Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Selma ...   TS 
 
Posts: 40
Talking Pengalaman melahirkan normal dengam wasir stadium 3

Halo bunda-bunda cantik, ini pertama kalinya bikin thread sejak ikut gabung forum 9 bulan yang lalu . biasanya cuma jadi silent reader, dan pasca melahirkan terlalu sibuk jadi new mom jadinya baru kali ini bisa berbagi pengalaman ngelahirin ke bunda-bunda semua, khususnya yang lagi khawatir karena ada wasir seperti aku dulu. Aku nyeritanya bakal blak-blakan, jadi maaf ya kalo bunda-bunda ada yang kurang berkenan.
.
Kehamilanku sebenernya sehat, tapi bisa dibilang banyak rintangannya soalnya dari awal trimester pertama aku kena Hiperemesis Gradivarum. Nikmatnya itu, tiap masukin makanan atau minuman apapun pasti gak sampe 10 menit keluar lagi, bahkan air putih aja gak tahan lama di lambung, hadeh. Sehari bisa muntah sampe belasan kali, dan satu-satunya obat yang mempan cuma Ondansentron (obat anti mual muntah yang biasa diberikan buat pasien kanker yg menjalani kemoterapi), tapi kan serem kalo tiap hari dikasih obat terus, akhirnya aku cobain pindah periksa dari RSIA Bunda Aliyah ke RB Anny Rahardjo di Pasar Rebo (fyi, RB Anny Rahardjo ini menerapkan penundaan pemotongan tali pusat biar bayi yang baru dilahirkan mendapat suplai oksigen yang cukup di nafas pertamanya, mencegah anemia dll). Sama bidan Anny aku dikasih tau kalo habis muntah itu jangan dikasih air hangat apalagi teh hangat, soalnya enaknya cuma sebentar, abis itu pasti mual lagi (pantesan), kata beliau mending minum air dingin, atau es krim, paling bagus sama yoghurt low fat. Dari situ aku jadi sering beli es krim sama j.cool tapi emang manjur buat aku, walau masih mual seenggaknya gak sampe muntah
.
Waktu usia kandungan 7 bulan, aku cobain USG 4 Dimensi ke dr. Bob Ichsan di Harmoni Plaza buat mastiin jenis kelamin debay, beliau ini terkenal nyentrik dan blak-blakan lho bun kalo nasehatin ibu hamil, dan emang bener. Waktu tau jenis kelamin janinku cewek, beliau langsung ngingetin jangan lupa nanti bayiku disunat setelah lahir, soalnya kalo ngga, nanti pas gede bisa hiperseks gara-gara klitorisnya panjang (katanya), beliau ngejelasin hal itu sambil nyebutin contoh-contoh perempuan yang gak disunat dan apa yang terjadi pada mereka pas dewasa dengan kata-kata yg vulgar, suamiku yang denger itu sampe malu-malu sendiri. Lewat USG sama dr. Bob ini ketauan ada penyumbatan plasenta sebesar 69%, penyebabnya adalah karena terlalu banyak makan gorengan, minum susu, sama konsumsi mentega. Emang sih aku doyan banget gorengan, udah rutin makan itu tiap sarapan di kantor Dah gitu dulu waktu hamil sering minum susu ibu hamil karena cuma itu yang masuk. Kata dr.Bob kalo gak diatasi nanti nutrisi ke janinnya berkurang dan berpotensi buat lahir dengan BB rendah. Akhirnya aku dikasih obat pengencer darah. Dari situ aku juga mulai memerhatikan asupan gizi aku dan stop makan gorengan. Oh ya, dr.Bob gak nyaranin puasa buat ibu hamil. Kenapa? Soalnya walau kita kuat, tapi belum tentu janin di dalam rahim kita kuat, kita kan gak tau. Bagi muslim, beliau menyarankan untuk bayar fidyah saja karena toh Allah sudah ngasih keringanan.
.
Kandungan 8 bulan mulai nih masalah utama muncul: wasir. Awalnya itu wasir gak gede, cuma sebesar kacang dan bisa dimasukin lagi. Emang sih dari gadis dulu aku dah punya riwayat wasir kambuhan, jadi aku udah aware kalo-kalo wasirku kambuh pas hamil. Eh, bener kan. Wasirnya gak diapa-apain dan aku juga tetep makan makanan pedes soalnya kalo makan tanpa pedes tu gak berasa
.
Masuk 9 bulan baru deh kerasa menderitanya. Wasir yang sebesar kacang itu lama-lama jadi sebesar jempol dan jadi keras, udah gitu perihnyaaaaa uuuhhh sampe gak bisa duduk. Berdiri salah duduk salah, pengennya tiduran terus. Ditambah lagi kondisi saat itu aku masih kerja gara-gara pengen ngambil cuti H-7 dari HPL, makin wow banget rasanya . SpOG ku ngeresepin Boraginol-S salep, tapi itu cuma mengurangi rasa sakitnya doang, gak menyembuhkan, soalnya mau digimana-gimanain juga kata beliau wasir di hamil tua itu gak akan bisa ilang.
.
Di 36 weeks, wasirnya udah makin parah, nambah lagi satu benjolan sebesar kacang merah dan tiap dimasukin gak lama lagi tu wasir nongol lagi Walau sakit kalo dipegang atau duduk, anehnya kalo BAB gak brasa sakit. Bidan Anny gak ngerekomendasiin obat wasir apapun, tapi beliau ngasih daun ungu yang harus direbus & disuruh minum tiap hari. Lumayan ngefek sih, walau masih bengkak tapi seenggaknya udah gak sakit.
.
Pas 37 weeks 1 hari, subuh-subuh setelah sahur, tiba-tiba aku pendarahan, gak banyak, kaya haid hari pertama gitu lah. Emang sih dari kemaren2nya perutku kerasa kenceng gitu. Karena parno, akhirnya aku pergi ke bidan Anny cuma berdua sama mama soalnya suami lagi ke rumah mertua di Bandung. Nyampe di RB Anny Rahardjo sekitar jam 7an sama bidan jaga langsung diperiksa bawah dan ternyata gak ada pembukaan, jalan lahir juga bersih, gak ada darah apapun. Tapi buat persiapan, aku dikasih obat pencahar yang dimasukin ke anus, wasirku udah gede banget waktu itu tapi tenang aja, masih bisa normal kok kata bidannya. Aku disuruh masuk kamar setelah BAB, dan nunggu sampe tengah hari, kalo masih gak ada bukaan, mending pulang dulu katanya daripada stres nunggu bukaan di sana. Selama nunggu itu yang aku rasain cuma linu-linu kaya orang mau haid gitu terus perut rasanya kenceng. Suami datang jam 9an buat nemenin. Mama nyuruh buat jalan-jalan di sekitar ruangan biar ada bukaan tapi ternyata sampe tengah hari pun tetep aja gak ada bukaan sama sekali. Akhirnya aku pulang jam 1 siang setelah dapet makan siang gratis di sana haha.
.
Tanggal 16 Juni jam 2 pagi, uk 37 w 2 d, aku kebangun gara-gara ngerasain linu haid yang nyelekit. Perut rasanya kenceng banget dan rasa linu itu juga makin lama makin kerasa dengan frekuensi udah tiap 5 menit sekali. Belakangan aku baru tau kalo linu-linu itu yang dinamain kontraksi. Maklum hamil pertama soalnya yang aku baca di web sih kontraksi itu rasanya kaya pengen pupup, tapi kontraksi yang aku rasain lebih ke arah mirip kram perut. Karena nanggung sahur, akhirnya aku, suami, mama dan papa baru berangkat ke bidan Anny jam 6an, sebelum berangkat aku sempet muntah dulu tapi untungnya di mobil masih bisa bobo bentar buat nyimpen tenaga. Nyampe sana jam 7 pas, langsung cek bawah dan ternyata udah bukaan 8. Oalah.
.
Di RB Anny Rahardjo ada 2 kamar bersalin, di lt 1 dan 2, tapi aku milih di lt 2 soalnya deket sama kamar tempat aku dirawat nanti. Gara-gara gak ada lift ya mau gak mau naik tangga. Ruangan bersalin di lt 2 rasanya lebih terang daripada di lt 1, udah gitu dikasih lilin aromaterapi sama diputerin lagu instrumental, rasanya bikin tenang sambil rebahan aku dipasangin infus dan di kasih teh hangat, gak lama kemudian dicek bawah lagi soalnya udah ngerasa pengen ngeden dan ternyata udah bukaan 9. Bidan Anny udah ditemenin 2 bidan lainnya buat asisten. Sayangnya aku gak dibolehin ngeden waktu itu soalnya bukaan belum lengkap. Nah di situ kerasa banget nikmatnya. Rasanya tu ibarat lagi diare, kita udah duduk di kloset dan pengen ngeden, tapi tetep harus ditahan jangan sampe keluar, maknyos banget lah sampe keluar keringet dingin.
.
Begitu bukaan lengkap, ternyata kata bidan kepala bayi masih agak jauh dari leher rahim karena kehalang sama air ketuban yang masih utuh. Ya ampun, cobaan apa pula ini? Aku disuruh tidur menghadap ke kiri (yang pada saat itu miringin badan aja rasanya susah minta ampun) terus kaki kanan diangkat posisi ngangkang sambil ngeden kalo ada kontraksi. Saat itu aku ngeden mungkin ada 4 kali sampe akhirnya kepala bayi udah deket di jalan lahir. Aku disuruh tidur terlentang lagi sambil ngangkang lebar banget, kedua tangan masing-masing megangin kaki di belakang lutut dan aku disuruh ngeden buat yang ke 5 kalinya. Saat itu ketubanku dipecahin bidan, kerasa banget nyemburnya sampe-sampe kena baju bidan, jadi malu ukh Habis itu tiap kontraksi aku disuruh ngeden, 3x percobaan, kepala bayi masih di ambang vagina padahal aku dah lumayan ngos-ngosan. Mungkin gara-gara tau aku capek, pas kontraksinya ilang bidan Anny ngedadak ngasih kuliah singkat cara ngeden yang bener, terus suamiku juga disuruh nyemangatin jangan cuma megangin katanya. Buat nambah semangat, bidan Anny juga narik tangan kiriku buat ngeraba kepala dedek yang udah di ambang banget. Beberapa detik kemudian kontraksi datang lagi, semua orang langsung siap-siap. Aku siap ngeden, suami siap nahan punggung di belakang, bidan Anny nyiapin gunting buat ngebuka jalan lahir, satu bidan siap ngedorong perut dari atas sementara seorang bidan lagi nahan wasir aku biar gak nambah parah. Sambil ngucapin bismillah, aku ngeden 2x tanpa putus, bidan-bidan dan suami nyemangatin luar biasa, beberala detik kemudian, saat itulah aku mendengar suara tangisan putri kecilku. Kenceng banget. Alhamdulillah
.
Iona Mughni Shaaliha lahir tanggal 16 Juni 2017 jam 7.54 pagi dengan BB 2,7 kg dan panjang 47 cm
.
Iona langsung disimpen di atas dada buat IMD sementara ibunya dijahit. Beres dijahit, wasirku didorong masuk sama bidan. Sampe saat ini, (sebulan kemudian pasca melahirkan) wasirku udah kempes dan nyaris hilang padahal gak diobatin apa-apa, cuma rajin minum daun ungu yang dikasih bidannya, BAB pun lancar jaya.
.
Jadi bunda-bunda, jangan takut gak bisa lahiran normal walau punya wasir besar, bisa kok, positive thinking aja. Tips dari aku, melahirkanlah di tempat yang pro normal. Terus jangan lupa banyakin jalan biar dedeknya cepet turun. Aku sendiri rutin renang seminggu sekali dari uk 5 bulan. Mungkin itu kali ya yang bikin bukaannya cepet Oh ya, rajin-rajin minum kelapa ijo/muda biar ketubannya jernih. Soalnya pas lahiran aku dikasih tau sama bidannya kalo ketubanku jernih dan debaynya juga bersih . Sekian bunda sharing pengalamanku, moga bermanfaat buat bunda-bunda sekalian.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
rikha ...
 
Posts: 4,391
 
Subhanallah..
Selamat atas kelahiran putrinya, semoga menjadi anak yg sholihah, aamiin..
Btw, baru tahu sy kalau terlalu banyak minum susu hamil malah jd gitu efeknya ya..
 
  #3  
Old
Aidan...
 
Posts: 380
 
selamat ya bun atas kelahiran dede lona.
klo boleh tau bunda minum air kelapa ijo dari usia kehamilan berapa
 
  #4  
Old
Selma ...   TS 
 
Posts: 40
 
Replying to: View Post
Subhanallah..
Selamat atas kelahiran putrinya, semoga menjadi anak yg sholihah, aamiin..
Btw, baru tahu sy kalau terlalu banyak minum susu hamil malah jd gitu efeknya ya..
Aamiin, makasih bunda Rikha. Aku juga baru tau setelah periksa ke dr.Bob. Katanya susu ibu hamil itu mending dihindari, bisa menimbulkan alergi susu buat si janinnya. Soalnya dari dokter juga kan udah dikasih asupan vitamin, tapi kalo emang kepengen minum susu mending yang lowfat

Replying to: View Post
selamat ya bun atas kelahiran dede lona.
klo boleh tau bunda minum air kelapa ijo dari usia kehamilan berapa
Makasih bunda Aidan. Aku dari awal kehamilan udah minum bund, pas aku tanyain ke SpOG juga katanya boleh
 
  #5  
Old
Aidan...
 
Posts: 380
 
Replying to: View Post
Aamiin, makasih bunda Rikha. Aku juga baru tau setelah periksa ke dr.Bob. Katanya susu ibu hamil itu mending dihindari, bisa menimbulkan alergi susu buat si janinnya. Soalnya dari dokter juga kan udah dikasih asupan vitamin, tapi kalo emang kepengen minum susu mending yang lowfat



Makasih bunda Aidan. Aku dari awal kehamilan udah minum bund, pas aku tanyain ke SpOG juga katanya boleh
sehari berapa kali bun minum air kelapa ijo.. q mau coba
 
  #6  
Old
lptuti...
 
Posts: 8
 
selamat yaaa bun atas kelahiran debaynya. keluhan bunda hampir sama kayak aku, ini aku punya wasir uda susah masuk dan susah banget kalo mau BAB. mau nanya, daun ungu itu rebus sendiri kah? kalo aku daun merah biasanya, apa sama ya dengan yg dimaksud bunda... daun merahnya biasa aku rebus sendiri.
trus, minum kelapa muda nya mulai usia berapa bun? frekuensinya brp hari sekali?
 
  #7  
Old
Selma ...   TS 
 
Posts: 40
 
Replying to: View Post
sehari berapa kali bun minum air kelapa ijo.. q mau coba
Aku gak minum tiap hari bun, seminggu 3x dan cuma 1 kelapa sehari, soalnya di tempatku agak susah juga kelapa ijo

Replying to: View Post
selamat yaaa bun atas kelahiran debaynya. keluhan bunda hampir sama kayak aku, ini aku punya wasir uda susah masuk dan susah banget kalo mau BAB. mau nanya, daun ungu itu rebus sendiri kah? kalo aku daun merah biasanya, apa sama ya dengan yg dimaksud bunda... daun merahnya biasa aku rebus sendiri.
trus, minum kelapa muda nya mulai usia berapa bun? frekuensinya brp hari sekali?
Makasih bunda, iya emang banyak juga bunda yang jadi punya wasir apalagi pas trimester 3, dana kata dokter emang normal. Iya daun ungu nya direbus sendiri, 7 lembar daun ditambah pake 2 gelas air direbus sampe air rebusannya jadi hijau dan tinggal sisa segelas. Kalo daun merah aku kurang tau bund, soalnya istilah daun ungu aku dapet dari bidannya langsung, kalo khasiatnya sama mungkin sama aja ya . Aku udah rutin minum kelapa ijo dari uk 2 bulan, soalnya sering dehidrasi gara2 mual muntah parah itu bund.
 
  #8  
Old
Aidan...
 
Posts: 380
 
mksh bunda selma info ny...
 
  #9  
Old
AinulH...
 
Posts: 38
 
Selamat ya bund, penuh perjuangan bgt utk seorg bunda ..
Alhamdulillah kehamilan sdh 38week .. Smoga cpet lahiran ya aamiin..
Oh iyaa bunda2 skalian mw tnya dikehamilan 38w ini bleh gk sih tdur siang? ..
Klo pagi jalan2 20-30mnit, dan alhmdlillah jg kaki jarang bgt yg nmany bengkak ..
 
  #10  
Old
tia 97...
 
Posts: 70
 
subhanallah... selamat ya bund semoga dedek nya menjadi anak yang soleha.
 
  #11  
Old
Sarisa...
 
Posts: 200
 
Masya Allah bun.. ikut seneng. Jd inget waktu lahirin dd bayi aku. Barakallah ya bunda.. semoga jd anak sholihah dan qurrota a'yun
 
  #12  
Old
Mayang...
 
Posts: 216
 
Nah pas banget. Aku udah
Mau 39w dan ambeienku gede
Tapi bidanku pro normal sih bun, akunya yg was2.
Tp bismillah aja, pasti bisa normal insyaallah.
By the way, selamat ya bunda atas kelahirannya.
Semoga jd anak saleha, sehat dan pontar. Aamiin
 
  #13  
Old
Lala f...
 
Posts: 14
 
subhanallah.. barakallah ya bundd..
aq skrg 38w2d.. ihtiar nya dg jalan pagi sore dijalanan yg agak mendaki mnurun, merankak,jonkok bdiri, dkk.. tpi belum ada pnampakan darah lendir bund.pling cm nyeri2 aja diperut bwah trus ilang.
kdg agk kwatir krna tmen2 udh pd lahiran uk 37 n 38w..mohon doa ya bnda biar qt smua yg akan brsalin dmudahkan dan dlancarkan kyk bnda selma..aamiin..
 
  #14  
Old
Rosiya...
 
Location: Cirebon
Posts: 465
 
Pertama2 alhamdulillah keduanya selamat, senang denger cerita ibu yg habis melahirkan pasti nano2 sekali rasamya hehehe, slmt ya bu...smga amaknya jadi wanita solehah ya aamiin, bu saya juga ada wasir sebedar kacang tapi bisa dimasukin lagi, keluar itu klo pas pup agak keras plus sdkit ngejan pasti nongol, btw yg mau saya tanyakan itu daun ungu tuh sejenis tanaman apa ya bu? saya pengen ikutan minum juga.
 
Bersabar menanti si malaikat kecil yg akan menjadi pelengkap hidup kami, see you soon dede' mungil
  #15  
Old
icah...
 
Location: karawang
Posts: 132
 
selamat ya bunda... semoga lona jadi anak yg soleha...
ini saya juga punya wasir dan wasirku udah g bisa masuk lagi semenjak lahiran anak pertama.. tp ga sakit sih.. jd pengen nyoba minum daun ungunya bund.. takutnya makin membesar diusia kehamilan yg jg makin besar.. mudah2an bisa lahiran normal kaya bunda..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
melahirkan normal, pengalaman melahirkan, wasir


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Bisakah melahirkan normal jika ada wasir? -- Diskusi Umum 6
wasir vs melahirkan normal -- Diskusi Umum 15
apakah wasir stadium 3 bahaya untuk calon ibu hamil????? -- Diskusi Umum 20
wasir interna stadium 4, pengen program hamil...bahaya gak yach? -- Diskusi Umum 0
wasir setelah melahirkan normal -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 16:58.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com