Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
merind...   TS 
 
Posts: 24
Default ngeluarin unek-unek ke suami tentang mertua

Bun minta saran nih...

gimana ya ngeluarin unek2 sama suami mengenai ibu mertua.

Aku lagi hamil jadi tinggal di rumah ortuku kadang suami beberapa hari juga tinggal dirumah ortuku dan kami juga buka usaha di tempat ortuku. Aku jarang ke rumah mertua soalnya suamiku selalu bawa motor kalo kerumah ortuku jarak antara rumah mertua sama rumah ortuku sekitar 45menit. Trakhir tanggal 6 agustus aku kerumah mertua karena keponakan khitanan waktu itu mertua welcome banget sama aku kami cerita, ketawa2 pokoknya aku betah disana. Nah kemarin pas idul adha aku kerumah mertuaku lagi bun. Maksud hati ingin bantu2 bikin opor dll aku malah di bilangin gini "kamu itu disana ga pernah kerja, jadi kaget kalo kesini. Disini kerjaannya banyak" sambil muka jutek gitu.

Selama ini aku di rumah mertua kalo pagi nyapu rumah, manasin makanan, masak buat sarapan dll bun secara kalo tinggal dirumah mertua masa mau ongkang2 kaki. Nah kemarin kok bisa2nya bilang gitu bun. Yang paling buat aku sedih dia ngomongin aku sama adik iparku kalo aku ga pernah kerja, aku ni anak manja dll. Aku ga tau mertua dapet omongan itu dri mana yg jelas gara2 itu aku jadi males kesana lagi bun, jadi segan apa2 disindir. Ke rumah mertua salah, ga kerumah mertua salah. Bantu2 salah ga bantu2 tambah salah.

niat mau silaturahmi malah diketusin sampe sekarang aku masih kepikiran bun, mau ngomong sama suami ntar timbul perang
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
TriGal...
 
Posts: 1,902
 
Cuekin aja bun menurut saya. Anggap aja omongan mertua angin lalu. Toh bunda ga serumah ini. Mgkn kmrn mertua lagi capai. Jangan diperpanjang dgn bhs sama suami kec kalo suami yg nanya (mertua komplain ke suami).

Kalo bunda pas ke sana dan bantu2 suami liat kan? Ya uda biarinin aja...tetep aja main ke sana sekali dua kali jangan sampe ga ke sana. Tp berusaha cuek aja ama omongan mertua.
 
  #3  
Old
Alin u...
 
Posts: 2,250
 
Bunda lagi hamil kan???
Jangan bnyak stresss...
Nanti berpengaruh...

Gak papa.. Mertua sebenarnya baik kok... Positif thinking aja... Buktinya dulu welcome kan sama bunda....

Jadi bunda klo nanti kerumah mertua... Bantu bantu seperti biasa aja.... Jgn segan.. Anggap angin lalu aja gosip di belakang...

Sehat terus yaa
 
  #4  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
Kalo aku loh ya...berbuat baik gak perlu harus dipuja puji kan...malah kadang kita dicela....atau dikasih tanggapan negatif. Kecewa sih....tapi akhirnya aku belajar...ujungnya yg namanya kebaikan tulus berbuah manis. Dan orang yg terbiasa mencela kebaikan orang lain atau bersikap negatif biasanya berujung hidup kurang bahagia karena auranya negatif terus....

Dalam masalah bunda ..kalo aku jadi bunda
Mertua afalah ortu pasangan kita yg harus kita silahturahmi dan bantu . Ya terus lakukan itu dg tulus dan ngga usah dipikir lagi. Kalo perkara omongan gini gono anggap aja mertua salah paham. Ingat: kebaikan pada akhirmya akan menampilkan wujid sejatinya. Nanti kalo bunda terus menjalin silahturahmi dan hormat sama mertua...percaya deh mertua nanti pelan pelan melihat yg sebenarnya.

Kalo perkara mertua gak sadar2...ya cuekin aja.....itu berarti pilihan dia. Nanti dampaknya ya mertua sendiri. Tapi dg bunda selalu baik hotmat dan positif nanti membawa dampak lebig baik buat hidup bundA

Omongan orang di belakang kita atau tepat dimika hidung kita. Kita ngga bisa ngatur. Tapi kita bisa mengatur mulut dan pikiran kita sendiri. Kalo kita merasa enggak seperti yg diginjingkan ....ya biarkan saja....tapi kalo kita memang ada kesalahan ya diperbaiki

Sesederhana itu...dan ujungnya kita lebih positif...tenang dan bahagia

---------- Post added at 07:18 ---------- Previous post was at 07:14 ----------

Oh ya kalo aku jarang ngomong hal hal yg ga penting ...gossip gossip tentang kita .....atau salahpaham tentang kita...apalagi tentang ortunya. Karena membuat suami jadi serba salah. Disisi lain ortu disisi lalin kita istrinya. Tapi kan cuma bunda yg tau karakter suami. Lagian biasanya suami paling bisanya menghibur atau mendengarkan dalammasalah ini. Jadi jangan terlalu kecewa. But actions speak louder than words. Kalo suami melihat tindakan bunda gak seperti yg dibilang mertua itu lebih penting kan?
 
  #5  
Old
Zahara...
 
Posts: 33
 
Dimana2 suami pasti bela ibunya bun, meskipun tau ibunya salah, tapi kalau kita komplain pasti nggak terima, sama aja kayak kita, misalnya ibu kita salah pasti ga rela kan kalo ada yg komplain ke kita. Mungkin waktu itu si bumer lg banyak pikiran n kerjaan jadinya sensi.
 
  #6  
Old
Ariyan...
 
Posts: 53
 
Bunda kadang kita sudah berusaha sebaik2nya melakukan hal yg baikpun masih ada aja yg menanggapi dengan cara yg salah. Bukan berarti kalo kita merasa sudah melakukan yg terbaik orang lain akan berpendapat yg sama. Selama kita hidup pasti akan ada 1 atau 2 kesalahpahaman. Tergantung bagaimana kita menghadapinya.
Silahturahmi dan berbakti sama mertua ataupun orang tua sendiri udah kewajiban kita. Melakukan hal yg baik dan benar memang bukan hal yg mudah jadi tetap bersabar dan berusaha ikhlas. ..Membicarakan masalah ini sama suami sebenarnya akan membuat suami dilema.
Jadi berpikiran positif saja bund...jgn mudah kecil hati sama omongan orang. Selama yg oranglain katakan itu tidak benar, tidak perlu bunda jadikan beban pikiran.
 
  #7  
Old
Widia ...
 
Location: Yogyakarta
Posts: 104
 
Cuekin aja bun ak juga gitu, ak jg jarang kerumah mertua soalnya disana ada adik ipar ku.. Dia selalu banding2kan ak sama mantunya yg satu itu.. Apalagi dia dh bisa ngasih cucu sdgkan ak blm. Makanya tiap ak ksna mertua jutek aja sama aku.. Kadang pgn nangis tp ak bawa enjoy aja hehe
 
  #8  
Old
Firlye...
 
Location: Jambi
Posts: 453
 
mertua oohh...mertua...
mertua mah sama aja kaya org tua kita bu,saat keadaan lg lelah lg capek atau mood nya lg up and down pastilah mereka ketus + nyiyir hihhi..
jgn kan mertua wong mama ku aja kdg2 suka tb2 ketus plus judes bgt...yah jd anak mah maklum2 aja sama orgtua bun..nanti jg kita bakal ada d posisi mereka.
bunda harus positif thinking...ttp aja k rmh mertua bawa makanan dtg nya klo saya allhamdulilahnya punya mertua yg ngerti bgt sm keadaan saya dan suami saya yg kdg2 suka susah buat dpt waktu libur,jd klo main k rmh mertua yah cm hari minggu itu pun siang sampe hbs magrib ajah....intinya mah kita jgn trlalu ambil pusing klo dnger mertua rada sedikit ngedumel ya bunda...biasalah namanya juga ibu2...


 
Mother Of There
  #9  
Old
tiqha...
 
Posts: 425
 
maaf ga bisa kasih saran bun, krn yg paling tau posisi dan keadaan bunda, bunda sendiri. saya hnya org luar yg membaca sekilas dari thread bunda ini. saya cuma mau sharing pengalaman saya pribadi dan mertua.

namanya menantu, wajarlah ya ada masalah sama mertua. kalau suami saya cerita ke saya ttg ortu saya yg agak ga enak, saya sebagai anak pasti marah sama suami. secara ortu saya yg membesarkan dan mendidik saya sampai seperti ini itu berkat org tua saya jg.

jd saya kalo mau cerita ke suami ttg mertua saya, saya jd mikir, pasti suami saya sedikit banyak jg akan marah, walau saya benar. krn seorang anak secara naluri akan membela org tuanya.

apalagi, dunia nyata ini bukan lah sinetron, yg kalo org jahat, jahat bgt, kalo org baik, baik bgt. pasti lah setiap org ada sisi positif dan negatif dimata org lain. begitu jg cara pandang saya ke mertua atau sebaliknya. jadi hanya karena saya tdk suka dg salah satu sifat mertua, bukan berarti saya harus membenci dan menjauh dari mertua.

dua hal diatas buat saya sering pikir2 lagi mau ngeluh tentang mertua ke suami.

pernah suatu hari, saya udah kesel bgt ke mertua, trus utk pertama kalinya selama 3 tahun menikah saya keluarin unek2 saya tentang mertua ke suami via wa. (saya gt bun, kalo marah atau mau ngomong yg serius sama suami suka via wa, walaupun saat itu posisi dalam 1 kamar. hehe). singkat cerita, suami saya baca dan marah sama saya. dari situ saya malah merasa lega bun, dan tanpa sepatah katapun, saya lgsg ninggalin suami saya tidur, padahal suami saya lg ngomong panjang lebar (hehe. tidak utk ditiru).

kenapa saya merasa lega? karena sebelum suami saya baca wa, saya membayangkan 2 hal yg akan terjadi: pertama, suami saya marah ke saya dan kemungkinan ke 2 adalah suami saya marah sama mertua saya. saya lebih ngeri yg ke 2 bun, krn kalo kemunginan pertama yg terjadi, dampaknya paling cuma bentar. tp kalo kemungkinan ke 2 yg terjadi, suami marah sama mertua, mertua sakit hati. rasanya hati saya bakal rontok bun. ga bisa bayangin suami melukai hati Ibunya hanya krn seonggok saya. (oh My God, naudzubillahimindzalik).

dan ternyata bener bun... dilain waktu, terulang lg saya kesel sama mertua, karena sebuah pembahasan di grup whatsapp keluarga suami yg sedikit membuat saya tersinggung. lalu saya japri suami, kalo ga salah cuma bilang "KESEL". ga seberapa lama suami ngerti maksud saya itu ke mertua. trus suami secara ga langsung ngebela saya di grup whatsapp tsb. disitu saya malah ngerasa bersalah bgt. akhirnya saya japri suami saya lg, agar jgn sampai melukai hati mertua hanya krn saya. cukup dengerin unek2 saya, itu sudah cukup bikin lega.

sekarang kalo ga parah2 bgt, saya ga lgsg ngomong ke suami ttg mertua, saya pendem sendiri, biar ga sakit hati saya coba memaafkan dan berhusnudzon sama mertua. toh, mertua saya juga ada sisi baik nya. dan saya jg ada sisi negatifnya.

begitulah bun, cerita saya. maaf kepanjangan, malah jaid curhat. ehehe
 
  #10  
Old
iklima...
 
Posts: 375
 
Replying to: View Post
Bun minta saran nih...

gimana ya ngeluarin unek2 sama suami mengenai ibu mertua.

Aku lagi hamil jadi tinggal di rumah ortuku kadang suami beberapa hari juga tinggal dirumah ortuku dan kami juga buka usaha di tempat ortuku. Aku jarang ke rumah mertua soalnya suamiku selalu bawa motor kalo kerumah ortuku jarak antara rumah mertua sama rumah ortuku sekitar 45menit. Trakhir tanggal 6 agustus aku kerumah mertua karena keponakan khitanan waktu itu mertua welcome banget sama aku kami cerita, ketawa2 pokoknya aku betah disana. Nah kemarin pas idul adha aku kerumah mertuaku lagi bun. Maksud hati ingin bantu2 bikin opor dll aku malah di bilangin gini "kamu itu disana ga pernah kerja, jadi kaget kalo kesini. Disini kerjaannya banyak" sambil muka jutek gitu.

Selama ini aku di rumah mertua kalo pagi nyapu rumah, manasin makanan, masak buat sarapan dll bun secara kalo tinggal dirumah mertua masa mau ongkang2 kaki. Nah kemarin kok bisa2nya bilang gitu bun. Yang paling buat aku sedih dia ngomongin aku sama adik iparku kalo aku ga pernah kerja, aku ni anak manja dll. Aku ga tau mertua dapet omongan itu dri mana yg jelas gara2 itu aku jadi males kesana lagi bun, jadi segan apa2 disindir. Ke rumah mertua salah, ga kerumah mertua salah. Bantu2 salah ga bantu2 tambah salah.

niat mau silaturahmi malah diketusin sampe sekarang aku masih kepikiran bun, mau ngomong sama suami ntar timbul perang
hihi masalah klasik ini mah, udah bun gausah dipikirin yg pnting kan ga tinggal serumah ma mertua. biarin aja mertua mw ngmg apa ja, jd mantu emg harus kebal bun mau diomongin n disindir apa ja mah dah biasa bnyk yg kyk gtu ga cuma bunda sndri. klo bunda curhat k suami nnti suami nyampein ke mrtua nnti bunda dblg tukang ngadu bun. mgkn mertua bunda lg sensi badmood gt biasa wanita kalo sensi ngmgnya ngawur. aq dlu pas jd satu ma mrtua jg sering gt tp yaudah aq cuekin ja yg pntg aq ga pernah ngelawan n ttep hormatin.
 
  #11  
Old
Sitti ...
 
Posts: 13
 
mertua nya lagi cape kali bund makanya kek gitu.. apalagi klo cmn sekali itu aja dia ketus kayak gitu. dan bawaan hamil juga tuh jd kita terkadang ikutan sensi trus kepikiran.

tetap aja jengukin mertuanya n bawaIn makanan yg dia sUKA
 
  #12  
Old
merind...   TS 
 
Posts: 24
 
Iya bun makasih banyak yasarannya...

aku selalu berusaha jaga silaturahmi bun sama mertua tp mertua emang suka ketus sih suka nyindir2 makanya suamiku ga mau aku stress jadinya aku di rumah ortu dlu hehehe

---------- Post added at 11:48 ---------- Previous post was at 11:39 ----------

Replying to: View Post
Cuekin aja bun menurut saya. Anggap aja omongan mertua angin lalu. Toh bunda ga serumah ini. Mgkn kmrn mertua lagi capai. Jangan diperpanjang dgn bhs sama suami kec kalo suami yg nanya (mertua komplain ke suami).

Kalo bunda pas ke sana dan bantu2 suami liat kan? Ya uda biarinin aja...tetep aja main ke sana sekali dua kali jangan sampe ga ke sana. Tp berusaha cuek aja ama omongan mertua.
Iya bun makasih banyak sarannya...

aku berusaha banget bun jaga silaturahmi sama mertua dan kakak2 iparku ya walopun mertua suka ketusnya ga nahan wkwkwk

---------- Post added at 11:51 ---------- Previous post was at 11:48 ----------

Replying to: View Post
Bunda lagi hamil kan???
Jangan bnyak stresss...
Nanti berpengaruh...

Gak papa.. Mertua sebenarnya baik kok... Positif thinking aja... Buktinya dulu welcome kan sama bunda....

Jadi bunda klo nanti kerumah mertua... Bantu bantu seperti biasa aja.... Jgn segan.. Anggap angin lalu aja gosip di belakang...

Sehat terus yaa
aamiin makasih bun
semoga bunda juga sehar terus

iya bun pasang muka tembok sama lapang dada aja, aku selalu doa biar mertua ga ketus lagi wkwkwk.

---------- Post added at 12:01 ---------- Previous post was at 11:51 ----------

Replying to: View Post
Kalo aku loh ya...berbuat baik gak perlu harus dipuja puji kan...malah kadang kita dicela....atau dikasih tanggapan negatif. Kecewa sih....tapi akhirnya aku belajar...ujungnya yg namanya kebaikan tulus berbuah manis. Dan orang yg terbiasa mencela kebaikan orang lain atau bersikap negatif biasanya berujung hidup kurang bahagia karena auranya negatif terus....

Dalam masalah bunda ..kalo aku jadi bunda
Mertua afalah ortu pasangan kita yg harus kita silahturahmi dan bantu . Ya terus lakukan itu dg tulus dan ngga usah dipikir lagi. Kalo perkara omongan gini gono anggap aja mertua salah paham. Ingat: kebaikan pada akhirmya akan menampilkan wujid sejatinya. Nanti kalo bunda terus menjalin silahturahmi dan hormat sama mertua...percaya deh mertua nanti pelan pelan melihat yg sebenarnya.

Kalo perkara mertua gak sadar2...ya cuekin aja.....itu berarti pilihan dia. Nanti dampaknya ya mertua sendiri. Tapi dg bunda selalu baik hotmat dan positif nanti membawa dampak lebig baik buat hidup bundA

Omongan orang di belakang kita atau tepat dimika hidung kita. Kita ngga bisa ngatur. Tapi kita bisa mengatur mulut dan pikiran kita sendiri. Kalo kita merasa enggak seperti yg diginjingkan ....ya biarkan saja....tapi kalo kita memang ada kesalahan ya diperbaiki

Sesederhana itu...dan ujungnya kita lebih positif...tenang dan bahagia

---------- Post added at 07:18 ---------- Previous post was at 07:14 ----------

Oh ya kalo aku jarang ngomong hal hal yg ga penting ...gossip gossip tentang kita .....atau salahpaham tentang kita...apalagi tentang ortunya. Karena membuat suami jadi serba salah. Disisi lain ortu disisi lalin kita istrinya. Tapi kan cuma bunda yg tau karakter suami. Lagian biasanya suami paling bisanya menghibur atau mendengarkan dalammasalah ini. Jadi jangan terlalu kecewa. But actions speak louder than words. Kalo suami melihat tindakan bunda gak seperti yg dibilang mertua itu lebih penting kan?
iya bunda makasih banyak buat pelajarannya secara aku baru setahun nikah. Komen bunda membantu banget buat aku yg newbie ini. Kolo gitu aku lebih baik ga memperpanjang masalah deh bun kasian juga suami nantinya
Yang penting aku sama sekali ga ada niat jahat dikitpun sama keluarga suami sekali lagi makasih bun
 
  #13  
Old
ummi k...
 
Location: di persingahan
Posts: 4,357
 
Replying to: View Post
Bun minta saran nih...

gimana ya ngeluarin unek2 sama suami mengenai ibu mertua.

Aku lagi hamil jadi tinggal di rumah ortuku kadang suami beberapa hari juga tinggal dirumah ortuku dan kami juga buka usaha di tempat ortuku. Aku jarang ke rumah mertua soalnya suamiku selalu bawa motor kalo kerumah ortuku jarak antara rumah mertua sama rumah ortuku sekitar 45menit. Trakhir tanggal 6 agustus aku kerumah mertua karena keponakan khitanan waktu itu mertua welcome banget sama aku kami cerita, ketawa2 pokoknya aku betah disana. Nah kemarin pas idul adha aku kerumah mertuaku lagi bun. Maksud hati ingin bantu2 bikin opor dll aku malah di bilangin gini "kamu itu disana ga pernah kerja, jadi kaget kalo kesini. Disini kerjaannya banyak" sambil muka jutek gitu.

Selama ini aku di rumah mertua kalo pagi nyapu rumah, manasin makanan, masak buat sarapan dll bun secara kalo tinggal dirumah mertua masa mau ongkang2 kaki. Nah kemarin kok bisa2nya bilang gitu bun. Yang paling buat aku sedih dia ngomongin aku sama adik iparku kalo aku ga pernah kerja, aku ni anak manja dll. Aku ga tau mertua dapet omongan itu dri mana yg jelas gara2 itu aku jadi males kesana lagi bun, jadi segan apa2 disindir. Ke rumah mertua salah, ga kerumah mertua salah. Bantu2 salah ga bantu2 tambah salah.

niat mau silaturahmi malah diketusin sampe sekarang aku masih kepikiran bun, mau ngomong sama suami ntar timbul perang
berusahalah untuk memberikan yang terbaik....
bersikap dewasa, sabar dan menerima kritikan...
agar riak kecil akan terhempas hilang sehingga riak besar tidak mempunyai kesempatan untuk datang.


 
  #14  
Old
merind...   TS 
 
Posts: 24
 
Replying to: View Post
Dimana2 suami pasti bela ibunya bun, meskipun tau ibunya salah, tapi kalau kita komplain pasti nggak terima, sama aja kayak kita, misalnya ibu kita salah pasti ga rela kan kalo ada yg komplain ke kita. Mungkin waktu itu si bumer lg banyak pikiran n kerjaan jadinya sensi.
Iya bun bener banget makanya aku takut ngomong . ga mau memperpanjang masalah deh bunn takutnya suami jadi males ngajak aku kerumah ortunya heheheh... malah makin gawat
 
  #15  
Old
wulan2...
 
Posts: 456
 
Cuek aj bun... G ush di masukin di hati....
G ush mertua, sm mama sendiri aj srg di omelin hi hi hi,, biasalah mak2 kdng omonganya rada nyindir pedes gt..
Klo menurutku yg terpenting bunda lakuin yg jd kewajiban dan bagian bunda....masalah di cela, dipuji ato di nyinyir whateverlah... Tindakan baik pasti akan bberbuah manis,,
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
bun curhat tentang mertua yuk bun,,, -- Ngobrol Apa Saja 49
REMINDER Bagi Istri yang sering mengeluh tentang Suami dan Mertua -- Ngobrol Apa Saja 34
Cerita tentang Nenek Mertua -- Ngobrol Apa Saja 12
curhat unek unek -- Ngobrol Apa Saja 28
Curhat tentang mertua ya bun.. -- Ngobrol Apa Saja 41


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:23.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com