Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Hawa A...   TS 
 
Location: Indonesia
Posts: 57
Default Usai Persalinan Caesar, Kapan Bisa Berhubungan Seksual?

Usai persalinan sectio caesarea atau persalinan dengan cara operasi, banyak ibu yang merasakan nyeri di bagian atas vagina, bahkan rasa kurang nyaman di vagina, terutama saat buang air kecil. Kondisi ini pun membuat banyak ibu menjadi bertanya-tanya, bagaimana dengan hubungan intim usai persalinan?

Nah, untuk itu Sahabat Hawa, mari kita ketahui terlebih dahulu yuk kondisi ibu pasca-melahirkan dengan proses sectio caesarea! Apa sajakah itu? Ini dia:


1. Pendarahan pasca-melahirkan
Usai melahirkan, baik secara normal maupun proses caesar, seorang ibu akan mengalami pendarahan (mengeluarkan darah yang disebut darah nifas). Nah, pendarahan seperti menstruasi ini berlangsung sekitar 4-6 minggu.
Saat masih pendarahan, jelas tidak disarankan untuk berhubungan seksual. Pasalnya, darah bisa kembali masuk ke rahim dan menyebabkan infeksi.


2. Luka pasca-operasi
Luka pasca-operasi juga berpengaruh pasa kenikmatan hubungan seksual serta pada otot-otot rahim serta vagina. Sebetulnya, luka pasca-operasi biasanya bisa sembuh dalam waktu seminggu. Tetapi, tentunya kondisi kulit (baik bagian dalam dan luar) pasien berbeda-beda.
Konsultasikan pada dokter terkait terkait kondisi luka Anda, kapan kira-kira Anda sbuh, dan amankah berhubungan seksual dalam waktu dekat



3. Vagina kering
Usai melahirkan, terjadi perubahan keseimbangan hormonal pada diri Ansa. Perubahan ini mempengaruhi kurangnya produksi cervex yang menyebabkan kering pada vagina. Untuk itu, meskipun pendarahan telah berhenti, dan luka telah sembuh, Anda harus memperhatikan kondisi ini. Walau tidak berbahaya, tetapi tetap saja membuat hubungan seksual menjadi kurang nyaman.
Perlama dan variasikan proses foreplay sehingga vagina pun menjadi lebih basah dan lebih siap saat hubungan seksual. Anda juga bisa melakukan senam kegel agar otot vagina Anda menjadi lebih kencang.

Intinya, usai pendarahan usai, rata-rata para ibu dengan proses persalinan sectio caesarea sudah bisa berhubungan seksual, karena pada saat itu luka juga biasanya sudah mengering. Tetapi, jangan lupa untuk konsultasikan dengan dokter dan juga lakukan foreplay agar vagina Anda tidak kaku.

Semoga Informasi di atas bermanfaat yaa..
Baca tips khusus wanita lainnya di aplikasi Hawa.. Ketahui dan atur siklus menstruasi kamu dengan kalender pintar Hawa.. Download aplikasi Hawa dari google play mu yukkk..
 
Attached Thumbnails
Usai Persalinan Caesar, Kapan Bisa Berhubungan Seksual?-roman.jpg  
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
bunda cerdas, lahiran, nifas, sex hamil, sex setelah hamil


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
kapan bisa berhubungan lagi pasca kuret?Dan kapan boleh bisa promil lagi? -- Diskusi Umum 79
Pasca Caesar, brp Lama sebaiknya u/ bisa berhubungan lg dg Suami..??? -- Diskusi Umum 0
berdarah ketika berhubungan seksual -- Ngobrol Apa Saja 0
kapan bisa berhubungan lgi pasca kuret -- Ngobrol Apa Saja 18
persalinan normal usai caesar -- Diskusi Umum 3


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 01:43.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com