Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Hawa A...   TS 
 
Location: Indonesia
Posts: 57
Default Saat Hamil, Jangan egois ya bun..

Menjadi ibu hamil memang susah-susah gampang. Di satu sisi, kita diberi karunia atas keberadaan makhluk hidup baru nan mungil di kehidupan kita. Di sisi lain, kehamilan bukan hal yang mudah. Hamil bukan sekadar tentang membawa beban tambahan di perut, tetapi juga mengubah berbagai kebiasaan di hidup kita, menyesuaikan diri dengan janin yang dikandung.

Untuk itu, yuk kita hindari perilaku-perilaku egois saat hamil. Nah, apa sajakah perilaku - perilaku egois yang membahayakan janin tersebut? Ini dia:

1. Minum minuman keras
Jangan salah,banyak ibu hamil yang tetap mengonsumsi minuman keras, mulai dari bir hingga wine. Ada yang berkilah dan berkata bahwa mereka hanya mengonsumsinya sedikit dalam acara resmi atau rapat. Hal ini jelas-jelas egois dan berdampak buruk pada rahim lho. Pasalnya, minuman keras dapat membuat pertumbuhan janin menjadi terhambat. Bahkan untuk ibu hamil trimester pertama, minuman keras dapat menyebabkan keguguran.

2. Tidak mau gemuk
Tidak ada ibu hamil yang tidak bertambah gemuk. Kalaupun ada yang tak terlihat gemuk, itu karena sebelum hamil perempuan itu tidak gemuk, bahkan cenderung kurus, dengan pertambahan berat badan hanya sekitar 11-13 kg saja. Tenang saja, pertambahan ini bukan hanya lemak, tetapi juga ukuran rahim, darah, dan juga cairan. Jangan terlalu memikirkan soal penampilan saat hamil, hingga Anda melakukan diet ketat. Hal ini bisa berdampak buruk bagi Anda dan juga janin lho! Janin bisa lahir dalam keadaan berat badan yang kurang, dan produksi ASI Anda pun nantinya akan terhambat.

3. Tidak mau makan sayur
Banyak orang yang tidak suka dengan sayur. Tetapi, saat hamil, Anda harus memaksakan diri untuk makan sayur. Karena, Anda harus memenuhi kebutuhan gizi janin di dalam kandungan Anda. Kurangnya gizi akan membuat bayi yang nantinya lahir mendapatkan berbagai masalah kesehatan, dan tentunya, membuat stamina ibu hamil menurun drastis sehingga bisa menyebabkan bahaya pada janin yang dikandung.

4. Melakukan aktivitas ekstrim
Bagus apabila Anda adalah perempuan yang menyukai olahraga. Tetapi saat hamil, hindari olahraga ekstrim, seperti misalnya panjat tebing, parasailing, diving, dan lain sebagainya. Meskipun sehat, olahraga-olahraga tersebut membahayakan janin dalam kandungan. Jangan menjadi egois dengan tetap bersikeras melakukan olahraga-olahraga semacam itu hanya karena itu hobi Anda atau malah profesi Anda.

Baca artikel khusus wanita lainnya di aplikasi Hawa.. ketahui siklus haid/ perkembangan janin kamu dengan kalender pintar Hawa.. yukk Download aplikasi Hawa di google play mu..
 
Attached Thumbnails
Saat Hamil,  Jangan egois ya bun..-testpack.jpg  
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
bunda cerdas, hamil, hamil sehat, janin sehat, tips hamil


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Jangan Berhubungan Seks Saat Hamil Kalau.... -- Diskusi Umum 0
Nyeri saat haid ?jangan d abaikan -- Diskusi Umum 18
Ada bercak merah dan kram perut menjelang haid?. jangan-jangan,,,???? -- Diskusi Umum 1
Jangan Lakukan Ini saat Hamil: -- Kenalan Yuk! 0
Gatal pada miss v saat menstruasi? Jangan dibiarkan ini solusinya -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 19:23.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com