Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
MommyC...   TS 
 
Posts: 42
Default Pengalaman Melahirkan dengan Cara Induksi

Hallo bunda, aku mau cerita pengalaman melahirkan anakku setahun lalu nih dengan cara induksi. Kata orang melahirkan dengan cara induksi itu sakitnya berkali lipat dibandingkan persalinan normal. Tapi kata orang yang sudah melahirkan induksi lalu anak kedua melahirkan normal, lebih enak induksi karena sakitnya memang berkali-kali lipat dan ga ada jeda tapi lebih cepat, sedangkan persalinan tanpa induksi itu ada jeda sakitnya dan lama. Jadi buat yg udah ngalamin persalinan induksi lebih pilih pakai induksi.

Nah karena ini pengalaman persalinan pertama saya dan induksi juga, jadi ga tau mana yang lebi baik. Yang pasti itu persalinan induksi memang sakitnya ga ada jeda, kadang 1 menit, malah kurang dari 1 menit kerasa sakitnya. Ceritanya saya mulai yaaa hehehe

1 Minggu Sebelum Lahiran
Sekitar jam 3 subuh saya kebangun karena ngerasa “ngompol” pas dicek ternyata ngompolnya banyak banget.. curiga ini air ketuban pecah, saya pergi ke kamar mandi buat cek dan masih keluar sedikit cairan gitu. Lalu saya bilang ke suami dan kami memutuskan cek ke bidan yang Cuma berjarak 3 rumah.

Setelah dicek ke bidan, katanya ini memang air ketuban dan saya disuruh ke rumah sakit berhubug saya belum merasakan mules dan tidak ada pembukaan. Akhirnya kami pun ke rumah sakit.

Setiba di rumah sakit, masuk IGD dan dicek sama bidan. Ternyata hasilnya negatif, tidak ada air ketuban yang keluar. Untuk memastikan janin aman, saya diobservasi selama satu hari ini dan disuruh USG keseluruhan. Sorenya tes USG menunjukkan air ketuban masih aman dan janin sehat.

Waktu kejadian ini usia kehamilan saya 35 weeks dan bidannya bilang belum bisa untuk melahirkan. Untung saja hasilnya baik dan air ketuban masih oke. Kalau air ketuban benar-benar pecah, saya disuruh bedrest dan rawat inap sampai usia kehamilan masuk ke 36 weeks dan siap melahirkan.

1 Minggu Setelah Masuk IGD

Hari ini jadwal saya cek ke dokter kandungan. Kebetulan dokter kandungan saya (dokter Maximus, yang di Bandung pasti kenal soalnya terkenal banget hehhee) sakit dan sedang cuti. Nah pas di lihat jadwal dokter yang ada, semuanya pada penuh, bahkan dokter yang menangani saya waku masuk IGD (dokter Elise sedang cuti). Akhirnya pilihan jatuh pada dokter Adrian Nanere yang antriannya tidak panjang.

Setelah dicek dan usg ternyata dokter Adrian bilang air ketuban saya sudah berkurang dan harus melahirkan 2-3 hari ini. APAHHH kaget banget dong soalnya kita belum persiapan, termasuk budget yang belum kekumpul (ini kesalahan saya krn ga nabung dari jauh hari hiks). Berarti satu minggu lalu beneran air ketuban bocor.

Dokter Adrian ngasih saya pilihan, mau lahiran di Borromeus atau di RS Kartini (beliau praktek di RS ini juga dan bilang harganya lebihmurah dibanding Borromeus). So akhirnya saya hubungi keluarga dan memutuskan untuk lahiran di RS Kartini karena dengan rumah juga.

Pukul 15.00 WIB

Saya masuk ke rumah sakit dan dicek kondisi jantung dede bayinya apakah kuat untuk induksi atau tidak. Hasilnya bagus dan induksi pun dimulai. Dokter bilang induksi ini ga sakit dan bisa berhasil lahir normal kok, pokoknya nyemangatin saya. Tapi beberapa menit kemudian susternya bilang, yang diinduksi itu 40% berhasil hiksss dan bilangnya sakit... kan parnoo.

Induksi sendiri Cuma dikasih jatah 2 labu. Dan jika induksi tidak berhasil terpaksa di operasi sesar. Jam 12 malam, induksi dihentikan dan saya baru pembukaan satu masih bisa ketawa-ketawa. Malah kata temen kok diinduksi masih bisa ketawa sih, ya mungkin krn masih pembukaan 1 belum kerasa apa-apa.

Besoknya, jam 08.00 WIB

Dokter pagi-pagi datang dan mengganti labu induksi yang ke-2. Lalu dicek pembukaan udah maju ke-2. Nah tiba-tiba aja pas lagi sarapan air ketuban pecah. Dokter kebetulan masih ada di ruangan, langsung ngasih obat yang dimasukkan ke dubur.

Mulai deh dari saat diberikan obat itu kontraksi mulai hebat dan ga ada ketawa-ketawa lagi. Diajak ngobrol aja ga mau hehhee

Jam 11.00 Wib
Dokter memperkirakan saya lahiran jam 3-4 sore. Dan setiap liat jam aduhhh lama banget belum jam 3!! Kontraksi itu rasanya Subhanalloh sekali loh... kayak kita mau PUP udah diujung tapi ga boleh ngeden, dan perut serasa di remas belum lagi kayak ada yang ngebor di dalam perut ini.

Pembukaan 5 ke-atas udah deh jangan ditanya lagi, sakitnya kayak beratusratus kali mens hehhee malah saya sempat hampir mau menyerah dan berpikir sesar aja. Tapi karena merasakan usaha dede bayi di dalem perut yang ga berenti ‘ngebor’ cari jalan lahir, saya mencoba untuk semangat.

Jam 14.00 WIB
Pembukaan makin cepat dan kontraksi ga berenti-berenti. Jeda Cuma 1 menit aja dari satu kontraksi ke kontraksi lainnya. Untungnya selama hamil saya sering baca-baca di forum kehamilan. Saat merasakan kontraksi sangat penting untuk mengatur napas, tidak menjerit dan tersenyum karena semakin sakit kontraksi itu tandanya bayi akan cepat keluar. Ini penting diinget loh bunda.. jangan sampai jerut-jerit yaaa! Atur napas dan senyum aja!!

Nah pas jam 2 sore ini saya mulai ga bisa nahan sakitnya kontraksi lalu minta dicek ke suster. Ternyata udah pembukaan 8!! Dan saya dibawa ke ruang persalinan dengan cara jalan kaki!!! Aduhh mau jalan ke ruang persalinan yang jaraknya deket aja perjuangan banget hehehe.
Satu lagi nih yg jadi perjuangan, pas mau dicek pembukaan berapa tapi pas kita sedang ngerasain kontraksi. Gimana caranya buka kaki tapi biar ga ngeden hehhehe perjuangan banget.

Jam 14.30 WIB
Kontraksi sudah mulai menggila dan saya udah ga bisa nahan lagi sampai akhirnya cakarin adik yang nungguin. Malah disuruh baca syalawat aja udah lupa hehehhee pokoknya di pembukaan 9 ini udah ga kuat banget, pengennya ngeden tapi masi ga boleh. Jadinya Cuma bisa nyakarin si penunggu hehhee.

Dokter akhirnya dateng dan pembukaan saya udah full ternyata dari 10 menit lalu. Pantesan rasanya subhanalloh sekali ternyata bisa lahiran dari 10menit lalu tapi harus nunggu dokter hiks.

Saat dokter datang dan menyuruh saya ngeden eeeh rasa pengen ngeden itu hilang dong hahhaha dan ngeden pertama gagal, lalu kedua salah ngeden, dan ketiga baru deh bidadari kecilku lahir. Rasanya isi perut ini langsung dingiiiin plonggg.

Tips biar lahirannya lancar nih bunda:

1. Ikutan senam hamil. Di sini bunda ga hanya diajarkan cara bernapas yang benar saat lahiran, tetapi juga mempersiapkan untuk lahiran dan bisa berkomunikasi dengan bayinya biar lahiran lancar
2. Jangan males bergerak! Kalau kita rajin bergerak, bayi lebih aktif cari jalan lahir
3. Jangan teriak saat kontraksi. Cukup berdoa, tenang atur napas dan tersenyum!
4. Nabung buat lahiran dari jauh hari yaa karena kita ga bakal tau apa yang terjadi saat persalinan
5. Pilih dokter yang bikin nyaman
6. Buat bumil yang hamil jangan terlalu sering naik motor apalagi jalanannya berbatu ga rata, curiganya air ketuban saya bocor karena setiap hari naik motor dan jalannya ga rata

Semoga pengalaman melahirkan saya bisa menginspirasi 
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
bundal...
 
Posts: 8
 
aku 2x lahiran slalu pake induksi bun . tapi yang kedua berujung sesar krn gagal induksi hehee
 
  #3  
Old
indri ...
 
Location: bandung
Posts: 200
 
Aku 4kali di induksi bun,,,tp g pernah lama,,paling 2jam dr wktu induksi lgsng lahir
 
  #4  
Old
Tria H...
 
Posts: 17
 
Benar banget apa yg dirasain mommy ceisya pernah aku rasain juga..hiks
Di induksi itu rasanya luar biasa tapi semua kebayar pas anak kita lahir sakitnya berasa langsung hilang..
Dulu aku ambil tindakan induksi karena BBJ udah lebih 3.6 sedangkan udah lewat HPL 2 hari.. karena aku ingin sekali melahirkan normal takut Debay nya kegedean didalem perut susah buat dilahirin, lagian juga aku dari pembukaan 1 jelang seminggu gak nambah2..
Alhamdulillah anak ku lahir selamat berat badan nya 3.8 panjang 50 dengan proses induksi hampir 23jam..
Semangat ya buat bunda2 yg mendekati HPL, berpikir positif kalo kita bisa melahirkan normal biarpun dengan induksi yang paling penting kan ibu dan bayinya selamat..
 
  #5  
Old
Nurul ...
 
Posts: 148
 
Aq gagal induksi bun,jadi sesar lahiran awal agustus kemaren. Tp apapun cara melahirkannya tetap perjuangan seorang ibu ga ada tandingannya ya bun..
 
Sehat sehalu ya nak..we love you
  #6  
Old
Firefl...
 
Posts: 64
 
Aku juga induksi bun di uk 39w1d karena pas USG malam sebelumnya bbj udah 3,4kg dan aku sama sekali gak pernah merasakan kontraksi/kontraksi palsu. Induksi mulai jam 7 pagi dan baby boy lahir 3,3kg pada jam 14:58 pada tgl 8 sept 2017 sama kayak tgl lahir suami dan pengen induksi lagi di kehamilan selanjutnya.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
pengalaman melahirkan secara caesar setelah gagal INDUKSI -- Diskusi Umum 28
[INFO] Ketahui resiko melahirkan dengan induksi -- Diskusi Umum 12
Bunda2 yg lahiran dengan cara induksi , gmn rasanya??? :( -- Diskusi Umum 4
Cerita melahirkan dengan induksi yang sakitnya wow.... -- Diskusi Umum 2
Dipaksa untuk segera melahirkan dgn cara induksi :( -- Diskusi Umum 30


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:50.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com