Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
meili1...   TS 
 
Posts: 11
Default Cara Simpel Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Maupun Dengan Cara Medis

Timbulnya bekas luka pada kulit seperti di muka, tangan, ataupun pada bagian kulit lainnya sering jadi yang sangat mengganggu penampilan.

Tidak hanya Anda saja yang risih tentang hal tersebut, namun juga orang-orang di sekitar Anda.

Bekas luka jika kelihatan mencolok membikin tampilan kulit jadi tidak oke, bahkan kulit terlihat agak kotor seperti kurang dibersihkan.

Bekas luka lama namun tak dapat sirna bahkan berwarna hitam tentu saja sangat bikin risau. Apalagi jika bekas luka ini kelihatan jelas di bagian-bagian yang nampak dari luar, misalnya kulit wajah, kulit bagian leher, serta kulit tangan dan kaki.

Penyebab bekas luka ini banyak jenisnya. Misalnya bekas luka gores karena silet, bekas luka akibat terbakar, bekas luka terkena benda panas misalnya tak sengaja memegang teko panas, bekas luka setelah sakit cacar, bekas luka jahitan, luka bekas operasi caesar, luka bekas cakar, bekas luka akibat penyakit gatal-gatal, bekas noda jerawat, bekas sakit herpes, bekas luka lebam akibat benturan, menghilangkan bekas luka exim, dan lain-lain.

Meskipun nampak sepele, bekas luka efeknya terasa begitu besar. Bisa menurunkan rasa PD seseorang.

Sehingga bermacam cara yang dilalui untuk menanggulangi hal tersebut.

Bahkan orang rela menghabiskan biaya lebih hanya untuk mencoba menghilangkan bekas luka ini. Misalnya dengan konsultasi ke dokter spesialis atau membeli produk krim spesialis penghilang bekas luka yang berharga selangit.

Atau ada yang lebih ekstrim lagi yakni dengan melakukan operasi laser maupun plastik. Hal itu ditempuh untuk menghilangkan bekas luka dan menjadikan kulit halus lagi.

Perlu diketahui terdapat dua cara menghilangkan bekas luka, yaitu .

Tapi sebelum Anda mencoba cara medis, baiknya terapkan perawatan bekas luka dengan cara alami terlebih dahulu, khususnya untuk luka yang tidak berat. Berikut bahan alami yang bisa Anda coba antara lain:

1. Memanfaatkan Madu
Tingginya manfaat madu bagi kulit memang jangan dipertanyakan lagi. Nutrisi yang cukup lengkap membuatnya sangat digandrungi oleh masyarakat. Bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan saja, tapi juga efektif untuk mengoptimalkan regenerasi sel kulit yang baru.

2. Memanfaatkan Jeruk Nipis atau Lemon
Jeruk nipis dan lemon sebenarnya adalah kerabat dengan buah jeruk, namun buah ini memiliki rasa cukup masam sehingga tidak banyak orang yang suka. Namun, keduanya sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan bekas luka.

3. Memanfaatkan Lidah Buaya
Selain berkhasiat untuk merawat kecantikan rambut, tanaman lidah buaya bisa juga Anda pakai sebagai penghilang bekas luka dengan cara alami.

4. Dengan Minyak Zaitun
Jika dirumah lagi tidak punya madu, Anda dapat coba memanfaatkan minyak zaitun atau olive oil. Olive oil mempunyai segudang keistimewaan untuk kulit, salah satunya dapat melenyapkan bekas luka menahun. Bahkan bila digunakan rutin olive oil bermanfaat untuk menjaga kulit agar awet muda.

5. Memanfaatkan Daun Mint
Daun mint adalah salah satu tanaman herbal yang sering digunakan dalam pembuatan berbagai macam produk seperti pasta gigi, dan minyak angin. Setelah diteliti lebih mendalam, didapatkan fakta bahwa daun mint kaya akan kandungan nutrisi alami yang efektif dalam mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru.

6. Dengan Memanfaatkan Teh Hijau
Teh hijau sangat terkenal akan kandungan antioksidannya yang tinggi. Beberapa penelitian membuktikan adanya kandungan antioksidan sampai dua ratus kali lipat lebih baik dari vitamin E dalam mencegah pembengkakan, menyamarkan bekas luka, juga sebagai perawatan kulit.

7. Memanfaatkan Minyak Biji Bunga Mawar
Minyak biji pangkal bunga mawar diambil dari biji pangkal bunga mawar yang diperkaya dengan kandungan zat yang berkhasiat, termasuk salah satunya yakni dapat menangani bekas luka menahun. Anda bisa membeli minyak ini di toko terdekat atau apotik.

8. Dengan Mentimun
Satu lagi bahan yang cocok dalam memudarkan bekas luka pada muka. Coba buat sendiri masker mentimun yang berkhasiat yaitu menghilangkan bekas luka. Dan bila digunakan secara teratur, kandungan mentimun sangat bermanfaat dalam mengontrol minyak berlebih di wajah.

Tapi tidak semua jenis bekas luka yang dapat hilang dengan memakai ramuan herbal, apalagi apabila bekas luka tersebut ukurannya besar.

Nah waktunya Anda mencoba perawatan medis. Berikut macam-macam perawatan secara medis yang dapat Anda coba-coba diantaranya berikut ini.

1. Bedah plastik
Jikalau bekas luka terjadi di wajah karena keloid, maka operasi bedah plastik biasanya akan dikombinasikan bersama suntik kartikosteroid. Sedangkan jika bekas luka hipertrofik, maka tidak akan dikombinasi dengan prosedur yang lain. Hanya, sadarilah bahwa memang bedah plastik cukup manjur untuk menangani bekas luka lama, meskipun efeknya akan memicu terbentuknya bekas luka baru akibat pembedahan.

2. Suntik kortikosteroid dan kolagen
Mungkin diantara Anda pernah mendengar istilah suntik kortikosteroid dan kolagen. Suntik tersebut mempunyai manfaat mengencangkan bagian kulit juga membuat kulit awet muda. Selain itu juga dapat menghilangkan bekas luka di wajah. Meskipun cara ini tidak mampu menghilangkan bekas luka secara keseluruhan, tapi kemungkinan mampu memperbaiki penampilanmu secara drastis.

3. Memakai sinar laser
Sinar laser dewasa ini sangat populer dalam hal memudarkan bekas luka. Cara medis tersebut dapat menghilangkan bekas luka pada wajah dan daerah mana pun secara drastis. Cuma, tingkat keberhasilan dalam menghilangkan luka itu semua mengacu pada tingkat keparahan bekas luka yang muncul.

4. Membalut luka
Cara medis lainnya adalah dengan membalut luka pakai bahan elastis. Tujuan dari prosedur ini adalah untuk melembutkan serta meratakan bekas luka. Kebanyakan, prosedur ini hanya diterapkan untuk menghilangkan bekas luka bakar yang cukup ekstrim. Tapi menggunakan langkah ini bisa memakan waktu lama, bisa setengah tahun atau bahkan hingga satu tahun serta balutan tak diperbilehkan lepas.

5. Memakai obat atau gel
Ketika menghilangkan bekas luka karena goresan benda tajam, gel atau salep adalah pilihan yang bagus. Biasanya krim penghilang bekas luka yang dijual bebas terkandung bahan steroid, silikon dan vitamin E. Selain kandungan steroid, dokter akan juga memberi resep salep penghilang bekas luka dengan kandungan antihistamin di bekas luka yang nantinya akan menimbulkan efek gatal-gatal. Di pasaran ada bermacam-macam produk yang ampuh untuk menghilangkan bekas luka, krim Meilibahenling contohnya.

Itulah 13 cara menghilangkan bekas luka, yakni secara alami ataupun dengan cara medis. Yang harus diketahui ialah sebelum mencoba medis ada baiknya pakai dulu cara alami paling tidak paling tidak satu atau dua bulan secara teratur. Bila tidak ada hasil yang signifikan, Anda bisa menerapkan satu diantara langkah medis diatas.

Jika anda bertanya minyak biji rami beli dimana, jawabanya adalah di toko online telah banyak tersedia.
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Cara menghilangkan flek hitam bekas luka & jerawat secara REVOLUSIONER -- Area Promosi 0
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami -- Area Promosi 0
Cara Menghilangkan Stretch Mark Dengan Bahan Alami -- Ngobrol Apa Saja 0
Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama Dengan 6 Bahan Alami -- Ngobrol Apa Saja 0
Tips Simpel Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Dengan Bahan Alami -- Ngobrol Apa Saja 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 12:10.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com