Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Hawa A...   TS 
 
Location: Indonesia
Posts: 57
Default Ibu Hamil, Siap-Siap Mengalami Perubahan Pada Payudara

Tahukah kamu kalau kehamilan tidak hanya tentang perut ibu yang kemudian semakin membesar karena terdesak oleh bayi yang ada di dalam kandungan loh Sahabat Hawa? Ada banyak perubahan yang akan dirasakan selama masa kehamilan. Perubahan hormon yang sangat signifikan ternyata ikut membuat perubahan besar pada kondisi kesehatan dan juga tubuh ibu hamil, termasuk diantaranya adalah bagian payudara. Berikut adalah perubahan pada payudara yang akan dialami ibu saat hamil.


Satu hal yang sangat terlihat dari ibu hamil adalah payudaranya yang cenderung membesar. Ukuran payudara biasanya akan semakin membesar pada tiga bulan pertama kehamilan. Pakar kesehatan Alana Bibeau, Ph.D mengungkapkan jika pada trimester pertama kehamilan, lapisan lemak payudara akan semakin bertambah dan disertai pula dengan penambahan kelenjar susu. Menurut Bibeau, dalam 6 minggu pertama kehamilan, payudara ibu biasanya bertambah ukuran hingga dua kali lipat, dan menjelang persalinan, payudara ibu hamil bisa mencapai berat 4 kg.

Puting payudara ibu hamil juga akan cenderung ikut membesar dan menjadi lebih bulat. Pembesaran puting ini sendiri adalah persiapan alamiah ibu hamil agar puting bisa memudahkan bayi saat menghisap ASI nantinya setelah lahir. Selain itu, puting juga akan cenderung menjadi lebih gelap dan ujungnyapun mengalami kondisimontgomery, yang berarti semakin membesar dan menonjol.


Payudara ibu hamil juga akan cenderung memiliki garis-garis yang ternyata merupakan pembuluh vena yang semakin terlihat. Adanya garis-garis ini ternyata bisa menimbulkan rasa gatal. Namun, disarankan bagi ibu hamil untuk tidak menggaruknya karena bisa menyebabkan bekas luka permanen. Selain itu, payudara juga biasanya akan menjadi jauh lebih kencang. Kencangnya payudara ini juga membuatnya menjadi tidak nyaman dan lebih peka. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan sirkulasi darah pada payudara dan adanya pertumbuhan saluran susu untuk persiapan ASI bagi sang buah hati nantinya.

Nah, untuk Sahabat Hawa yang sebentar lagi menjadi ibu, siap-siap ya!

Baca tips khusus wanita lainnya di aplikasi Hawa. Catat dan Atur juga siklus menstruasi/ kehamilanmu dengan Kalender pintar Hawa.. Ayo download Hawa di Google Play mu segera.
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
asi, bentuk payudara, bunda cerdas, hamil, payudara saja berubah


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
ciri payudara yang siap untuk memberikan asi itu apa ja sih bund,,, -- Diskusi Umum 6
Siap siap menjadi ibu? Ikuti kelasnya disini! -- Area Promosi 0
bingung antara siap dan gak siap :( -- Diskusi Umum 0
siap-siap nggu si baby launching -- Ngobrol Apa Saja 3
Payudara tegang seperti ASI yg siap untuk dimimik baby ... -- Diskusi Umum 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 13:11.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com