Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Hawa A...   TS 
 
Location: Indonesia
Posts: 57
Default Hamil, Kok Jadi Cemburuan?

Kehamilan adalah sebuah anugerah yang sangat menyenangkan. Rasanya, keberadaan makhluk mungil di perut kita sangatlah menakjubkan. Tetapi di sisi lain, kehamilan memicu perasaan yang lebih sensitif. Maka dari itu, banyak ibu hamil yang mudah sedih atau marah saat kehamilan, bahkan mudah cemburu terhadap suami.

Biasanya, kita tidak merasa was-was saat suami bekerja atau pergi ke suatu tempat terkait pekerjaannya. Tetapi semenjak hamil, entah mengapa rasanya kita begitu cemas dan mudah cemburu terhadap lawan jenis yang berkisar di dekat suami. Nah, apa sebetulnya yang memicu kecemburuan berlebih semacam itu? Ini dia:


1. Kondisi tubuh yang tidak enak
Ibu hamil cenderung mengalami penurunan stamina dan daya tahan tubuh akibat menyesuaikan diri dengan janin yang dikandung. Berbagai kondisi badan tak enak pun dirasakan ibu hamil, mulai dari mual, muntah, pusing, demam, maaf, hingga rasa panas di kerongkongan seperti gejala GERD.

Kondisi ini pun kemudian memicu perasaan yang tak enak,termasuk kepada orang terdekat, sehingga wajar apabila seorang ibu hamil menjadi lebih sensitif dan lebih mudah berprasangka buruk karena kurang bisa berpikir secara logis

2. Tubuh yang cenderung membesar
Sesedikit-sedikitnya kenaikan berat badan, tetap saja ibu hamil akan mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuh, seperti di paha, wajah, dan juga telapak kaki. Maklum, aliran darah memang menjadi kurang lancar saat hamil, lagipula, tubuh menyimpan lebih banyak cairan saat kehamilan.

Untuk itu, ibu hamil pun menjadi kurang percaya diri, dan menganggap bahwa banyak perempuan di luar sana, juga di dekat suami, yang punya tubuh lebih indah daripada dirinya. Sebaiknya ibu hamil harus tetap percaya diri ya, karena setelah hamil nantinya berat badan akan berkurang dengan sendirinya. Oh ya, jangan lupa juga untuk berolahraga ringan agar tubuh lebih segar dan suasana hati menjadi membaik.

3. Selulit dan kulit yang menghitam
Selain tubuh yang lebih membengkak, kulit di bagian lipatan pun juga cenderung menghitam. Ada pula selulit yang mewarnai bagian paha dan perut. Ini membuat ibu hamil menjadi tak percaya diri dengan tubuhnya.

Solusinya, rajin-rajinlah mandi dan menggunakan lulur. Gosokkan lulur di bagian yang menghitam atau yang terkena garis-garis selulit. Ibu hamil juga bisa memijat selulit dengan bio-oil atau dengan minyak zaitun secara rutin.

4. Cerita-cerita dari media sosial
Ada banyak cerita dari media sosial atau media mainstream tentang suami yang berpaling pada wanita lain (selingkuh hingga menceraikan istri) saat sang istri tengah hamil. Biasanya hal itu terjadi karena suami belum siap memiliki anak atau karena suami merasa kecewa akibat istri yang kurang sigap dalam hubungan suami-istri.

Tetapi, tenang saja. Jauh lebih banyak suami yang memperlakukan istrinya dengan baik ketimbang suami yang tidak tahu diri semacam itu. Hindari saja membaca cerita-cerita buruk yang dapat mempengaruhi pikiran Anda. Bila suami Anda tidak menunjukkan gejala buruk, jangan terlalu cemburuan dan jangan terlalu posesif. Cemburulah dalam batas wajar supaya kandungan Anda sehat, dan hubungan suami istri pun tetap sehat.

Baca tips seputar kehamilan lainnya di aplikasi Hawa.. catat dan atur siklus menstruasi kamu dengan kalender pintar Hawa..
Yuk download Hawa di google play mu..
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
bunda cerdas, cemburuan, ibu hamil, mama slim, tips hamil


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
aku cemburuan -- Ngobrol Apa Saja 39
share donk suamiku lbih cemburuan,sensi disaat hamil -- Ngobrol Apa Saja 9
semenjak hamil kok jadi cemburuan -- Ngobrol Apa Saja 4
suamiku cemburuan -- Ngobrol Apa Saja 1
Mertua cemburuan.. :( -- Ngobrol Apa Saja 5


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:20.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com