Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Hawa A...   TS 
 
Location: Indonesia
Posts: 57
Default Menstuasi tak teratur? Yuk coba cara jitu ini untuk melancarkan

Menstruasi tidak teratur seringkali menjadi masalah yang sering membuat wanita pusing dan stres. Apalagi jika jadwal menstruasi tiba-tiba datang terlambat atau lebih cepat dari biasanya. Ada banyak penyebab jadwal menstruasi yang tidak teratur seperti gaya hidup yang tidak sehat, konsumsi obat-obatan tertentu, dan stres.

Lalu bagaimana caranya agar menstruasi bisa lebih teratur? Seperti yang dilansir dari girlscosmo.com, melakukan perubahan-perubahan kecil dalam pola makan dan pola hidup akan sangat mempengaruhi siklus menstruasi . Misalnya saja dengan tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, dan mengonsumsi makan makanan sehat. Kamu juga bisa mencoba enam cara di bawah ini untuk mendapatkan siklus menstruasi yang lebih teratur.

Minum Segelas Air Jahe Hangat
Buat minuman jahe dari jahe bubuk untuk menormalkan siklus menstruasi Kamu. Campurkan 1 sdt jahe bubuk kering dengan segelas air hangat, lalu minum di pagi hari saat perut masih kosong.

Minum Jus Seledri
Jus seledri ini bisa diminum untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Minum jus seledri dua kali sehari. Kandungan yang ada di seledri bisa menstimulasi uterus dan membuat siklus menstruasi lebih lancar.

Kompres dengan Air Hangat
Masukkan air hangat ke dalam botol, lalu kompres perutmu dengan botol yang sudah berisi air hangat tersebut. Kompres selama 10 hingga 15 menit, lakukan dua hingga tiga kali sehari.


Olahraga
Lakukan olahraga kardio atau aerobik supaya siklus menstruasi tidak terlambat. Olahraga bisa meredakan stres dan merangsang keluarnya hormon endorfin dan mengurangi kadar estrogen dalam tubuh. Olahraga ini bisa membuat siklus menstruasi lebih lancar tanpa efek samping.

Konsumsi Buah-Buahan Tertentu
Cara alami untuk mendapatkan siklus menstruasi yang teratur adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa menghasilkan panas tubuh. Umumnya adalah buah-buah tropis seperti buah nanas, pepaya, dan mangga.

Selain cara-cara di atas,ada juga sejumlah cara alami lain untuk mendapatkan siklus menstruasi yang lancar seperti minum teh parsley dan mengonsumsi buah serta sayur yang kaya akan vitamin C.


Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!
 
Attached Thumbnails
Menstuasi tak teratur? Yuk coba cara jitu ini untuk melancarkan-kalender.jpg  
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
haid, masa subur, mens tidak teratur, menstruasi, siklus haid


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Cara tau kehamilan untuk haid yg g teratur gmn? -- Diskusi Umum 7
Latihan Pernafasan Teratur Ibu Hamil Untuk Melancarkan Persalinan -- Ngobrol Apa Saja 0
cara menghitung masa subur untuk haid tdk teratur -- Diskusi Umum 38
cara pastikan kehamilan untuk haid tidak teratur -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 13:06.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com