Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
itoel...
 
Location: Slamet, Tumpang, Malang
Posts: 1,331
 
Anak pertama saya asi + sufor dari lahir. Sufornya lactogen kemudian ganti bebelove. Pernah coba morinaga bmt, cocok buat anak saya, nggak mencret ataupun sembelit, tapi terlalu mahal buat saya jadi balik lagi pakai bebelove . Kata petugas di rs kalau mau melatih anak minum sufor kira2 sebulan sebelum masuk kerja, jadi waktu sudah masuk anak sudah terbiasa.

Untuk anak kedua, sejak hamil saya niatkan untuk bisa asix karena anak pertama masih minum susu, jadi biar bisa hemat . Setelah saya pulang dari rs langsung minum jamu pelancar asi tiap hari. Meskipun begitu anak kedua juga sempat minum sufor 1x sehari tiap malam sampai umur sebulan, krn waktu itu tiap malam masih bergadang, dan asi saya sepertinya tidak mencukupi kebutuhannya waktu malam. Saat siang bayi lebih banyak tidur, jadi tiap 2-3 jam bayi saya bangunkan utk menyusu, kemudian pompa. sekali pompa rata2 dapat 10-60 ml, langsung saya kumpulkan di botol kaca & masuk kulkas. kalau sudah penuh saya pindah ke freezer. Dalam sehari bisa dapat 1-2 botol, tapi kadang terpakai 1 botol di malam hari kalau saya sudah kelelahan. Jadinya waktu awal masuk kerja punya simpanan 20 botol.
Sekarang anak sudah umur 7 bulan, alhamdulillah masih bisa terus asi. Pulang kerja bisa bawa pulang 2-3 botol, pumping di rumah rata2 dapat 1 botol. Jadi rata2 sehari dapat 3-4 botol, sedangkan anak saya sehari habis 4-5 botol, berarti stoknya masih sering tekor. Kalau sedang libur, anak menyusu langsung, jadi jarang pumping & dalam sehari cuma dapat 1 botol. Seandainya suatu saat stok asi tidak cukup, akan saya tambah sufor. Tapi semoga asi saya selalu mencukupi kebutuhan anak sampai umur 2 tahun.
Mungkin yg paling memotivasi saya untuk bisa asi, disamping supaya hemat, juga karena waktu anak pertama dulu saya dihina habis2an sama kerabat mertua gara2 saya kasih anak saya asi + sufor. Seolah2 memberikan sufor untuk anak adalah dosa besar. Pandangan mereka seperti: wanita setelah punya anak harus berhenti kerja supaya bisa memberikan asix. Untungnya saya jarang ketemu mereka karena memang beda kota. Sekarang saya puas bisa menunjukkan pada mereka kalau ibu bekerja masih bisa memberikan asix untuk bayi
 
  #17  
Old
nurul ...
 
Posts: 857
 
Replying to: View Post
Sufor itu yg COCOK utk bayi. Mahal kalo gak cocok buat apa? Murah kalo cocok kenapa nggak? Saya ga saran bayi under 1y mimik sufor. Tapi kalo kondisi mengharuskan utk sambung sufor ya gpapa juga karna kondisi asi tiap ibu itu kan beda2. Ada yg bisa stok berbotol2 ada yg sedikit. Itu hak ibu tapi hak anak tetep ya harus dapet asi minimal full asi 6 bulan. Kalo memang mau sambung sufor mendingan ke DSA aja dulu. Jgn coba2 merk A ke merk B. Takut perutnya gak kuat jadi ee nya keras. Kalo saya saran sering2 pumping bun, makin sering dikeluarkan makin banyak. Tapi kalo masib gak ngejar juga mending ke dsa aja. Anak saya baru dilatih minum sufor pas usia 18 bulan. Karna anaknya yg gak mau minum sufor. Rata2 anak asi emng gitu jarang mau minum sufor. Tapi karna asinya udh dikit plus kalo nenen sebentar2 lepas jadi sambung sufor deh biar kenyang karna mam nya juga susah. Kalo nenen malem doang mau tidur kalo siang minum susu uht sama sufor selang seling. Sufornya SGM. Bukan krn murah, tapi emang cocoknya itu. Udh dicoba yg mahal2 malah ee nya keras. Dikasih SGM eh eenya bagus. Badannya juga bagus. Alhamdulilah punya anak pengertian emaknya gak kerja mau minum susu yg murah meriah hehehe
sama kayak saya, anak kedua saya tambah sufor usia 18 bulan krn stok ASIP udh habis. itu aja saya konsul DSA dulu krn takut kejadian anak pertama terulang.
 
  #18  
Old
mawadd...
 
Posts: 1
Default bun prematur pas lahir anak nya bb ny brpa bun

Anak ku juga prematur bun cuma bingung susu nya blm ada yg cocok cara mengatasinya gmna ya

---------- Post added at 18:41 ---------- Previous post was at 18:40 ----------

Bun mau tanya anak bunda bb nya pas lahir brpa anak saya juga prematur bun dan belom ada susu yg cocok aampe skrng
 
  #19  
Old
MrsNov...
 
Posts: 223
 
Replying to: View Post
sama kayak saya, anak kedua saya tambah sufor usia 18 bulan krn stok ASIP udh habis. itu aja saya konsul DSA dulu krn takut kejadian anak pertama terulang.
Replying to: View Post
Anak ku juga prematur bun cuma bingung susu nya blm ada yg cocok cara mengatasinya gmna ya

---------- Post added at 18:41 ---------- Previous post was at 18:40 ----------

Bun mau tanya anak bunda bb nya pas lahir brpa anak saya juga prematur bun dan belom ada susu yg cocok aampe skrng

Lebih baik konsultasi ke dokter anak bun..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Jual : susu formula ANMUM INFACARE 1 untuk 0-6 bulan -- Area Promosi 6
SUSU Formula yang terbaik untuk bayi.. -- Diskusi Umum 48
Susu Formula yang bagus untuk bayi 1 bulan lebih -- Diskusi Umum 0
siapa yang memakai susu formula danstar untuk bayi bunda ? -- Diskusi Umum 30
Kebutuhan Susu Formula untuk Bayi 6 Bulan -- Ngobrol Apa Saja 7


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 12:26.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com