Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
destia...   TS 
 
Posts: 29
Default Napas Anak Berbunyi 'Grok-grok', Perlukah Dikhawatirkan?

Saat anak sedang tidur, apakah suara napasnya terdengar 'tak bersih' dan seperti bunyi grok-grok? Jika ya, orang tua tak perlu terlalu khawatir.

Menurut dr Cissy B. Kartasasmita, SpA(K), hal ini masih bisa dianggap wajar. Kemungkinan saluran napas anak hanya sangat peka, sehingga saat terpapar udara dingin misalnya, saluran napas anak mengeluarkan lendir yang agak banyak.

"Itu nggak apa-apa, apalagi kalau anak usianya masih belum sampai enam bulan, diberikan air susu ibu (ASI) yang banyak saja lalu dijemur. Dijemur kan ada sinar mataharinya yang banyak vitamin D, itu bagus untuk pernapasan anak," tutur dr Cissy.

Meskipun kondisi ini kerap membuat para orang tua khawatir, terutama para orang tua baru, namun dr Cissy berpesan sebaiknya napas grok-grok tak perlu membuat anak sampai diberikan nebulizer.



"Tidak usah di-nebu atau dikasih macam-macam, berikan minum saja yang banyak. Anak di bawah enam bulan berikan ASI, kalau sudah agak besar berikan air putih. Kalau minum bagus, makan bagus dan tidurnya tidak terganggu, orang tua tak perlu panik," imbuh dokter spesialis anak dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran tersebut.

Kecuali jika napas grok-grok ini sudah membuat tidur anak terganggu dan rewel, maka bisa dicari tahu kemungkinan lain penyebabnya. Bisa saja ini terjadi karena saluran napas yang memang tersumbat lendir. Ada baiknya orang tua rutin membersihkan hidung anak sebelum tidur.

dr Cissy menyebutkan, caranya adalah dengan menggunakan kapas yang dicelupkan ke air hangat. Bersihkan secara cepat bagian dalam hidung anak dengan kapas tersebut. Hindari membersihkan bagian dalam hidung dengan cotton bud.

"Hindari mengisap langsung, karena tenggorokan ibunya kan mungkin saja ada kuman, nanti malah pindah kumannya," pesan dr Cissy.
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Nafas bayiku grok grok kl abis minum susu,knp ya? -- Ngobrol Apa Saja 6
perlukah khitan bagi anak perempuan? -- Diskusi Umum 4
Mainan anak perempuan masak-masakan, perlukah? -- Ngobrol Apa Saja 0
Kaki kiri berbunyi ketika digerakan -- Kenalan Yuk! 0
bunda share dunk yang punya pengalaman sama napas bayi grok-grok -- Ngobrol Apa Saja 15


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:31.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com