Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Melati...   TS 
 
Posts: 235
Default Pengalaman Baru Nikah 2 Minggu Kok Usia Janin 1 Bulan?

Hi bund mau sharing ya.
Copas di kaskus.

Nikah 2 Minggu, Usia Janin 1 Bulan 5 Hari, Kok Bisa?


Dapet kabar bahwa istri hamil adalah sesuatu yang sangat menggembirakan, apalagi bagi para pasangan suami istri yang baru saja menikah.

Tapi bagaimana jadinya ketika kita tahu bahwa usia kehamilan si cabang bayi lebih tua dari usia pernikahan kita?.

Hal itu juga yang saya alami beberapa waktu silam ketika dapet kabar istri saya hamil di usia pernikahan kami yang baru menginjak 2 mingguan tapi dokter bilang istri saya sudah hamil satu bulan.
Jika kalian nanti mengalami peristiwa ini, jangan dulu berpikir macam-macam bahwa istri kalian selingkuh duluan sebelum nikah atau kalian melihat peristiwa ini pada temen kalian dan mikir yang macam-macam.
Karena ternyata, usia kehamilan itu bukan ditentukan dari tanggal terjadinya pembuahan sperma dan ovum sesasat setelah berhubungan badan melainkan dihitung berdasarkan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir)

Saya akan contohkan dengan pengalaman istri saya
HPHT Istri saya :18 Februari 2017
Kami Menikah Tanggal : 9 Maret 2017
Periksa Ke Dokter : 23 Maret 2017

Perhitungan Usia Kehamilan Yang
SALAH: 9 Maret 2015 - 23 Maret 2015 = 14 Hari / 2 MingguPerhitungan Usia Kehamilan

Yang BENAR: 18 Februari 2017 - 23 Maret 2017 = 1 Bulan 5 Hari

Adapun Prediksi Melahirkan Istri Saya
Ditentukan Dengan Rumus Neagele (Rumus Yang menghitung Minggu Ke-40 Dari HPHT) : (Hari 7) ¨C (Bulan - 3) ¨C (Tahun 1)
Akan tetapi karena bulan saat istri saya mengalami HPHT tersebut kurang dari 4 (Maret), maka saya menggunakan rumus (Hari 7) ¨C (Bulan 9) ¨C (Tahun).
Berarti HARI PERKIRAAN LAHIR (HPL) Istri Saya adalah : 25-11/november-2017 (40 Minggu Usia Kehamilan), Bisa diperhatikan sekalipun selisih tanggal tersebut dengan hari pernikahan saya(8 Bulan 2 Minggu 2 Hari) tetapi secara perhitungan HPHT sudah memasuki minggu ke-40 (9 Bulan 10 Hari)


BEDAKAN ANTARA USIA KEHAMILAN & USIA JANIN

Bagaimana cara menghitung USIA JANIN dari HPHT?

Nah,selain USIA KEHAMILAN, Ternyata ada istilah USIA JANIN yg merupakan prediksi usia janin pada saat pembuahan terjadi. Perhitungan ini jarang orang yg tau. Jadi wajar saja sering terjadi kesalahpahaman.
Balik ke masalah USIA JANIN,USIA JANIN dihitung dengan rumus :
"USIA KEHAMILAN DIKURANGI 2 MINGGU".
Jadi sebenernya kalau seseorang melahirkan di usia kehamilan 40 minggu itu sama aja kayak usia janin 38 minggu. Itu Kurang Lebihnya 2 Minggu ya, Tidak selalu tepat karena kan sifatnya prediksi.

Kenapa Seperti Itu? Nanti Saya Jelaskan Di Bawah.

Yang jelas kita harus membedakan terlebih dahulu antara 'Prediksi Usia Kehamilan Dengan Prediksi Usia Janin', Jangan Sampai Suami Keluar Kota Baru 2 Minggu, Pulang-Pulang Istrinya sudah Hamil 1 Bulanan!.
Dan banyak kejadian seperti ini beberapa kaskuser ternyata mengalaminya.
Kenapa USIA JANIN dihitung dengan mengurangi USIA KEHAMILAN dengan 2 minggu?
Beberapa ahli mengatakan bahwa ovum keluar dari ovarium diperkirakan pada hari ke-14 (2 minggu) sebelum mens berikutnya untuk periode menstruasi 28 hari Berarti terjadi di hari ke-14 setelah menstruasi. Uniknya, pada hari sekitar Ke-14 setelah menstruasi, ovum yang sudah matang akan menuju tuba falopi untuk dibuahi dan hanya bertahan 1x24 Jam setelah itu mati. Jadi itu sebabnya USIA JANINdiprediksi dengan mengurangi USIA KEHAMILAN dengan 2 minggu. Kurang lebihnya seperti itu, walaupun pembuahan bisa saja terjadi lebih atau kurang dari 14 hari tergantung siklus menstruasi tiap orang.
Kalo kata dokter di sekitaran H-14 sebelum menstruasi berikutnya disebut masa subur. Makanya, kita disuruh ML di sekitaran H-14 ini kalo mau punya anak. Tapi ini berlaku untuk Menstruasi periode 28 Hari. Sebagaimana kita tahu periode normal menstruasi panjangnya 20-35 Hari.

Loh Agan TS HPHT istrinya =17 Februari 2015, Berarti Prediksi Terjadinya Ovulasi (H 14) nya sekitar tanggal 3 Maret 2015. Fix Nih Agan TS DP duluan sebelum nikah, Atau Istri Agan TS Selingkuh.. hahaha

Seperti yang saya jelaskan sebelumya prediksi terjadinya ovulasi dan Masa subur wanita Di H 14 Setelah Mens hanya berlaku untuk P
periode menstruasi 28 Hari, sedangkan istri saya periode menstruasinya tidak teratur di sekitar 30-36 hari. Untuk itu perlu data lain tentang prediksi terjadinya ovulasi dan masa suburnya. Kalo untuk periode menstruasi yang tidak teratur ada lagi rumusnya gan : (periode terpendek kurangi 18) - (periode terpanjang kurangi 11).
Misal : Istri saya periode terpendek 30 dan terpanjang 36. Berarti rentang prediksi ovulasi adalah dr hari ke-12 sampai dengan hari ke-27 setelah menstruasi. Berarti prediksi ovulasi istri saya di rentang tanggal 1 maret 2015 sampai dengan 16 maret 2015 Dan karena untuk periode ini adalah berupa rentang yg panjang, maka lebih sulit untuk menentukan kapan pastinya fase ovulasi terjadi.

Apakah Prediksi USIA KEHAMILAN & USIA JANIN Selalu Tepat?

Dari semua penjelasan, yang pasti tepat adalah USIA KEHAMILAN dengan menggunakan patokan HPHT. Soalnya kalo ini kan jelas kita tahu kapan terakhir kali si wanita mengalami Menstruasi. Kalau USIA JANIN, kita cuman bisa memprediksi HPHT dikurangi 2 Minggu.

Tapi apakah benar pembuahan terjadi 2 minggu setelah HPHT?

Tidak ada yang tahu gan... bahkan teknologi seperti USG pun tidak bisa menjamin 100%. Tapi dari prediksi USIA KEHAMILAN & USIA JANIN ini, dokter bisa melakukan penanganan medis jika nantinya si cabang bayi harus lahir di luar periode normal Usia Kehamilan 37-41 Minggu. Kalo kurang dari 37 ya prematur kalo lebih dari 41 ya harus segera dilakukan upaya persalinan dari mulai induksi sampe sesar agar si bayi tidak berisiko penyakitan atau kematian.

Bagi yang pernah hamil pasti tau perhitungan ini dan menganggap info ini biasa saja, tapi bagi saya yang baru nikah dan mendapati istri hamil 1 bulan, adalah info yang sangat menarik karena akhirnya saya tahu perhitungan usia kehamilan sebenernya bukan dihitung berdasarkan pertama kali sperma dan ovum bertemu melainkan HPHT. Cuman permasalahan lainnya tetep muncul ketika satu persatu teman-teman yang belum menikah menanyakan usia kehamilan istri saya, ekspresi mereka pun kaget seperti saya karena usia kehamilan melebihi usia pernikahan, namun ketika saya jelaskan mereka pun akhirnya mengerti, ya tapi tetep cape karena yang nanya bukan cuman 1 tapi banyak jadi mesti sabar jelasinnya.

Sumber: Kaskus

Buat para misuanya bunda's dan yg baru nikah langsung jadi ini perlu di ketahui ya buun. supaya tidak ada salah faham di antara kita. ciela.
Semoga bermanfaat.
Big hug ^^
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
baru jalan 3 minggu nikah -- Diskusi Umum 3
Mohon info tentang usia kehamilan,please aku baru nikah ;( -- Ngobrol Apa Saja 5
kandungan usia 2 bulan lebih 1 minggu tpi janin tidak terbentuk -- Kenalan Yuk! 8
Baru Nikah 3 minggu Suami pingin pisah dari mertua :( -- Ngobrol Apa Saja 8
nikah 4 bulan, uk 9 minggu (optimalkan masa subur) -- Diskusi Umum 1


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 13:39.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com