... yg pertama bunda taubat dulu atas dosa yg telah dilakukan bund. Setelah itu mulai memantapkan hati utk jujur pd orangtua. Cuma itu jalan satu2nya bund.
 
  #14  
Old
Little...
 
Posts: 349
 
Halo mba..
Mba lebih baik segera jujur sama orangtua mba.. kecewa dan sedih sudah pasti.. tapi, seiring berjalan waktu, mereka akan menerima secara perlahan mengenai hal itu.. orangtua tempat dimana kita mengadu mba.. mereka orang yg berani mempertaruhkan nyawa mereka sekalipun demi kebahagiaan anak nya.. mereka yg akan selalu sayang seburuk2 nya kita..

Jangan dengerin omongan pacar mba yg menyarankan untuk kabur.. itu karna pacar mba ketakutan untuk mengakui perbuatan nya ke orangtua nya, alias calon mba mau kabur dari tanggungjawab.. jd wanita jgn mau di bodohi.. sekarang mba mungkin liat pacar mba baik, dll.. tapi nanti kalo kabur, ada jaminan apa pacar mba akan bertanggungjawab dan menafkahi? Apa lagi orangtua mba ngga tau kondisi mba.. kalo ada apa2 dengan mba nanti siapa yg menolong? Terus kalo mba kabur, anak nya nanti setelah lahir gimana? Apa mba mau ngumpet dari orangtua selamanya? Ngga kan? Nanti kalo anak keburu lahir dan orangtua baru tau, akan jauh lebih sakit hati orangtua mba.. hal sebesar ini mereka ngga tau..

Jujur aja sama orangtua mba.. lebih cepat lebih baik.. karna usia kandungan sudah besar, semakin lama semakin ngga bisa di tutupi.. cepat atau lambat orang akan tau.. segeralah jujur supaya orangtua mba punya waktu untuk menerima, dan berpikir apa langkah selanjut nya untuk mba dan pacar.. kalo pacar ngga berani jujur ke orangtua nya, pacar mba berarti pengecut gamau tanggungjawab.. biar orangtua mbs nanti yg ngomong langsung ke orangtua si pacar.. jgn dengerin saran pacar mba.. ngaco itu..

Semoga masalah nya cepet selesai ya.. dan sehat terus baby nya..
 
  #15  
Old
dindam...
 
Posts: 152
 
saran saya, langkah awal harus jujur pd ortu kita, perlu bunda ts tau, janin usia 4 bulan sudah ada ruh nyawanya jantung dan organ2 vitalnya udah ada, jd kalo menggugurkan berarti sama aja dg membunuh, bun jgn sampe azab datang krn kita tega membunuh anak kita sendiri, krn menggugurkan selain dosanya besar risikonyo jg besar, nyawa taruhannya sm kayak melahirkan, kalopun bs selamat, nanti akan ada azab dmn disaat kita pingin pnya anak akan dipersulit jlnnya sm Tuhan, atau malah bekas luka di rahim jd penyakit yg membahayakan kesehatan, nauzubillah.
sayangi bayinya ya bun, dosa lalu biarlah berlalu, yg penting bertobat dan berusaha jd ibu yg baik, semangat.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Hamil diluar nikah, bagaimana menyembunyikannya ? -- Diskusi Umum 293
Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Ibu hamil -- Diskusi Umum 4
Cara SAYA mengatasi masalah keluhan saat hamil -- Diskusi Umum 0
bagaimana cara mengatasi keluhan2 hamil tua -- Diskusi Umum 44
hamil diluar nikah, ingin bicara tapi ortu diluar kota -- Ngobrol Apa Saja 59


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 20:26.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com